Rendang Ayam

Dipos pada February 3, 2022

Rendang Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ayam adalah relatif. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ayam diperkirakan sekitar 1jam 30menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam memakai 22 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalaamu'alaikum Resep kali ini adalah rendang ayam. Meski masaknya agak lama tapi terbayar dengan rasanya yang mantap pedas gurih + daging ayamnya yang empuk, maa syaa Allah. Saya tambah dengan 1 sachet bumbu rendang instan karna dalam bumbu instan tersebut bumbunya lebih lengkap. Ini dia resepnya... Semoga bermanfaat..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam:

  1. 1 ekor ayam (berat 2kg)
  2. 1 ltr (250 ml) santan dari 1 buah kelapa tua. Santannya dibagi 2 :
  3. 750 ml santan encer
  4. 500 ml +1 sachet santan kara = Santan kental
  5. 50 gr gula merah atau sesuai selera
  6. secukupnya Garam halus
  7. 3 sachet kaldu jamur rasa ayam
  8. 5 daun salam
  9. 5 daun jeruk
  10. 1 sachet bumbu rendang instan
  11. Minyak goreng ut menumis
  12. Bumbu halus
  13. 5 cabe besar
  14. 6 cabe keriting
  15. 10 cabe kecil
  16. 5 bawang putih
  17. 15 bawang merah
  18. 3 btg serei
  19. 2 ruas jahe
  20. 3 Ruas lengkuas
  21. 1 Sdm ketumbar bubuk
  22. 1 Sdt lada bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam

1
Siapkan bahan. Haluskan bumbu dengan blender.
Rendang Ayam - Step 1
2
Tumis bumbu halus, masukkan daun salam dan duan jeruk. Tumis hingga wangi.
Rendang Ayam - Step 2
Rendang Ayam - Step 2
3
Masukkan santan encer, aduk pelan-pelan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan nyala kompor. Diamkan, sambil sesekali diaduk hingga air menyusut (mengental).
Rendang Ayam - Step 3
Rendang Ayam - Step 3
4
Jika sudah mengental, masukkan bumbu rendang instan, gula merah, gram halus dan kaldu jamur. Aduk agar tercampur rata, tes rasa. Lalu masukkan ayam. Aduk beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam daging ayam. Masukkan santan kental. Diamkan, sambil sesekali diaduk hingga mengental.
Rendang Ayam - Step 4
Rendang Ayam - Step 4
Rendang Ayam - Step 4
5
Jika sudah mengental, matikan kompor.
Rendang Ayam - Step 5
6
Siap disajikan. Daging rendangnya empuk, maa syaa Allah.
Rendang Ayam - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Pingin masak rendang tapi lagi gak mau yg rempong ๐Ÿ˜† Alhasil bikin rendang ayam pake bumbu Indofood. Hasilnyaaaa enak bund kayak rendang asli, jadi berasa ahli masak rendang seketika ๐Ÿคฃ

2 orang
Rendang Daging Sapi Pedas

Rendang Daging Sapi Pedas

Rendang adalah menu wajib yg harus selalu ada setiap moment hari raya baik itu idul Fitri maupun idul adha. Klo lebaran ga ada hidangan masakan ini pasti berasa ada yg kurang dan belum lengkap. Yuk cobain resep rendang keluarga kami

5-10 Orang
2-3 Jam
Rendang Ayam Bumbu Instant

Rendang Ayam Bumbu Instant

#Indonesianfood #Cookpadcommunity_jakarta #PejuangGoldenBatikApron

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku โค๏ธ

2 orang (makan siang dan malam)
Rendang Telur Ayam

Rendang Telur Ayam

Memodifikasi telur rebus dari bancakan saudara lalu dikolaborasikan dengan resep mbak @niasyifa mantap ๐Ÿ‘ #cha_lauk

4 porsi
Tahu bumbu rendang

Tahu bumbu rendang

Ini bikin nasi cepet abis bunโ€ฆ ๐Ÿ˜‚ simpel banget masaknya, enaknya kebangetan.. cussโ€ฆ

4-5org
20 menit
Rendang Tongkol Suwir

Rendang Tongkol Suwir

Wajib Cobain nih !!! Rendang ngga mesti daging, rendang ngga melulu ayam. Ikan tongkol pun bisa jadi rendang super enak ๐Ÿ˜Ž Source : Cuwa @Fauziahafifathuzahwa #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Sumbar #RememberGenkPeda_Fauziahafifathuzahwa #kampoengramadan #GenkPejuangDapur #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #ResepKece

4 orang
1 jam
Rendang Kambing Bumbu Indofood

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Berhubung ada sisa daging kambing qurban kemarin, dan Juga serundeng, sekalian aja ya dibikin rendang ๐Ÿคญ, beli yg bumbu instan saja, dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yg ada di dapur ๐Ÿคญ๐Ÿ˜„ Recook resep mbak Maria Anna

Rendang telur asli padang๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Rendang telur asli padang๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Pasti banyak yg suka dengan yg nama nya rendang๐Ÿ˜๐Ÿ˜‹tp sekarang yg di bikin bukan dari daging tp telur๐Ÿคญ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†tp rasanya mantul juga loh mom๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜‹

1 keluarga
30 menit
Rendang Telur

Rendang Telur

Masak rendang tapi mau cepet, pilihannya ganti daging sapinya dengan telur. Karena merebus telur jauh lebih singkat dibanding rebus daging hingga empuk Bumbu rendangnya juga ala kadarnya. Mustinya hasil akhir maunya santannya ga pecah gini ya.. berhubung ketika santan udah masuk ke masakan eh diajakin main sama anak dan ga bisa ditolak, ya apa boleh dikata jadi didiemin gitu aja deh masakannya sampe airnya menyusut dan keluar minyak dari santannya Gapapa yang penting rasanya tetap rendang ๐Ÿ˜‚ Disini skip daun kunyit karena pohon kunyitnya habis dimakan tikus ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ jadi ga punya stok daun kunyit deh. Yaa seperti saya bilang di atas, bumbu rendangnya ala kadarnya ๐Ÿคฃ #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bekasi #DirumahAjaMasakMasak

45 menit
Rendang padang

Rendang padang

Asal resep ini aku lihat di you tube tapi lupa akun siapa. Pertama aku coba rasanya langsung cocok dan akhirnya dijadikan resep andalan setiap masak rendang.

Banyak
5-6 jam
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Dlm rangka memanfaatkan sisa bumbu rendang ๐Ÿ˜†.. Jadilah nasgor rendang nan makyus ini ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

1-2 org
10menit
Rendang Padang Bundo Kanduang๐Ÿฅฉ

Rendang Padang Bundo Kanduang๐Ÿฅฉ

CUMA PAKEK 4 BAHAN AJA SUNGGUHANNNNNN

4 orang
2 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Assalamualaikum.wr.wb Hai bunda?Apa kabar? Ini postingan awal saya ya bunda saya ingin berbagi resep bunda Rendang daging sapi yang empuk dan enak bismillah Bun๐Ÿ˜€

keluarga kecil
360 menit
Rendang Babat

Rendang Babat

Sedap pastinya

25 orang
2jam
Rendang Hitam Khas Solok

Rendang Hitam Khas Solok

halo,udah lama ga bikin resep kali ini berhubung masih suasana ramadhan kepengen bikin rendang hitam enak bumbunya asli dari minang

10 porsi
3 jam
Rendang bundo

Rendang bundo

Ga afdol kalau ngakunya orang padang ga bisa masak rendang. Sekalian permintaan anakยฒ yang komplain kangen rendang. Yuk disimak mam ๐Ÿ˜‰

Rendang Telur

Rendang Telur

Sungguh hari yang mager, malas masak, malas ke warung karena dari semalam hujan ga berhenti2. Jadi memanfaatkan bahan yang ada saja, hanya 3 bahan utama ๐Ÿ˜…

6 orang
30 menit