Rendang jengkol anti bau

Dipos pada February 3, 2022

Rendang jengkol anti bau

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol anti bau yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol anti bau yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol anti bau, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol anti bau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol anti bau sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol anti bau memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritany lagi nyidam jengkol dan pas banget ada yg jual lumayan agk murce. Meski yg doyan cuma diri sendiri, yg lain pada g suka apalagi bauny wangi banget πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† akhirnya searching2 nemu cara bikin jengkol jd g bau. Pas dmasak udah g bau tp kalo masalah BAK tetap bau ya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol anti bau:

  1. Bahan untuk menghilangkan bau jengkol :
  2. Jengkol
  3. Air bekas cucian beras
  4. biji Daun jambu
  5. Bahan rendang :
  6. 1/2 kg Jengkol siap masak
  7. 3 lembar Daun jeruk
  8. 2 lembar Daun salam
  9. 1 batang Serai
  10. Secukupnya minyak goreng
  11. Secukupnya air
  12. Santan kental
  13. Bumbu halus :
  14. 8 siung Bawang merah
  15. 4 siung Bawang putih
  16. sesuai selera Cabe rawit
  17. Cabe merah besar
  18. Sedikit kunyit
  19. Secukupnya Merica
  20. 1 sdt Ketumbar
  21. Secukupnya Garam
  22. Secukupnya gula pasir
  23. bila suka Penyedap rasa
  24. 1/2 sachet Bumbu rendang instan indofood

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol anti bau

1
Menghilangkan bau jengkol : rendam jengkol dengan air belas cucian beras selama 2 hari. Ganti airnya setiap pagi. Lalu cuci hingga bersih sambil dibuang kulit ari yg mengelupas. (Kulit tidak bersih tidak apa2 karna nanti akan mudah mengelupas setelah proses perebusan). Rebus dengan daun jambu biji selama 2x perebusan. (Ganti air dan daun jambu biji setiap kali merebus). Kupas kulit ari sampai bersih dan belah jadi 2. Jengkol siap dimasak.
2
Membuat rendang : pipihkan jengkol yg sudah direbus td agar semakin empuk dan bumbu meresap saat dimasak nanti. Kalau saya dipukul pakai cobek πŸ˜…
3
Haluskan bumbu lalu tumis dengan minyak goreng secukupnya. Setelah wangi baru masukkan bumbu instan dan daun jeruk, salam, serai.
4
Tambahkan air lalu masukkan jengkol. Masak hingga matang/air menyusut.
5
Masukkan santan aduk sampai menyusut dan berminyak (sambil diaduk). Tes rasa. Sajikan
Rendang jengkol anti bau - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

5 orang
4 jam 30 menit
Nasi goreng rendang kikil

Nasi goreng rendang kikil

Di kasih rendang kikil sama tetangga, gak ada yang makan, krn iduladha tahun ini, alhamdulliah dapat banyak daging sapi dan daging kambing, sampai bosen tiap hari menunya daging terus😁

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masih edisi ngidam ya bunda πŸ˜…, entah kenapa selama hamil ngidamnya rada aneh-aneh nih. Sempet beli di warung padang, ternyata kurang puas si dedek kalau cuma makan daging se iris doang πŸ˜‚. Alhasil ngerayu misua buat kepasar biar bisa masak rendang sendiri. Untuk rasa gak kalah deh sama buatan uda-uda padang deh. #PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam + Tahu

Rendang Ayam + Tahu

Let's try 😁

4 orang
1 jam
Rendang Hati Ayam

Rendang Hati Ayam

Sumber : Dini Danuraja Punya hati ayam di kulkas yang udah lama gak keluar dari freezer buat dieksekusi. Sebenarnya penasaran, kalo dibuat rendang, enak gak rasanya. Mulailah nyari resep rendang hati di Cookpad, ketemu ama resep mbak Dini. Untuk resepnya bumbunya sangat komplit, kaya rempah. Cocoklah digandengkan dengan sang hati ayam. Kalo di resep aslinya pake ampela ati ayam. Saya gak punya ampela, ya pake hati ayam aja. Kebetulan juga ni Cookpad lagi ngadain #PekanPosbar yang bertema #PekanPosbarProtein untuk Minggu ini. Nah, si hati ayam ini kan masuk ke grup protein hewani tu, jadilah ni resep ikutan di Minggu ini. Semoga ikutan menutrisi cookpaders lain yang recook resep ini. Selamat mencoba...

Ayam Panggang Bumbu Rendang

Ayam Panggang Bumbu Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Bikin ayam panggang sebagai menu pendamping nasi mandhi, dengan bumbu yang Indonesia banget. Saya tambahkan sedikit origano untuk aroma dan cita rasa rempahnya. Ada yang sudah pernah coba ayam rendang dengan origano.... Ini benaran enak loh, bagi yang ingin coba, di jamin ndak bakalan nyesal deh πŸ˜€ Yuuuk intip resepnya πŸ’• . . . . . . #MasakanBundaPashalenko #AyamPanggang #Ayampanggangoregano #AyamPanggangBumbuRendang #IdeMasakku #JelajahResepSehat #MasakItuSaya #DiRumahAja #CookpadCommunity_KalBar #cookpadCommunity_Borneo

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Masa pandemi ini mau makan di resto jadialas. Mau order kirim rumah juga malas.akhirnya mencoba memasak rendang ayam ini sekaligus setoran arisan cooksnap di #GenkPejuangDapur yg kali ini mengcooksnap resep di @Kaianiandra agak ribet masaknya tapi hasilnya enak, anak anak suka #CookMemberGenkPeda_Kaianiandra #GenkPeDa_Eksis #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
40 menit
Rendang Kambing Bumbu Indofood

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Berhubung ada sisa daging kambing qurban kemarin, dan Juga serundeng, sekalian aja ya dibikin rendang 🀭, beli yg bumbu instan saja, dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yg ada di dapur πŸ€­πŸ˜„ Recook resep mbak Maria Anna

Telor Dadar Rendang

Telor Dadar Rendang

Terinspirasi dari putrihabibie di tiktok, enak aih tp kaya terlalu asin untukku. mungkin airnya kurang banyak #menuviral #resepviral #reseptiktok

1 orang
35 menit
36. Rendang Minang

36. Rendang Minang

#PejuangGoldenApron3 Untuk setoran minggu ke 21 Daging kurban belum dimasak juga. Tak bikinin rendang aja. Ditambahi kentang biar makin banyak 😁 Oh ya moms. Rendang ini saya buat tidak pedas ya. Karena memang saya sedang radang tenggorokan jadi gak boleh makan yang pedas pedas dulu yang berminyak juga ga boleh sebenarnya 😁. Dan yang utama anak saya bisa ikut makan. Untuk menghasilkan rendang yang hitam seperti dari daerah asalnya sebaiknya menggunakan cabai rawit hijau. Tingkat kepedasan sesuaikan selera. Dan jangan pakai kunyit ya moms. Biar makin hitam si rendang. Dan masaknya itu pakai api kecil saja. Lama sih prosesnya tapi rendangnya bakalan empuk puk puk banget. Faktor empuknya rendang juga dipengaruhi cara memotong daging mom. Potong kotak dan melawan serat daging pasti dagingnya lebih empuk saat dimakan. Karena saya memang tidak mau pedas saya pakai lombok merah yang dibuang bijinya. Moms rendang ini semua bumbunya saya haluskan kaya daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Biar aromanya lebih nendang.

Rendang Daging

Rendang Daging

Sudah lama tidak masak rendang, cek stok freezer msh ada 1box daging.Alhamdulillaah, kita masuk yuuks.. Resepnya selalu pakai resepnya mba Dewi Anwar. sudah cocok dilidah.

173.Rendang Daging

173.Rendang Daging

Bismillah ,,, 4 Ramadlan 1442 H Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan seperti daging , ikan dan telur , selain protein hewani yang penting diperlukan tubuh protein nabati juga harus seimbang agar asupan kebutuhan protein bisa terpenuhi dengan baik ,,, semoga bermanfaat #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #PejuangGoldenApron3

Rendang kacang merah

Rendang kacang merah

Harga kacang merah lagi murah banget...tadi pagi kepasar beli kacang merah 1/2 kg cuma 7000...wah kesempatan mumpung murah beli banyak sekalian...hahaha...biasanya 1/4 7000 nah ini 1/2 kg...aduhai tanpa banyak mikir beli lah 1 kg...ehhh dapet potongan pula jadi nya 1 kg cuma 13 RB... rezeki anak Soleh πŸ˜‚ (soumboung)karena beli kacang merah nya lumayan banyak dari biasanya...cus ahhh ambil hp...liat2 Cookpad kesayangan...ga kepikir sih mau bikin rendang kacang merah... kepikiran nya bikin es kacang gitu...Yaaa walaupun cuaca lagi hujan tapi yang ada dipikiran yang seger2 aja... akhirnya pas liat olahan kacang merah,..ehhh muncul rendang kacang merah...wuuiiihhh jadi pindah haluan ni menu kacang nya...hihihi(maafkanlah si aku yang labil iniπŸ˜‚)mungkin Cookpad tau kali yaa cuaca ditempat ku udah 4 hari ini hujan selalu dari pagi Ampe sore...makanya dimunculkan lah resep rendang kacang merah nyaπŸ˜ŠπŸ˜˜πŸ˜„...liat2 resep nya dari atas Ampe bawah...ehh dapet resep teh Astrid Aulia...resepnya pas banget Ama stok bumbu didapur... hihihi...cus ahh masak...rasanya enak lho...makasih teh Astrid resepmu inspirasi ku...πŸ™πŸŒΉ #CookpadCommunity_Bandung

Rendang Tempe

Rendang Tempe

Kabanggaan tersendiri setelah bisa bikin tempe dari 2 bahan saja. Rendang tempe ini, tempenya hasil buatan sendiri, resep pembuatan tempe, dari mas Benny salah satu pakar pertempean. Terimakasih CP yang sudah membuka mata hati saya untuk mempelajari sejarah tempe #PDKT_TempeLamtoro #TempeBuatanku #PDKTdiCookpad #PekanPosbarTempe

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

5 orang
3 Jam
Nasi Goreng Bumbu Rendang Praktis

Nasi Goreng Bumbu Rendang Praktis

Assalamu'alaikum. Selamat pagi semuanya....awali hari dengan senyuman dan sarapan agar tetap sehat dan semangat. Pagi ini saya membuat sarapan "Nasi Goreng dengan bumbu Rendang produck Racik," saya tambahkan sosis dan bumbu iris berupa bawang putih, bawang merah dan cabai merah. Cukup 30 menit, "Nasi Goreng Rendang", siap dinikmati. #CookpadCommuniy_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #MasakanRumahan #MemanfaatkanNasiSisa

4 orang
30 menit
Rendang daging

Rendang daging

Belum moment idul fitri tp kepengen makan khas lebaran, ketika moment idul fitri tiba rendang daging selalu menjadi salah satu menu andalan kluarga. #PejuangGoldenBatikApron

Nasi Rendang Yummy

Nasi Rendang Yummy

Yang cepat dan singkat buat lunch si kakak.. tapi makan menu ini sesekali aja yahh, kita batasi konsumsi makan bumbu instant πŸ˜‡πŸ˜‡ #nasigoreng #rendang #nasirendang

1 porsi
15 menit