Rendang (ayam)

Dipos pada February 3, 2022

Rendang (ayam)

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang (ayam) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang (ayam) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang (ayam), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang (ayam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang (ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang (ayam) memakai 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini mestinya enak klo pake daging sapi bagian kisi... Masak lama sampe bumbu agak gelap. Tapi berhubung punya stok ayam kampung agak banyak, jadi rendangnya pake ayam aja...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang (ayam):

  1. 2 ekor ayam kampung, potong sesuai selera
  2. Santan dari 1 buah kelapa (kental & encer)
  3. ๐ŸŒธ Bumbu halus :
  4. 15 btr bwg merah
  5. 10 btr bwg putih
  6. 1 sdm ketumbar
  7. 1/4 sdt jinten
  8. 1 ruas kunyit
  9. Sejempol jahe
  10. Sejempol laos
  11. 6 btr cabe merah besar
  12. 8 btr cabe merah keriting
  13. 5 btr kemiri
  14. ๐ŸŒธ Bumbu cemplung :
  15. 15 btr cabe rawit (diboleh dihaluskan), sy biarkan utuh
  16. 3 lbr daun kunyit
  17. 10 lbr daun jeruk
  18. 3 lbr daun salam
  19. 3 buah serai, geprek
  20. 1 buah pala, geprek
  21. 5 cm kayu manis
  22. 2 buah pekak
  23. 5 btr cengkeh

Langkah-langkah untuk membuat Rendang (ayam)

1
Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan bumbu cemplung, tumis lagi hingga semua benar2 matang.
2
Masukkan ayam, aduk2 sebentar hingga rata, tambahkan santan encer. Masak hingga mendidih, tambahkan gula, garam, royco.
3
Masak dengan api kecil hingga santan encer hampir menyusut. Tambahkan santan kental. Masak terus hingga bumbu meresap, hampir kering, sambil sesekali diaduk spy bumbu tdk gosong. (klo pake daging sapi, masaknya lebih lama, sampe mengeluarkan minyak & bumbu sampe coklat kehitaman)
4
Catatan : klo pake daging sapi, santan bisa pake dari 2 buah kelapa. Di sini saya pake cuma 1 aja,sdh cukup kental buat saya...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Semalam masih pada lapar dirumah...keinget kmrn cek resep sisa bahan makanan ada yang buat nasi goreng rendang. So eksekusi aja.

3 orang
setengah jam
Rendang Bumbu Instan

Rendang Bumbu Instan

Suka banget sama rendang buatan Ummi, dan ternyata gampang bikinnya cuma lama prosesnya..tapi nikmati sajalah yaa... yg penting hasilnya bikin lupa kenyang ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Rendang Ayam

Rendang Ayam

assalamualaikum...semoga semua sehat ya....makin kesini..maksudnya menua๐Ÿคญmalas masak...masak dikit kurang,banyak,tak ada yg makan..( curhat ceritanya) resep sdh diputar...skrg anak sdg hobi makan kebab..dia beli tortila di toko on line dan kebanyakan๐Ÿ˜•๐Ÿ™ƒ ini mengganggu pola masak saya...karna dia kerjaannya skrg rajang Bombay,dadar telor,mayonise ,saos ....bgt saja...dan kali ini ayam rendang saya dibungkus tortila...Jadilah rendang tortila ( resep nyusul )ini. Lah jadinya rendang ayam saya...yg dimakan pakai tortila enak juga...maaf ada foto cara membuatnya...

12 porsi
1 jam
289. Kacang Panjang Tumis Rendang

289. Kacang Panjang Tumis Rendang

Di resep sebelumnya ceritanya bikin rendang nih,,,hari berikutnya mash ada sisa entah 2 atau 3 potong rendang,,,dan gak ada yg makan, mau manasin jg nanggung bgt,,,cm 3 potong aja hahaha,,,rencana mau gak masak,,,karena,,ada kegiatan kantir yg harus brgkt pagi2,,berhubung gak tega lihat sisa rendang dan di kulkas adanya cuma 1 ikat kacang panjang dan 1 buah wortel,,,jadilah tumis kacang mix rendang sisa ini hahaha,,,kebetulan udah pernah cookmark resep dr mb @mega_kitchen Maaf y mbk daging cincangnya saya ganti dgn rendang sisa hehehe,,,terimakasih mbk untuk resepnya,,, #Semangcook_SisayangMakanan #PosbarIDAMAN #DiBuangSayang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Resep ini patut dicoba... punya mba @viisilviichannel . Saya buat ini dalam rangka menuju pejuang golden batik apron. Semoga bisa lolos dan berjuang sampai akhir #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bogor

Rendang Kara Sajiku "Ala Mama Fifian"

Rendang Kara Sajiku "Ala Mama Fifian"

Setoran GA mg ke 19, membuat rendang yg praktis buat sarapan hr ini. Kebetulan ada stock Kara, Bumbu Rendang Sajiku dan 500g daging. Lsg ke dapur mulai masak, 45 menit beres, tendang siap buat teman makan. # PejuangGoldenApron3,Mg 19 #CookpadCommunity_Bogor

5 orang
45 menit
Rendang Telur ceplok

Rendang Telur ceplok

Lama nggak masuk dapur nih, bongkar kulkas ada sisa rendang, yang dagingnya udah pada raib ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ alias tinggal kuahnya. Tuing.. Tuing... Nemu ide bikin telur ceplok aja dibalurin rendang. Naah ..Ini salah satu cara kita agar terbebas dari dari makanan mubazir yaa.. Dan rasanya hatiku seketika menjadi merasa merdeka๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช merdeka dari rasa bersalah buang-buang makanan ๐Ÿ˜ #AR_Merdeka #cookpadcommunity_kalteng

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Bismillahirrahmanirrahiim... Semoga bermanfaat. Dapat dipastikan hampir semua orang tahu kalau Rendang adalah masakan khas Padang. Olahan daging kaya bumbu dan rempah-rempah yang banyak dan beragam. Terkadang lidah yang tidak terbiasa dengan olahan dengan banyak bumbu dan rempah menjadi asing dan tidak mampu menikmati cita rasanya. Nah...kali ini saya berbagi resep Rendang Padang ala lidah Jawa. Karena lidah saya terbiasa menikmati olahan Jawa, demikian juga dengan keluarga. Mencoba memasak Rendang orang Padang punya, tapi masih tetap diterima lidah keluarga Jawa saya. Selamat mencoba, semoga cocok yaaa....

Rendang Padang

Rendang Padang

Menu yg selalu wajib ada dikulkas setiap bulan ramadan dan juga menjawab tantangan @MamahCookpad dalam #RamadanCamp_Misi4 yang cluenya "simpan aku di frezeer, panaskan dan hidangkan" Cooksnap resepnya mba @ihdanas #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

Bumbu Rendang

Bumbu Rendang

Rencana besok mau masak rendang jadinya disiapkan dulu bumbunya hari ini. Besok pagi tinggal tambahi santan kentalnya. Juga kelapa gongsengnya.

30 menit
240. Rendang Daging Sapi

240. Rendang Daging Sapi

Bismillah.... Lanjut stok rendang buat lebaran. Padahal lebaran masih lama ya moms๐Ÿ˜…...gpp daripada nanti pas mo lebaran kalang kabut masak. Jadi dicicil dari sekarang, rendangnya bisa disimpan di freezer dan tahan lebih dari 1 bulan tanpa mengurangi rasa rendangnya. Kali ini saya recook resepnya Yana Armila, teman satu komunitas dari kalbar. Resepnya menggunakan ambu-ambu yaitu kelapa parut yang digongseng dengan api kecil dan kemudian di haluskan hingga berminyak. Ambu" ini menambah citarasa khas pada rendang. Resep menggunakan stok bahan dirumah, resep aslinya bisa di liat di link yang saya share yaa. Yuk moms dicoba...๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Source : Yana Armila https://cookpad.com/id/resep/14002660-rendang-daging-sapi?invite_token=5qQxpFbiwyiJzRYwGya3kp7k&shared_at=1618724346 #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_tangerang #menulebaran #menuberbukapuasa

Rendang Padang

Rendang Padang

Besok mau Main ke Pasir Putih lokasi agak jauh ke tempat makan, bawa org tua dan bocah jdnya saya masak Padang aja deh biar awet. Foto cuma Dapat ini next kalau buat lagi saya foto step2nya ya.. biar lebih enak belajar masaknya. Note : saya pakai santan kara, kalau lebih suka kelapa asli butuh 1 lt santan dr kelapa Tua dan saya sarankan kurangi air mineralnya yak.

10 porsi
2jam
11.Rendang Sapi pedas

11.Rendang Sapi pedas

Punya stock daging sapi dr Qurban tahun ini. Kanan kiri tetangga bikin sate, status wa dan instagram jg bikin sate semua ๐Ÿ˜‚ aku dan suami pnya ide bikin rendang sapi biar awet brhari* d simpen dan d mkan kpan aja,biar ga mudah basi jg karna sering lupa mnghangatkn makanan wkwk ga smpe bhari* yg ada 24 jam udh abis,suami lahap alhamdulillah wkwk

2 orang
2ยฑ jam
Nasi Goreng Rendang Sisa

Nasi Goreng Rendang Sisa

Ada sisa rendang waktu itu kebetulan ada nasi juga.jadi nga ada yang terbuang #DibuangSayang #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Minang

Rendang Minang

10+
3 jam 30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

4-5 orang
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang daging sapi dg campuran kentang.. cocok banget untuk menu buka puasa dihari ketiga ini ๐Ÿ˜Š semangat terus buat yang lagi puasa hari ini yahh.. semoga selalu dilimpahkan kesehatan ๐Ÿ™๐Ÿคฒ