Rendang

Dipos pada February 1, 2022

Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 29 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

⏰2022.04.03⏰ Rendang adalah makanan khas Indonesia .. #PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. Bahan :
  2. 0.5 kg Daging sapi
  3. 800 ml santan instan cair
  4. 500 gr kelapa parut kering (saya skip)
  5. 2 bh royco sapi blok
  6. 1 bh gula merah ukuran sedang
  7. Bumbu utuh:
  8. 2 batang sereh (memarkan)
  9. 4 lembar daun salam
  10. 1 ruas lengkuas (geprek)
  11. 2 batang kayu manis ukuran sedang
  12. 3 butir cengkeh
  13. Sejumput kunyit bubuk (skip ganti bumbu halus)
  14. Bumbu kering :
  15. 1/2 butir pala
  16. 1/2 sdt adas
  17. 5 sdm ketumbar
  18. 3 butir kapulaga
  19. 1 sdt lada butir
  20. 3 butir kemiri
  21. Bumbu halus :
  22. 1 buah paprika merah (skip ganti cabe merah)
  23. 2 bh cabe merah besar
  24. 1 1/2 siung bawang merah ukuran besar saya 5
  25. 1/2 siung bawang bombay ukuran besar (Saya Skip)
  26. 10 siung bawang putih
  27. 1 ruas jahe
  28. 1 ruas kunyit
  29. Secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Siapkan bahan-bahan. Rebus cabe merah.
Rendang - Step 1
Rendang - Step 1
2
Blender semua bumbu kering sampai halus, sisihkan. Blender semua bumbu halus. Sisihkan.
Rendang - Step 2
Rendang - Step 2
3
Tumis bumbu halus sampai harum dan setengah matang, masukkan bumbu kering dan bumbu utuh, tumis lagi.
Rendang - Step 3
Rendang - Step 3
4
Masukkan daging sapi yang sudah dipotong-potong, beri sedikit air, tumis dg api sedang. Masukkan semua santan, sambil diaduk sesekali. Tambahkan garam sedikit saja. Masukan royco dan gula merah
Rendang - Step 4
Rendang - Step 4
Rendang - Step 4
5
Masak rendang dg api sedang sampai airnya menyusut.
Rendang - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Simple (Bumbu Instan)

Rendang Simple (Bumbu Instan)

Ini aku pake 250 gram daging sapi ya. Jadi pake setengahnya dari resep ini. Rasanya mantep, gak terlalu pedes karena aku kurangin bumbunya.

3 porsi
2 jam
Rendang Frozen (530)

Rendang Frozen (530)

Jawaban #ramadancamp_misi4 : FROZEN FOOD Ga cuma yg crispi2 aja yg bisa difrozen...rendang juga bisa lho...biasanya setelah dimasak smp empuk...aku masukan ke wadah tertutup, masukkan dalam frezer...nanti pas mo dimakan bisa dihangatkan...(bisa taruh diatas magic com...praktis kan buat stock dibulan puasa. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #CocomtangPost #IdeMasak #RamadanCamp_Misi4 #ceritadapurhariini #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood

2 -3 jam
288. Rendang Daging Sapi

288. Rendang Daging Sapi

Kebetulan berdua sama suami sama2 suka sama yang namanya nasi Padang. Berhubung masih suasana pandemi jadi jarang bgt jajan keluar. Mulai kepo2 dan belajar mencoba resep2 baru yang biasanya kita beli diluar biar g bosen sama masakan rumahan yang itu lagi itu lagi. hehehe Sama seperti rendang ini, salah satu favorit di RM Padang ya Moms hehehe....Pertama kali buat rendang dan alhamdulillah suami approved dong,,,,sampai bekalnya minta double,,buat makan siang dan sore sekalian...Resepnya nyontek dr resep mbk @heny_wid Kali kedua mengcooksnap resepnya dan bener2 enak dan gampang sekali buat newby kaya saya ini hehehe...Terimakasih mbak.... Dan ceritanya ini juga kirim cooksnapnya udah lama bgt,,tp bru smpet nulis resepnya sekarang #KampungIdaman #PosbarIdaman #OlahanDagingKurban #Semangcook_Hokya #Semangcook_BerbagiBahagia #CookpadCommunity_Semarang

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Bismillah. Postingan pertama setelah hampir dua bulan absen karena tengah diuji "badai kehidupan". Berusaha berpikir positif, mengedepankan akal sehat, dan senantiasa bersyukur atas situasi apapun yang terjadi pada keluarga kami. Saya memasak sisa nasi semalam dn sepotong rendang yang ada di kulkas. Diolah lagi agar menjadi hidangan yang lezat, enak, dan bernilai gizi. Alhamdulillaah.. masih diberi nikmat sehat dan berkumpulnya aku dan anak-anak. Hari kedelapan kepergian engkau. Semoga Ayah tenang di alam sana. Aamiin... *3-8-2021 #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

3 porsi
30 menit
Roti Jala Rendang Sapi

Roti Jala Rendang Sapi

Kalau biasanya roti jala dimakan dengan kuah kari, kali ini chef Be coba dengan Rendang Sapi. Kebetulan rendangnya buat banyak pas lebaran kemaren. Resep rendang sesuai selera masing-masing ya. Next akan di share deh resep rendangnya

9 pcs
5 menit
Resep Diet Sehat: Rendang tanpa Minyak dan Tanpa Santan

Resep Diet Sehat: Rendang tanpa Minyak dan Tanpa Santan

🥩Rendang tanpa Minyak dan Santan 🥩 Jadi, ceritanya tuh pengen makan rendang.. tapi jujur perut lagi bermasalah kalo kena santan. Akhirnya nyoba bikin rendang tapi tanpa santan dan sekalian aja gak pake minyak. Dan ternyata rasanya enakkkk Ga beda jauh sama rendang yang original (suer ga bohong 😍) Wajib coba, pokok nya ✨ #rendangdiet #rendang

Rendang jengkol pedas gurih mantap

Rendang jengkol pedas gurih mantap

15 tusuk
1 jam 30 menit
Rendang

Rendang

Makanan favorit keluarga. Biasanya disediakan utk perayaan hari besar maupun kumpul keluarga..

10 orang
1 jam 30 menit
Rendang sapi dan baby potato

Rendang sapi dan baby potato

Resep ny simpel dan cocok buat anak kos yang kangen masakan mak

2 porsi
30 menit
Rendang daging ala ibu

Rendang daging ala ibu

Bumbu rendang ini beda dengan rendang kebanyakan ya. Apalagi dibandingkan dengan rendang Padang. Karena ini bumbunya simple. Rasa cenderung manis dan gurih. Tp anak anak dan suami suka banget. Ini saya share resepnya, resep dari ibu😘

Rendang Padang

Rendang Padang

Ini endulss surendulss bgt 🤤🤤🤤🤤Rendang Padang resep @mamafarezell 🤗🙏 Rendang salah satu makanan terbaik didunia 2021 versi CNN looohh🥰 Rendang salah satu masakan favorit keluarga kami🙏😍 Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu (wikipedia) #CookpadCommunity_Bogor #MasakanKhasSumateraBarat

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Bismillahirrahmanirrahiim... Semoga bermanfaat. Dapat dipastikan hampir semua orang tahu kalau Rendang adalah masakan khas Padang. Olahan daging kaya bumbu dan rempah-rempah yang banyak dan beragam. Terkadang lidah yang tidak terbiasa dengan olahan dengan banyak bumbu dan rempah menjadi asing dan tidak mampu menikmati cita rasanya. Nah...kali ini saya berbagi resep Rendang Padang ala lidah Jawa. Karena lidah saya terbiasa menikmati olahan Jawa, demikian juga dengan keluarga. Mencoba memasak Rendang orang Padang punya, tapi masih tetap diterima lidah keluarga Jawa saya. Selamat mencoba, semoga cocok yaaa....

Rendang anti Gagal

Rendang anti Gagal

Kenapa anti gagal, krn ini pertama bikin dan lgsg jd.. Sodara bikin sama juga jadi dan enakk 💙 Bakal jd andalan.. Biarpun bkn rendang yg item item hanya ini sdh enakk.. Anak anak juga sukaa..

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Hari ini mau ke rumah mama, mau bikin kue lagi ga punya stok bahan bahan nya, kepikiran buatin rendang ayam aja deh, simple banget bikinnya... yuuuu mareee

4-5 orang
1 jam 30 menit
Rendang jengkol bumbu indofood simple dan praktis

Rendang jengkol bumbu indofood simple dan praktis

Pengen jengkol tapi yg praktis dan gak lama masak nya

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Pas banget buat stok lauk kalo puasa, tinggal anget2n ajaa

2-3 orang
4 jam
Rendang Tongkol

Rendang Tongkol

Tongkol kiriman Mama... tak masak kilat pakai bumbu rendang kiriman Mama juga. 😘 #InstantIsFine #PejuangGoldenBatikApron

5 porsi
15 menit
Nasgor rendang sisa

Nasgor rendang sisa

Pas banget dapet surat cinta dari mamah cookped, kebetulan kmrn bikin rendang dan hari ini masih ada sisa bumbu dan beberapa potong daging nya. Ganti suasana lah 😀 kebetulan juga msh ada nasi sisa semalem yuk lah otw dibikin nasgor pasti enak🤔, dan ulala jadilah nasgor yg super endul berbumbu banget 😘😘. Jadi suka suka suka❤🍽 #DibuangSayang #PekanPosbar #PosbarIDAMAN #MasakDenganHati #PPKM #DirumahAja