Rendang jengkol

Dipos pada February 3, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dari pada bosan jengkolnya di sambal terus, Kali ini sy buat rendang Agar ganti rasa๐Ÿ‘

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 1 kg jengkol
  2. 1 buah kelapa parut
  3. 2 L air
  4. Bumbu halus
  5. 10 siung bamer,
  6. 6 siung baput
  7. sesuai selera Cabe merah dan rawit
  8. 2 bongkah ukuran besar lengkuas
  9. 3 batang serai
  10. Seruas jahe dan kunyit
  11. 2 sdt ketumbar
  12. 2 sdt merisa
  13. 1 sdt cengkeh
  14. Secukupnya pala
  15. 4 butir kemiri
  16. Bahan bahan cemplung
  17. 6 lembat daun salam,4 lembar daun jeruk
  18. 3 batang serai
  19. Seruas kayu manis
  20. secukupnya Garam,dan masako sapi gula

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rebus jengkol, Lalu di geprek,
2
Peras santan dgn 2L air
3
Tumis semua bumbu halus hingga wangi
4
Masukkan semua bumbu yg di cemplung tdi
5
Tambahkan sedikit santan,masukkan jengkol aduk hingga rata lalu kemudian masukkan semua santan tdi,.
6
Tunggu hingga air kering masak dgn api sedang.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Rendang

Bumbu Rendang

Rencana besok mau masak rendang jadinya disiapkan dulu bumbunya hari ini. Besok pagi tinggal tambahi santan kentalnya. Juga kelapa gongsengnya.

30 menit
Kebab Daging Rendang Krispy

Kebab Daging Rendang Krispy

Bismillah Ada sisa dari Daging rendang kemarin. Masak banyak tapi suami udah bosen jadi sisanya sayang dibuang. Saya buat gini aja.. rendang yang saya cuci bersih dr bumbu. Trus saya penyet pake Muntu trus saya Balur ke telor dan tepung Taraaaaa Ampun ternyata enak.. daging dibuat Krispy gini.. suami makan doooong katanya isinya apa Bun.. isinya rendang yang terbuang ๐Ÿ˜‚ suami bilang enak.. buat lagi.. rendangnya udah abis.. ๐Ÿ˜‚ menu daging akhir bulan Done!โค๏ธ #berbagisaturesepsetiaphari #PosbarIDAMAN #BemasakBaimbai #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunity_Samarinda #dibuangsayang #masakandaurulang #kreasimakanansisa

2 orang
35 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masih edisi lebaran haji ni, stok daging masih ada khan? Cus ah bikin rendang aja.. kali ini bikin rendang ala sunda banget deh.. masaknya penuh dengan kesabaran demi daging empuk hehe.. yuk ah bikin . #SetorResep #DiRumahAja #MasakOnline #MasakItuMudah #DagingQurban #RendangDagingSapi

3 jam 45 menit
Tumis Buncis Tempe Pete Bumbu Rendang

Tumis Buncis Tempe Pete Bumbu Rendang

Bosan dg rasa tumisan yg gitu-gitu saja? Yuks cobain kreasi tumisan yg satu ini...dijamin menggugah selera & lahapp deh..๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿ˜

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Makanan ini, makanan favorit siapa pun..bikinnnn nagih,,

10 orang
3-4 Jam
Kerang Kentang Rendang

Kerang Kentang Rendang

Salah satu menu favorit nih.. Biasa nya di medan klu pngen sate kerang mudah bgt dapat nya, Skrg stlh tinggal di riau susah dpt nya, Makanya klu lgi pngen tuh ya masak sendiri aja ๐Ÿ˜… First Try and i'm so happy B'cause to much delicious..

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa rendang yg sdh semingguan di kulkas. Daripada dibuang sayang, mending buat campuran nasgor. Rasanya enakkk sekali, terasa rendangnya. Jiwa emakยฒ meronta jika ada makanan yg terbuang sia-sia๐Ÿ˜ #MasakItuSaya #DibuangSayang #PekanPosbar

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Ngeliat org pada jual jengkol jadi pengen bikin deh....

10 orang
60 menit
Rendang ayam bumbu indofood

Rendang ayam bumbu indofood

Lgi kepengen bikin rendang ayam tpi bumbu dapur gk lengkap nyobain deh pke bumbu indofood enak banget ternyata

4 orang
Rendang

Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Lebaran Idul Adha 1442 H Salah satu menu andalan masyarakat indonesia di saat perayaan atau untuk menu harian adalah rendang. Kali ini rendangnya di buat khusus sebagai pendamping makan ketupat lemak.... Sebenarnya ndak ada bedanya dengan rendang daging biasanya, hanya saja rendang kali ini di buat dengan cara dagingnya di potong dadu kecil, sehingga lebih mudah dalam penyajiannya. Jika ingin di jadikan lauk juga ndak masalah sih, wong rendang emang biasa di santap dengan nasi hangat ๐Ÿ˜ Yuuuk intip resepnya ๐Ÿ’• #MasakanBundaPashalenko #Rendang #PosbarIDAMAN #PekanPosbar #MasakanMenuIdulAdha #CookadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Rendang Semarang ala si Mbo

Rendang Semarang ala si Mbo

Assalamualaikum WR. WB semunya.. Saya mau berbagi pengalaman saya diajarin masak sama aisten rumah tangga saya. Awalnya saya mau bikin rendang padang, cumaa tukang sayur lupa bawain bumbu padangnya, trus ART saya bilang "gak papa neng, kita jadiin rendang Semarang saja". Awalnya saya aneh dengernya tapiii setelah dicobain hhhmmm matap rasanya, bahannya pun sangat mudah di cari di warung sayur, malahan biasanya ibu-ibu yg setiap hari masak pasti punya persedian bumbunya hehheee

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Buat rendang mumpung di kulkas masih ada daging sisa qurban, sebenernya masih males mau ngolah2, tp frezeer nya penuh, mau naruh apa2 nggak muat ๐Ÿ˜€.

2 jam
Rendang jengkol ala mika

Rendang jengkol ala mika

Gk tau knp pasca bersalin aku jd suka banget sama jengkol.. Dan aq pengen ngolah sendiri.. Alhamdulillah semua pada suka..

8 orang
2 jam
Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring๐Ÿ˜. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikit๐Ÿค— Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Rendang Jengkol ala chef Albert

Rendang Jengkol ala chef Albert

Saat musim jengkol, jadi pingin masak rendang jengkol dan kebetulan besok hari ada jalanยฒ bersama teman kerja jadi momentnya pas bangettt

20 porsi
1 jam 25 menit
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Belajar masak Jengkol yg ke2 kali, mencoba membuat rendang. Masaknya tidak banyak krn baru mencoba. Alhamdulillah jadi jg dan enak rasanya....judulnya masak sendiri dan makan sendiri krn anak2 tdk suka๐Ÿ˜๐Ÿคญ #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #MasakananRumahan

relatif
1 jam
Rendang hati sapi โค๏ธ๐Ÿ„

Rendang hati sapi โค๏ธ๐Ÿ„

Ini super gampang loh bun, walau namanya rendang berkesan sulit bnyak bumbu, tdk dgn ini. Rasanya tetep juara. Yuk d intip ๐Ÿ˜‰

4 porsi
1 jam