Rendang Basah Bumbu Jadi

Dipos pada February 2, 2022

Rendang Basah Bumbu Jadi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Basah Bumbu Jadi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Basah Bumbu Jadi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Basah Bumbu Jadi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Basah Bumbu Jadi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Basah Bumbu Jadi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Basah Bumbu Jadi memakai 9 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saat Paksu pengen dimasakin rendang tapi badan kurang fit, bumbu rendang dari pasar adalah jalan ninjaku πŸ˜† Karna suami ngga suka rendang yang kering, jadi bikinnya masih basah/bumbunya ngga kering. Kalau suka yang kering, monggo bisa dimasak lebih lama lagi.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Basah Bumbu Jadi:

  1. 1/2 kg daging sapi
  2. Β±1000 - 1300 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  3. 1 bks bumbu racikan basah untuk rendang
  4. 1 batang serai (potong tengahnya lalu geprek)
  5. 2 lembar daun salam (sobek tengahnya)
  6. Garam (masukkan sedikit dulu, karna bumbu biasanya sudah asin)
  7. Gula pasir
  8. Penyedap rasa
  9. Minyak sayur secukupnya untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Basah Bumbu Jadi

1
Cuci bersih daging, tiriskan. Tumis bumbu basah hingga harum, masukkan daun salam dan sereh. Masak hingga bumbu tanak, kemudian masukkan garam, gula dan penyedap, aduk rata.
2
Masukkan daging, aduk sebentar hingga agak berubah warna. Kemudian masukkan santannya. Penggunaan santan bisa ditambah air lagi jika ingin daging yang empuk ya. Tapi kalau ingin yang agak alot dagingnya, santannya bisa dikurangi.
3
Masak rendang sambil diaduk-aduk supaya tidak gosong, dan cukup pakai api kecil saja. Masak daging hingga matang. Kalau ingin rendangnya basah, maka masaknya jangan sampai santannya menyusut sekali ya. Sebaliknya kalau ingin rendang kering, memasaknya harus lebih lama lagi supaya daging benar-benar kering.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Istimewa

Rendang Istimewa

19.05.21 Bismillah, baru ini masak rendang sampai 4 jam lamanya dan alhamdulillah sukses, dapet apresiasi dari suami karena makannya sampe nambah teruuusss. Mbahnya anakΒ² jg cocok. Biasanya bikin pake resep Mama yang lebih ke manis, pedes, gurih khas orang Jawa sedangkan ini taste nya gurih, pedes (tp saya buat non cabe). Rasanya ngingetin sama rendang waktu tgl di Jambi dulu. 😍 Karena non cabe warnanya terlihat hitam semu hijau efek penggunaan kunyit, kapan2 mau coba tanpa kunyit biar warnanya lebih maksimal, atau mungkin tambah 1 jam lagi warnanya bisa lebih keluar ya. Ini bikinnya 2kg tapi saya tulis resep 1kg aja, mantappu pokoknya. πŸ‘ Xander's Kitchen #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Tangerang

5 porsi
4-5 jam
Rendang Telur Ayam

Rendang Telur Ayam

Memodifikasi telur rebus dari bancakan saudara lalu dikolaborasikan dengan resep mbak @niasyifa mantap πŸ‘ #cha_lauk

4 porsi
72πŸ’ Rendang

72πŸ’ Rendang

wktu bkin ini awal nya jadi kayak.... opor πŸ˜‚ trus coba di bumbu i lagi biar jd rendang wkwk nanya sama temen yg foodizt banget meski ga pernah nyentuh dapur... untng nya saran doi berguna πŸ₯° thanks foodizt sejati emg kamuh 😘 bumbu putihku : - 1 kg bawang merah - 400 gr bawang putih - 200 gr kemiri source : xanders kitchen πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ happy recook! πŸ₯˜

3 orang
3 jam
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Rendang salah satu masakan yg enak dan masuk dlm daftar makanan terenak diDunia. Ini resep ekspress yg ga mau ribet sama takaran dan proses pembuatan bumbu namun tetap nikmat dan anti gagal . Ini dgn bumbu rendang yg dibeli di Pasar tradisional. Ini lagi bikin utk menu tutup tahun nih.

Rendang Daging Sapi Minang

Rendang Daging Sapi Minang

N.2. Rendang.... siapa yang tak kenal rendang bahkan beberapa kali masuk dalam daftar makanan terenak didunia dan nyatanya memang benar-benar enak meski lama memasaknya tapi luar biasa rasa capek dibayar tuntas dengan rasa rendang nan nendang😍 yang pasti bangga sebagai WNI. source : Desmawati kuretangin #BromoColam #BromoWithDesmawatiKuretangin #Bromo_MasakanMinangLamakBana #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenBatikApron

Gule/rendang nangka low fat

Gule/rendang nangka low fat

Pengen bngt makan pake gule nangka padang yg prnh d masak sm uni q. Enak bngt gx over kayak d RM padang kebanyakan. Sayur ini akan semakin nikmat setelah beberapa kali dihangatkan.

10 porsi
1-2 jam
Rendang daging kerbau

Rendang daging kerbau

Penasaran dengan rasa khas daging kerbau, akhirnya coba coba diolah jadi rendang, ternyata rasanya lebih mantap dan lebih enak daging kerbau menurut saya baunya khas sedep banget

Beberapa orang
3 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Ini rendang versi anak kos yang pengen masak daging diawal puasa ramadhanπŸ€ͺ hihi semangat puasa ramadhannyaπŸ€—

Rendang Telur Daging Sapi

Rendang Telur Daging Sapi

Hmmmm rendang selalu menggoda iman buat makan Tambuah Tambuah dan Tambuah... aromanya itu lho bikin hidung terpesona. Pokoke juaraa... Hanya saja terkadang rendang dibikin mesti punya persiapan hati yg mantap dulu karna dikenal dg proses pembuatannya yg lama. Eits, tapi momok menakutkan itu gag ada lagi, skr rendang bisa dibikin cepat dan praktis.. Ini rendang khusus buat buseknya #GenkPejuangDapur karna sbg ucapan #TerimakasihSponsorGenkPeda #Terimakasih_Mamafathan atas event #GenkPeda_Eksis di penghujung tahun lalu. Dan alhamdulillah aku masuk jd salah satu winner disana, semoga GenkPeda makin Jaya Jaya Jaya πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ Sehat selalu ya mba Risa dan klga πŸ€—πŸ₯° Source : @mamafathan (dg modifikasi) #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanDagingSapiMamiFay

Rendang Telur

Rendang Telur

Berawal dari rasa penasaran ada seorang teman bekerja di rumah makan di Jogja. Suatu ketika melihat postingan teman menu2 tempatnya bekerja. Ada satu menu yang mencuri perhatian "Rendang Telur". Rendang tapi kok kayak keripik (kupun membatin) kucari2 resep rendang telur, ternyata itu makanan khas Minang (klo gak salah) dan kupun memilih me-recook resep dari mba @tiek212 dan ternyata ini enak, kriuk renyah kayak krupuk. Dan inilah resepnya.. #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokyahokye #RamadanCamp #KeringKentangKacang #semangcook_keringan #PejuangGoldenBatikApron

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

Kali ini aqu bikin rendang sapi namun khas Jawa . Knpa khas Jawa ? Karena aqu tambahin gula merah , soalnya pernah makan masakan kawan rasa nya agak manis . . Next time aqu masak yg pure rendang citarasa khas Minang deh yahh πŸ™πŸ™ Walaupun asal daerah nya dari Padang , Sumbar . Dan menurut nya ini Rendang khas Jawa yang pada dasarnya rendang itu kaya akan cita rasa rempah nya .. Makanya jadi favorit seluruh masyarakat Indonesia bahkan di mancanegara pun sudah terkenal yahh kannn ... Setuju ?? #MasakRendang #RendangKhasJawa #CookpadCommunity_Padang #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_Jakut

25 potong
65 menit
Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Enak walau tanpa santan, mungkin karena bumbu rempahnya yang berlimpah jadi rasanya gurih. Kemudian ada aroma daun jeruknya yang segar. Saya panggang di oven saja karena saya lagi malas panggang di wajan teflon karena harus nungguin dan bolak balikin ayamnya hihii.. 🀭 Saya alasi loyangnya dengan alumunium foil tujuannya biar ayamnya ga lengket di loyang dan ga berat nyuci loyang bekas kerak panggang ayam hihii ketahuan malasnya mah klo ini.. 🀭 #IdeMasak #CookpadCommunity_Bogor

Rendang Daging Instant

Rendang Daging Instant

Resep rendang daging sapi yang enak walaupun pakai bumbu instant atau cepat saji.

8 porsi
1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bulan puasa bikin stok makanan yg kalo kesiangan sahur gampang tinggal angetin deh , karna ini juga salah satu kesukaan suami yang kalo makan pake nasi panas dan timun bikin nasi habis semajigcom πŸ˜„.. Jadi lah mama Iqi masak Rendang bumbu rempah.. Asal Rendang nya masakan khas Padang, tapi kalo yang ini Rendang ala Mama Iqi karena bumbunya di kolaborasi dari beberapa resep temen2.. #belajarmasak #reseprendangsapi #resepmamsqi #masakanrumahan #resepsederhana

+- 5 orang
+- 2 jam
Rendang daging kacang merah

Rendang daging kacang merah

Sukaaaa banget kalau makan rendang yg banyak kacang merahnya..

Rendang Ayam bumbu Jadi

Rendang Ayam bumbu Jadi

Bismillah...mengolah ayam jadi rendang dengan bumbu jadi yg dijual dipenjual sayur Alhamdulillah wangi enak saat perlu masak cepat dan praktis

4 orang
1 jam
Tomyam Rendang

Tomyam Rendang

Saya bercadang nak masak rendang tapi masa tengah buat eksperimen ada bau tomyam, tapi sedap dan segar. cubalah. #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
60 minit
Telur Dadar Rendang

Telur Dadar Rendang

Dududuhh. . .ini enak banget. Aku lihat resepnya dari youtube, muncul gitu di beranda.. tp lupa sumbernya πŸ˜…πŸ€­ Enak, bumbu nya meresap. Berasa makan nasi padang πŸ˜‹

Rendang sapi

Rendang sapi

Ini rendang versi saya, rendang Jawa (manis pedas)