Rendang jengkol

Dipos pada February 5, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang jengkol adalah 1 mangkok. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang jengkol diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya saya lagi pengin banget makan jengkol, tetiba mbak2 jualan sayur bilang k saya, minta dimasakin jengkol, jengkolnya dari dia dan pengin nyicipi Masakanku yang katanya tanpa MSG. Langsung dech aq iya in, dan Alhamdulillahnya lg saya dikasih jengkol separonya hehehe... Rejeki tak kemana ya, disaat pengin ada yang ngasih apa yang kita pengin. #jengkolrendang #jengkol #menujengkol #masakanjengkol

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 1/2 kg jengkol tua rebus
  2. 2,5 liter santan
  3. 4 buah cabe merah
  4. 10 buah cabe rawit
  5. 3 helai daun jeruk
  6. 1 batang sereh
  7. 1 ruas jahe
  8. 3 siung bawang merah
  9. 2 siung bawang putih
  10. 2 buah kemiri
  11. 1 Sdm garam dapur
  12. 25 gr gula merah
  13. 3 Sdm minyak goreng
  14. 1 gelas air putih

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Jengkol rebusan digeprek lalu di rebus kembali selama 10 menit, sisihkan. Tumbuk jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri sampai halus, sisihkan. Panaskan minyak dan masukan bumbu yang sudah dihaluskan.
Rendang jengkol - Step 1
Rendang jengkol - Step 1
Rendang jengkol - Step 1
2
Tumis sampai kekuningan, maasukan sereh, daun jeruk, gula merah dan garam. lalu, siram air 1 gelas biarkan bumbu tercampur merata dan masukan jengkolnya, masak sampai air berkurang.
Rendang jengkol - Step 2
Rendang jengkol - Step 2
Rendang jengkol - Step 2
3
Masukan santan, dan tes rasa, jika kurang asin atau manis bisa ditambahkan sedikit. Masak sampai santan menyusut habis. Dannn taraaaa,,, jadilah rendang jengkol yang empuk dan enak. Menurut saya si hehehehe... Selamat berkreasi bunda-bunda.
Rendang jengkol - Step 3
Rendang jengkol - Step 3
Rendang jengkol - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging Ala moms syakieb

Rendang daging Ala moms syakieb

Karena suka makan nasi padang, kepikiran lh mau mncoba Buat sndiri karna biar suami dan ank2 juga suka eeeh Trnyta beneran syuka 😍

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang bumbu instan praktis

Rendang bumbu instan praktis

26042021 Masih ada stok bumbu instan didapur. Kebetulan juga sdh lama gak masak rendang. Okelah belanja daging sapi 3 ons saja cukup.. #GA_thenextlevel #Cookpadcommunity_bojonegoro

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Prosesnya lamaaaa sekali , pertama kali masak jengkol tapi sebanding sama rasanya sih wkwkwk 🤣

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Cooksnap resepnya mbak @DianaN_17 #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Rendang Ayam tanpa Santan

Rendang Ayam tanpa Santan

Batam, 2021.12.03 >♡<>♡<>♡<>♡< Sudah lama bangett ngak masak Rendang, hari ini itha bikin Rendang Ayam tanpa Santan, meski ngak pakai santan rasanya mantull bangettt... jadi pengen nambah nasi lagi dan lagi😋🤭 Rendang ini aman banget dinikmati penderita asam lambung seperti saiya dan ngak perlu khawatir kolestrol tinggi 🤗🥰 Bisa ditambahkan kentang ataupun telur sesuai selera ya sahabat. Selamat mencoba semoga bermanfaat ❤ 👩‍🍳CookingWithLove🤎 . . . #TimloMU_2021 #LihaiCooksnapNov_Timlo #CookpadCommunity_Solo #masakanalaitha #wongsolomasak #resepithasubekti

3-4 orang
60 menit
135. Randang Minang Super Pedass dan Empuk

135. Randang Minang Super Pedass dan Empuk

Request nya anak bujangqu nih 🤭🤭 Kayanya hampir semua penduduk Indonesia bahkan mancanegara doyan dan favorit yah sama RENDANG .. Yapss kuliner khas Sumatera barat yang melegenda . Variasi model nya pun beragam jenis , ada rendnag basah , rendang kering , rendang Jawa yg agak2 manis ,dan masih banyak lagi ragam nya . Yang terpenting dari proses masak rendang tuh mesti empuk dan meresap bumbu yahh moms .. Dan yang saya sukai Rendang ini merupakan makanan yang awetnya bisa seminggu . Jadi hemat energi tuk masak yah kan moms 🤭😂 . #MasakSetiapBagian #RendangPadang #OlahanDagingSapi #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_SumateraBarat

1 jam
Rendang hati ayam telur puyuh&kentang

Rendang hati ayam telur puyuh&kentang

Mon maap ia Bun Poto seadanya banget...masih diwajan langsung dijepret😁takut keburu ludes belum sempet Poto hehe Tapi rasa nya endul lho Bun...apalagi didiem in dulu semaleman trs makan nya besok tambah mantul👍

Rendang

Rendang

Resep ini pernah aku ganti dagingnya jadi jengkol, heheheh. Alhamdulillah sekarang daging beneran Mak 😁, rasanya pun seenak rendang di rumah makan Padang (klw beli sepotong bisa 12 ribuan harganya, lebih hemat bikin sendiri) 😂. Cuma dibutuhkan kesabaran ketika membuat rendang ini, proses memasaknya cukup lama, tapi sesuai dengan hasilnya. Yuuk ahh langsung aja dicoba 👇 Source : Dapur Ade #RememberGenkPeda_DapurAde #GenkPejuangDapur #SemangatUntukAdeDariGenkPeda #CookpadCommunity_Tangerang

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Dulu sempet mikir masak rendang tuh bakalan ribet banget, tapi setelah bikin sendiri ternyata gampang, bahan nya juga mudah.. ga ribet kaya yg dibayangkan pokoknya.. hehe.. makan sama rendang ini bikin nasi jd boros banget! :) Sumber : cookpad hanhanny

Rendang Padang

Rendang Padang

Rendang ati sapi sdh pernah saya post di cookpad, nah skrg giliran rendang dagingnya. Resep asli dr Ibu saya. Mungkin ada perbedaan dg rendang padang lain, tapi ini resep rendang yg diajarkan oleh Ibu saya. Ibu saya terhitung jarang masak rendang. Paling sering masak daging hanya sampai tahap kalio. Malas katanya hehehee. Tapi kalau mau lebaran barulah kami berdua bahu membahu masak 5kg daging rendang utk santapan Hari Raya dan hantaran utk keluarga besar dan tetangga. Pernah sekali kami masak rendang ketika kompor ibu sedang bermasalah, apinya keciil sekali. Kami masak 5kg daging dalam waktu 9 jam. Kami gantian mengaduk rendang, sambil diselingi ibu tidur siang dulu sebentar, lalu gantian saya jg istirahat wkwkwk. Ngadukny pun sambil duduk di meja counter dapur 🤣. Skrg saya sdh bisa masak rendang sendiri tanpa bimbingan dr ibu, justru saya skrg yg kirim rendang utk Ibu di Hari Raya. #GA_TheNextLevel #MasakanUntukIbu

2 jam
Rendang Tahu Kentang (Bumbu Machmudah)

Rendang Tahu Kentang (Bumbu Machmudah)

Bismillah untuk minggu ini... Semoga tetap semangat menjalani hari-hari sebagai #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Malang

Rendang Jengkol Ala Chef Turnip

Rendang Jengkol Ala Chef Turnip

Percaya selain enak buat makan siang jengkol ini juga bisa buat jaga jarak😀 Yuk silakan simak rendang jengkol bikinan saya, di jamin bikin nagih hehe.. Tetap jaga kesehatan ya, salam sehat buat kita semua. #AkuMemasakSesuatuUntukmu #RendangJengkol

4-5 porsi
1 jam
Ayam Panggang Bumbu Rendang

Ayam Panggang Bumbu Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Bikin ayam panggang sebagai menu pendamping nasi mandhi, dengan bumbu yang Indonesia banget. Saya tambahkan sedikit origano untuk aroma dan cita rasa rempahnya. Ada yang sudah pernah coba ayam rendang dengan origano.... Ini benaran enak loh, bagi yang ingin coba, di jamin ndak bakalan nyesal deh 😀 Yuuuk intip resepnya 💕 . . . . . . #MasakanBundaPashalenko #AyamPanggang #Ayampanggangoregano #AyamPanggangBumbuRendang #IdeMasakku #JelajahResepSehat #MasakItuSaya #DiRumahAja #CookpadCommunity_KalBar #cookpadCommunity_Borneo

Rendang daging bumbu pasar

Rendang daging bumbu pasar

Lebran skrg tema nya daging mlu ya Bun Sampai bosan pngn makan rendang daging mari kita buat ya

Rendang jamur tiram

Rendang jamur tiram

Tidak ada rotan akar pun jadi Tidak ada daging, jamur tiram pun jadi😅 Rendangnya tanggal tanggung, masih jauh sama akhir bulan apalagi awal bulan🤣 Bosen mau masak jamur cuma ditepung atau di oseng doang. Nemu resepnya @Aurora Borealis dengan sedikit modifikasi. Ternyata enak banget, suami sampe nambah nasi dong😍

Mpasi 7+ : Rendang Sapi Kentang

Mpasi 7+ : Rendang Sapi Kentang

Resep nemu di IG salah satu mommies juga. tapi aku lupa nama IG nya hehhe.. dan approved anakku sukaa ❤

3 porsi
1 jam