Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

Dipos pada February 5, 2022

Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang memakai 33 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Spesial buat suami yang mau pergi dinas, saya memasak rendang ayam + ati ampela + kentang. Sekaligus banyak. Tentu saja resep channel Uni ET selalu jadi contekan saya untuk masakan minang ♡ Silakan dicoba, ya~ 1 hari sebelumnya, saya ungkep ayam dan hati ampela sebentar untuk menghilangkan amis, lalu ditaruh di kulkas bawah.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang:

  1. Bahan Utama
  2. 1 ekor Ayam Kampung
  3. 1 kg Hati Ampela
  4. Secukupnya Kentang
  5. Bumbu Halus Ungkep
  6. 2 buah Bawang Putih
  7. 1 ruas Jahe + Lengkuas + Kunyit
  8. 1 batang Serai + Daun Salam
  9. 3 buah Kemiri
  10. Bahan Bumbu Rendang
  11. 1,5 liter Santan (dari 2 buah kelapa)
  12. 2 sdm Ambu-Ambu (tumbukan kelapa sangrai)
  13. Secukupnya Cabai Merah Giling + Rawit
  14. Bumbu Halus Rendang
  15. 3 ruas Lengkuas (bisa geprek)
  16. 2 ruas Jahe
  17. 1 ruas Kunyit
  18. 3 buah Bawang Putih
  19. 13 buah Bawang Merah
  20. Bumbu Daun Rendang
  21. 2 batang Serai (geprek)
  22. 4 lembar Daun Jeruk
  23. 3 lembar Daun Salam
  24. 1 lembar Daun Kunyit
  25. Bumbu Kering Rendang
  26. 1 sdm Ketumbar Butiran
  27. 1 buah Pala
  28. 1 buah Kayu Manis
  29. 3 buah Kapulaga
  30. 3 buah Asam Kandis
  31. Bahan Tambahan
  32. Secukupnya Garam + Gula + Lada + Kaldu Bubuk
  33. Secukupnya Air Asam Jawa Kental

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

1
Bersihkan ayam dan hati ampela. Ungkep. Sisihkan.
2
Masukkan ke dalam panci : santan + cabai giling + bumbu halus rendang + bumbu daun + bumbu kering. *NOTE : lengkuas bisa digeprek atau dihaluskan sesuai selera, kali ini saya haluskan + ketumbar dan pala wajib dihaluskan
3
Aduk terus hingga mulai mengeluarkan minyak. Baru masukkan ambu-ambu. Aduk terus hingga berotot 😉
4
Jika sudah mulai mengental bumbunya, masukkan potongan ayam kampung + kentang + ampela ayam karena mereka keras. Bumbui sedikit garam.
5
Jika sudah menuju rendang basah, yaitu banyak minyak keluar, baru masukkan hati ayam. Aduk perlahan karena mereka mudah hancur.
6
Koreksi rasa sesuai selera. Saya suka menambahkan rasa asam dg air asam jawa kental secukupnya. *NOTE: hati-hati dalam penambahan garam + pastikan tingkat keempukan ayam, kentang, dan ampela semuanya pas sesuai selera ♡

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam

Rendang ayam

ini menu hari libur kemarin 1 hari 2 menu..RENDANG AYAM dan KULIT TERIYAKI.

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Makanan penggugah seleranya pak suami alias makanan kesukaannya. Kalau makan sama rendang bisa nambah yuk di buat.

Rendang daging bumbu instan Indofood🥩

Rendang daging bumbu instan Indofood🥩

Pingin makan daging tapi lagi pingin masak yang simpel ngga pake ngolah bumbu bumbu lain. Yauda deh pake bumbu instan aja😆 Dan alhamdulillah rasanya endeus bener bikin nagih!👍

4 orang
Rendang Padang

Rendang Padang

Ini endulss surendulss bgt 🤤🤤🤤🤤Rendang Padang resep @mamafarezell 🤗🙏 Rendang salah satu makanan terbaik didunia 2021 versi CNN looohh🥰 Rendang salah satu masakan favorit keluarga kami🙏😍 Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu (wikipedia) #CookpadCommunity_Bogor #MasakanKhasSumateraBarat

Nasi goreng bumbu rendang

Nasi goreng bumbu rendang

Inspirasi buat bekal kerja suami besok pagi ni buibu,anti ribet mudah dan simpel,tinggal di kasih telur ceplok/telor dadar,udah siap Kalo kurang asin boleh di tambah garam/penyedap ya buibu,di sini aku nggk di tambahin lagi karna menurut aku ini udah pas dan nggk terlalu gurih. Dan karna nggk suka aroma rendang yang pekat banget,jdi aku pake sedikit aja bumbunya ,kalo buibu sukanya pekat pake banyak aja/sesuaikan sama selera buibu

Rendang daging

Rendang daging

Dsini saya pake bumbu rendang giling yg dijual dipasar ya bu Saya cuma tambahin ketumbar cabe dan bubuk kayu manis, #153 #rendangdaging #babirendang #kentang #rendang

Rendang Daging

Rendang Daging

Pengen banget makan nasi Padang, tapi kl beli cuma sekali makan. Akhirnya searching resep rendang yg SIMPLE 🙂🙂 klik sama resep yg dishare @Ernisafitri dan jadilah ini ❤️ dengan modifikasi ala aku 😁

Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

Resep asli rendang pariaman, diajarin ibu saya pertama kali bikin rendang, tapi udh saya modif sedikit sesuai selera saya. Dan jujur aja, selama jd org padang baru 4 kali bikin rendang.. kenapa g pernah bikin? Jawabnnya adalah ngeri2 sedap.. Hampir smua masakan padang udh pernah, tp cuma rendang yg blm, krn ada pesenan khusus jadi deh coba bikin rendang dan alhamdulillah berhasil, enak, dimakan abis. Kebahagiaan chef itu ketika masakannya abis dimakan orang 😁

10-12 orang
4-5 jam
Nasgor Rendang Ayam Suwir

Nasgor Rendang Ayam Suwir

Berhubung kemaren bebikin rendang, trus masi sisa 3 potong serta dedaknya yang banyak. Duh, kalo dedak masakan yang medunia ini #DibuangSayang dong maka pagi terinspirasi mau sarapan nasgor dengan dedak rendang, tujuannya biar makan rendang tapi tidak dengan nasi putih tok 🤗 Cuss cobain yuk #Babako_MaolahBaliak bareng #CookpadCommunity_Sumbar untuk menyemarakkan #PosbarIdaman juga... Mau kaaan jadi #IdamanMamah Cookpad 😉 #CookpadIndonesia #OlahanNasgorMamiFay

Bubur Randang khas kalsel

Bubur Randang khas kalsel

Resep ini udah 1 minggu lalu di draf aku, karna aku malas nulis dna jarang punya kouta jadi baru ke share deh 🤗 Entah kenapa kepengen bubur randang, dan sudah lama banget aku gak makan bubur randang. Jadi nunggu hari minggu aja bikinnya karna kalo hari biasa bubur randang yang mentah malah agak mahal kalo hari minggu murah jadi bisa bikin banyak dan di hari minggu juga aku gak punya kegiatan apa-apa. Selama nunggu hari minggu aku sampai kebawa mimpi bikin bubur randang itu artinya sangkin pengeng banget makan bubur randang 🤣🤣 Bubur randang ini khas kalsel dari olahan sagu, dulu jaman aku sd banyak orang jualan bubur randang ini di warung maupun berjaja, enaknya makan bubur randang ini siang hari apalagi saat hari panas wow nikmat banget 😍

10 porsi
45menit
Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Dulu kl d jakarta nemu rumah makan padang deket kebon jeruk) yg bikin rendangnya pakai kacang merah, dan itu enak bgt, msih inget rasa nya sampai sekarang dan dah masak bbrp x jg, nah kali ini aku masak pake daging ayam, krn mls beli daging sapi ny. Jd spt biasa, masak pake stok yg ada d rmh deh.. Ini aku pake bumbu males, pake bumbu instan, cukup d tambah dg bahan2 d dapur aja lg 😀🤭. Tp ttp mantulll Jd lah skrg namanya bumbu males, krn emang pake yg praktis2 aja, yg penting rasa ttp mantul gaes 😀🤭😂 #TiketGoldenApron3

Rendang Jengkol enak dan empuk

Rendang Jengkol enak dan empuk

Critanya kmarin bingung mau msak apa..cz cuzz tkang sayur liat jengkol tua2 bgt... Niatnya mo dipedesin tp bosen jengkol di gtu2in trus..cz ada ide dbuat rendang ajh pa suami suka...dan ini masakan ke dua...pa suami mnta dibuatkan lg ..

5orang
1jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Edisi idul adha, manfaatin daging sapi yang ada...untuk rempah keringnya alangkah simpelnya kalau punya bumbu bubuk kemasan. karna sya gak ada, jadi perlu dihaluskan terlebih dahulu.. resep saya dapet dari channel youtubenya chef Devina Hermawan, selamat mencoba semuanya 😉

kurleb 2 jam
Rendang

Rendang

10 org
2 jam
Rendang padang

Rendang padang

Asal resep ini aku lihat di you tube tapi lupa akun siapa. Pertama aku coba rasanya langsung cocok dan akhirnya dijadikan resep andalan setiap masak rendang.

Banyak
5-6 jam
Rendang

Rendang

belajar masak rendang ala @rendang.oma_bdl (Instagram) cocok di lidah suami dan keluarga

3 jam 30 menit
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Bismillah.. Masih ada stok daging lebihan dr lebaran idul adha kemarin, kebetulan lg pengen banget makan rendang, maksudnya sih biar besokannya gk usah masak lg krn capek dan rendang ini termasuk lauk yg awet dan gk cepat basi, rempahnya banyakkkk tp rasanya sdh pasti endeussss ya 🤤😔😋😍, yuk ah ke resep 👇🏻

3 jam
Rendang sapi

Rendang sapi

Masakan legend Indonesia ... ☺️. Terdabest pokoknya mah. Saya belajar masak dari nol. Alhamdulillah berhasil hehe.. resepnya terinspirasi dari uni Icha Irawan 🤗👍.

10 orang
2-3 jam
Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Bismillah.... Assalamu'alaikum.... Marhaban yaa romadhon..... Alhmdulillah tahun ni bisa bertemu lagi dengan bulan suci romadhon...bulan yang penuh keberkahan... .yug slesaikan misi berikutnya.... #ramadanCamp_misi4 dengan clue "simpan aku difreezer,,panaskan lalu hidangkan"... Rendang adalah favorite swamy...nah kali ini Q buat versi frozen...karna proses dan bahanya yg lumayan agak ribet... Jadi yar lbih simple bisa disimpan difreezer.....🥰🙏 1 kg Ayam Rp. 35.000 2 butir Kelapa Rp. 15.000 Total bahan Rp.50.000 Utility =50%x50.000= 25.000 Sub total = 50.000+ 25.000= 75.000 Profit 50%=50%×75.000=37.500 Harga jual minimum = 75.000+37.500=112.500 Saya bagi menjadi 4 kemasan Jadi harga/ kemasan= 112.500:4=28.125 Bisa dibulatkan menjadi Rp.28.500 Source : @desmawatikuretangin Tarimo kasih uni desma🙏🙏😘 #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_srmarang #pejuangGoldenBAtikApron #semangcook_frozen #ramadhanCamp_misi4

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Alhamdulillah, akhirnya nemu resep yang sesuai utk masak rendang sesuai selera. Ini aku recook dari Mbk Andinskitchen (Instagram) ya, cuma aku sesuaikan lagi dgn selera aku, jd ada beberapa tambahan bumbu. Saat memasak kemarin, aku sedikit lebihkan ukuran dagingnya ya tp gak sampai 1 ons, hehe. Btw ini Enak banget loh, wanginya masyaAllah, haruum, bumbunya juga gurih dan pas.. Yuk Moms, wajib bgt nih recook resep ini... 💕