Kulit Mangga Bumbu Rendang

Dipos pada February 5, 2022

Kulit Mangga Bumbu Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Kulit Mangga Bumbu Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kulit Mangga Bumbu Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kulit Mangga Bumbu Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kulit Mangga Bumbu Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kulit Mangga Bumbu Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kulit Mangga Bumbu Rendang memakai 9 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Terinspirasi oleh mamah cookpad dengan program #MasakSetiapBagian. Hari ini mau ngebuang kulit mangga rasanya agak sayang. πŸ˜‚ Iseng-iseng nyari di google tentang manfaat kulit mangga. Ternyata kandungan manfaat kulit mangga hampir sama dengan daging buahnya, bahkan lebih. Wah, jadi kepengen ngolah ini kulit mangga... Kebetulan saya punya bumbu rendang instan, karena harganya sangat terjangkau, bolehlah jadi bahan uji coba masak kulit mangga. 🀭 Alhasil, jadilah kulit mangga bumbu rendang yang ternyata cukup enak, tekturnya kenyal sedikit renyah, bisa nih jadi tambahan lauk. 😁 #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kulit Mangga Bumbu Rendang:

  1. 200 gr kulit mangga
  2. 50 gr / 1 sachet bumbu rendang instan (saya pakai merk indofood)
  3. 1 lembar daun salam
  4. 1 batang sereh
  5. 1 lembar daun jeruk
  6. 1-2 cm lengkuas
  7. 1/2 sdm gula jawa sisir
  8. 2-3 sdm minyak goreng untuk menumis
  9. 200 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Kulit Mangga Bumbu Rendang

1
Cuci bersih kulit mangga. Rendam dengan air garam selama 1 jam. Fungsi perendaman: 1. Membersihkan kotoran yang tersisa 2. Menghilangkan getah 3. Mengurangi rasa pahit Cuci kembali kulit mangga sebelum di masak.
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 1
2
Tumis daun salam, daun jeruk, lengkuas, sereh hingga harum. Masukkan bumbu rendang instan, aduk rata.
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 2
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 2
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 2
3
Tambahkan kulit mangga, aduk. Tambahkan air. Tambahkan juga gula jawa. Aduk kembali hingga rata. Sesuaikan rasa. Masak hingga air habis. Pindahkan ke mangkok saji. Kulit Mangga Bumbu Rendang siap disajikan.
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 3
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 3
Kulit Mangga Bumbu Rendang - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang hati sapi & kentang (tanpa cabai)

Rendang hati sapi & kentang (tanpa cabai)

Waktu mudik idul adha, anakku 2 th lahap banget makan pake rendang, jadi semangat mau masakin rendang, kebetulan dapet hati sapi agak banyak ya udah coba di bumbu rendang, tapi nggak pake cabe , alhamdulillah anakku suka 😘

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Idul Adha kemarin, aku dikasih tetangga rendang. Udah abis dong dagingnya diserbu anak2, tinggalah bumbu rendangnya yg kalau dibuang kok sayang. Soale rendang ibu tetangga itu the best punya, aku pernah intip cara masak dia duluuuuu (sebelum pandemi pastinya, saat di mana kita dulu bisa visit rumah tetangga sambil rumpik dan makan di rumahnya🀣🀣) Pakai santan asli dari 3-6 kelapa, bumbu2 premium, duuh pokoke the best lah, harumnya sampai kecium di rumahku getoooπŸ˜‹ So.. putar otak nih gimana memanfaatkan si bumbu rendang ini. Ah bikin nasgor aja deh moms. Jadi pagi2 ketika liat masih ada sisa nasi, dibikin deh nasgor pakai bumbu rendang. Kalau bhs Inggris nya meremake Left Over Food..πŸ˜‚ #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #cookpad_aop

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Pertama kali masak ini buat nasi kotak untuk hampers lebaran, karena kurang yakin untuk mengolah daging sapi maka digantilah dengan ayam. Sekarang masak lagi buat orang rumah

8-10 orang
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Masa pandemi ini mau makan di resto jadialas. Mau order kirim rumah juga malas.akhirnya mencoba memasak rendang ayam ini sekaligus setoran arisan cooksnap di #GenkPejuangDapur yg kali ini mengcooksnap resep di @Kaianiandra agak ribet masaknya tapi hasilnya enak, anak anak suka #CookMemberGenkPeda_Kaianiandra #GenkPeDa_Eksis #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
40 menit
Rendang

Rendang

#PejuangGoldenApron3

3 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Edisi idul adha, manfaatin daging sapi yang ada...untuk rempah keringnya alangkah simpelnya kalau punya bumbu bubuk kemasan. karna sya gak ada, jadi perlu dihaluskan terlebih dahulu.. resep saya dapet dari channel youtubenya chef Devina Hermawan, selamat mencoba semuanya πŸ˜‰

kurleb 2 jam
Rendang Ayam Minang Padang Pariaman (Frozen Food)

Rendang Ayam Minang Padang Pariaman (Frozen Food)

Rendang adalah salah satu menu masakan Padang yang hampir selalu dimasak dalam menyambut bulan Ramadan. Selain semakin lama dihangatkan semakin enak, rendang juga bisa disimpan dalam freezer (frozen) untuk dipanaskan saat sahur atau berbuka tiba. Rendang ayam dari resep uni @desmawatikuretangin mengingat harga daging yang melonjak tinggi, bersama rebusan daun singkong dan sambalado lado mudo sebagai menu sahur pertama keluarga. Sekaligus meramaikan posbar FtC, menu masakan Minang. Teriring ucapan terimakasih kepada pak Fadil yang selama ini membukakan mata, mengenalkan dan belajar bersama ilmu food photography serta mbak Medina (roemah_coklatbontang) atas supportnya, semoga mbak Medina diberi kelancaran dalam persalinan, sehingga baik ibu dan baby sehat dan sekeluarga berbahagia menyambut kedatangan si kecil. #RamadanCamp_Misi4 #CeritaDapurHariIni #MasakanMinang #RendangAyam #FrozenFood #OlahanAyam #CookpadCommunity_Solo #wongsolomasak #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #PejuangGoldenBatikApron #Resep_RhymerwidKitchen

13 potong
Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

#Cooksnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #NasiGorengRendang #NasiGorengBumbuSisaRendang #PosbarIDAMAN #PPKM #kopijos #DibuangSayang #PosbarIdaman #AR_SopMatahari #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Punya sisa nasi kemarin dan sedikit bumbu rendang sayang banget klo di buang. Duh mak2 banget ya πŸ˜€πŸ˜€ mendingan di buat nasi goreng aja rasanya pasti uenaaak dan mantul serta jadi lebih bermanfaat tidak mubadzir. Akhirnya di olah deh jadi makanan yg mantap dan lezat bahkan jadi rebutan 😍😍😍

Rendang sapi bumbu indofood

Rendang sapi bumbu indofood

3-4 orang
1 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Karena bumbu rendangnya sudah ada. Tinggal siapkan daging, santan, dan kelapa gongseng.

45 menit
Rendang Cumi

Rendang Cumi

Kepingin mkn cumi tapi yg sesuai d lidah, liat Cookpad, mbah Google n mbah YouTube maka jadilah resep ini. #PejuangGoldenApron3

Telur Rendang

Telur Rendang

Karena ibu lagi sakit dan ga boleh makan pedes. Mulai lah beride bikin telur rendang yg manis.

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Rendang ayam kampung ini salah satu menu favorit kami sekeluarga. Walaupun proses memasaknya cukup menyita waktu, tapi saya selalu senang memasaknya karena terbayang nanti setelah matang, anak-anak dan suami akan lahap ketika makan dengan lauk rendang ayam kampung ini. #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #ResepKece #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Paser

Rendang Bumbu dasar simpel#DapoerMmannaRohana

Rendang Bumbu dasar simpel#DapoerMmannaRohana

#CookpadCommunity_jakarta Bikin rendang juga makin happy kalau sudah ada bumbu dasar Cukup tambahin cabai merah dan sereh serta daun daunan jeruk dan kunyit #DapoerMmAnnaRohana

1.kilo gr
1.Jam
501) Nasi Goreng Rendang

501) Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang jamur tiram tapi pakai bumbu instan 🀭. Sengaja disisain bumbu dan beberapa potong jamur tiramnya untuk dibikin nasi goreng pagi ini. Ternyata memang enak lho, nasi goreng rendangnya πŸ‘πŸ˜‹. Jadi ada tambahan varian nasi goreng lagi nih 😁. Oh ya, ini saya pakai beras pera yg memang untuk bikin nasi goreng ya. Nasinya ini gak bakal lengket satu sama lain, tapi dia ambyar gitu, gimana ya ngomongnya. Pokoknya beras pera memang cocok untuk nasi goreng πŸ˜…. Bisa ditambah telur dadar atau ceplok ya. Saya lagi menghindari telur, jadi saya pakai bakso ayam aja. Yuk, dicobain ya πŸ˜‰. (29/12/2021) https://cookpad.com/id/resep/15025062?invite_token=wtBtqd #CookpadCommunity_Tangerang

2 piring
10 menit
Ayam Goreng Bumbu Rendang

Ayam Goreng Bumbu Rendang

Biasa jd ibu penyayang, yang masih bisa di makan dibuang sayang🀭 Jadilah ayam goreng bumbu rendang karena kebiasaan klo masak rendang selalu bersisa bumbunya😒 rendang bumbu kurang, rasa ga nendangπŸ™„ Penasaran kn.... Yuks mari kita coba sayangπŸ₯° Nikmatnya perpaduan ayam ungkep yang digoreng dengan bumbu rendangπŸ˜‹πŸ€€ #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #KampoengRamadhan #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #Rakit_HerbalDariDapur #CookpadCommunity_Id #CookpadIndonesia

8 potong
30 menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Keponakan saya pagi sebelum vaksin minta dibikinin sarapan nasi goreng timun dan setelah vaksin infonya tidak ada efek samping apapun. Jadi saya memutuskan membuat nasi goreng juga untuk sarapan sebelum berangkat vaksin booster. Karena tidak ada timun, saya ganti dengan tomat cherry. πŸ’‰

2 porsi
15 menit