Rendang ala Xander

Dipos pada February 9, 2022

Rendang ala Xander

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang ala Xander yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang ala Xander yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang ala Xander, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang ala Xander enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang ala Xander sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang ala Xander memakai 21 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini cocok banget bagi pemula deh karena bumbunya gak ribet banget, lebih simpel dari rendang Sumatera, tapi soal rasa juga sama enaknya kok, cuma wanginya aja yang membedakan. Kalau kubilang, wangi dan rasa rendang ini yang biasa kita temukan di rumah makan padang di tanah Jawa 😁 Untuk variasi boleh nih dicoba, lebih simpel bumbunya dan pastinya gak akan kena jebakan karena lengkuasnya ikut digiling jadi aman 😁 Kalau mau resep versi Sumatera, boleh lihat di sini ya : https://cookpad.com/id/resep/3581960-rendang?invite_token=vCXNy2CqPexDiZxZYGeNMZdv&shared_at=1608315657

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang ala Xander:

  1. 1 kg daging sapi bagian paha/sengkel juga boleh
  2. 2500 ml santan dari 3 buah kelapa sedang
  3. 1 lembar daun kunyit disobek-sobek
  4. 3 batang sereh dimemarkan
  5. 5 lembar daun salam disobek-sobek
  6. Secukupnya garam
  7. Secukupnya gula (aku pakai gula palem 2 sdm) boleh diskip
  8. Bumbu halus :
  9. 250 gr cabe merah keriting+cabe rawit merah
  10. 150 gr bawang merah kupas
  11. 6 siung bawang putih
  12. 2 jempol kunyit (aku 2 sdt bubuk kunyit)
  13. 3 jempol jahe
  14. 3 jempol lengkuas
  15. 1 butir biji pala
  16. 3 butir kemiri disangrai
  17. 1 sdt jinten
  18. 1 sdt adas
  19. 5 tangkai cengkeh
  20. 3 sdm ketumbar
  21. 1 sdt merica

Langkah-langkah untuk membuat Rendang ala Xander

1
Dalam wajan di atas kompor dengan api masih mati, masukkan bumbu halus dan daging sapi, aduk rata. Masukkan bumbu daun, aduk rata. Diamkan minimal 15 menit.
Rendang ala Xander - Step 1
Rendang ala Xander - Step 1
Rendang ala Xander - Step 1
2
Setelah 15 menit atau lebih, hidupkan api ukuran sedang, masak hingga air dari daging menyusut (daging nanti mengeluarkan air). Setelah menyusut, masukkan santan, lalu kecilkan api. Masak sambil sesekali diaduk. Tambahkan garam dan gula, test rasa. Masak hingga santan mengering atau sudah menjadi rendang.
Rendang ala Xander - Step 2
Rendang ala Xander - Step 2
3
Simpel ya, cuma lama buatnya 😁 saya menghabiskan sekitar 4,5 jam dari sejak memasak santan. Tapi hasilnya memang enak πŸ‘ Bisa juga pakai api sedang, cepat jadinya tapi resapan bumbu ke dagingnya itu belum sampai ke sari-sari dagingnya. Cuma sekedar di atas daging aja terasa.
4
Kalau mau cara cepat, setelah santan menyusut setengahnya, tutup panci dan biarkan santan mendidih selama 5 menit, lalu matikan api tanpa membuka tutup panci, biarkan 30 menit. Setelah 30 menit, hidupkan api lagi, biarkan mendidih selama 7 menit (boleh lah kalau mau aduk 1 kali, kemudian segera tutup). Setelah 7 menit mendidih, aduk santan. Masak seperti biasa. Tujuannya ini mempercepat proses pengempukan daging. Jadi daging cepat lunak tapi meresap bumbunya.
5
Boleh ditambahkan kelapa gongseng yang sudah ditumbuk hingga menghitam dan mengeluarkan minyak. Saya juga menambahkan sedikit andaliman ke dalam bumbunya
6
Tips : Saat memasukkan santan, setengah dari resep dulu ya. Kalau santan sudah menyusut ternyata belum setengah lunak, baru masukin sisanya. Kalau dimasukin sekaligus dan ternyata daging sudah lunak tapi santan belum kering, angkat dulu dagingnya agar tidak hancur lalu masak santan hingga kering
7
Jika santan sudah menyusut tapi belum kering benar seperti ini, ini namanya Kalio 😁 Jadi kalau Gulai itu berkuah santan, Kalio itu setengah kering, dan Rendang itu kering 😊
Rendang ala Xander - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang padang

Rendang padang

Asal resep ini aku lihat di you tube tapi lupa akun siapa. Pertama aku coba rasanya langsung cocok dan akhirnya dijadikan resep andalan setiap masak rendang.

Banyak
5-6 jam
Rendang usus daging ayam bumbu instan

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Awalnya pingin masak Usus d buat pedas tapi karna ingat anak biar bisa ikutan makan jadi ganti haluan ke menu yg satu ini. Dan Alhamdulillah anak suka karna disini aku gak pakek cabe jadi gak berasa pedes walaupun ada lada tp hanya sedikit aja ya aku pakeknya. 😁

3 orang
30-45 menit
25. Nasi Goreng Rendang / Nasi Goreng ala anak kost

25. Nasi Goreng Rendang / Nasi Goreng ala anak kost

Ada sisa rendang waktu makan nasi padang, kayanya dibuat buat nasi goreng enak deh. Cusss buat ini ternyata emang enak banget

1 porsi
15 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Halo Lur ! Dulu pernah belajar masak rendang sama temen yang orang Minang. Sejak itu jadi lebih suka masak rendang daripada beli, karena lebih otentik rasanya. Rendang tuh tahapan lebih lanjut dari gulai dan kalio Ini dagingnya empuuuk banget tanpa presto yaaa, serat dagingnya ga nyangkut di sela-sela gigi, effortless makannya. Tapi masaknya ga effortless ya 🀣 Butuh waktu dan tenaga yang berlebih Gapapa lah untuk sesuatu yang enak emang butuh usaha πŸ’ͺ

Β± 12 porsi
Β± 5 - 6 jam
Rendang

Rendang

4 orang
2,5 jam
Rendang sapi

Rendang sapi

Masakan padang tuh favorit banget dari dlu sampe skarang..salah satu menu terfavorit ya ini rendang..semoga menginspirasi yah #pekanposbar #pekanposbarprotein

10 potong
3 jam
Perkedel Rendang

Perkedel Rendang

. . . #DigilingDaging #Semarak_DigilingDaging #TidakSekedarMemasak #CokingWithEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Jakarta #Resolusi2021 #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

Rendang daging sapi ala ala

Rendang daging sapi ala ala

Jadi suami saya pengen rendang tapi ga mau beli di masakan Padang karna a masakan Padang menurut suami saya terlalu asin , daaaan akhirnya mnta saya buat bikin kan rendang tapi ga asin , oke lah saya coba dan ternyata suami saya bilang enakkk .... padahal resep nya sederhana

Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang ini dibuat karena lagi malas masak setiap hari so rendang istimewa ini recommend karena awet dan cocok juga buat orang yg travelling sebagai bekal dalam perjalanan (biar g jajan di luar)☺

6 porsi
1 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Idul Adha kemarin, aku dikasih tetangga rendang. Udah abis dong dagingnya diserbu anak2, tinggalah bumbu rendangnya yg kalau dibuang kok sayang. Soale rendang ibu tetangga itu the best punya, aku pernah intip cara masak dia duluuuuu (sebelum pandemi pastinya, saat di mana kita dulu bisa visit rumah tetangga sambil rumpik dan makan di rumahnya🀣🀣) Pakai santan asli dari 3-6 kelapa, bumbu2 premium, duuh pokoke the best lah, harumnya sampai kecium di rumahku getoooπŸ˜‹ So.. putar otak nih gimana memanfaatkan si bumbu rendang ini. Ah bikin nasgor aja deh moms. Jadi pagi2 ketika liat masih ada sisa nasi, dibikin deh nasgor pakai bumbu rendang. Kalau bhs Inggris nya meremake Left Over Food..πŸ˜‚ #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #cookpad_aop

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Wuiiiiih...Jengkol gaeees..πŸ˜… . . Dulu tuu gini, "..gak aaah...gak doyan jengkol aku tuuu..."...pas ditawarin sama bu kost pertama kali...terus gini, "...mbak Tia.. Sini makan rendang nih...enak kali lah ini...". Saya pun makan..."enak gak? ". "Enaaak......" . . "...katanya gak suka jengkol.." 🀣🀣 . . Eeeh ternyataaaa enak lho memang...hehehe . . Kali ini saya beli yang udah rebusan. 35ribu udah direbus. Gak tanya juga...brp kalo beli mentahnya. Ndak saya gak jadi masak nanti...soale nanti jatuhnya lebih mahal..πŸ€ͺ😜 . . Dulu pernah beli mentah. Ngliat di google...rendam air beras 3 hari. /hari diganti airnya. Lha dalah...habis 3 hari...pas diolah...subhanallah....ambu ne sak perumahan kebau semua...kapok abis itu cah!

4 jam
Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Pulang kampung dapat resep dari kakak ipar yang orang Padang Panjang. Pertama coba rasanya enak... biasanya kacang ini di gunakan untuk buat rendang semula sempat heran juga ya tetapi ketika di buat serundeng ternyata enak banget πŸ‘ dan bisa tahan 1 bulan. #PekanCooksnap

1/2 kg
1 Jam
Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Dulu kl d jakarta nemu rumah makan padang deket kebon jeruk) yg bikin rendangnya pakai kacang merah, dan itu enak bgt, msih inget rasa nya sampai sekarang dan dah masak bbrp x jg, nah kali ini aku masak pake daging ayam, krn mls beli daging sapi ny. Jd spt biasa, masak pake stok yg ada d rmh deh.. Ini aku pake bumbu males, pake bumbu instan, cukup d tambah dg bahan2 d dapur aja lg πŸ˜€πŸ€­. Tp ttp mantulll Jd lah skrg namanya bumbu males, krn emang pake yg praktis2 aja, yg penting rasa ttp mantul gaes πŸ˜€πŸ€­πŸ˜‚ #TiketGoldenApron3

Rendang Jengkol // Dan Tips Merebus Agar tak Bau

Rendang Jengkol // Dan Tips Merebus Agar tak Bau

Pucuk di cinta ulam tiba 😍 . Seperti di Surga saja. Tiba2 kepingin Rendang Jengkol , Eh... Masya ALLAH, malamnya Tetangga pulang dari Jambi, anterin Jengkol berikut bumbu Rendang Asli πŸ˜πŸ˜‚ ( asli di bawa dari Jambi ) jadi rasa bumbunya bener2 mantuul tul tul dah πŸ˜„πŸ˜˜. Sedikit Tip2 mebus Jengkol : 1. Rebus dan menambahkan kopi ( sy 3 sd mnk / 200 grm Jengkol ) , rebus selama kurleb 30 mbt ( api sedang ) 2. Rebus Jengkol dgn Daun Jeruk Purut dan Jeruk Purut yg di iris. 3. Rebus Jengkol dgn Daun Salam. 4. Ato Rebus dgn menambahkan abu gosok . Dan setelah agak empuk bilas dan rebus kembali. Semoga bermanfaat utamanya untuk diri sendiri πŸ™πŸ™. #CookpadCommunity_Magelang #RendangJengkol #JengkolJambi #SepertiDiSurga #DapurkuIdeMasakku #DiRumahAja #AqibJengkol

1 piring
1 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Pake nasi pulen yang anget gitu 🀀🀀

Rendang Daging mix Kentang

Rendang Daging mix Kentang

Bismillah.. Jajalin Rendang resepnya Adam's Mommy @cook_5899742 yang versi Bukittinggi 😘😘 Aku bikin setengah dari resep, untuk dimakan bareng Lontong sayur. Kacang merah aku ganti Kentang mini.. Rasanya tetap Best lahh!! πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘

Ceker Kepala Kuah Rendang

Ceker Kepala Kuah Rendang

Serba Instan, hihihi.. Ceker dan kepala ayam gratisan dari bapak penjual ayamnya.. Menambah nikmat makan menu ini, alhamdulillah.. #OlahanCeker_MamaBirru #OlahanAyam_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang

2 porsi
30 menit
Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Walaupun pakai bumbu isntan tapi alhmdulilah rasa ttp enaaaaakk... πŸ˜€πŸ€€

Rendang Presto Bumbu Instant

Rendang Presto Bumbu Instant

Suamiku mesti kerja berangkat jam 9 pagi, jadinya harus masak yg cepet biar bisa sarapan πŸ€— jadilah bikin rendang nya di presto aja trus pake bumbu instan ha-ha-ha. Kalo ada yg mudah kenapa harus susah, yg penting masak. #PejuangGoldenBatikApron