Rendang daging

Dipos pada February 1, 2022

Rendang daging

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang daging yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang daging yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang daging, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang daging enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang daging memakai 20 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Belum moment idul fitri tp kepengen makan khas lebaran, ketika moment idul fitri tiba rendang daging selalu menjadi salah satu menu andalan kluarga. #PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang daging:

  1. 1 kg daging sapi
  2. Santan kelapa (dari 2 butir kelapa yg tua)
  3. Kelapa secukupny (untuk di sangrai)
  4. Bumbu halus :
  5. 10 siung bawang merah
  6. 5 siung bawang putih
  7. 10 buah cabe merah keriting
  8. 15 buah cabe orange (setan), sesuai selera
  9. 3 butir kemiri
  10. 1 sdm ketumbar
  11. 1 bks lada bubuk (ladaku)
  12. 1 ruas kunyit
  13. 1 ruas jahe
  14. 1 ruas lengkuas
  15. Bumbu cemplung :
  16. 3 lembar daun salam
  17. 2 batang sereh yg di memarkan
  18. 3 lembar daun jeruk
  19. 2 lembar daun kunyit
  20. 2 bks bumbu rendang instant (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang daging

1
Cuci bersih daging sapi kemudian rebus daging sapi dengan air secukupnya sampai empuk
Rendang daging - Step 1
Rendang daging - Step 1
2
Seduh kelapa dengan air hangat tujuanny agar santan keluar banyak, diamkan sebentar lalu peras, sisihkan.
Rendang daging - Step 2
Rendang daging - Step 2
Rendang daging - Step 2
3
Sangrai kelapa secukupnya hingga kecoklatan lalu haluskan, di sini saya haluskan pake blender bumbu bisa juga di uleg sampe halus, sisihkan
Rendang daging - Step 3
Rendang daging - Step 3
Rendang daging - Step 3
4
Siapkan bumbu², lalu blender bumbu sampai halus kecuali sereh, daun salam, daun jeruk, daun kunyit
Rendang daging - Step 4
Rendang daging - Step 4
Rendang daging - Step 4
5
Tumis bumbu halus lalu beri daun salam, daun sereh daun jeruk, daun kunyit dan bumbu rendang instant
Rendang daging - Step 5
Rendang daging - Step 5
Rendang daging - Step 5
6
Tumis bumbu sampai harum & bumbu agak kering, lalu masukan daging sapi yg telah di rebus tadi lalu aduk rata dan beri santan
Rendang daging - Step 6
Rendang daging - Step 6
Rendang daging - Step 6
7
Aduk rata lagi kemudian beri kelapa sangrai yg telah di haluskan aduk² lagi, sesekali di aduk biar bagian bawahnya ga gosong moms, aduk sampai kuah menyusut sesuai selera aj moms, klo saya senang rendang yg kering
Rendang daging - Step 7
Rendang daging - Step 7
Rendang daging - Step 7
8
Sajikan, enak di sajikan dg ketupat 😊
Rendang daging - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang tempe (pakai tempe homemade)

Rendang tempe (pakai tempe homemade)

Bikin rendang spesial karena tempenya buatan sendiri. Sampe gak tega makannya saking cakep bentuk bunganya, hehehe. Sumber : @siswatyelfinbachtiar #Rekreasi_Depok #KelasOnlineTempe #TempeBuatanku #PekanPosbarTempe #SisCookingClub #RememberGenkPeDa_SiswatyElfinBachtiar #ArisanCooksnap_SiswatyElfinBachtiar #GenkPeDa_SiswatyElfinBachtiar #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #GenkPejuangDapur #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Nasi Rendang

Nasi Rendang

Bismillahirrahmanirrahim. Hallo, Assalamu'alaikum✨ Kali ini sharing masak nasi yang beda dari biasanya, aku terinspirasi dari tiktok hihi tapi mohon maaf aku lupa save video-nya jadi ngga sempat lihat akun siapa disana:(( Tapi jangan sedih! Aku mulai lanjutin bereksperimen dan rasanya uenaaaak banget to. Dikombinasi sama ayam serundeng, sambel ijo, daun singkong. Syedap bukan? Yuk mari coba dibuat yaaa bunda💛 *NOTES: Bumbu rendang boleh pakai sesuai resep atau boleh juga menggunakan bumbu rendang instan jika ingin praktis😉

4 orang
30 menit
Rendang Daging dan Kentang Bundo Kanduang🥔

Rendang Daging dan Kentang Bundo Kanduang🥔

Part 2 dari resep sebelumnya wk

5 orang
3 JAAAAAMMMM😭
Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang Daging Sapi Sederhana

Ngeliat postingan teman makan daging gulai, eh Tapi di laci hanya ada bumbu instant rendang, hmmm ya langsung eksekusi. Kebetulan juga ada daging di freezer ... bund2 dirumahku slalu ada bumbu praktis gt. Jd kalau mau masak apa aja enak, tinggal cemplang cemplong dan nambah bumbu dasar aja. Hehe

4 orang
Ayam rendang

Ayam rendang

Menu ini dibuat untuk kreasi penyajian yg males memotong-motong bagian ayam. Menu untuk santapan keluarga dirumah disaat berkumpul.

6 orang
60 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillah (51/52) #PejuangGoldenApron3 #Cookpadcommunity_bandung

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang khas dng bumbu yg banyak dan bau rempah2 yg wangi, kali ini aku contek resep dari chef fave ku, dagingnya aku masak agak lama dan potongannya agak kecil supaya dagingnya empuk pas dibelah2. Siapa bilang bikin rendang susah? Gampang koq cuma butuh kesabaran iya 😆 Source: youtube devina hermawan #dian_cooking_experiment #rendang #rendangdagingsapi #masakanpadang

4 jam
Rendang Kentang Telur Udang

Rendang Kentang Telur Udang

Si Tengah request rendang telur dengan pesan: " Jangan terlalu pedas, ya, Bu". Sedangkan si Bungsu, beda lagi, ia mau balado kentang. Ketika periksa kulkas ada udang sedikit. Ibunya tidak mau ribet. Jadilah ini, rendang kentang telur udang ala Ibu mereka. Yang pasti sehat dan enak (kata anak-anak, hahaa..) daan.. keinginan dua bocah terpenuhi. Paslah dengan teman Cocomtang olahan telur dan challange Cookpad. Alhamdulillaaah... #JelajahResep #JelajahResepSehat #ResepTelurkuMendunia #CocomtangPost_PakeTelur #CookpadCommunity_Tangerang

1 jam
Rendang Minang Bumbu Medok

Rendang Minang Bumbu Medok

Bismillahirrahmanirrahim. . Masyaallah senang sekali rasanya sudah sampai di minggu terakhir Golden Apron 3, yang artinya Finish yeaaayyy 🥰. Alhamdulillah melewati 52 minggu tantangan ini luar biasa kadang ada drama ini itu dan kirim resep mepet² juga 🤭, tapi seneng deh bisa menyelesaikannya 🤗😊. Dulu pas Golden Apron 1 digelar perjuangan harus tiba² terhenti ditengah jalan karna hamil. Sekarang masyaallah bisa menyelesaikannya. . Kali ini bikin rendang, aku tambahin kacang merah trus gak banyak cabe yg aku pake biar gak pedes, krucils bisa pada makan. Aku buatnya agak² nyemek gtu gak sampe kering² banget. Ini bumbunya medok enduuuul mentemen, apalagi kalo sampe kering trus ditambahin kelapa sangrai yg ditumbuk/dihalusin beuuuhh tambah jossss dehh 😁, yuuuuk atuh direcook 👍🤗. . #dapurciciandriyani_minggu52 #masakitusaya #PejuangGoldenApron3

Rendang sapi khas padang. Empuk bumbu meresap!

Rendang sapi khas padang. Empuk bumbu meresap!

Idul adha usai baru sempet masak bkin rendang krn dr kmren udah eneg liat daging dimana2 😂. Bpk pengen dibuatin rendang akhirny cuss tengok resep kak icha.irawan, namun ada beberapa yg tak modif resepny sesuai selera, kalau soal rasa boleh diadu sm rendang di rumah makan padang 😄

Pizza Roll Rendang

Pizza Roll Rendang

Bismillah... Mau share menu yg biasa ku sajikan untuk sajian tamu di Hari Raya Idul Fitri selain ketupat dan teman2nya 😁. Rendang biasanya selalu ada di tiap lebaran, nah rendang gk hanya cocok disajikan dengan ketupat loh.. tp dijadikan topping pizza roll juga enakkk bangett. Apalagi diberi taburan keju MEG Serbaguna, duhh makin muantapp bgt... 🤤 yuk simak resepnya.. #SambutKemenangan

RANDANG Hitam AYAM MUDAH

RANDANG Hitam AYAM MUDAH

Masa iyo gadih minang indk bisa mamasak randang 🤪

4 orang
40 menit
Rendang Daging Bumbu Instan

Rendang Daging Bumbu Instan

Walaupun saya dan suami asli sunda, tapi kami suka bgt sama rendang daging. Saya bikin rendang ini masih tahap belajar, tapi rasanya nggak jauh beda sama rendang yg dijual di rumah makan padang. Saya pakai bumbu racik instan ditambah bumbu racikan aaya sendiri.

10 orang
3 jam
Rendang sumatera

Rendang sumatera

Tradisi merendang itu buat menyambut ramadhan dan menyambut idul fitri, kalo kata orang tua jaman dulu rendang itu induk lauk.. klo gak ada makanan apa apa masih ada rendang, jadinya wajib nyetok Kalo dikampung masak rendang itu min 4 kg daging dan masaknya ditungku, aroma tungkunya bikin tambah nikmat, karna kita susah pake tungku disini, jadinya di akalin bikin santannya dulu Video lengkapnya ada di youtube aku yah https://youtu.be/unFZ0DdHr_g

Banyak
Seharian
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Lebaran sebentar lagi... Ini salah satu menu yang selalu ada di hari raya idul fitri. Yuk coba resep Rendang💕

5 orang
Rendang ala Padang

Rendang ala Padang

Seru nya ikutan kelas obat herbal dari dapur sendiri yg materinya di sampaikan oleh mbk Dwi Kurnia , jadi lebih tau banyak tentang Obat herbal alami dari bahan bahan yg ada di sekitar kita . Tanaman herbal / tanaman toga yg bisa kita tanam di pekarangan sendiri seperti kunyit, kencur , lengkuas , jahe , kapulaga , sereh , Temu kunci dan masih banyak lagi . Selain bisa kita manfaatkan sebagai minuman herbal tetapi bisa kita gunakan juga sebagai bumbu masak . Jadi bener bener ngga rugi kalau kita menanam toga di pekarangan rumah . Karena sy dari kelompok kunyit , sy bikin Rendang Padang yg salah satu bahannya ada kunyit dan bahan bahan herbal lainnya buat setoran tugas kelas obat herbal ini . Resep Rendang ini atas inspirasi resep teman Cookpad yaitu mbk @Nenk Asih . Terimakasih mbk atas resepnya , beneran rendangnya mantaaap rasanya . Memang sy buat rendangnya ngga terlalu kering supaya kuahnya bisa di campur sama nasi jadi lebih mantap enaknya 🤭🤭. Link resep asli nya : https://cookpad.com/id/resep/4485289-rendang-daging-padang-asli?invite_token=QHttLZyc7LciohGuEZQMEGBS&shared_at=1618328788 #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenApron3 #Rakit_HerbalDariDapur

6 potong
Ayam Panggang Bumbu Rendang

Ayam Panggang Bumbu Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Bikin ayam panggang sebagai menu pendamping nasi mandhi, dengan bumbu yang Indonesia banget. Saya tambahkan sedikit origano untuk aroma dan cita rasa rempahnya. Ada yang sudah pernah coba ayam rendang dengan origano.... Ini benaran enak loh, bagi yang ingin coba, di jamin ndak bakalan nyesal deh 😀 Yuuuk intip resepnya 💕 . . . . . . #MasakanBundaPashalenko #AyamPanggang #Ayampanggangoregano #AyamPanggangBumbuRendang #IdeMasakku #JelajahResepSehat #MasakItuSaya #DiRumahAja #CookpadCommunity_KalBar #cookpadCommunity_Borneo

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Saorce;@jezzyangelia

Rendang Minang

Rendang Minang

10+
3 jam 30 menit
Rendang Jengkol // Dan Tips Merebus Agar tak Bau

Rendang Jengkol // Dan Tips Merebus Agar tak Bau

Pucuk di cinta ulam tiba 😍 . Seperti di Surga saja. Tiba2 kepingin Rendang Jengkol , Eh... Masya ALLAH, malamnya Tetangga pulang dari Jambi, anterin Jengkol berikut bumbu Rendang Asli 😍😂 ( asli di bawa dari Jambi ) jadi rasa bumbunya bener2 mantuul tul tul dah 😄😘. Sedikit Tip2 mebus Jengkol : 1. Rebus dan menambahkan kopi ( sy 3 sd mnk / 200 grm Jengkol ) , rebus selama kurleb 30 mbt ( api sedang ) 2. Rebus Jengkol dgn Daun Jeruk Purut dan Jeruk Purut yg di iris. 3. Rebus Jengkol dgn Daun Salam. 4. Ato Rebus dgn menambahkan abu gosok . Dan setelah agak empuk bilas dan rebus kembali. Semoga bermanfaat utamanya untuk diri sendiri 🙏🙏. #CookpadCommunity_Magelang #RendangJengkol #JengkolJambi #SepertiDiSurga #DapurkuIdeMasakku #DiRumahAja #AqibJengkol

1 piring
1 jam