Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Dipos pada February 3, 2022

Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Anda sedang mencari inspirasi resep Masak Rendang Sapi 1,5 Jam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Masak Rendang Sapi 1,5 Jam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Masak Rendang Sapi 1,5 Jam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Masak Rendang Sapi 1,5 Jam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Masak Rendang Sapi 1,5 Jam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Masak Rendang Sapi 1,5 Jam memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Supaya cepat sat airnya, pakai air santan secukupnya, setinggi jumlah bumbunya. Supaya bumbunya kental bervolume, pakai kelapa parut sangrai plus tumisan bumbu halusnya. Tetap pakai cara slow cooking disaat air santan sudah sat. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #GlutenFree

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Masak Rendang Sapi 1,5 Jam:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 300 gr cabe merah keriting
  3. 15 biji bawang merah
  4. 10 siung bawang putih kating
  5. 2 jempol jahe
  6. 1 jari lengkuas
  7. 5 biji kemiri
  8. 3 batang sereh
  9. 5 helai daun jeruk
  10. 3 keping bunga lawang/pekak
  11. 1 helai daun kunyit (lagi tdk pakai krn susah dapatnya)
  12. 1 sdm garam
  13. 1 sdm gula pasir
  14. 1 sdm penyedap
  15. 1 lt air santan
  16. 1 sendok sayur minyak goreng (buat menumis & blender bumbu)

Langkah-langkah untuk membuat Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

1
Kupas dan Cuci bersih bumbu, lalu potong dan haluskan dengan blender/chopper.
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 1
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 1
2
Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai bumbu terendam minyak. Tumis sampai warna merah gelap.
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 2
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 2
3
Sambil menunggu tumisan bumbu berwarna merah, sangrai kelapa parut aduk balik sesekali sampai kelapa berwarna coklat.
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 3
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 3
4
Satukan kelapa sangrai, bumbu rendang tumis, air perasan santan. Aduk sesekali, masak sampai santan sat, kecilkan api kompor, lanjut masak sampai bumbu berwarna gelap, tapi tidak gosong.
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 4
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 4
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 4
5
Saat menunggu bumbu rendang kehitaman, masak daging dengan merebus di air perasan santan, sampai daging empuk. Tambahkan garam, gula pasir, penyedap. Tambahkan bumbu rendang yang sudah berwarna hampir gelap. Tes rasa, dan masak dengan api kecil sampai daging empuk, enak rasanya.
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 5
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 5
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 5
6
Saya membagi 2 bumbu rendang yang sudah berwarna coklat gelap. Setengah buat daging sapi, sisanya buat rendang telur dan ayam paha filet.
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 6
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang kelapa goreng / sangrai

Rendang kelapa goreng / sangrai

Ini resep berikutnya rendang ala kakak ku. Yang mana selama ini keluarga kami hanya menikmati tanpa harus susah susah membuat. Dan kali ini buatan ku sendiri, dengan resep beliau pastinya 😊. Trimakasih #KAKAK ❤🤗 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3

284. Nasi Goreng Bumbu Rendang

284. Nasi Goreng Bumbu Rendang

Tambah referensi nasi goreng lagi niy. Kali ini memanfaatkan bumbu rendang jadi. Hasil recook nasi goreng bumbu rendangnya mbak @Laras Athie. Bedanya mbak Yash pakai bumbu rendang kering, saya pakai bumbu rendang basah. Selain itu, telur punya mbak Yash diceplok, telur punya saya dicampur ke nasi gorengnya. Praktis, cepet bikinnya, rasa uwenak, dan aromanya sedap. Yuks ah setok recook lagi untuk Serah Terima Amanah #Sertinah_TimLokalYogyakarta lagi biar makin semarak, #CookpadCommunity_Yogyakarta yang #SelaluIstimewa. Source: Laras Athie #PejuangGoldenApron3 #Week18 #OlahanNasGorKayana

1 porsi
20 menit
Rendang Hati Ayam dan Telor

Rendang Hati Ayam dan Telor

Weekend waktunya bongkar kulkas. Ketemu 6 buah hati ayam yang sudah direbus dan disimpan di freezer (saya biasa melakukan meal prep seminggu sekali). Bosan hati dimasak sambal goreng dan balado. Coba dibuat rendang saja dengan ditambah 6 butir telor. Biar tambah banyak. 🤭 Untuk santannya kebetulan juga nemu 1/2 bungkus sisaan santan bubuk masakan sebelumnya sehingga hasilnya memang kurang medok/kental. Jadi bunda silakan tambah sendiri takaran santannya ya disesuaikan dengan selera bunda.

6 orang
1 jam 10 menit
Rendang daging sapi khas padang

Rendang daging sapi khas padang

Berawal dari gk terlalu doyan daging sapi+kambing dari kecil tapi kali ini entah lumayan doyan karna dimasak sendiri dan pngen yg kaya di warung padang enak alhamdulillah lumayan nih dpat resep nya dari @sabiyakitchen

3 jam
Rendang daging

Rendang daging

3-4 orang
1-2jam
Nasi goreng bumbu rendang

Nasi goreng bumbu rendang

Inspirasi buat bekal kerja suami besok pagi ni buibu,anti ribet mudah dan simpel,tinggal di kasih telur ceplok/telor dadar,udah siap Kalo kurang asin boleh di tambah garam/penyedap ya buibu,di sini aku nggk di tambahin lagi karna menurut aku ini udah pas dan nggk terlalu gurih. Dan karna nggk suka aroma rendang yang pekat banget,jdi aku pake sedikit aja bumbunya ,kalo buibu sukanya pekat pake banyak aja/sesuaikan sama selera buibu

Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring😁. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikit🤗 Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Rendang Simple (Bumbu Instan)

Rendang Simple (Bumbu Instan)

Ini aku pake 250 gram daging sapi ya. Jadi pake setengahnya dari resep ini. Rasanya mantep, gak terlalu pedes karena aku kurangin bumbunya.

3 porsi
2 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Wuiiiiih...Jengkol gaeees..😅 . . Dulu tuu gini, "..gak aaah...gak doyan jengkol aku tuuu..."...pas ditawarin sama bu kost pertama kali...terus gini, "...mbak Tia.. Sini makan rendang nih...enak kali lah ini...". Saya pun makan..."enak gak? ". "Enaaak......" . . "...katanya gak suka jengkol.." 🤣🤣 . . Eeeh ternyataaaa enak lho memang...hehehe . . Kali ini saya beli yang udah rebusan. 35ribu udah direbus. Gak tanya juga...brp kalo beli mentahnya. Ndak saya gak jadi masak nanti...soale nanti jatuhnya lebih mahal..🤪😜 . . Dulu pernah beli mentah. Ngliat di google...rendam air beras 3 hari. /hari diganti airnya. Lha dalah...habis 3 hari...pas diolah...subhanallah....ambu ne sak perumahan kebau semua...kapok abis itu cah!

4 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

First time masak rendang sapi dgn bumbu sendiri krn sering nya bikin pake bumbu instan,,😅 request pak suami alhamdulillah rasanya jauh lebih enak dari pake bumbu instan, bener2 rendang asli, Krn disajikan dgn penuh cinta 💕 wkkwk,, resep dari mbak ipar, makasih mbak sdh share resep ini 🌼 Selamat mencoba....

5-7 orang
2 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep rendang kadang beda-beda di tiap daerah. Menyesuaikan selera keluarga, saya pakai resep ala ibu mertua saya yang tinggal di sumut mepet sumbar hhe. Langsung wa buat nanya resep dan step-step kuncinya hhe 😁 bener-bener endull buat lauk bukaan dan saur juga, jadi menambah energi 😄 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Depok

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Belajar masak Jengkol yg ke2 kali, mencoba membuat rendang. Masaknya tidak banyak krn baru mencoba. Alhamdulillah jadi jg dan enak rasanya....judulnya masak sendiri dan makan sendiri krn anak2 tdk suka😁🤭 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #MasakananRumahan

relatif
1 jam
Rendang padang pedas

Rendang padang pedas

#cookpadcomuninty_bogor #genkpejuangdapur #cookmembergenkpeda_kaianiandera #genkpeda_eksis

Rendang daging bumbu instan Indofood🥩

Rendang daging bumbu instan Indofood🥩

Pingin makan daging tapi lagi pingin masak yang simpel ngga pake ngolah bumbu bumbu lain. Yauda deh pake bumbu instan aja😆 Dan alhamdulillah rasanya endeus bener bikin nagih!👍

4 orang
Rendang padang

Rendang padang

Ini cocok banget buat menu sahur, jadi karena keluarga kalau sahur suka yang kering kering , kasian juga kan kalau telur ceplok terus 😂

5-6 orang
2 jam
Rendang Daging Khas Resto Padang

Rendang Daging Khas Resto Padang

Maap-maap potonya breakdance banget, demi apa cobak klo ngga demi klen semua wkwkw boong denk demi buru-buru catet sini biar gak lupa, soalnya enak banget, makan pake nasi panas nambah2 ga ada aturan Anyway ni resep asli dari youtube Inces Bolang alias si mommy beken Nanda Gita, cuma udah di ubrak-abrik sama saya sesuai lidah saya krn yang makan juga saya, yekan, yuk ah cuzz..

10 orang
Lama pokonya
Rendang

Rendang

10 org
2 jam