Rendang Ayam Kampung

Dipos pada February 1, 2022

Rendang Ayam Kampung

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam Kampung yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam Kampung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam Kampung, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam Kampung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ayam Kampung adalah 1 keluarga. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ayam Kampung diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam Kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam Kampung memakai 24 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Trial buat masak pas lebaran. Alhamdulillah hasilnya mantul πŸ₯°

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam Kampung:

  1. 1 ekor ayam pejantan
  2. 1 kg kelapa parut tua
  3. 2.5 liter air
  4. Bumbu Halus :
  5. 5 buah cabe merah keriting
  6. 3 buah cabe rawit (kalo ingin pedas bisa ditambah sesuai slera)
  7. 15 siung bawang merah
  8. 12 siung bawang putih
  9. 1 ruas kunyit
  10. 1 ruas jahe
  11. 8 butir kemiri
  12. 2 sdm ketumbar bubuk
  13. 2 sdm merica butir
  14. 1 sdm jintan bubuk
  15. Bumbu cemplung :
  16. 1 ruas lengkuas geprek
  17. 5 lembar daun jeruk
  18. 5 lembar daun salam
  19. 2 batang serai geprek
  20. 8 butir cengkeh
  21. 2 tangkai kayu manis
  22. Tambahan :
  23. 2 sdm air larutan asam jawa
  24. Secukupnya gula pasir, garam, penyedap

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam Kampung

1
Potong ayam menjadi beberapa bagian, saya potong kecil2.
2
Didihkan air, rebus ayam sampai air menyusut supaya benar2 empuk
3
Ambil 3/4 bagian kelapa parut. Sangrai hingga kecoklatan. Lalu tumbuk/ blender kelapa sangrai yang masih panas hingga halus.
4
Peras sisa kelapa parut yang ada dengan 2.5 liter air ambil santannya. Sisihkan santan
5
Blender bumbu halus dengan sedikit air hingga halus.
6
Tumis bumbu halus lalu masukan bumbu cemplung. Tumis hingga harum.
7
Masukan ayam yang sudah ditiriskan. Aduk supaya bumbu merata.
8
Masukan santan. lalu masukan larutan asam jawa. Aduk rata. Berikan garam, gula pasjr dan penyedap. Koreksi rasa.
9
Biarkan hingga santan menyusut hingga setengah. Lalu masukan kepala sangrai yang sudah dihaluskan.
10
Aduk aduk supaya rata. Diamkan lagi hingga kuah menyusut mengental kecoklatan dan berminyak.
11
Setelah kuah kental dan kecoklatan. Matikan api dan rendang siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

-Rendang Jengkol- Happy Cooking, Selamat mencoba, Semoga bermanfaat ❀ #CookpadCommunity_Medan #Indahpurnama #RendangJengkol

90 menit
Nasi goreng rendang kikil

Nasi goreng rendang kikil

Di kasih rendang kikil sama tetangga, gak ada yang makan, krn iduladha tahun ini, alhamdulliah dapat banyak daging sapi dan daging kambing, sampai bosen tiap hari menunya daging terus😁

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep asli milik mba Endang JTT. Saya pakai daging iga yg ada sedikit lemak agar hasil akhir daging rendangnya tetap lembut dan tidak keras.

3 jam
Rendang Ayam dan Ati Ampela

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Rendang adalah salah satu masakan khas Sumatera Barat. Walaupun identik dengan daging sapi, namun banyak juga yang menggunakan bahan lain untuk membuat rendang misalnya ayam atau jengkol. Santan yang digunakan haruslah santan kental dan biasanya butuh waktu berjam-jam hingga bisa menjadi rendang. Proses memasak yang cukup lama ini yang membuat rendang awet hingga lebih dari satu bulan. #CookpadCommunity_Bekasi #PostingBareng #MasakanKhasSumateraBarat Source : The Hasan Video (Resep asli menggunakan daging sapi dan kentang rendang)

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Prepare lauk buat sahur, bikin rendang daging sapi kesukaan krucils. Ga bikin banyak karena cepat bosan kalo lauknya itu-itu saja 😊 #PejuangGoldenAppron3 #PekanPosbarProtein

Indofood racik bumbu rendang daging

Indofood racik bumbu rendang daging

Rendang masakan khas padang indonesia yg go internasional πŸ˜πŸ˜˜πŸ‘Œ

kurleb 1 jam
49. Rendang Ayam

49. Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #RendangAyam

Rendang hati sapi & kentang (tanpa cabai)

Rendang hati sapi & kentang (tanpa cabai)

Waktu mudik idul adha, anakku 2 th lahap banget makan pake rendang, jadi semangat mau masakin rendang, kebetulan dapet hati sapi agak banyak ya udah coba di bumbu rendang, tapi nggak pake cabe , alhamdulillah anakku suka 😘

Rendang Ayam Serundeng

Rendang Ayam Serundeng

Ada serundeng sisa sedikit, trus ayam bingung mau dimasak apa. Dan kepikiran lah emak tuk bikin rendang ayam serundeng ini. Dan alhamdulillah pada doyan. Bumbu pun saya buat simpel ajah, pake bumbu rempah yang beli di babang tukang bumbu #cookpadcommunity_depok #rekreasi_depok

5-7 orang
45 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Waktunya mengolah daging qurban Nampaknya jadi menu andalan di rendang #OlahanDagingQurban #PosbarIdaman #KampungIdaman #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur

Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Walaupun pakai bumbu isntan tapi alhmdulilah rasa ttp enaaaaakk... πŸ˜€πŸ€€

Rendang Daging dan Kentang

Rendang Daging dan Kentang

Hallo semuanya.. Apa kabar? Kali ini aku masak "Rendang Daging dan Kentang" untuk orang dirumah. Karena dirumah ada stock Daging dan Kentang jadi deh masak rendang. Buat kalian yang suka rendang yuk dicoba resepnya. Masaknya memang makan waktu lebih lama tapi lebih puas rasanya kalo memasak sendiri daripada beli.. Untuk kalian yang mau coba resepnya, boleh banget. Jangan lupa recookπŸ€— Selamat mancobaπŸ‘©β€πŸ³

501) Nasi Goreng Rendang

501) Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang jamur tiram tapi pakai bumbu instan 🀭. Sengaja disisain bumbu dan beberapa potong jamur tiramnya untuk dibikin nasi goreng pagi ini. Ternyata memang enak lho, nasi goreng rendangnya πŸ‘πŸ˜‹. Jadi ada tambahan varian nasi goreng lagi nih 😁. Oh ya, ini saya pakai beras pera yg memang untuk bikin nasi goreng ya. Nasinya ini gak bakal lengket satu sama lain, tapi dia ambyar gitu, gimana ya ngomongnya. Pokoknya beras pera memang cocok untuk nasi goreng πŸ˜…. Bisa ditambah telur dadar atau ceplok ya. Saya lagi menghindari telur, jadi saya pakai bakso ayam aja. Yuk, dicobain ya πŸ˜‰. (29/12/2021) https://cookpad.com/id/resep/15025062?invite_token=wtBtqd #CookpadCommunity_Tangerang

2 piring
10 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

4-5 orang
Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

Resep asli rendang pariaman, diajarin ibu saya pertama kali bikin rendang, tapi udh saya modif sedikit sesuai selera saya. Dan jujur aja, selama jd org padang baru 4 kali bikin rendang.. kenapa g pernah bikin? Jawabnnya adalah ngeri2 sedap.. Hampir smua masakan padang udh pernah, tp cuma rendang yg blm, krn ada pesenan khusus jadi deh coba bikin rendang dan alhamdulillah berhasil, enak, dimakan abis. Kebahagiaan chef itu ketika masakannya abis dimakan orang 😁

10-12 orang
4-5 jam
Bebola Daging Rendang

Bebola Daging Rendang

Umumnya bebola daging dibuat dengan kuah jernih, jadi terfikir kalau buat macam rendang, hi hiiii. #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
25 minit
Rendang ayam

Rendang ayam

recooked resep cie xander kitchen. Saya tambahkan kacang merah ( seharusnya kacang tolo ). Kurangi pemakaian cabe jika tak bisa pedas .