Rendang jengkol pulen & tidak bau

Dipos pada February 3, 2022

Rendang jengkol pulen & tidak bau

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol pulen & tidak bau yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol pulen & tidak bau yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol pulen & tidak bau, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol pulen & tidak bau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol pulen & tidak bau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol pulen & tidak bau memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jengkol itu... mempunyai nikmat dan ciri khas yang tersendiri di hati aku & suami, dan mungkin dihati beberapa orang, atau bahkan kebanyakan orang. Teksturnya yg kalo dimakan itu membal2 adoiiiii, sekilo itu kurang loo hanya untuk kami berdua 😊 Terlebih kalo aku masak, gak meninggalkan jejak aroma, baik dimulut maupun dikamar mandi. Yuk monggo bunda, dilihat dan direcook resepnya, semoga bermanfaat🤗🤗🤗

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol pulen & tidak bau:

  1. Bahan utama :
  2. 1/2 kg jengkol
  3. Santan dari 1 buah kelapa
  4. Bumbu halus :
  5. 6 siung bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. 7 buah cabe rawit (ini karna aku suka pedas ya)
  8. 9 buah cabe merah keriting (jangan diskip)
  9. 1/2 ruas Kunyit
  10. 2 buah Kemiri
  11. seujung sendok Merica
  12. Bahan pelengkap :
  13. Sere
  14. Daun jeruk (kalo aku lebih banyak, lebih suka, wangi)
  15. Daun kunyit
  16. Daun salam
  17. Kelapa gongseng (bisa di skip)
  18. Gula merah
  19. Garam
  20. Gula
  21. Penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol pulen & tidak bau

1
Ini adlh kunci & step terpenting agar jengkol yang kita konsumsi tidak meninggalkan bau. Bunda, pilih jengkol yg benar2 tua, dgn cara menusukan kuku ke jengkol, kalo tusukan gampang tertancap, maka kemungkinan jengkol tsb belum cukup tua. 1. Belah jengkol menjadi 2 (menjadi keping2an) 2. Cuci bersih serai, daun salam & daun jeruk. 3. Geprek serai & potong2 4. Rebus jengkol +- 20 menit bersama serai, daun salam & daun jeruk 5. Ganti air rebusan & rebus kembali (lakukan 3 kali penggantian air)
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 1
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 1
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 1
2
Geprek jengkol. Jangan terlalu keras saat menggeprek, agar jengkol tidak pecah. Cukup jengkol terasa lembut saja.
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 2
3
Haluskan bumbu halus. Tumis bumbu halus. Tambahkan secukupnya : 1. Gula merah (agar warna pekat & rasanya lemak) 2. Daun jeruk 5 lembar 3. Sere 1 lembar 4. Daun kunyit 1 lembar potong2 5. Kelapa gonseng (bisa diskip) Tumis sampai wangi
4
Tuang santan kelapa kedalam bumbu yg sudah ditumis. Aku mau rekomendasi nih bunda. Usahakan santan yg kita gunain itu santan fresh dari kelaapa, bukan santan instan. Selain rasa yang lebih gurih, santan kelapa murni itu punya kandungan yg berbeda dari yg instan.
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 4
5
Setelah mendidih masukan jengkol nya bunda. Tambah garam, gula & penyedap rasa secukupnya ya bunda. Masak hingga air menyusut.
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 5
6
Selamat mecobaa🥰🥰🥰🥰🥰
Rendang jengkol pulen & tidak bau - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging KW (Jantung Pisang)

Rendang daging KW (Jantung Pisang)

Source : Erny Sulistyowati (Pawon Erny) Mencoba sesuatu yg baru, kalau biasanya jantung pisang dibiarin gt aja, gmn kalau jantung pisang dibikin rendang? Lhah Emang bisa 😅?bisaaa donk pke resepnya mba @ErnySulistyowati setelah dicoba ternyata enak juga, enak banget malah 😋😋. G nyangka kan? Yuk cobain kita #MasakSetiapBagian ❤ sekalian kita #Rekreasi_Semarang ke rumah mba erny 😄. Cuss ini resepnya ❤ #Semampir_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Padang

Rendang Padang

Rendang ati sapi sdh pernah saya post di cookpad, nah skrg giliran rendang dagingnya. Resep asli dr Ibu saya. Mungkin ada perbedaan dg rendang padang lain, tapi ini resep rendang yg diajarkan oleh Ibu saya. Ibu saya terhitung jarang masak rendang. Paling sering masak daging hanya sampai tahap kalio. Malas katanya hehehee. Tapi kalau mau lebaran barulah kami berdua bahu membahu masak 5kg daging rendang utk santapan Hari Raya dan hantaran utk keluarga besar dan tetangga. Pernah sekali kami masak rendang ketika kompor ibu sedang bermasalah, apinya keciil sekali. Kami masak 5kg daging dalam waktu 9 jam. Kami gantian mengaduk rendang, sambil diselingi ibu tidur siang dulu sebentar, lalu gantian saya jg istirahat wkwkwk. Ngadukny pun sambil duduk di meja counter dapur 🤣. Skrg saya sdh bisa masak rendang sendiri tanpa bimbingan dr ibu, justru saya skrg yg kirim rendang utk Ibu di Hari Raya. #GA_TheNextLevel #MasakanUntukIbu

2 jam
Rendang Tahu Kentang (Bumbu Machmudah)

Rendang Tahu Kentang (Bumbu Machmudah)

Bismillah untuk minggu ini... Semoga tetap semangat menjalani hari-hari sebagai #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Malang

Rendang Padang

Rendang Padang

Menu yg selalu wajib ada dikulkas setiap bulan ramadan dan juga menjawab tantangan @MamahCookpad dalam #RamadanCamp_Misi4 yang cluenya "simpan aku di frezeer, panaskan dan hidangkan" Cooksnap resepnya mba @ihdanas #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

Rendang Daging Sapi khas Padang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Suka banget dengan hidangan satu ini, masakan yang kaya akan rempah khas Indonesia. Ada banyak versi memasak rendang, kali ini saya menggunakan resepnya bunda @ihdanas yang super duper mantul menurut saya🙂🙏 thanks bunda Ihda🙂🤝... cuma saya memasaknya gak terlalu kering, tapi tetap mantul rasanya🤭😀 #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

kurleb 3 jam
Rendang simple

Rendang simple

Adaptasi dari crcook #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Kentang Telur Udang

Rendang Kentang Telur Udang

Si Tengah request rendang telur dengan pesan: " Jangan terlalu pedas, ya, Bu". Sedangkan si Bungsu, beda lagi, ia mau balado kentang. Ketika periksa kulkas ada udang sedikit. Ibunya tidak mau ribet. Jadilah ini, rendang kentang telur udang ala Ibu mereka. Yang pasti sehat dan enak (kata anak-anak, hahaa..) daan.. keinginan dua bocah terpenuhi. Paslah dengan teman Cocomtang olahan telur dan challange Cookpad. Alhamdulillaaah... #JelajahResep #JelajahResepSehat #ResepTelurkuMendunia #CocomtangPost_PakeTelur #CookpadCommunity_Tangerang

1 jam
Perkedel Rendang

Perkedel Rendang

. . . #DigilingDaging #Semarak_DigilingDaging #TidakSekedarMemasak #CokingWithEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Jakarta #Resolusi2021 #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

Kalio ini adalah rendang yang setengah jadi ya moms. Jadi dalam memasak rendang, akan dilalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Nah, kalio ini ada ditengah tahapan dalam memasak rendang. Jadi prosesnya adalah gulai masih encer, kalio yang lebih kental dan minyak sudah keluar, baru rendang. Kalio terbentuk di tengah proses, sekitar 4 jam dari awal masak. Setelah kalio, api langsung dikecilkan hingga mengering berminyak menjadi rendang. Meski begitu, masih banyak orang yang menyebut kalio sebagai rendang. Nah, saya sekeluarga sukanya jika masak rendang yg masih ada kuah nyemek2 begini 🥰 Jika mau dibikin rendang tambah sekitar 3 jam an lagi, pakai api keciiiil, nanti daging akan berwarna coklat kehitaman, dan juga dikunyahnya tuh empuk di mulut🤤🤤 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #KampoengRamadhan #UngkepanRasaHati #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #Prohe #Week46 #RantangCookpad #Minggu1 #MasakItuSaya

3-4 jam
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku ❤️

2 orang (makan siang dan malam)
Rendang Jengkol Khas Padang

Rendang Jengkol Khas Padang

Musim jengkol maakk 🤭 enaknya dibikin rendang khas Padang nih. Syedeeepp. Dimakan sama nasi anget dah enak banget 🥰🤤 Alhamdulillah kebagian jengkol 1 kilo dari mama dan tetangga. Aku langsung rendam selama 2 hari 2 malem. Dg mengganti air secara berkala. Kenapa lama? Karena aku gak sempat masaknya 🤭 Tanpa rendam juga bisa kok maakk. Langsung rebus ajaahh. Tips nya dah aku siapin dibawah ya. Biar jengkol nya gak terlalu bau nyengat gitu loh maakk 😁 Cuuss ah buruan bikin bareng aku. Aku tunggu cooksnap nya ya 😍 Source: @cook_2450635 #KulinerLokalWongKito #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

Rendang ayam asli orang minang

Rendang ayam asli orang minang

Aslinya pengen bikin rendang lokan karena gk ada lokan d daerah sini yaudah ganti ayam aja semoga suka ya

Rendang daging anti gagal ala Sasa

Rendang daging anti gagal ala Sasa

Aku udah coba semua resep rendang tp ngga pernah dapat rasa yg pas "penuh" padahal bahan2 yg sdh disediakan lumayan menguras dompet saking supaya anak2 bisa ngerasain rendang buatan rumah selama masa Covid .. jadi aku coba masak dg cara ini dan hasilnya memuaskan loh, coba deh bun

6 org
1 jam
Daging sapi Rendang

Daging sapi Rendang

40an potong
4-5 jam
Rendang Ayam Lunak

Rendang Ayam Lunak

Bismillah.. Salam sehat semua.kali ini aku masak rendang bukan daging ya..tapi ayam ternyata nga kalah enak lho..aku bikin porsi bahan bumbu agak banyak kerna mau tambah telur klau kalian sesuai selera ya..bisa setengahnya dari bumbunya #PekanPosbar #SerbaWrap #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Makanan ini, makanan favorit siapa pun..bikinnnn nagih,,

10 orang
3-4 Jam
Rendang Kalio Suir Frozen

Rendang Kalio Suir Frozen

Udah ke 3 kalinya ini sy upload resep rendang kalio ala ala saya, pas banget mau puasa jadi sekalian stock buat tabungan di freezer. Bikinnya gak dibikin ribet sama sy walaupun caranya jauh dari proses masak dari daerah asalnya yang penting keluarga suka, udah itu aja yang penting 😀. Saya suka bikin yang disuir biar gampang makannya, aduk aduk dengan nasi panas mantep banget plus tambahan serundeng bikin wangi dan makin gurih. Saya biasa bikin 1 kg utk 3 kali makan, jadi setelah matang saya packing menjadi 3 bagian, di tulis di plastik tanggal pembuatan nya lalu masukkan freezer deh, jadi aman kalo kepepet gak punya lauk dan mager masak, tinggal di cairkan, hangatkan dan sajikan. Untuk dagingnya saya gunakan daging semur yang agak berlemak karna anak anak sukanya yang ada genyil genyilnya kalo dimakan kalo pakai daging utk rendang malah berasa daging semua katanya. #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bogor #RamadanCamp_Misi4

1 kg
Rendang telur kentang

Rendang telur kentang

Protein yang mudah sekali di dapatkan dan harganya juga terhitung bersahabat di kantong adalah Telur. Banyak sekali yg bisa di olah dari sebuah telur. Mau di rebus bisa, di goreng pun juga bisa. Kali ini telur nya di rebus, di masak rendang telur dengan tambahan kentang pakai resep nya dari mb Kiki Daulay. #PejuangGoldenApron3 #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Daging dan Kentang

Rendang Daging dan Kentang

Hallo semuanya.. Apa kabar? Kali ini aku masak "Rendang Daging dan Kentang" untuk orang dirumah. Karena dirumah ada stock Daging dan Kentang jadi deh masak rendang. Buat kalian yang suka rendang yuk dicoba resepnya. Masaknya memang makan waktu lebih lama tapi lebih puas rasanya kalo memasak sendiri daripada beli.. Untuk kalian yang mau coba resepnya, boleh banget. Jangan lupa recook🤗 Selamat mancoba👩‍🍳

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Haii, Assalamualaikum .. Untuk resep masakan, aku share dibawah yaa .. Thankyou 🥰😊