Rendang Jengkol Khas Padang

Dipos pada February 3, 2022

Rendang Jengkol Khas Padang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol Khas Padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol Khas Padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol Khas Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol Khas Padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol Khas Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol Khas Padang memakai 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Musim jengkol maakk ๐Ÿคญ enaknya dibikin rendang khas Padang nih. Syedeeepp. Dimakan sama nasi anget dah enak banget ๐Ÿฅฐ๐Ÿคค Alhamdulillah kebagian jengkol 1 kilo dari mama dan tetangga. Aku langsung rendam selama 2 hari 2 malem. Dg mengganti air secara berkala. Kenapa lama? Karena aku gak sempat masaknya ๐Ÿคญ Tanpa rendam juga bisa kok maakk. Langsung rebus ajaahh. Tips nya dah aku siapin dibawah ya. Biar jengkol nya gak terlalu bau nyengat gitu loh maakk ๐Ÿ˜ Cuuss ah buruan bikin bareng aku. Aku tunggu cooksnap nya ya ๐Ÿ˜ Source: @cook_2450635 #KulinerLokalWongKito #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol Khas Padang:

  1. 1 kg jengkol
  2. 2 liter santan
  3. Secukupnya air
  4. 2 batang serai geprek
  5. 1 ruas lengkuas geprek
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 2 lembar daun kunyit
  8. 3 lembar daun salam
  9. Secukupnya garam, gula merah, kaldu bubuk
  10. 2 sdm bumbu kering merah rendang
  11. Secukupnya minyak untuk menumis
  12. Bumbu halus :
  13. 10 buah bawang merah uk besar
  14. 7 siung bawang putih
  15. 5 butir kemiri
  16. 2 sdm ketumbar butir
  17. 1 sdm merica butir
  18. 4 ruas lengkuas
  19. 4 ruas jahe
  20. 2 batang serai
  21. 1 ons cabe merah keriting
  22. 5-10 buah cabe rawit (tergantung selera)
  23. Kelapa parut sangrai (tambahan dari saya)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol Khas Padang

1
Rebus jengkol dg kopi, cuci bersih dari air kopi, tiriskan, lalu geprek atau tumbuk sperti ini ya. Biar si jengkol empuukk
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 1
2
Tumis bumbu halus. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai dan 2 sdm bumbu merah rendang. Tumis sampai bumbu tanak.
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 2
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 2
3
Masukkan air, santan dan jengkol, Masak dg api sedang. Di wajan lain sangrai kelapa parut, sampai kuning kecoklatan.
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 3
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 3
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 3
4
Angkat lalu tumbuk sampai halus. Masukkan ke wajan jengkol tadi. Beri garam, gula merah, kaldu bubuk. Masak hingga kuah kental dan mengering. Boleh kering boleh juga masih ada kuahnya ya. Sesuai selera ๐Ÿ˜ selamat mencoba
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 4
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 4
Rendang Jengkol Khas Padang - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Telur Kentang

Rendang Telur Kentang

Source : Fadhil Kitchen Pertama kali liat resep ini dari pa fadhil, pas liat foto rendang telur di grup wow! Langsung pengen cobaaa. Tapi tadi siang aku ke pasar muter muter cari telur puyuh ga ada, akhirnya beli telur ayam, dan aku modif pakai kentang karena banyak stock kentang dirumah, aku ikutin step By step nya. Wow! Enak rasanya, bisa jadi menu favorit baru buat aku nih rendang telur. Thankyou resepnya pa fadhil sangat menginspirasi. #foodtographyclub_hariaids #PosbarMenuSehatHariAids #foodtographyclub #tim_DeGendhis #ResepTelurkuMendunia #PejuangGoldenApron3

Rendang padang super enak

Rendang padang super enak

Proses masak lmyan lama sih, mulai dr sangrai kelapa, prepare bumbu, nguleg bumbu, nguleg serundengnya, sampe eksekusinya d atas wajan. Tp hasilnya dijamin uwow bgt!! Gak nyesel uda capeยฒ bikin ๐Ÿ˜. Yuk intip resep & jgn lupa recook yaa ๐Ÿฅฐโฃ

utk 1 kg daging
5 - 6 jam
Rendang telur kentang

Rendang telur kentang

Protein yang mudah sekali di dapatkan dan harganya juga terhitung bersahabat di kantong adalah Telur. Banyak sekali yg bisa di olah dari sebuah telur. Mau di rebus bisa, di goreng pun juga bisa. Kali ini telur nya di rebus, di masak rendang telur dengan tambahan kentang pakai resep nya dari mb Kiki Daulay. #PejuangGoldenApron3 #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity_Semarang

Rendang

Rendang

Punya stok daging has, kepikiran bikin rendang. Ini pertama kalinya bikin rendang. Jadi mau mengeksplor berbagai resep rendang, kayaknya seru. #PejuangGoldenApron3 #Minggu49GoldenApron3 #Rendang #DEBM #Keto #DagingHas

5-6 porsi
4 jam
Rendang Simple Bumbu Instant Saikoro Meltic

Rendang Simple Bumbu Instant Saikoro Meltic

Daging saikoro adalah daging sapi yg dipotong berbentuk dadu. "Saikoro" merupakan bahasa jepang yg artinya dadu. Daging saikoro ini teksturnya juicy saat dikunyah, Cocok di grill bumbu blackpaper & garlic butter. Tapi kali ini saya buat jadi rendang. proses memasaknya tidak butuh direbus dgn waktu lama karena daging ini sudah empuk.

4 orang
30 menit
Rendang Telur Ayam

Rendang Telur Ayam

Memodifikasi telur rebus dari bancakan saudara lalu dikolaborasikan dengan resep mbak @niasyifa mantap ๐Ÿ‘ #cha_lauk

4 porsi
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Pasti sudah banyaaakk sekali resep rendang daging sapi di Cookpad ini. Tapi pasti tiap orang punya formula bumbu yg berbedaยฒ. Ini adalah resep rendang modifikasi dari ibu mertua saya di Jambi. Rendang yg sesuai selera saya dan proses masaknya pun gak saya bikin ribet. Ibuยฒ sibuk yg pengen masak rendang, silahkan intipยฒ boleh. Ini saya masak sambil ngasuh anak usia 1 tahun loh... ๐Ÿค—

20 orang
3 jam
Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

๐˜š๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜™๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜—๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ @๐˜ณ๐˜ฉ๐˜บ๐˜ป๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ป Rendang memang tidak ada duanya ๐Ÿ˜ Kali ini saya coba masak dengan bumbu khas Padang, namanya ambu ambu. Ambu ambu adalah kelapa tua sangrai yang dihaluskan hingga berminyak. Rasa rendang jadi lebih nikmat, khas aroma kelapanya. Kalau takut kolesterol naik, makan secukupnya plus buah dan sayuran ๐Ÿ‘ Resep ambuยฒ: https://cookpad.com/id/r/16038453 Resep Rendang dari: @MitaNiez https://cookpad.com/id/r/5049028 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Rendang Daging & Telur

Rendang Daging & Telur

Meramaikan GAnya mbak @MomsFirza_310571 menuju cooksnap ke 650, aq coba cooksnap rendangnya, enak, mantep rasanya dah, makasih resepnya mbak @MomsFirza_310571 ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿฅฐ Source : https://cookpad.com/id/resep/15318493?invite_token=BNC5Ze #GA650_budeati #CookpadCommunity_Tangerang

Rendang Ayam (Padang Pariaman)

Rendang Ayam (Padang Pariaman)

Alhamdulillah dapet kesempatan belajar bareng mba @desmawatikuretangin di Cookpad Community Malang Buanyaaaak baget deh resep khas tanah minang Dari beberapa resep rendang, akhirnya jatuh cinta ke rendang ayam untuk dicobain ๐Ÿค— Yuuk ah makan sehat dari rumah โค Source : CP @desmawatikuretangin https://cookpad.com/id/resep/12628390?invite_token=JAsu62 #BromoColam #BromoWithDesmawatiKuretangin #Bromo_MasakanMinangLamakBana #CookpadCommunity_Malang

100. Rendang

100. Rendang

Bismillahirrahmanirrahiim.. Jummuah Mubarak ibunยฒ saliha.. Semangat selalu masak untuk keluarga tercinta โคโคโค #KulinerAceh #CookpadCommunity_Aceh

Rendang sapi NENDANG

Rendang sapi NENDANG

Resep perdana di cookpad

10 orang
3 jam 30 menit
Ayam Kampung Bumbu Rendang

Ayam Kampung Bumbu Rendang

Karena daging Sapi LG mahal bgt, ya sudah kita cari yg murah tp nikmat kepikiran ini bumbu rendang maknyos. Utk garam dan gula aren Optional ya saya sudha ga pakai gula pasir dan Garam dapur saya pakai Garam Organik Sagha (Kusamba) untuk rasa garam ini enak beda jauh dr garam dapur. Yg pakai garam dapur sama gula aptional sesuai selera aja ya..

10 org
2 jam
Rendang Bumbu Instan

Rendang Bumbu Instan

Kangen nge-Rendang, tapi mau yang simpel tapi tetep enak. Coba pakai bumbu rendang instan Indofood dan tambahan bumbu yang lumayan. Hasilnya, ๐Ÿคค๐Ÿคค๐Ÿคค. MasyaAllah, โค๏ธโค๏ธโค๏ธ #OlahanDagingIhda #RendangIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Selalu ngiler kalo udah liat kimbab family di youtube buat makanan kemaren aja baso goreng latah ikutan bikin dirumah sekarang bikin rendang sama sama latah ingin bikin juga cuman disini saya pake daging ayam karna daging sapi kemahalan jadi cari yang murah tapi tetep enak ๐Ÿ˜…

45. Rendang Ayam

45. Rendang Ayam

Rendang ayam mamak memang tiada duanya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Rendang Ayam Bumbu Racik

Rendang Ayam Bumbu Racik

Hampir setiap hari harus ada masakan ayam, agar tidak bosan kali ini saya membuat Rendang Ayam dg paduan bumbu siap saji dr "Racik", merupakan produck baru Th 2021. Biar tidak penasaran, langsung saya coba. Ternyata praktis dan rasanya eunak juga..jd recommended untuk ibu2 yg hrs memasak cepat. Tidak perlu lagi bingung, cukup membeli bumbu Racik siap pakai dan simpan sebagai stock. 30 menit Rendang Ayam siap dinikmati. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #OlahanAyam

Relatif
30 menit
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Musim banget nih si jengkol. Seumur2 belum pernah nyoba masak jengkol dan ini kali pertama mencoba mengeksekusi si jengkol ini buat dimasak dengan bumbu rendang. Hasilnya tidak mengecewakan. Empuk dan aroma khas jengkolnya tidak terlalu menyengat. Yuukkk cekicuusss kita masak jengkol..๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ

10 orang
2 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... #DibuangSayang Sering kali kalau kita masak rendang, saat dagingnya sudah habis, bumbunya masih ada tertinggal..... Kalau sudah begitu, jangan langsung di buang ya Bun, sisa bumbu rendang tersebut masih bisa kita olah loh, seperti resep saya ini. Ceritanya kemaren bikin ayam kalio, sudah di panasin berkali-kali dan bumbunya sudah berubah menjadi rendang. Ayamnya sudah habis di makan, tapi bumbunya masih sisa lumayan, cukup buat di olah menjadi nasi goreng bumbu rendang. Maka jadilah hari ini kiddos dan hubby sarapan nasi goreng rendang yang yummy.....๐Ÿ˜ Yuuuk intip resepnya ๐Ÿ’• . . . . . . #MasakanBundaPashalenko #NasiGorengRendang #DibuangSayang #MasakItuSaya #DirumahAja #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia