Rendang sumatera

Dipos pada February 1, 2022

Rendang sumatera

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang sumatera yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang sumatera yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang sumatera, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang sumatera enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang sumatera adalah Banyak. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang sumatera diperkirakan sekitar Seharian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sumatera sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang sumatera memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tradisi merendang itu buat menyambut ramadhan dan menyambut idul fitri, kalo kata orang tua jaman dulu rendang itu induk lauk.. klo gak ada makanan apa apa masih ada rendang, jadinya wajib nyetok Kalo dikampung masak rendang itu min 4 kg daging dan masaknya ditungku, aroma tungkunya bikin tambah nikmat, karna kita susah pake tungku disini, jadinya di akalin bikin santannya dulu Video lengkapnya ada di youtube aku yah https://youtu.be/unFZ0DdHr_g

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang sumatera:

  1. 3 kg daging, potong sesuai selera
  2. Santan (londo)
  3. 4 kg santai kental (saya pake 16 butir kelapa)
  4. Haluskan
  5. 500 gr cabe merah keriting
  6. 300 gr bawang merah
  7. 200 gr bawang putih
  8. 1/2 kg lengkuas
  9. 3 batang sereh
  10. 200 gr jahe
  11. 30 gr ketumbar
  12. Iris tipis tipis
  13. 3 lembar daun kunyit yang besar
  14. 7-10 lembar daun jeruk
  15. Tambahan
  16. 3-5 lembar daun salam
  17. Garam
  18. Penyedap
  19. Bumbu rendang

Langkah-langkah untuk membuat Rendang sumatera

1
Bikin londo santen dulu buat ngakalin masak rendang 3 kg di kompor, santen nya dimasak lalu tambahkan sedikit garam dan diaduk terus sampe mengental dan keluar minyak, sisihkan
2
Tumis semua bumbu halus + daun kunyit, daun jeruk dan daun salam, aduk sampai tanak (menyusut)
3
Masukkan daging yang sudah diiris dan dicuci bersih, aduk terus
4
Masukkan londo santen
5
Karna kita bikin londo santen jadinya gak melewati tahap kalio yah, tahap berikutnya masukkan bumbu rendang 1 saset, garam dan penyedap, masak dg api kecil aduk terus biar bawahnya gak gosong.. masak sampai agak kering
6
Jadi dan tinggal dihidangkan
Rendang sumatera - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Selalu ngiler kalo udah liat kimbab family di youtube buat makanan kemaren aja baso goreng latah ikutan bikin dirumah sekarang bikin rendang sama sama latah ingin bikin juga cuman disini saya pake daging ayam karna daging sapi kemahalan jadi cari yang murah tapi tetep enak 😅

Rendang Daging

Rendang Daging

Ini percobaan saya yg ke-2.. Alhamdulillah rasa lebih mantabs 🥰

3-4 jam
Rendang Ayam Kampung ala Anak Kos

Rendang Ayam Kampung ala Anak Kos

Kemaren waktu lebaran gak makan rendang ayam kampung dan sekarang pengen banget jadi nitip temen buat beliin bahan di pasar dan kita eksekusi. #PejuangGoldenApron3 #cookpadindonesia

Rendang ayam

Rendang ayam

Sungguh musti coba! Ini hasil recook resepnya mba @febrinamahta yang sudah aku modifikasi beberapa, enakkk bgt 👍🏼

4-5 orang
1 jam
Rendang Sapi resep Mama #Week29

Rendang Sapi resep Mama #Week29

Rendang adalah salah 1 makan Fav org2 Indonesia bahkan org Luar.. Zaman Kuliah selalu minta kirimkan Rendang bikinan mama... Sekarang Aku terharu dan bangga sama diri sendiri karna bisa bikin makanan yg banyak disukai sama org2, walaupun rasanya masih belum sempurna seperti bikinan Mama. Dan makanan inii bener2 aku persembahin untuk Mama.. Dulu waktu masih merantau selalu dapat kiriman rendang dari Mama, dekarang gantian aku yg masakin rendang buat Mama.. #MasakanUntukIbu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadID #ByV #ByV_Des2020

Rendang daun singkong simpel

Rendang daun singkong simpel

Si kecil semua sayur susah mnt ampun...kl dimasakin ini paling suka bgt...ayuuk Bun kita eksekusi di dapur...

5porsi
30 menit
Rendang sapi

Rendang sapi

Masakan padang tuh favorit banget dari dlu sampe skarang..salah satu menu terfavorit ya ini rendang..semoga menginspirasi yah #pekanposbar #pekanposbarprotein

10 potong
3 jam
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Makan nasi rendang tapi versi lebih effort dan nasi goreng. #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Akhirnya.....kesampaian ngerendang sendiri pake resep istimewa dari sang empu masakan Minang unides @desmawatikuretangin .Enaknya ini lho kebangetan...nasi anget,ulalalaa perfecto ini maaah Source:uni @desmawatikuretangin #Bainai_MasakanMinang #CookpadCommunity_Sumbar

Rendang Daging Sapi Pedas

Rendang Daging Sapi Pedas

Rendang adalah menu wajib yg harus selalu ada setiap moment hari raya baik itu idul Fitri maupun idul adha. Klo lebaran ga ada hidangan masakan ini pasti berasa ada yg kurang dan belum lengkap. Yuk cobain resep rendang keluarga kami

5-10 Orang
2-3 Jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Makanan favorit keluarga Anak anak pada suka

2,5 jam
Ayam Rendang Instan

Ayam Rendang Instan

Bismillah,, jadi mom's saya baru belajar banget masak, dan suka banget sama ayam, pengen ayam yang beda sekarang saya coba bikin ayam bumbu rendang yang instan buat suami tercinta

4 orang
± 1 jam
Ayam rendang instan

Ayam rendang instan

Gak mau ribet masak2 tp pengen yg spesial , bumbu instan solusinya 😅 saya kasih tambahan sedikit gula merah

Rendang Padang

Rendang Padang

Resep dari ci @devinahermawan, mantap jiiwaaa 😍 Sy buat versi pedas 😁

2 org
1jam 30menit
Rendang Daging Sapi Empuk Berkuah

Rendang Daging Sapi Empuk Berkuah

Di rumah lebih menyukai masakan yang berkuah, jadi rendangnya juga berkuah. Tadinya lihat bumbunya banyak sekali, sepertinya ribet ternyata setelah dikerjakan, tidak juga🤣. Rendangnya dipresto saja, badan tidak kuat jika harus berdiri lama, mengaduk daging hingga kering. Hasilnya semua suka, bumbunya pas di lidah. Saya cooksnap dari mbak Erni Safitri. #CookpadCommunity_TangerangSelatan

Rendang jowo nyemek

Rendang jowo nyemek

Baru sempat foto pas tinggal dikiit.. hehe Cara memasak dan bahan bumbu saya ngikutin mbok midut di channel youtubenya. Berat dagingnya cuma dikira2 aja..hehe daging simpenan dari idul qurban kemaren.. Katanya katanya, kalau rendang asli padang kan ndak pake ditumis dan tanpa gula.. ini ku kasih gula banyak hehehe sesuai lidah ajah lah, penting pak su doyan 😁

2-3 jam
Rendang daging sapi kentang baby

Rendang daging sapi kentang baby

Menu alternatif yang tahan lama biasanya aku bikin rendang sekalian agak banyak soalnya cape nya sama. Jadi saat males masak bisa tinggal langsung angetin aja praktis,yang penting di kemas untuk sekali makan jdi ga mudah basi. Resep rendang ini tidak original karena sudah banyak yang dirubah adaptasi selera orang-orang dirumah.#MemasakSetiapBagian.minggu ke #2 bulan oktober#MasakSekeluarga

4 jam
Rendang Ayam Bumbu Racik

Rendang Ayam Bumbu Racik

Hampir setiap hari harus ada masakan ayam, agar tidak bosan kali ini saya membuat Rendang Ayam dg paduan bumbu siap saji dr "Racik", merupakan produck baru Th 2021. Biar tidak penasaran, langsung saya coba. Ternyata praktis dan rasanya eunak juga..jd recommended untuk ibu2 yg hrs memasak cepat. Tidak perlu lagi bingung, cukup membeli bumbu Racik siap pakai dan simpan sebagai stock. 30 menit Rendang Ayam siap dinikmati. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #OlahanAyam

Relatif
30 menit
Rendang Daging Ala Tia

Rendang Daging Ala Tia

2 orang
3 jam