Rendang Padang

Dipos pada February 3, 2022

Rendang Padang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Padang adalah 2 org. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Padang diperkirakan sekitar 1jam 30menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Padang memakai 29 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep dari ci @devinahermawan, mantap jiiwaaa ๐Ÿ˜ Sy buat versi pedas ๐Ÿ˜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Padang:

  1. 600 g daging sengkel
  2. 5 siung bawang putih
  3. 7 bawang merah
  4. 5 butir kemiri
  5. 8 cabe keriting merah (sy 12cabe rawit)
  6. 2 cabe merah (sy 6 biji)
  7. 3 cm jahe
  8. 80 ml minyak kelapa
  9. 2 batang serai, geprek
  10. 1 jempol lengkuas geprek
  11. 5 lembar daun jeruk
  12. 2 lembar daun kunyit
  13. 1 lembar pandan (skip)
  14. 3 daun salam
  15. 500 ml air
  16. 500 ml santan kental
  17. ##rempah
  18. 1 sdm ketumbar bubuk (sy 1/2 sdm butiran)
  19. 2 sdt lada bubuk (sy 1sdt butiran)
  20. 2 sdt jintan bubuk (sy 1sdt butiran)
  21. 1/4 sdt kayu manis bubuk
  22. 1 sdt pala bubuk
  23. 1 sdt bunga lawang bubuk (sy 1biji bunga utuh)
  24. 1 sdt kapulaga bubuk (sy 4 butir)
  25. 1 sdt cengkeh bubuk (sy 5butir)
  26. 1 sdt cabai bubuk (skip)
  27. 1/2 sdm garam
  28. 2 sdt gula
  29. 1 sdt kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Padang

1
Siapkan bahan. Haluskan smua bumbu kecuali rempah dan daun aromatik dan lengkuas. Tumis dh minyak daun2 aromatik, masukkan bumbu halus dan rempah2. Tumis hingga bau langu hilang
Rendang Padang - Step 1
Rendang Padang - Step 1
Rendang Padang - Step 1
2
Masukkan daging, air dan santan (sy santan beku). Rebus metode 5-30-7 (sy 2x proses). Setelah empuk, terus didihkan hingga sat
Rendang Padang - Step 2
Rendang Padang - Step 2
Rendang Padang - Step 2
3
Siap dihidangkan
Rendang Padang - Step 3
Rendang Padang - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Makan nasgor enak dg rasa beda dg bumbu rendang sisa olahan kapan hari..cus berkreasi.. #cookpadcommunity_surabaya

Rendang Tempe

Rendang Tempe

Minggu,6 Juni 2021 #TempeBuatanku #PekanPosbarTempe #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #RendangTempe #MasakanMinangHeni #OlahanTempeHeni Untuk memperingati Hari Tempe sedunia yang jatuh setiap tanggal 6 Juni.Aku ikutan berpartisipasi program PDKT(Pejuang Dapur Kreasikan Tempe).Di saat pandemi seperti sekarang ini perekonomian sulit pengen makan enak tapi nggak punya uang๐Ÿ˜”Nggak usah khawatir bunda kita bisa sulap tempe jadi makanan enak & gurih seperti yang aku buat "Rendang Tempe".๐Ÿ˜‰Walaupun bahannya tempe yang harganya murah banget di kantong tapi rasanya tetap enak kok seperti rendang daging๐Ÿ‘๐Ÿ˜‹Beberapa tahun yang lalu aku juga pernah share Rendang Tempe tapi resepnya aku nemu di google sedangkan resep yang sekarang aku pakai resep warisan keluargaku๐Ÿ˜€

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Aq ga suka jengkol. Tapi ada yg sering minta dimasakkan jengkol. Awalnya memasak jengkol, bingung, caranya bgmn... tanya2,serta coba2, akhirnya bisa. Untuk bumbu aq beli racikan jadi di pasar beringharjo, klo ga salah namanya _rumah minang_. Aq klo masak jengkol ini ribet bgt n butuh waktu berhari2, karena jengkol aq rendam dengan kopi minimal 3 hari, pagi n sore dicuci bersih ganti air n kopi. Trus merebusnya juga pakai kopi, daun jambu n daun salam untuk menghilangkan bau jengkol... tp klo mau cepat, jengkol rendam semalam, trus rebus sampai empuk....

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Alhamdulillah, akhirnya nemu resep yang sesuai utk masak rendang sesuai selera. Ini aku recook dari Mbk Andinskitchen (Instagram) ya, cuma aku sesuaikan lagi dgn selera aku, jd ada beberapa tambahan bumbu. Saat memasak kemarin, aku sedikit lebihkan ukuran dagingnya ya tp gak sampai 1 ons, hehe. Btw ini Enak banget loh, wanginya masyaAllah, haruum, bumbunya juga gurih dan pas.. Yuk Moms, wajib bgt nih recook resep ini... ๐Ÿ’•

Rendang

Rendang

Assalamualaikum.. Yuuuk nyapa rendang lebih awal. Biar semakin semangat menuju lebar-an. Iyaa, badannya melebar. Hehehe. Gak tau sudah berapa kali bikin rendang. Rasanya emang gak pernah bosen. Pantes aja sampe jadi warisan dunia.

3 orang
60 menit
Rendang daging simple

Rendang daging simple

Bikinnya sehari untuk santai sebulan, clue nya bawang-bawangan. Ada bumbu dasar, ada kaldu bubuk. Kayaknya rendang ..bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, kaldu bubuk, dan bisa disimpan untuk satu bulan, malah bisa lebih...๐Ÿ˜€#RamadanCamp_Misi3 Simpan dalam wadah tertutup, dibagi-bagi jumlahnya sesuai kebutuhan, ini untuk memudahkan dalam memanaskan dan menyajikan sesuai kebutuhan. Membuat rendang sekarang tidak sulit, semua bahan sudah tersedia di pasar, tinggal cemplung-cemplung saja..yang dibutuhkan kesabaran untuk selalu mengaduk rendang supaya tidak gosong dan matang nya merata. Bahan-bahan nya santan murni sudah tersedia di pasar, santan murni adalah santan perasan pertama yang tidak ditambahkan air, lalu bumbu-bumbu nya beli di abang jualan bumbu, untuk 1 kg daging sudah ada takarannya. Bawang putih, bawang merah, cabe giling, laos, jahe, ketumbar, merica dan rempah daun-daun lainnya seperti daun kunyit, daun salam, daun jeruk , serai. Dalam memasak rendang tidak sekali jadi ya bun, kalau sudah jadi kalio arti nya rendang sudah bisa dimakan, istirahat dulu, dilanjutkan memasak dengan penuh kesabaran, api kecil dan diaduk pelan supaya bumbu tidak lengket di dasar wajan. Dicoba deh bun , akan berasa puas banget kalau kita bisa menaklukkan rendang ini. Keluarga tentunya sangat senang kalau bunda sudah bisa mengolah rendang. Lamak bana! Selamat mencoba! #PejuangGoldenBatikApron #Pekanposbar #RamadanCamp_Misi3 #cookpadcommunity_jakarta #rendangpadang Sumatera Barat

Rendang telur MPASI 22 bulan

Rendang telur MPASI 22 bulan

#PekanPosbar #SerbaDirebus #pejuanggoldenaproan #mpasi22bulan #menulengkap #sayanganak #masakpenuhcinta

2 porsi
Martabak Indomie Rendang

Martabak Indomie Rendang

Buat yg simple aja untuk cemilan #PejuangGoldenApron3 #Mingguke46

Bubur Randang khas kalsel

Bubur Randang khas kalsel

Resep ini udah 1 minggu lalu di draf aku, karna aku malas nulis dna jarang punya kouta jadi baru ke share deh ๐Ÿค— Entah kenapa kepengen bubur randang, dan sudah lama banget aku gak makan bubur randang. Jadi nunggu hari minggu aja bikinnya karna kalo hari biasa bubur randang yang mentah malah agak mahal kalo hari minggu murah jadi bisa bikin banyak dan di hari minggu juga aku gak punya kegiatan apa-apa. Selama nunggu hari minggu aku sampai kebawa mimpi bikin bubur randang itu artinya sangkin pengeng banget makan bubur randang ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Bubur randang ini khas kalsel dari olahan sagu, dulu jaman aku sd banyak orang jualan bubur randang ini di warung maupun berjaja, enaknya makan bubur randang ini siang hari apalagi saat hari panas wow nikmat banget ๐Ÿ˜

10 porsi
45menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Sudah mulai musim, tmn2 kantor mulai pada minta di buatiin.. Hehe Untung hari2 msh stay pke masker ๐Ÿ˜ท

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang jengkol miminok

Rendang jengkol miminok

Saya suka rendang jengkol tapi seringkali kurang puas saat membelinya. Akhirnya dengan modal cari resep, jadilah rendang jengkol ala bunda miminok.

5 orang
sehari semalam
Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Bismillahirrahmanirrahiim... Semoga bermanfaat. Dapat dipastikan hampir semua orang tahu kalau Rendang adalah masakan khas Padang. Olahan daging kaya bumbu dan rempah-rempah yang banyak dan beragam. Terkadang lidah yang tidak terbiasa dengan olahan dengan banyak bumbu dan rempah menjadi asing dan tidak mampu menikmati cita rasanya. Nah...kali ini saya berbagi resep Rendang Padang ala lidah Jawa. Karena lidah saya terbiasa menikmati olahan Jawa, demikian juga dengan keluarga. Mencoba memasak Rendang orang Padang punya, tapi masih tetap diterima lidah keluarga Jawa saya. Selamat mencoba, semoga cocok yaaa....

Rendang Super Praktis

Rendang Super Praktis

Suami request minta dimasakin rendang, dengan mengarang bumbu akhirnya jadi rendang ala-ala. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat bumbu rendang ini modifikasi ala aku sendiri. Tidak bermaksud melenceng dari daerah aslinya ๐Ÿ™

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Makan nasi rendang tapi versi lebih effort dan nasi goreng. #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
30 menit
Ayam Panggang Bumbu Rendang

Ayam Panggang Bumbu Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Bikin ayam panggang sebagai menu pendamping nasi mandhi, dengan bumbu yang Indonesia banget. Saya tambahkan sedikit origano untuk aroma dan cita rasa rempahnya. Ada yang sudah pernah coba ayam rendang dengan origano.... Ini benaran enak loh, bagi yang ingin coba, di jamin ndak bakalan nyesal deh ๐Ÿ˜€ Yuuuk intip resepnya ๐Ÿ’• . . . . . . #MasakanBundaPashalenko #AyamPanggang #Ayampanggangoregano #AyamPanggangBumbuRendang #IdeMasakku #JelajahResepSehat #MasakItuSaya #DiRumahAja #CookpadCommunity_KalBar #cookpadCommunity_Borneo

Rendang ala Anak Kos

Rendang ala Anak Kos

Jangan berharap rendang ala padang ya, ini rendang ala ala anak kos rasa jawa gitu. Tp enak kok

6-8 orang
3.5 jam