Rendang Daging Khas Aceh

Dipos pada February 1, 2022

Rendang Daging Khas Aceh

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Khas Aceh yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Khas Aceh yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Khas Aceh, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Khas Aceh enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Daging Khas Aceh adalah 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Daging Khas Aceh diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Khas Aceh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Khas Aceh memakai 18 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

ternyata rendang punya khas masing2 mommies, yg saya tau klo rendang padang masaknya banyak santan dan banyak rempah, tampilan hitam menggoda. tapi klo rendang aceh super duper simpel cuss di recock mommies, happy cooking 🤗

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Khas Aceh:

  1. Bahan Utama :
  2. 1 Kg Daging Sapi
  3. Bumbu Halus :
  4. 18 Buah Cabe merah kering
  5. 3 Lembar Daun jeruk purut
  6. 26 Buah Cabe merah keriting
  7. 6 Buah Cabe rawit merah
  8. 14 Buah Bawang merah
  9. 2 Buah Bawang putih
  10. Jahe 1 Slice tipis
  11. Bahan Lain:
  12. 1 Buah Lengkuas diparut
  13. 1 Lembar Daut kunyit buat dicemplungin
  14. 1 Liter Santan encer
  15. 500 ml Santan kental
  16. 1 Sdm Asam jawa direndam diambil airnya
  17. Secukupnya Garam
  18. 1 Sdt Ketumbar bubuk sangrai

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Khas Aceh

1
Bersihkan daging dan potong sesuai selera, tipsnya potong daging sesuai arah urat daging
Rendang Daging Khas Aceh - Step 1
2
Masukkan Daging kedalam wajan lalu masukkan Asam Jawa, Ketumbar sangrai & Garam kedalam daging lalu campurkan dan marinasi kurang lebih 5 menit
Rendang Daging Khas Aceh - Step 2
3
Setelah 5 menit, masukkan bumbu halus dan masak daging dengan api kecil
Rendang Daging Khas Aceh - Step 3
4
Lalu masukkan santan cair dan ketika mulai kering masukkan santan kental sedikit demi sedikit.
Rendang Daging Khas Aceh - Step 4
5
Lalu tunggu sampai daging empuk dan mengeluarkan minyak.
Rendang Daging Khas Aceh - Step 5
6
Cicipi rasa, setelah itu angkat dan sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Padang

Rendang Padang

Rendang ati sapi sdh pernah saya post di cookpad, nah skrg giliran rendang dagingnya. Resep asli dr Ibu saya. Mungkin ada perbedaan dg rendang padang lain, tapi ini resep rendang yg diajarkan oleh Ibu saya. Ibu saya terhitung jarang masak rendang. Paling sering masak daging hanya sampai tahap kalio. Malas katanya hehehee. Tapi kalau mau lebaran barulah kami berdua bahu membahu masak 5kg daging rendang utk santapan Hari Raya dan hantaran utk keluarga besar dan tetangga. Pernah sekali kami masak rendang ketika kompor ibu sedang bermasalah, apinya keciil sekali. Kami masak 5kg daging dalam waktu 9 jam. Kami gantian mengaduk rendang, sambil diselingi ibu tidur siang dulu sebentar, lalu gantian saya jg istirahat wkwkwk. Ngadukny pun sambil duduk di meja counter dapur 🤣. Skrg saya sdh bisa masak rendang sendiri tanpa bimbingan dr ibu, justru saya skrg yg kirim rendang utk Ibu di Hari Raya. #GA_TheNextLevel #MasakanUntukIbu

2 jam
Ceker Kepala Kuah Rendang

Ceker Kepala Kuah Rendang

Serba Instan, hihihi.. Ceker dan kepala ayam gratisan dari bapak penjual ayamnya.. Menambah nikmat makan menu ini, alhamdulillah.. #OlahanCeker_MamaBirru #OlahanAyam_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang

2 porsi
30 menit
Rendang bundo

Rendang bundo

Ga afdol kalau ngakunya orang padang ga bisa masak rendang. Sekalian permintaan anak² yang komplain kangen rendang. Yuk disimak mam 😉

#200 Rendang Jengkol

#200 Rendang Jengkol

Sama seperti resep rendang ayam sebelumnya, namun untuk kali ini bahan saya ganti dengan jengkol. Mantap, lezat, nikmat, tidak alot, dan tidak berbau.

Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Dulu ketika masih kuliah, ada teman dari Sumatra yang bilang, kalau di Padang ketika masak rendang, Uleg bumbunya sampai halus banget, sampai biji-biji cabainya tidak keliatan. Denger cerita itu saya takjub, (saya nguleg sambel aja bukan hanya bijinya, kulit cabenya saja saya belum bisa halus. Hiks) Tapi penasaran juga, pantesan masakan Padang itu terasa 'legend', salah satunya mungkin karena mereka serius sekali ketika masak, mengolahnya dengan hati dan jiwa. Jadi masakannya bisa terasa 'ruh'nya. Jadi sekarang, gegara omongan temen saya itu, saya menghaluskan bumbunya sampai halus bener, pakai blender bumbu sih. Tapi lebih lama, sekitar 5 menitan. Saya tambahkan sedikit air. Agar blendernya lebih halus. Ini resep andalan saya, mirip sama rumah makan Padang andalan kami. Ayahnya anak-anak suka sekali masakan Padang, dan kata beliau, ini lebih enak dari beli. Ahhh, senangnya, hehe Oh ya, karena terlalu sering masak rendang, sekarang berasa bikin rendang kayak tumisan aja. Simpel, gampang. Mungkin karena dibikin santai aja, jadi rasanya kaya bikin tumisan biasa, tinggal aduk-aduk bentar. Rada serius di menit-menit akhir, sampai menghasilkan daging empuk dan keluar minyaknya. ❤️❤️❤️ #RendangIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang ayam

Rendang ayam

ini menu hari libur kemarin 1 hari 2 menu..RENDANG AYAM dan KULIT TERIYAKI.

Rendang Padang Tanpa Santan

Rendang Padang Tanpa Santan

Dari kmrn udah diniatin mau buat stok makanan sama bumbu buat persiapan ramadhan mengingat skrg kl ngantor naik krl, pulang pasti uda capek bgt buat nyiapin bukaan, maka nyetok rendang adalah salah 1 jalan ninjaku, btw ini versi yg agak sehat krn g pake santen tp ak ttp pake kelapa sangrai meskipun dikit, makannya hasilnya g berminyak dan agak basah. Kalo teman2 mau pake santan, air & fiber creme nya bisa diganti santan dgn takaran yg sama. Selamat mencoba! #rendang #rendangpadang #dagingsapi

4 kg
5 jam
Daging Rendang khas Minang

Daging Rendang khas Minang

Kalau bukan karna request dari suami yang lagi tugas jauh diperbatasan sana mungkin tidak akan pernah mencoba untuk membuat Rendang ini, hihii Ini awal kali aku masak rendang untuk dikirim sampai ke perbatasan MLY-INDO yang jarak waktunya bisa sampai 4hari. Insyaa Allah tidak akan basi selama masak bumbunya benar² matang. Soal rasa Alhamdulillah mirip rendang yang ada di warung padang pada umumnya, yaaa meski baru pertama coba lah ya, hehe.. Selamat mencoba moms ;)

2jam
Rendang Kacang Panjang & Ebi

Rendang Kacang Panjang & Ebi

Ada stock kacang panjang, tp bosan didadar muluu.., kemarin coba di masak rendang 😉 .. Ternyata Enakkk lhooo 😋😋🤤 menu hemat nih 😉😚 bisa utk akhir bulan 🤣🤣🤣 masaknya pun tdk butuh waktu lama 😉 . Good Morning and 🌈 Happy Sunday 🌈 . #JelajahSayuranHijau #JelajahResepSayuranHijau #JelajahResep #PejuangGoldenApron3 #minggu28 #cookpadindonesia #cookpadcommunity_palembang #masakitusaya #kedapuraja

1 Porsi
15 menit
Rendang Daging Khas Aceh (Frozen Food)

Rendang Daging Khas Aceh (Frozen Food)

Wangi rempahnya lbh strong, ini sengaja dibikin gk terlalu kering karena Suami lbh suka bumbu nyemek beginian🤭 Ini sekalian dibikin agak bnyk , sisanya bisa masuk kulkas dn dipanaskan saat berbuka maupun sahur. #RamadanCamp_Misi4 #FrozenFood #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Batam

70 menit
Rendang ekonomis

Rendang ekonomis

Pengen rendang tapi duit pas2an 😅

2-4orang
1jam
Rendang Keluarga

Rendang Keluarga

titip resep rendang keluarga, biar ga lupa hehehe

4 orang
1 jam 30 menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Mumpung punya kuah (bumbu) rendang sisa beli rendang beberapa hari lalu, nyobain bikin nasi goreng rendang deh. Ini 'kuah'nya gak berkuah yaa, tapi kering (nah lo bingung gak 😅). Yang dimaksud kuah adalah bumbu sisa rendang atau orang Minang menyebutnya dedak rendang. Terinspirasi dari mbak @Lenny_141705 dan uni @MitaNiez yang pernah share resepnya, aku bikin tanpa ayam, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas saja. Yuuk cobain... #mbantuk_karbo #CookpadCommunity_Bandung

Rendang Untuk Pemula

Rendang Untuk Pemula

Berawal dari penasaran bikin rendang sendiri, foilaaa liat resep sana sini dan kombinasikan jadi satuuu.. Kata suami, ini rendang yg enak dari rendang yang pernah ku buat sebelumnya😍

Rendang Jengkol Anti Bau Bau Club

Rendang Jengkol Anti Bau Bau Club

Jengkolku ini anti Bau bun, bahkan sampe kamar mandi gak bau, rahasianya check it out !!!!

4 orang
Daging sapi Rendang

Daging sapi Rendang

40an potong
4-5 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Cooksnap resepnya mbak @DianaN_17 #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah, masih diberi kesempatan bertemu Ramadhan tahun ini bersama keluarga tersayang. Masak buat stock selama Ramadhan sekalian banyak, lalu sebagian simpan untuk stock, tinggal diangetin nanti waktu Sahur atau Buka Puasa. Sudah beberapa kali masak rendang dengan macam-macam resep, ternyata dari kelengkapan bumbu dan cara masak pun beragam ya. Mungkin ada yang mau share resep dan cara asli masak rendang ini? Boleh berbagi ya.. #PejuangGoldenBatikApron

5 orang
4 jam
Kerang Hijau Pedas Bumbu Rendang Padang

Kerang Hijau Pedas Bumbu Rendang Padang

Repost Resep Cooksnap Teh @sari_kimdonghwa Dulu waktu di Bekasi ... Penasaran sama kerang hijau... Krn banyak yg jualan pakai gerobak... Biasanya mangkal di SD gitu... Krn Kantor dulu lumayan dekat sama salah satu SD... Suka lihat penjual kerang hijaunya lewat di jalan depan kantor... Tapii saat itu cm penasaran dan gak pengen nyobain... Di Bandung sering makan bareng suami di warung Seafood... Krn ada menu paketan jadi aja ngicipin si kerang hijau nya... Ternyata enak juga... Nah ini resep kerang hijau teh Sari... Saya tambahkan rebusan jagung biar mirip kayak di warung Seafood hehehe... #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity #Cookpad_id #KerangHijauPedasBumbuRendangPadang #KerangHijau #ResepCooksnapTehSari #PejuangGoldenBatikApron #Resepfey_pawonmungil #Fey_Pawonmungil