Rendang Daging Sapi

Dipos pada February 3, 2022

Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 25 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah... Pada resep yang saya bikin ini tidak pakai penyedap rasa ya sist, karna rasa umami nya udah dapet dari kaldu sapinya. Terus sebenarnya kalau rendang Padang yg otentik itu cuma pakai garam aja, ga pakai gula lagi karna santan nya udah manis. Tp karna aku adalah org Jawa yg udh biasa sama masakan yg manis2 jadi aku tambahin lagi 1 sdm gula merah. Semua bisa disesuaikan dgn lidah masing2 ya, kalau mau lebih pedes lagi bisa ditambahkan cabe nya. Sedikit tips dari ibuku katanya kalau mau bikin rendang yang enak itu serundengnya dihalusin sampai keluar minyak. Semoga bermanfaat ya... Happy cooking 😘🤗❤️ . #PejuangGoldenBatikApron #Reseprendangdagingsapi #Reseprendang #indonesiancuisine #rendangindonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 1 ltr santan cair
  3. 500 ml santan kental
  4. 200 gram kelapa serundeng
  5. 1 lembar daun kunyit
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 3 lembar daun seledri
  8. 1 ruas lengkuas, geprek
  9. 2 buah kayu manis
  10. 1 buah kapulaga
  11. 1 buah bunga lawang
  12. 1 sdt ketumbar bubuk
  13. 1/2 sdt lada bubuk
  14. 1/2 sdt pala bubuk
  15. 1 sdm gula merah
  16. 1 sachet bumbu rendang instan (yg basah)
  17. Secukupnya garam
  18. Secukupnya minyak goreng
  19. Bumbu halus:
  20. 100 gram cabe merah keriting
  21. 100 gram bawang merah
  22. 50-60 gram bawang putih
  23. 2 batang serai
  24. 3 butir kemiri sangrai
  25. 1 ruas jahe

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Siapkan semua bahan
Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Pertama haluskan serundengnya sampai keluar minyak, sisihkan.
Rendang Daging Sapi - Step 2
Rendang Daging Sapi - Step 2
Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Potong2 serai, kemiri dan jahe lalu haluskan jadi satu, sisihkan.
Rendang Daging Sapi - Step 3
4
Siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis bawang merah terlebih dahulu sampai harum. Lalu masukkan bawang putih, tumis lagi sebentar.
Rendang Daging Sapi - Step 4
Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Masukkan serai+kemiri+jahe halus, lalu kayu manis, bunga lawang, kapulaga, ketumbar bubuk, pala bubuk, dan lada bubuk. Aduk rata dan tumis sebentar.
Rendang Daging Sapi - Step 5
6
Masukkan cabe halus, lengkuas, daun kunyit, daun jeruk, dan daun salam, aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan daging sapi, pastikan airnya tidak ikut masuk, aduk rata hingga semua daging tercampur dengan bumbu.
Rendang Daging Sapi - Step 6
Rendang Daging Sapi - Step 6
Rendang Daging Sapi - Step 6
7
Masukkan bumbu rendang instan, aduk rata.
Rendang Daging Sapi - Step 7
8
Ini aku pindahkan ke panci karna takut ga muat😅. Tuang santan cair dan beri garam. Aduk rata dan masak hingga mendidih/santan sedikit menyusut.
Rendang Daging Sapi - Step 8
9
Jika sudah mendidih dan santan menyusut, masukkan lagi santan kental dan serundeng. Aduk rata dan masak hingga kuah menyusut. Aku kira-kira 60-120 menit.
Rendang Daging Sapi - Step 9
Rendang Daging Sapi - Step 9
10
Nah ini proses by proses penyusutan kuahnya ya. Harus benar-benar sabar dan ekstra hati2, karna kalau kuah udah mulai menyusut rawan nyiprat 😁😆. Pada foto ketiga adalah konsistensi rendang daging yang aku mau, kalau kalian mau yg lebih kental bisa dimasak lebih lama lagi ya.
Rendang Daging Sapi - Step 10
Rendang Daging Sapi - Step 10
Rendang Daging Sapi - Step 10
11
Taraaaaa sudah siap🥰💕. Dagingnya lembut banget ga keras sama sekali. Ga perlu direbus lagi ya sist karna proses memasaknya sendiri sudah memakan waktu ya lama dan udh cukup bikin dagingnya empuk. Bumbunya meresap banget🤩🤩🤩💞❤️. Selamat mencoba 🥰
Rendang Daging Sapi - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

Kalio ini adalah rendang yang setengah jadi ya moms. Jadi dalam memasak rendang, akan dilalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Nah, kalio ini ada ditengah tahapan dalam memasak rendang. Jadi prosesnya adalah gulai masih encer, kalio yang lebih kental dan minyak sudah keluar, baru rendang. Kalio terbentuk di tengah proses, sekitar 4 jam dari awal masak. Setelah kalio, api langsung dikecilkan hingga mengering berminyak menjadi rendang. Meski begitu, masih banyak orang yang menyebut kalio sebagai rendang. Nah, saya sekeluarga sukanya jika masak rendang yg masih ada kuah nyemek2 begini 🥰 Jika mau dibikin rendang tambah sekitar 3 jam an lagi, pakai api keciiiil, nanti daging akan berwarna coklat kehitaman, dan juga dikunyahnya tuh empuk di mulut🤤🤤 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #KampoengRamadhan #UngkepanRasaHati #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #Prohe #Week46 #RantangCookpad #Minggu1 #MasakItuSaya

3-4 jam
Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Bismillah.... Assalamu'alaikum.... Marhaban yaa romadhon..... Alhmdulillah tahun ni bisa bertemu lagi dengan bulan suci romadhon...bulan yang penuh keberkahan... .yug slesaikan misi berikutnya.... #ramadanCamp_misi4 dengan clue "simpan aku difreezer,,panaskan lalu hidangkan"... Rendang adalah favorite swamy...nah kali ini Q buat versi frozen...karna proses dan bahanya yg lumayan agak ribet... Jadi yar lbih simple bisa disimpan difreezer.....🥰🙏 1 kg Ayam Rp. 35.000 2 butir Kelapa Rp. 15.000 Total bahan Rp.50.000 Utility =50%x50.000= 25.000 Sub total = 50.000+ 25.000= 75.000 Profit 50%=50%×75.000=37.500 Harga jual minimum = 75.000+37.500=112.500 Saya bagi menjadi 4 kemasan Jadi harga/ kemasan= 112.500:4=28.125 Bisa dibulatkan menjadi Rp.28.500 Source : @desmawatikuretangin Tarimo kasih uni desma🙏🙏😘 #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_srmarang #pejuangGoldenBAtikApron #semangcook_frozen #ramadhanCamp_misi4

Kulit Mangga Bumbu Rendang

Kulit Mangga Bumbu Rendang

Terinspirasi oleh mamah cookpad dengan program #MasakSetiapBagian. Hari ini mau ngebuang kulit mangga rasanya agak sayang. 😂 Iseng-iseng nyari di google tentang manfaat kulit mangga. Ternyata kandungan manfaat kulit mangga hampir sama dengan daging buahnya, bahkan lebih. Wah, jadi kepengen ngolah ini kulit mangga... Kebetulan saya punya bumbu rendang instan, karena harganya sangat terjangkau, bolehlah jadi bahan uji coba masak kulit mangga. 🤭 Alhasil, jadilah kulit mangga bumbu rendang yang ternyata cukup enak, tekturnya kenyal sedikit renyah, bisa nih jadi tambahan lauk. 😁 #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Masak rendang memang perlu effort banyak baik dari segi waktu, tenaga dan uang 🤭😂 Tapi dibalik itu semua percaya deh hasil ga mengkhianati usaha 😁. Rendang yang saya buat ga otentik rendang padang karena saya ga punya daun kunyit, tapi untuk rasa dijamin mantulllll....cekidot

4 jam
Tahu bumbu rendang

Tahu bumbu rendang

Ini bikin nasi cepet abis bun… 😂 simpel banget masaknya, enaknya kebangetan.. cuss…

4-5org
20 menit
Rendang ayam asli orang minang

Rendang ayam asli orang minang

Aslinya pengen bikin rendang lokan karena gk ada lokan d daerah sini yaudah ganti ayam aja semoga suka ya

Rendang Sapi

Rendang Sapi

4 orang
Rendang Ekonomis Ayam Telur & Kentang

Rendang Ekonomis Ayam Telur & Kentang

Rendang ekonomis ayam, telur & kentang yang bumbu halusnya serba instan aja. Untuk santan lihat tips ya, saya pake santan hasil perasan pertama (1 butir kelapa parut + 700ml air panas). Tetap enak walaupun hanya bumbu instan, apalagi bumbu yang dihaluskan sendiri. Saya ambil simpelnya aja karena lagi males ngupas-ngupas bumbu. Untuk bumbu giling rendang, saya pesan khusus ketukang bumbu giling yang biasa meracik untuk masakan Padang, jadi bumbunya masih segar dan porsinya pas Kalo mau bikin bumbu sendiri, bisa lihat disini 👇 https://cookpad.com/id/resep/13862371-rendang-padang-daging-kentang-bukit-tinggi?invite_token=hFM5dgXxr1YbBsm5HipDBXdj&shared_at=1613618281 . . #rendang #rendangcampur #IdeMasakku #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

banyak
1.5 jam
Rendang simple

Rendang simple

Adaptasi dari crcook #PejuangGoldenBatikApron

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Edisi anak lagi doyan makan rendang,

1 mangkuk
2 jam
Rendang Padang Ala Ibu asmi

Rendang Padang Ala Ibu asmi

Puasa pertama nih.. suami minta di masakin rendang Padang.. sementara aku belum pernah sama sekali masak yg namanya rendang.. alhasil aku tanya ke ibu yg ada di kantor. Dia ternyata jago nya masak rendang.. langsung ku coba.. dan suami suka hehe

10orang
2.5 jam
Rendang Daging Sapi Pedas

Rendang Daging Sapi Pedas

Rendang adalah menu wajib yg harus selalu ada setiap moment hari raya baik itu idul Fitri maupun idul adha. Klo lebaran ga ada hidangan masakan ini pasti berasa ada yg kurang dan belum lengkap. Yuk cobain resep rendang keluarga kami

5-10 Orang
2-3 Jam
Cilok empuk isi rendang (takaran sendok)

Cilok empuk isi rendang (takaran sendok)

Ini pertama kalinya bikin cilok atau pentol. Yang gampang aja deh, yg penting empuk dan enak

4 orang
30 menit
Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Buat nasi goreng dengan bahan bahan yang terbatas, ternyata tidak kalah enaknya kok. Lekker #PejuangGoldenApron3

2 porsi
45 menit
349.Serundeng Bumbu Rendang

349.Serundeng Bumbu Rendang

Bismillaah ... Mencoba membuat serundeng yang anti mainstream😅Alhamdulillaah hasil akhirnya enak banget ,, berasa makan rendang tanpa daging versi kering dan renyah🤭bisa menggunakan bumbu instan atau racikan bumbu rendang andalan masing2 ya bebas tak bersyarat😉Karna ditempat yang saya tinggali sekarang banyak betul penjual bumbu rendang (bukan instan pabrikan) jadi sayapun sudah punya langganan yang menurut saya pas takarannya👍emak mah lebih demen pilih jalan ninja untuk cepat sampai tujuan ,, hadeeeuuuh🙈😆🤭🙏. Paling cocok untuk stok makanan kering dadakan , seperti ramadan sekarang ,, jika telat bangun tinggal ceplok telor tabur2 dah siyap dinikmati bersama nasi hangat , alhamdulillaah dapat berkahnya sahur khan jadinya ,, dan in sya Allaah awet dengan cara disimpan dalam tempat kedap udara ya ,,, silahkan dicoba yu momma's ,, #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10

RENDANG TELUR PUYUH By Henny's

RENDANG TELUR PUYUH By Henny's

Bismillahirrahmanirrahim.... Setiap hari nya ibu-ibu disibukkan dengan berbagai macam aktivitas, terutama saya, yang tiada hentinya kegiatan dirumah tuh bejibun banyak nya. Dari mulai menyapu lantai, bersih-bersih rumah begitu, lalu mencuci baju, nyetrika dan lainnya. Dalam hal yang satu ini saya tidak pernah ketinggalan yaitu memasak, yoi .. emak-emak sekarang harus bisa memasak walau awalnya tidak pintar memasak... hiii2 😁🤭...seperti saya. Lamban laun memasak itu, kalau sudah kenal dunia dapur wah susahnya buat ditinggalkan, saya jadi Hobby memasak walau buat suami dan anak-anak tentunya. Hari ini saya mau memasak yang simpel aja Bunda...Yaitu Rendang Telur Puyuh kesukaan anak-anak...Yuks kita langsung aja ke Resepnya, ini menu andalan dari Keluarga Besar Mamak saya...loh...wenak tenan...👍🏻👍🏻👍🏻😘 Anak-anak pasti suka Bun... apalagi buat tuk dijual, dibuat kayak sate gitu...wah....pasti cepat ludes nih... hiii2 😁...😁😁😊...Buat yang Simpel dan cepat habis... #CookpadIndonesia #ResepTelurkuMendunia #MasakituSaya #BagikanInspirasimu #hennysusanti

3 Orang
30 menit
Rendang sapi bumbu indofood

Rendang sapi bumbu indofood

3-4 orang
1 jam
216. Nasi goreng rendang

216. Nasi goreng rendang

Menjawab ajakan mamah CP utk daur ulang masakan yang tersisa, mamak pilih memanfaatkan nasi dingin sisa semalam dan stok rendang yg tinggal 5 potong. Osreng2 sebentar daaaannn...traraaaa, nasi goreng rendang siap disajikan. #DiBuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_ Jakarta