Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

Dipos pada February 3, 2022

Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

Anda sedang mencari inspirasi resep Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) memakai 1 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bumbu penyedap rendang hitam padang, juga sebagai bumbu gulai. Dibuat dari kelapa tua sangrai yang diuleg hingga kental berminyak. Selain memberikan aroma kelapa yg khas warna rendang bisa lebih pekat. Di tukang bumbu di pasar suka disebut kelapa gongseng. Butuh ketelatenan untuk membuatnya. Demi melestarikan cita rasa tradisional sekaligus olah raga, ayulah... semangaat πŸ’ͺ Sumber: Beckz's Kitchen @becksz23 Btw sumbernya ini orang minang asli 😍 https://cookpad.com/id/r/12545796 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai):

  1. 1/2 buah kelapa tua, parut tanpa dikeruk kulitnya

Langkah-langkah untuk membuat Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

1
Sangrai kelapa parut dengan api sedang sambil diaduk. Bila sudah mulai kecoklatan dan ringan kecilkan api. Sangrai lagi hingga coklat merata, teksturnya kering.
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 1
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 1
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 1
2
Selagi hangat langsung giling/uleg kelapa hingga berminyak. Caranya dengan gerakan seperti menggiling. Bila ada pakai batu gilingan. Tips: πŸ€pilih kelapa tua, yang muda tdk berminyak πŸ€cobek dan ulekannya pastikan kondisi kering, lebih mudah mengulegnya dan cepat keluar minyaknya.
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 2
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 2
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 2
3
Simpan dalam wadah tertutup untuk digunakan sebagai bumbu pelezat. 1/2 buah kelapa bisa jadi kurang lebih 130 gr ambu.
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai) - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada rendang berlebih tapi bosen jika dimakan langsung dengan nasi jadilah dibuat nasi goreng rendang

Rendang kerang kacang merah

Rendang kerang kacang merah

Paduan rendang kerang dan kacang merah memiliki cita rasa yang khas apalagi disantap dengan nasi hangat.Kacang merah sangat baik bagi kesehatan tubuh kita seperti mencegah penuaaan dini,baik untuk kesehatan jantung,mencegah kanker dan melancarkan pencernaan.

6 porsi
1 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillah (51/52) #PejuangGoldenApron3 #Cookpadcommunity_bandung

Pare Bumbu Rendang

Pare Bumbu Rendang

Batam, 2022 Februari ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ Sehat selalu cookpader lovers πŸ’š Rendang daging sudah biasa, sesekali bikin rendang dari sayur. Seperti resep ini Pare bumbu Rendang sayur kesukaan paitua 😍 . . . #PejuangGoldenBatikApron #Week04 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Solo #Timlo #wongsolomasak #olahanparealaitha #masakalaitha

3-4 orang
30 menit
36. Rendang Minang

36. Rendang Minang

#PejuangGoldenApron3 Untuk setoran minggu ke 21 Daging kurban belum dimasak juga. Tak bikinin rendang aja. Ditambahi kentang biar makin banyak 😁 Oh ya moms. Rendang ini saya buat tidak pedas ya. Karena memang saya sedang radang tenggorokan jadi gak boleh makan yang pedas pedas dulu yang berminyak juga ga boleh sebenarnya 😁. Dan yang utama anak saya bisa ikut makan. Untuk menghasilkan rendang yang hitam seperti dari daerah asalnya sebaiknya menggunakan cabai rawit hijau. Tingkat kepedasan sesuaikan selera. Dan jangan pakai kunyit ya moms. Biar makin hitam si rendang. Dan masaknya itu pakai api kecil saja. Lama sih prosesnya tapi rendangnya bakalan empuk puk puk banget. Faktor empuknya rendang juga dipengaruhi cara memotong daging mom. Potong kotak dan melawan serat daging pasti dagingnya lebih empuk saat dimakan. Karena saya memang tidak mau pedas saya pakai lombok merah yang dibuang bijinya. Moms rendang ini semua bumbunya saya haluskan kaya daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Biar aromanya lebih nendang.

Rendang

Rendang

#TiketGoldenBatikApron "Beberapa resep masakan terkadang tidak ditakdirkan untuk berpindah tangan, karenanya feeling diperlukan." -Alvaro LWMK2021 Semoga resep keluarga ini bisa membantu dan selamat mencoba sampai bisa menciptakan hasil rendang terbaik versi kamu :) Tetap happy kiyowo!

2-4 orang
1 jam 30 menit
202. Rendang Sengkel

202. Rendang Sengkel

#PejuangGoldenApron3 Rendang menu yang bikin nambah nasi. Seluruh keluarga suka....tapi kalau lihat step asli rendang padang, waah...lamaa pengen tinggal makan aja...😊 Keluarga dirumah suka daging bagian sengkel, ya jarang ada rendang sengkel. Jadi saya coba masak... Senangnya kalau semua suka, kog bisa empuk, berapa jam nih ?? He he he...yuuuk...simak rahasianya.

Rendang ayam pedas simple

Rendang ayam pedas simple

Ibu aku lagi pengen makan rendang ayam..aku cari resep di cookpad nemunya resepnya @masakan baby..resepnya sebenarnya mantul banget cumak ini saya sesusaikan dengan selara saya aja juga menyesuaikan bahan yang ada dirumah yang gak lengkap πŸ™ƒ jadi aku masak pake ayam setengah kilo aja ya

30 menit
Rendang Padang

Rendang Padang

Menu yg selalu wajib ada dikulkas setiap bulan ramadan dan juga menjawab tantangan @MamahCookpad dalam #RamadanCamp_Misi4 yang cluenya "simpan aku di frezeer, panaskan dan hidangkan" Cooksnap resepnya mba @ihdanas #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

Rendang ayam

Rendang ayam

rendang ayam ini disukai anak2 karna kalo beli rendang di tukang nasi padang bumbunya lebih ke pedas dan anak2 kurang suka makan daging

8 porsi
2 jam
Rendang medok rasa nampol

Rendang medok rasa nampol

Hai, resep pertama yang aku share ini adalah masakan yang paling suamiku suka. Resep n cara memasak ini berasal dari mertua tercinta... Selamat mencoba yah πŸ˜ƒ

16 porsi
Rendang daging sapi (bisa frozen)

Rendang daging sapi (bisa frozen)

Ramadhan identik dengan masak masakan frozen yah.., biar praktis... Ribet di awal namun praktis lebih lama πŸ˜† Masih ada stock daging di freezer, jd ku masak rendang untuk stock lauk buka/sahur kalau lagi malas masakπŸ˜…πŸ˜…kebetulan pengen makan rendang, sekalian ikutan challenge mamah nih 😍 Beli bumbu siap pakai di pasar yg udah di racik gtu.. Jd tgl nambahin duo bawang dan daun jeruk 😁 dah mateng tinggal masukkin ke wadah simpan di freezer klau pengen mkan tgl di angetin deh 😍 #RamadanCamp_Misi4 #MenuFrozenFoodWongKito #CookpadComnunity_Palembang #PejuangGoldenBatikApron

stock 2 minggu
1 jam 30 menit
Rendang Sapi Sederhana

Rendang Sapi Sederhana

Day 2 masak rendang karna buat lauk pendamping nya tumis daun pepaya mantul dah cooksnap dari @ibunefreya_cooking sembari aku tambah dan kurang bbrpa bumbu nya jadi sesuai takaran saya . Matur nuwun

4 orang
1jam 20 menit
Ayam Rendang

Ayam Rendang

β™₯23 Mei 2021β™₯ Masak lagi Yuk Bun❀️ #PejuangGoldenApron3 #Cookingwithfun

Ayam Rendang Instan

Ayam Rendang Instan

Bismillah,, jadi mom's saya baru belajar banget masak, dan suka banget sama ayam, pengen ayam yang beda sekarang saya coba bikin ayam bumbu rendang yang instan buat suami tercinta

4 orang
Β± 1 jam
Kerang Hijau Pedas Bumbu Rendang Padang

Kerang Hijau Pedas Bumbu Rendang Padang

Repost Resep Cooksnap Teh @sari_kimdonghwa Dulu waktu di Bekasi ... Penasaran sama kerang hijau... Krn banyak yg jualan pakai gerobak... Biasanya mangkal di SD gitu... Krn Kantor dulu lumayan dekat sama salah satu SD... Suka lihat penjual kerang hijaunya lewat di jalan depan kantor... Tapii saat itu cm penasaran dan gak pengen nyobain... Di Bandung sering makan bareng suami di warung Seafood... Krn ada menu paketan jadi aja ngicipin si kerang hijau nya... Ternyata enak juga... Nah ini resep kerang hijau teh Sari... Saya tambahkan rebusan jagung biar mirip kayak di warung Seafood hehehe... #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity #Cookpad_id #KerangHijauPedasBumbuRendangPadang #KerangHijau #ResepCooksnapTehSari #PejuangGoldenBatikApron #Resepfey_pawonmungil #Fey_Pawonmungil

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Dari pada bosan jengkolnya di sambal terus, Kali ini sy buat rendang Agar ganti rasaπŸ‘

Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

Bismillah.. Punya stok Hati sapi belum di apa2in, masih ngadem di freezer. Kepikiran dibikin Rendang, meng-adaptasi dari resepnya mba Michico Octavian 😘😘 mumpung masih punya kentang mini juga. Yukk lahh, di excusi πŸ’ͺπŸ˜ƒ #PejuangGoldenApron3

Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

Resep asli rendang pariaman, diajarin ibu saya pertama kali bikin rendang, tapi udh saya modif sedikit sesuai selera saya. Dan jujur aja, selama jd org padang baru 4 kali bikin rendang.. kenapa g pernah bikin? Jawabnnya adalah ngeri2 sedap.. Hampir smua masakan padang udh pernah, tp cuma rendang yg blm, krn ada pesenan khusus jadi deh coba bikin rendang dan alhamdulillah berhasil, enak, dimakan abis. Kebahagiaan chef itu ketika masakannya abis dimakan orang 😁

10-12 orang
4-5 jam
Rendang Fillet Ayam (menu sehat)

Rendang Fillet Ayam (menu sehat)

Ingat umur dan kesehatan jadi harus pintar2 buat makanan bagaimana agar makan tetap enak tapi juga kita bisa sehat. Makanya menu2 yang sudah ada harus bisa dimodifikasi. Kali ini masak rendang tanpa minyak dan santan. Biasanya saya simpan di kulkas dan dihangatkan satu potong tiap kali saya mau makan.

5 - 6 potong
1 jam