Rendang jengkol

Dipos pada February 5, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. Bahan utama :
  2. 500 gr jengkol tua
  3. 600 liter air
  4. 1 sdm kopi
  5. 3 lembar daun salam
  6. 2 batang sereh
  7. Bumbu halus :
  8. 8 siung bawang merah
  9. 5 siung bawang putih
  10. 2 ruas jahe
  11. 2 ruas lengkuas
  12. 7 buah cabai merah keriting
  13. 2 buah cabai merah pedas
  14. 2 biji kemiri
  15. Bahan cemplung :
  16. 2 batang sereh
  17. 2 lembar daun salam
  18. 5 lembar daun jeruk
  19. 3 buah bunga lawang
  20. Bahan tambahan :
  21. 40 ml santan kental (saya pakai santai sachet)
  22. 500 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rebus bahan utama sampai empuk. Kalau saya sekitar 1,5 jam - 2 jam. Kegunaan kopi untuk menghilangkan bau jengkolnya ya mom.
Rendang jengkol - Step 1
2
Kalau sudah empuk, cuci bersih jengkol kemudian geprek jengkol agar bumbunya mudah meresap.
3
Tumis bumbu halus dan bumbu cemplung sampai wangi Lalu tambahkan air, kemudian masukkan jengkol
4
Jangan lupa beri gula garam dan penyedap (jika perlu) Cek rasa dulu ya momm
5
Masak sampai air surut setengahnya baru masukkan santan.
6
Terakhir biarkan santan meresap dan surut sampai tersisa ampas dari bumbu.
7
Selamat mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang

Rendang

10 orang
6 jam
Rendang telur kilat / Telur bumbu rendang

Rendang telur kilat / Telur bumbu rendang

Kalo denger kata rendang pasti udah kebayang ribet n lama masaknya ya πŸ˜… Tp ga berlaku utk resep ini, aq pake bumbu rendang instant aja.. terinspirasi dari resep yg sempet viral di tiktok, ya udah ikutan juga deh.. tp saya pakai stok putih telur yg nganggur di kulkas 😁 Tips : oles mentega pada wadah yg mau di pakai untuk tim telur putih agar mudah di keluarkan. - cicipi dahulu bumbu yg sdh di tumis, kalau sy tidak pakai tambahan garam karena sudah cukup asin menurut sy, jd hanya beri sedikit gula pasir ☺️

1 porsi
10 menit
Kerang Kentang Rendang

Kerang Kentang Rendang

Salah satu menu favorit nih.. Biasa nya di medan klu pngen sate kerang mudah bgt dapat nya, Skrg stlh tinggal di riau susah dpt nya, Makanya klu lgi pngen tuh ya masak sendiri aja πŸ˜… First Try and i'm so happy B'cause to much delicious..

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Rendang ayam kampung ini salah satu menu favorit kami sekeluarga. Walaupun proses memasaknya cukup menyita waktu, tapi saya selalu senang memasaknya karena terbayang nanti setelah matang, anak-anak dan suami akan lahap ketika makan dengan lauk rendang ayam kampung ini. #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #ResepKece #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Paser

Cumi Saus Rendang

Cumi Saus Rendang

Ngabisin stok cumi di kulkas jadi sesekali nyoba dimasak ala Padang. Ternyata enak sangattt.. Yuk cobain! #WeekendChallenge #AdaApaCi

2-3 orang
20 menit
Rendang daging bumbu pasar

Rendang daging bumbu pasar

Lebran skrg tema nya daging mlu ya Bun Sampai bosan pngn makan rendang daging mari kita buat ya

Rendang daging

Rendang daging

Perdana bikin rendang daging bumbu racik sendiri, biasa nya beli bumbu blender di kedai 😊 tapi blendernya harap di pisah ya antara cabe dan bawangan2, resepnya dari ig Icha.irawan.

Rendang empuk sederhana

Rendang empuk sederhana

Bismillah (Minggu Ke 3 dari 52) Selasa, 18 Januari 2022 Menu rendang ini termasuk menu yang jarang banget dimasak dirumah. Kecuali hari2 tertentu aja. Berhubung anak gede minta di buatin ya sutralah di buat. #TiketGoldenBatikApron

banyak
+/- 2 jam
Daging Bumbu Rendang Simpel & Cepat

Daging Bumbu Rendang Simpel & Cepat

Arisan cooksnap cocomba Source : @giacinta dengan sedikit modif, bumbunya saya iris dan bawang putih diskip (cooksnap 1) Rendang dengan bumbu instan ini ga bikin ribet. Cukup cemplung-cemplung aja jadi deh. Rasa tetap enak banget . . #TiketGoldenBatikApron #rendangdaging #rendang #BandungCooksnap4_GiacintaPermana #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum. Selamat pagi semuanya, salam sehat selalu bersama keluarga tercinta. Saat ini saya membuat lauk dg bahan dasar karkas ayam kampung, agar tidak bosan saat ini saya padu dg bumbu rendang siap pakai dr Racik. Cukup 45 menit "Rendang ayam kampung", siap dihidangkan bersama nasi putih disaat makan sahur. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #MasakanRumahan #OlahanAyamKampung

Relatif
45 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

02 Mei 2021 #PejuangGoldenApron3 #GA_TheNextLevel #TiketMasukGoldenApron3

Rendang daging sapi khas padang

Rendang daging sapi khas padang

Berawal dari gk terlalu doyan daging sapi+kambing dari kecil tapi kali ini entah lumayan doyan karna dimasak sendiri dan pngen yg kaya di warung padang enak alhamdulillah lumayan nih dpat resep nya dari @sabiyakitchen

3 jam
Rendang

Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Lebaran Idul Adha 1442 H Salah satu menu andalan masyarakat indonesia di saat perayaan atau untuk menu harian adalah rendang. Kali ini rendangnya di buat khusus sebagai pendamping makan ketupat lemak.... Sebenarnya ndak ada bedanya dengan rendang daging biasanya, hanya saja rendang kali ini di buat dengan cara dagingnya di potong dadu kecil, sehingga lebih mudah dalam penyajiannya. Jika ingin di jadikan lauk juga ndak masalah sih, wong rendang emang biasa di santap dengan nasi hangat 😁 Yuuuk intip resepnya πŸ’• #MasakanBundaPashalenko #Rendang #PosbarIDAMAN #PekanPosbar #MasakanMenuIdulAdha #CookadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Buat nasi goreng dengan bahan bahan yang terbatas, ternyata tidak kalah enaknya kok. Lekker #PejuangGoldenApron3

2 porsi
45 menit
Rendang Ayam Instan

Rendang Ayam Instan

Bosen rendang daging kita ngerendang ayam. Kali ini pake bumbu instan karena udah gak WFH kudu masak buru😁 #PejuangGoldenApron3

4 orang
1 jam
Randang Talua Khas Minangkabau

Randang Talua Khas Minangkabau

Randang Talua atau rendang telur adalah masakan tradisional berbahan dasar telur yang berasal daripada Payakumbuh, Sumatera Barat. Awalnya saya kira resep ini bahan utamanya daging. Pas dilihat ternyata dari telur. Untuk proses menggorengnya, karena sekarang minyak sedang mahal, gunakan minyak sedikit saja (sabar dalam menggoreng/sedikit2). Yuukk dicoba. Sangattlah mudah. Source @aqeesha_02 #PejuangGoldenBatikApron Week 7_14/3/22

Rendang lazy

Rendang lazy

Yah nggak lazy juga sih , tapi menu bumbu instant yang memang cocok banget itu merk indofood ( bukan Di endorse loh ) Di Banding bumbu yang lain, tapi memang harus Ditambah bahan bahan lain dikit dikit biar afdhol , daging saya prefer potong sendiri karena kalau pakai daging yang siap potong Di supermarket akan Menciut pas Di rebus , kalau mau lebih pedes bisa Di tambah cabai yang Di giling terlebih dahulu, Di rumah saya karena kebanyakan lidah bule jadi pakai bumbu ini saja sudah cukup tingkat pedes nya