Rendang Asli Padang

Dipos pada February 3, 2022

Rendang Asli Padang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Asli Padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Asli Padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Asli Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Asli Padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Asli Padang adalah keluarga besar. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Asli Padang diperkirakan sekitar 4-5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Asli Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Asli Padang memakai 25 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hai sobat thepapaws_kitvhen, perdana nih thepapaws kirim resep di cookpad padahal udah lama gabung. Kali ini thepapaws mau share resep kesayangan keluarga, yang kebetulan klrg besar berasal dari minang jadi ga terlalu sulit dong mengadopsi resep ala2 minangkabaunya. Semoga suka ya semuanya...πŸ₯°

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Asli Padang:

  1. 2 kg daging sapi,
  2. 6 liter santan fresh (bukan santan kemasan)
  3. 5 sdm minyak goreng
  4. 5 sdm bawang merah yang dihaluskan
  5. 4 sdm bawang putih yang dihaluskan
  6. 20 sdm cabai merah keriting yang dihaluskan
  7. 8 butir kemiri, tumbuk
  8. 1/2 sdm ketumbar yang dihaluskan
  9. 1 sdm lada putih bubuk (saran merk ladaku)
  10. 1 sdm kayu manis bubuk
  11. 15 butir cengkih
  12. 1/2 butir pala digeprek
  13. 4 butir bunga lawang
  14. 8 butir kapulaga
  15. 4 butir asam kandis
  16. 4 ruas jempol jahe digeprek
  17. 4 ruas jempol lengkuas digeprek
  18. 15 helai daun jeruk purut
  19. 1 helai daun kunyit
  20. 4 helai daun salam
  21. 1 sdt jintan bubuk (optional)
  22. 4 batang serai digeprek
  23. 6 sdm kaldu sapi bubuk
  24. 1 sdt gula pasir (optional)
  25. 1 mangkuk kecil ampas parutan kelapa

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Asli Padang

1
Panaskan minyak goreng dan tumiskan semua bahan halus
Rendang Asli Padang - Step 1
Rendang Asli Padang - Step 1
2
Tuangkan santan, masukkan semua bahan bumbu yang tidak ditumis dan aduk kuah santan terus menerus hingga mendidih
Rendang Asli Padang - Step 2
Rendang Asli Padang - Step 2
Rendang Asli Padang - Step 2
3
Setelah santanendidih lalu masukkan potongan daging sapi satu persatu dan aduk hingga semua tenggelam dalam kuah santan
Rendang Asli Padang - Step 3
Rendang Asli Padang - Step 3
4
Sementara menunggu kuah santan surut, siapkan wajan dan goreng tanpa minyak/sangrai ampas parutan kelapa hingga kering berwarna coklat pekat kehitaman
Rendang Asli Padang - Step 4
Rendang Asli Padang - Step 4
5
Setelah ampas parutan kelapa matang lalu tumbuk hingga halus atau blender biar aja cepat.
Rendang Asli Padang - Step 5
6
Setelah kuah santan menyurut airnya, terus aduk jangan sampai bawahnya hangus, selalu gunakan api kecil.
Rendang Asli Padang - Step 6
7
Pindahkan daging dan kuah santan ke tempat yang lebih kecil supaya lebih mudah diaduk saat kuahnya sudah benar-benar susut.
Rendang Asli Padang - Step 7
Rendang Asli Padang - Step 7
8
Setelah terbentuk kalio (rendang setengah jadi), lalu angkat minyaknya jangan sampai terlalu menggenang karena bumbu bisa hangus saat airnya mengering lalu masukkan ampas parutan kelapa dan aduk hingga menyatu dengan rendang
Rendang Asli Padang - Step 8
Rendang Asli Padang - Step 8
Rendang Asli Padang - Step 8
9
Setelah kuah benar-benar susut, bumbu sudah berwarna coklat pekat dan dagingnya benar-benar empuk, lalu hidangkan di atas piring saji.
Rendang Asli Padang - Step 9
Rendang Asli Padang - Step 9
Rendang Asli Padang - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Di kasih jengkol banyak banget,udah di masak sebagian masih banyak jg πŸ˜‚ sisanya masih 25 biji lagi kalo dah di belah jadi 50 biji donk 😁sampe bengek makan jengkol 😡,anak2 pada ga doyan jengkol..suami makan sih tapi paling 4 biji doank,yg paling banyak makannya sy donk πŸ˜‚πŸ˜‚ kadang di cemil aja gitu ga pake nasi,meskipun besoknya badan pegel2 ya tetep aja doyan πŸ˜‹πŸ˜. Stok jengkol terakhir di rendang ajalah biar musnah udah ni jengkol dr dapur sy πŸ˜‚πŸ˜‚. Jengkolnya tua jadi sy rendam dulu semalaman supaya empuk trs mengurangi baunya jg.

Rendang lazy

Rendang lazy

Yah nggak lazy juga sih , tapi menu bumbu instant yang memang cocok banget itu merk indofood ( bukan Di endorse loh ) Di Banding bumbu yang lain, tapi memang harus Ditambah bahan bahan lain dikit dikit biar afdhol , daging saya prefer potong sendiri karena kalau pakai daging yang siap potong Di supermarket akan Menciut pas Di rebus , kalau mau lebih pedes bisa Di tambah cabai yang Di giling terlebih dahulu, Di rumah saya karena kebanyakan lidah bule jadi pakai bumbu ini saja sudah cukup tingkat pedes nya

36. Rendang Minang

36. Rendang Minang

#PejuangGoldenApron3 Untuk setoran minggu ke 21 Daging kurban belum dimasak juga. Tak bikinin rendang aja. Ditambahi kentang biar makin banyak 😁 Oh ya moms. Rendang ini saya buat tidak pedas ya. Karena memang saya sedang radang tenggorokan jadi gak boleh makan yang pedas pedas dulu yang berminyak juga ga boleh sebenarnya 😁. Dan yang utama anak saya bisa ikut makan. Untuk menghasilkan rendang yang hitam seperti dari daerah asalnya sebaiknya menggunakan cabai rawit hijau. Tingkat kepedasan sesuaikan selera. Dan jangan pakai kunyit ya moms. Biar makin hitam si rendang. Dan masaknya itu pakai api kecil saja. Lama sih prosesnya tapi rendangnya bakalan empuk puk puk banget. Faktor empuknya rendang juga dipengaruhi cara memotong daging mom. Potong kotak dan melawan serat daging pasti dagingnya lebih empuk saat dimakan. Karena saya memang tidak mau pedas saya pakai lombok merah yang dibuang bijinya. Moms rendang ini semua bumbunya saya haluskan kaya daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Biar aromanya lebih nendang.

Rendang Daging Sapi Empuk Berkuah

Rendang Daging Sapi Empuk Berkuah

Di rumah lebih menyukai masakan yang berkuah, jadi rendangnya juga berkuah. Tadinya lihat bumbunya banyak sekali, sepertinya ribet ternyata setelah dikerjakan, tidak juga🀣. Rendangnya dipresto saja, badan tidak kuat jika harus berdiri lama, mengaduk daging hingga kering. Hasilnya semua suka, bumbunya pas di lidah. Saya cooksnap dari mbak Erni Safitri. #CookpadCommunity_TangerangSelatan

Rendang Sate Pentol

Rendang Sate Pentol

Ceritanya ialah saya mencuba periuk elektrik pelbagai fungsi, jadi ia membuatkan eksperimen mental dalam otak saya muncul., he. heee. #PejuangGoldenBatikApron

2 orang
25 minit
Rendang dengan bumbu jadi

Rendang dengan bumbu jadi

Buat stok makan sahur... Kita bikin rendang. Buat kamu2 yg males ngereka2 bumbunya... Beli bumbu jd aja di pasar atau tukang sayur. #PejuangGoldenBatikApron

25 potong
3 jam
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Semalam masih pada lapar dirumah...keinget kmrn cek resep sisa bahan makanan ada yang buat nasi goreng rendang. So eksekusi aja.

3 orang
setengah jam
Rendang mix kentang

Rendang mix kentang

Musim ujan tlah tiba..enak nya bikin yg kentel2 buat lauk makan buat menggugah selera. Kita buat rendang mix kentang

Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

4 - 6 orang
1 jam
Rendang padang

Rendang padang

Biasanya tiap hari raya idul adha mama selalu ngirim rendang, beli daging tambahan dan dikirim dr sumatera ke jawa. Sekarang cuma bisa balas kirim doa semoga mama tenang disana. Rendang yg otentik ala mama 1kg daging 3butir kelapa, untuk menghasilkan dedak yg banyak dan sedap. Dimasak dengan kayu selama 4-6 jam sampai kering. Dan saya coba buat versi simplenya.1kg daging dengan 1butir kelapa tapi tetep banyak dedaknya yaitu dengan menghaluskan semua bumbu. Saya masak di presto lalu keringkan di wajan. Jd lebih hemat waktu. #KampungIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Sapi

Rendang Sapi

4 orang
Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Trial buat masak pas lebaran. Alhamdulillah hasilnya mantul πŸ₯°

1 keluarga
3 jam
Rendang Daging Khas Padang

Rendang Daging Khas Padang

Resep ini saya dapat dari ibu Mertua. Suami kebetulan asli dari Padang Pariaman. Pertama kali bikin rendang daging khas padang untuk suamiku tercinta 😘

Telor dadar rendang ala Putri Habibie

Telor dadar rendang ala Putri Habibie

Dapet resep dimana lagi nih? Dimana lagiiii klo bukan di tiktok πŸŽ™πŸŽΌ Bentuk lain dari telor dadar yg bikin boros nasi ala putri habibie. Bikinnya gak lebih dari 10 menit

Rendang ampela ati,telur dan kentang

Rendang ampela ati,telur dan kentang

Sekarang kakak SDH masuk sekolah,dan harus bawa bekal,sekalian aja buat rendang bisa jg buat bekal paksu di kantor dan ank, Krn paksu suka telur ank suka kentang dan telur puyuh ,pas bgt deh masak rendang ini🀭 πŸ€—

4 orang
60 menit
Masak Rendang daging sapi

Masak Rendang daging sapi

Bismillah Biasanya bumbunya saya beli, kali ini bikin sendiri bumbunya, rasanya lebih enak dan bumbunya melimpah... Rendang ummi enak x, puji anakku no 2... Dapat pujian senang x... Masaknya juga lama, dan dagingnya empuk... Suka deh #OlahanDagingQurban #PosbarIDAMAN

Rendang Ayam Indofood

Rendang Ayam Indofood

Mencoba masak rendang tapi ditambah bumbu instan indofood dan parah bgt ternyata enak. Ga semua yang bumbu instan itu kurang sedap. Yang penting kita tetap membuat bumbu utamanya dulu ya bunda. Bumbu instan hanya untuk pelengkap aja πŸ₯°πŸ€²

5 orang
1 jam 30 menit