Rendang Jengkol

Dipos pada February 1, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol adalah 500 gr. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 17 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bikin nagih lauk satu ini plus tahan lama..bkin banyak sekalian bs utk stok..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 500 gr jengkol
  2. 1 L santan murni
  3. 100 gr cabe giling
  4. 8 siung bawang merah
  5. 6 siung bawang putih
  6. 1 ruas kunyit
  7. 1 ruas jahe
  8. 1 ruas lengkuas
  9. 3 lembar daun salam
  10. 2 lembar daun jeruk
  11. 1 lembar daun kunyit
  12. 4 butir kemiri
  13. 1 sdt lada
  14. 1 sdt garam
  15. 1 buah kayu manis,2 buah bunga Lawang,3 buah asam Kandis
  16. 4 buah cengkeh,1 batang serai
  17. 1/2 sdt penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Siapkan bahan2..rebus jengkol hingga matang lalu geprek..dan sisihkan..tumis semua bumbu halus..dan cabai giling,dan lengkuas dan serai geprek,daun salam daun jeruk dan daun kunyit..masukan juga bunga Lawang,cengkeh,kapulaga,asam Kandis daun kunyit tumis hingga harum
Rendang Jengkol - Step 1
Rendang Jengkol - Step 1
Rendang Jengkol - Step 1
2
Masukan santan dan aduk merata,masukn jengkol yg sdh digeprek dan beri garam dan penyedap rasa..koreksi rasa...masak hingga menyusut santannya...sesekali di aduk..
Rendang Jengkol - Step 2
Rendang Jengkol - Step 2
3
Masak hingga matang kurang lebih 1-2 jam..angkat dan siap disajikan
Rendang Jengkol - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Source : Giacinta Permana #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunityBalikpapan #AudisiDutaRecook #GriyaSquad

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Ini pengalaman pertama masak rendang jengkol, biasanya selalu semur ke semur.. Barokah ramadahan kali ini, ada tetangga yg minta di masakin rendang jengkol karna kebetulan saya jualan lauk² untuk bukaan.. Dan Alhamdulillah, rasanya cocok😁

Ceker Kepala Kuah Rendang

Ceker Kepala Kuah Rendang

Serba Instan, hihihi.. Ceker dan kepala ayam gratisan dari bapak penjual ayamnya.. Menambah nikmat makan menu ini, alhamdulillah.. #OlahanCeker_MamaBirru #OlahanAyam_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang

2 porsi
30 menit
Nuget Rendang Super Spicy

Nuget Rendang Super Spicy

hasil eksperimen sendiri (chef HBF) dimakan bersama nasi hangat, yasalam bisa nambah sampai lauknya habisπŸ˜‚

3 orang
1 jam 30 menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

sandy syansyan
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep asli milik mba Endang JTT. Saya pakai daging iga yg ada sedikit lemak agar hasil akhir daging rendangnya tetap lembut dan tidak keras.

3 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah, masih diberi kesempatan bertemu Ramadhan tahun ini bersama keluarga tersayang. Masak buat stock selama Ramadhan sekalian banyak, lalu sebagian simpan untuk stock, tinggal diangetin nanti waktu Sahur atau Buka Puasa. Sudah beberapa kali masak rendang dengan macam-macam resep, ternyata dari kelengkapan bumbu dan cara masak pun beragam ya. Mungkin ada yang mau share resep dan cara asli masak rendang ini? Boleh berbagi ya.. #PejuangGoldenBatikApron

5 orang
4 jam
Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Masih ada stok daging has sapi dan sisa kacang merah. Pengen bikin rendang tapi yang simpel aja, akhirnya pake santan instan aja biar ga capek peres santan. Bumbunya semua saya blender. Hasil tetap maksimal walaupun ga pake santan fresh dari kelapa parut asal masaknya harus sabar. Saya sukanya rendang basah yang masih ada sedikit kuah plus bumbu kentalnya (kayak diwarung Padang), dicampur nasi anget plus kerupuk aja udah nikmat banget πŸ˜€. Klo paksu seneng yang agak kering, jadi saya tinggal angetin aja sampe kering kuahnya karena memang makannya cuma berdua aja, jadi awet tuh rendang sampe kering πŸ˜‚ . . #PekanPosbar #MakananKhasPadang #MasakanKhasPadang #JelajahKuliner #rendangpadang #rendang #Pais_NuAya #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

Nasgor Rendang Ayam Suwir

Nasgor Rendang Ayam Suwir

Berhubung kemaren bebikin rendang, trus masi sisa 3 potong serta dedaknya yang banyak. Duh, kalo dedak masakan yang medunia ini #DibuangSayang dong maka pagi terinspirasi mau sarapan nasgor dengan dedak rendang, tujuannya biar makan rendang tapi tidak dengan nasi putih tok πŸ€— Cuss cobain yuk #Babako_MaolahBaliak bareng #CookpadCommunity_Sumbar untuk menyemarakkan #PosbarIdaman juga... Mau kaaan jadi #IdamanMamah Cookpad πŸ˜‰ #CookpadIndonesia #OlahanNasgorMamiFay

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang khas dng bumbu yg banyak dan bau rempah2 yg wangi, kali ini aku contek resep dari chef fave ku, dagingnya aku masak agak lama dan potongannya agak kecil supaya dagingnya empuk pas dibelah2. Siapa bilang bikin rendang susah? Gampang koq cuma butuh kesabaran iya πŸ˜† Source: youtube devina hermawan #dian_cooking_experiment #rendang #rendangdagingsapi #masakanpadang

4 jam
Rendang Sapi Sederhana

Rendang Sapi Sederhana

Day 2 masak rendang karna buat lauk pendamping nya tumis daun pepaya mantul dah cooksnap dari @ibunefreya_cooking sembari aku tambah dan kurang bbrpa bumbu nya jadi sesuai takaran saya . Matur nuwun

4 orang
1jam 20 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

12 orang
Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Pulang kampung dapat resep dari kakak ipar yang orang Padang Panjang. Pertama coba rasanya enak... biasanya kacang ini di gunakan untuk buat rendang semula sempat heran juga ya tetapi ketika di buat serundeng ternyata enak banget πŸ‘ dan bisa tahan 1 bulan. #PekanCooksnap

1/2 kg
1 Jam
Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Bikin rendang dg menambah kecap manis...hmmm raossss.loh Oeaaa ini jg bisa untk jdi pelengkap frozen food di rmh loh.setelah buat.diamkan or dinginkan di suhu ruang.kemas sesuai kebutuhan agar saat menghangtkannya mudah sesuai keperluan Masukan freezer Amannn dehπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ˜‹ Cuzzz yukπŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‹πŸ€— #RamadanCamp_Misi4

Rendang Jengkol Kentang

Rendang Jengkol Kentang

Alhamdulillah ada penjual jengkol lewat depan rumah & orangnya manggil2 saya 🀣kebetulan pas pengen banget. #KulinerNusantaraku #Semarak_KulinerNusantaraku #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Jombang #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #GA_TheNextLevel

Telur Dadar Rendang

Telur Dadar Rendang

Dududuhh. . .ini enak banget. Aku lihat resepnya dari youtube, muncul gitu di beranda.. tp lupa sumbernya πŸ˜…πŸ€­ Enak, bumbu nya meresap. Berasa makan nasi padang πŸ˜‹