Rendang Hitam Khas Solok

Dipos pada February 1, 2022

Rendang Hitam Khas Solok

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Hitam Khas Solok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Hitam Khas Solok yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Hitam Khas Solok, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Hitam Khas Solok enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Hitam Khas Solok adalah 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Hitam Khas Solok diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Hitam Khas Solok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Hitam Khas Solok memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

halo,udah lama ga bikin resep kali ini berhubung masih suasana ramadhan kepengen bikin rendang hitam enak bumbunya asli dari minang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Hitam Khas Solok:

  1. 1 kg daging sapi
  2. santan dari 3ยฝ butir kelapa
  3. 1/2 keping kelapa parut (sangrai kemudian blender halus dengan sedikit minyak)
  4. 2 batang serai geprek
  5. bahan yang diblender
  6. 15 siung bwang putih (blender)
  7. 20 siung bawang merah (blender)
  8. 150 gr jahe/ukuran 1 telunjuk (blender)
  9. 150 gr lengkuas/ukuran 1 telunjuk (blender)
  10. bahan yang diiris halus
  11. 5 lembar daun salam iris halus
  12. 3 lembar daun jeruk iris halus
  13. 2 lembar daun kunyit iris halus
  14. 1/2 sachet bumbu rempah kambing (ada dipasar)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Hitam Khas Solok

1
Panaskan santan tadi diatas kompor,dan masukkan bumbu yang diblender dan sereh yang di geprek aduk hingga berminyak kurang lebih 1ยฝ jam- 2 jam sambil terus diaduk dengan api sedang cenderung besar
2
Setelah mendidih dan sedikit berminyak Masukkan daging kemudian aduk
3
Masukkan kelapa sangrai yang telah dblender kemudian bumbu kambing aduk hingga jadi kalio
4
Masukkan dedaunan yang telah diiris halus..
5
Aduk kembali sesekali hingga berubah warna

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang dengan bumbu jadi

Rendang dengan bumbu jadi

Buat stok makan sahur... Kita bikin rendang. Buat kamu2 yg males ngereka2 bumbunya... Beli bumbu jd aja di pasar atau tukang sayur. #PejuangGoldenBatikApron

25 potong
3 jam
251. Rendang telur

251. Rendang telur

Gowes Becak Komunitas Jakarta kali ini tujuannya ke Sumatra Barat. Ngintip akun CP uni Mita W, mamak langsung setuju banget sama pernyataannya bahwa rendang selalu menggoda iman karena aromanya yang bisa bikin hidung terpesona dan sekarang pembuatannya juga bisa cepat serta praktis. Mamak gunakan bumbu rendang instan dari racik, rasanya enak dan cukup mewakili untuk disebut rendang ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Resep asli bisa dilihat berikut ini ya : https://cookpad.com/id/r/15852823?i=RG5LL9 #variasihidangantelur #GowesBecak_KeSumBar #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Nangka Muda Bumbu Rendang

Nangka Muda Bumbu Rendang

Bingung mau masak apa, akhirnya nyoba masakan nangka muda tapi dibumbu rendang. Haha... Suami kurang suka kalo nangka muda disayur gudeg... Baunya masakan ini udah kayak di rumah makan padang ๐Ÿคฃ sedap juga hasil akhirnya... Selamat mencoba

2-4 porsi
1 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Masak yang bikin makannya nagih? Ini dia rendang jengkol Duuh asli ini disajikan dengan nasi anget udah enak apalagi dengan tekstur jengkolnya yang lembut...huuuummm...

Rendang daging sapi bumbu tumis

Rendang daging sapi bumbu tumis

Buat rendang untuk stok berbuka dan sahur pake resepnya kak @Lenny_141705 trus saya tambahkan dengan bumbu racik rendang Indofood enak banget...๐Ÿ‘ Santannya pake santan instan... Jadi kalo mau makan tinggal dipanasin aja deh.. Sehari setelah masak rendang saya kepleset didapur, besoknya kakak ipar mau mampir ke rumah sebelum balik ke pangkalan Bun,bingung harus nyuguhin apa.,ingat difrezeer ada stok rendang,tinggal dipanasin sebentar. Kebiasaan disetiap resep yg diposting sllu hasil akhirnya gak cantik, makanan Udah Mateng belum dijepret anak udh keburu nangis, alhasil makanan abis dimakan ๐Ÿ˜‚,tinggal dikit ๐Ÿคญ baru ingat belum di foto ๐Ÿ˜ฎโ€๐Ÿ’จ semangaaat๐Ÿ’ช๐Ÿ˜ #Frozenfood #RamadanCamp_Misi4 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_PalangkaRaya

10 orang
Nasi Rendang Sederhana

Nasi Rendang Sederhana

Nasi campur ala Padang yang ga pake ribet. Bikin rendangnya pake bumbu rendang instan aja (bisa Indofood, Sasa atau sesuai selera). Lumayan banget buat menu cepat saji dimusim hujan begini yang bawaannya pengen ngunyah terus ๐Ÿ˜ . . #nasirendang #rendanginstan #nasipadang #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

4 orang
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Semalam masih pada lapar dirumah...keinget kmrn cek resep sisa bahan makanan ada yang buat nasi goreng rendang. So eksekusi aja.

3 orang
setengah jam
72๐Ÿ’ Rendang

72๐Ÿ’ Rendang

wktu bkin ini awal nya jadi kayak.... opor ๐Ÿ˜‚ trus coba di bumbu i lagi biar jd rendang wkwk nanya sama temen yg foodizt banget meski ga pernah nyentuh dapur... untng nya saran doi berguna ๐Ÿฅฐ thanks foodizt sejati emg kamuh ๐Ÿ˜˜ bumbu putihku : - 1 kg bawang merah - 400 gr bawang putih - 200 gr kemiri source : xanders kitchen ๐Ÿ‘ฉ๐Ÿปโ€๐Ÿณ happy recook! ๐Ÿฅ˜

3 orang
3 jam
Rendang daging telur

Rendang daging telur

Pelengkap nya daun singkong sambel ijo & bakwan jagung ๐Ÿ˜ Next resep sambel ijo dan bakwan jagung nya ๐Ÿ˜Š

Rendang Kikil

Rendang Kikil

Hari ini masak kikil di rendang karna permintaan dari suami. Entah kenapa dia suka banget makan kikil ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ untung dirumah masih ada persediaan kentang juga jadi lengkaplah rendang kikil sederhana nya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Dikarenakan hari ini mau pergi ke bogor jadi masak nya di olah pakai bumbu giling instan aja yang di jual di pasar ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Rasanya hhhmmm yummy ๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค #Cookpad #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

Rendang Gori dan ceker

Rendang Gori dan ceker

Menu favorit suami, sabtu kemarin ke pasar trus suami liat ada sayur nangka muda.. minta masakin lah, tapi akunya mager waktu hari sabtu jadi masak nya hari ini (aku beli nya masih mentah yah, krna belum mau di masak jadi aku rebus dulu di air mendidih lalu aku taruh di wadah yang kedap udara terus simpan di kulkas deh) hari ini keluarin dari kulkas terus di olah jadi masakan endul๐Ÿ˜

5 orang
Rendang Daging dan Kentang

Rendang Daging dan Kentang

Hallo semuanya.. Apa kabar? Kali ini aku masak "Rendang Daging dan Kentang" untuk orang dirumah. Karena dirumah ada stock Daging dan Kentang jadi deh masak rendang. Buat kalian yang suka rendang yuk dicoba resepnya. Masaknya memang makan waktu lebih lama tapi lebih puas rasanya kalo memasak sendiri daripada beli.. Untuk kalian yang mau coba resepnya, boleh banget. Jangan lupa recook๐Ÿค— Selamat mancoba๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ

Rendang (ayam)

Rendang (ayam)

Ini mestinya enak klo pake daging sapi bagian kisi... Masak lama sampe bumbu agak gelap. Tapi berhubung punya stok ayam kampung agak banyak, jadi rendangnya pake ayam aja...

Rendang

Rendang

Hari ini masak banyak,mumpung lagi semangat #WeekendChallenge ku kali ini makanan favorit anak&suami saja lah #MasakSetiapBagian yg satu ini pasti saya suka,semua suka ๐Ÿ˜ #pejuanggoldenapron3

Rendang Daging

Rendang Daging

2 orang
1 jam
16. Ayam rendang minang

16. Ayam rendang minang

lagi pengen ayam di rendang...

2 Orang
2 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Kali ini masak masakan yg penuh dg kolesterol... Hehe gpp lah yaa sesekali aja sebetulnya jg sebelum2nya masak yg penuh dg kolesterol jg ๐Ÿ˜๐Ÿ˜† berhubung suami gak suka daging sapi Alhasil rendang ini di ganti dg Ayam biar dia ikut merasakan nikmatnya bumbu rendang bersama Ayamnya hihihi๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Š

3jam -+
38. Rendang Hati Sapi

38. Rendang Hati Sapi

1 kg hati sapi