Rendang Ayam

Dipos pada February 3, 2022

Rendang Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ayam adalah 15 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ayam diperkirakan sekitar 1,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam memakai 22 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah Assalamu'alaikum Masih semangat menjadi #PejuangGoldenBatikApron Rendang ayam ini menyesuaikan lidah seisi rumah ya, terinspirasi dari resepnya bunda Nurwijaya dan sedikit dimodifikasi disesuaikan selera kami. #CookpadCommunity_Bandung #Cookpad_id

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam:

  1. 1,5 kg ayam pedaging, cuci bersih dan tiriskan
  2. 750 ml santan
  3. Bumbu yang dihaluskan:
  4. 8 biji bawang merah
  5. 8 siung bawang putih
  6. 1/2 sdt pala bubuk
  7. 2 jempol lengkuas
  8. 1/2 cm jahe
  9. 2 cm kunyit
  10. 8 butir kemiri
  11. 10 buah cabe merah besar
  12. 1 sdm ketumbar bubuk
  13. 1 sdt lada bubuk
  14. Bumbu tambahan:
  15. 1 bongkah kecil gula merah/secukupnya
  16. secukupnya garam
  17. 3 lembar daun jeruk
  18. 3 lembar daun salam
  19. 2 potong kayu manis
  20. 3 batang serai
  21. 2 lembar daun kunyit
  22. 5 biji cengkih

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam

1
Siapkan semua bahan2 dan bumbu halus juga bumbu tambahan.
Rendang Ayam - Step 1
2
Haluskan bumbu halus,siapkan wajan,masukkan ayam, 1/2 dari santan,bumbu halus,juga bumbu tambahan kecuali gula. Lalu masak dengan api sedang cenderung kecil.
Rendang Ayam - Step 2
3
Jika ayam sudah setengah matang,tambahkan sisa santan sedikit-sedikit sampai habis, sesekali aduk supaya tidak gosong,jika sudah menyusut,tambahkan gula, jika suka tambahkan kecap(optional) supaya warna lebih cantik,koreksi rasa sesuai selera,masak dengan api cenderung kecil sekitar 1-1,5 jam sampai sedikit asat,matikan api.
Rendang Ayam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Telur Ayam

Rendang Telur Ayam

Memodifikasi telur rebus dari bancakan saudara lalu dikolaborasikan dengan resep mbak @niasyifa mantap 👍 #cha_lauk

4 porsi
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Makanan favorit keluarga Anak anak pada suka

2,5 jam
Rendang Tempe

Rendang Tempe

Rendang tempe ini salah satu menu favorite. Mudah bikinnya, murah bahannya dan enaaakk rasanyaa... #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_Sumut

3 orang
45 menit
Ayam Rendang Instan

Ayam Rendang Instan

Bismillah,, jadi mom's saya baru belajar banget masak, dan suka banget sama ayam, pengen ayam yang beda sekarang saya coba bikin ayam bumbu rendang yang instan buat suami tercinta

4 orang
± 1 jam
Rendang daging hitam

Rendang daging hitam

Orang rumah lg demen makan rendang , jd buat rendang utk kedua x nya dlm seminggu.. Cobain resep dr mami olaa yuk #TiketGoldenBatikApron

4 orang
3 jam
Ayam rendang instan

Ayam rendang instan

Gak mau ribet masak2 tp pengen yg spesial , bumbu instan solusinya 😅 saya kasih tambahan sedikit gula merah

Rendang Hati Ayam dan Telor

Rendang Hati Ayam dan Telor

Weekend waktunya bongkar kulkas. Ketemu 6 buah hati ayam yang sudah direbus dan disimpan di freezer (saya biasa melakukan meal prep seminggu sekali). Bosan hati dimasak sambal goreng dan balado. Coba dibuat rendang saja dengan ditambah 6 butir telor. Biar tambah banyak. 🤭 Untuk santannya kebetulan juga nemu 1/2 bungkus sisaan santan bubuk masakan sebelumnya sehingga hasilnya memang kurang medok/kental. Jadi bunda silakan tambah sendiri takaran santannya ya disesuaikan dengan selera bunda.

6 orang
1 jam 10 menit
Rendang Daging Sapi Bumbu Instant

Rendang Daging Sapi Bumbu Instant

#GA_TheNextLevel #51 pernah beberapa kali nyoba bumbu rendang instant, tapi baru ini yg dirasa enak.

5 orang
2 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Cooksnap resepnya mbak @DianaN_17 #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Rendang

Rendang

Punya stok daging has, kepikiran bikin rendang. Ini pertama kalinya bikin rendang. Jadi mau mengeksplor berbagai resep rendang, kayaknya seru. #PejuangGoldenApron3 #Minggu49GoldenApron3 #Rendang #DEBM #Keto #DagingHas

5-6 porsi
4 jam
Rendang daging

Rendang daging

3-4 orang
1-2jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Minggu kedua puluh tujuh #PejuangGoldenApron3

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada rendang berlebih tapi bosen jika dimakan langsung dengan nasi jadilah dibuat nasi goreng rendang

Rendang Ceker

Rendang Ceker

Memanfaatkan menu makanan yang nggak habis kemarin nih. Biasanya kalau Paksu lagi off, selalu minta gulai jengkol. Eh udah masak banyak, ternyata ada panggilan mendadak gantikan karyawan lain yang sakit. Akhirnya gulai jengkol jadi berlebih banyak. Nah sayang dibuang karena memasaknya butuh perjuangan ekstra kemarin. Mubazir rasanya kalau dibuang gitu aja. Mana jengkol mahal 😂 Supaya bisa dimakan sama bocil, jadi ditambahin bumbu biar jadi rendang ditambah ceker. Malah jadi lahap makannya orang dirumah. Makanan nggak terbuang, perut jadi makin kenyang 🤭 #Babako_MaolahBaliak #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #PosbarIdaman #IdamanMamah #DibuangSayang #GenkPejuangDapur

Sekeluarga
1 jam 20 menit
Rendang Bukittinggi

Rendang Bukittinggi

Resep asli sebetulnya agak ribet.. Cuma di bikin ringgkas aja 🤭

1 jam 30 menit
129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

Kalio ini adalah rendang yang setengah jadi ya moms. Jadi dalam memasak rendang, akan dilalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Nah, kalio ini ada ditengah tahapan dalam memasak rendang. Jadi prosesnya adalah gulai masih encer, kalio yang lebih kental dan minyak sudah keluar, baru rendang. Kalio terbentuk di tengah proses, sekitar 4 jam dari awal masak. Setelah kalio, api langsung dikecilkan hingga mengering berminyak menjadi rendang. Meski begitu, masih banyak orang yang menyebut kalio sebagai rendang. Nah, saya sekeluarga sukanya jika masak rendang yg masih ada kuah nyemek2 begini 🥰 Jika mau dibikin rendang tambah sekitar 3 jam an lagi, pakai api keciiiil, nanti daging akan berwarna coklat kehitaman, dan juga dikunyahnya tuh empuk di mulut🤤🤤 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #KampoengRamadhan #UngkepanRasaHati #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #Prohe #Week46 #RantangCookpad #Minggu1 #MasakItuSaya

3-4 jam