Rendang jengkol

Dipos pada February 6, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 19 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 500 gr jengkol
  2. Kopi (untuk merebus jengkol)
  3. 4 lembar daun salam (2 lembar untuk merebus jengkol)
  4. 2 batang serai
  5. 1 ruas lengkuas (geprek)
  6. 3 batang daun jeruk
  7. 1 sdm kecap manis
  8. secukupnya Garam
  9. Gula merahsecukupnya
  10. secukupnya Penyedap rasa
  11. secukupnya Air
  12. Santan instan 1 pack 65ml
  13. Bumbu halus :
  14. 4 siung bawang putih
  15. 10 siung bawang merah
  16. 10 buah cabai rawit merah
  17. 15 buah cabai merah besar (jangan diskip,biar warna cantik)
  18. 1 ruas kunyit
  19. 5 butir kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rendam jengkol semalaman agar jengkol mudah dikupas kulitnya,rebus jengkol dalam air yang dicampur kopi dan 2 lembar daun salam selama 30 menit,buang air rebusan,cuci bersih,rebus kembali dalam air berisi kopi dan daun salam selama 30 menit,total 1 jam (tujuan jengkol tidak bau dan empuk).
2
Geprek jengkol,jangan terlalu keras,tujuan agar bumbu bisa meresap
3
Tumis bumbu halus sampai harum,campurkan daun salam,daun jeruk,lengkuas,batang serai
4
Masukkan jengkol yang sudah dicuci bersih setelah direbus
5
Masukkan air hingga menutup jengkol,kemudian masak hingga mendidih
6
Tambahkan kecap,gula merah,garam,penyedap rasa,koreksi rasa
7
Setelah mendidih,masukkan santan instan (saya larutkan dulu santan instan dengan 100ml air)
8
Aduk perlahan lahan agar santan tidak pecah
9
Masak hingga air menyusut
10
Rendang jengkol siap dihidangkan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Telor Dadar Rendang

Telor Dadar Rendang

Terinspirasi dari putrihabibie di tiktok, enak aih tp kaya terlalu asin untukku. mungkin airnya kurang banyak #menuviral #resepviral #reseptiktok

1 orang
35 menit
Rendang

Rendang

8 porsi
4 jam
Rendang Jengkol indofood

Rendang Jengkol indofood

harga jengkol lagi turun bunda.. lama ga makan jengkol akhirnya beli dan langsung eksekusi🙏

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Sejak hamil, salah satu menu favorit saya itu Nasi Padang. Hari ini lagi niat banget jadi bikin rendang sendiri. Tapi ssssttt saya pakai pressure cooker, jadi 1 jam saja jadi. Ternyata bisa lohhhh… Saya tadi masak 1/2 resep saja karena hanya berdua. Resep rendang saya ini cukup praktis, tidak terlalu banyak bumbu. Boleh dicoba deh, saya pernah kasih ke temen asli Padang kata dia kok enakkk.. Hari ini, saya sajikan dengan Gulai Telur, Tumis sayur kacang panjang dan sambal lombok ijo pastinya. Sayur bisa diganti rebusan daun singkong yah. Saya seadanya saja di rumah. Salam “Anyone can cook”

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Bismillah.. Masih ada stok daging lebihan dr lebaran idul adha kemarin, kebetulan lg pengen banget makan rendang, maksudnya sih biar besokannya gk usah masak lg krn capek dan rendang ini termasuk lauk yg awet dan gk cepat basi, rempahnya banyakkkk tp rasanya sdh pasti endeussss ya 🤤😔😋😍, yuk ah ke resep 👇🏻

3 jam
Rendang Daging Khas Resto Padang

Rendang Daging Khas Resto Padang

Maap-maap potonya breakdance banget, demi apa cobak klo ngga demi klen semua wkwkw boong denk demi buru-buru catet sini biar gak lupa, soalnya enak banget, makan pake nasi panas nambah2 ga ada aturan Anyway ni resep asli dari youtube Inces Bolang alias si mommy beken Nanda Gita, cuma udah di ubrak-abrik sama saya sesuai lidah saya krn yang makan juga saya, yekan, yuk ah cuzz..

10 orang
Lama pokonya
Tumis Buncis Tempe Pete Bumbu Rendang

Tumis Buncis Tempe Pete Bumbu Rendang

Bosan dg rasa tumisan yg gitu-gitu saja? Yuks cobain kreasi tumisan yg satu ini...dijamin menggugah selera & lahapp deh..😍👍😍

Rendang Daging

Rendang Daging

Bissmillahh... Ini ke tiga kalinya ngerendang, dan emang enak banget resepnya, recook dari cik xander, yang kurang suka pedas bisa dikurangin cabenya, ini versi pedas tp masih bisa diterima dilidah 😁 (Foto diatas cuma sisa rendang yang ada, karna udah habis duluan baru inget buat foto cookpad😅) #madebyvevee

Rendang Istimewa

Rendang Istimewa

19.05.21 Bismillah, baru ini masak rendang sampai 4 jam lamanya dan alhamdulillah sukses, dapet apresiasi dari suami karena makannya sampe nambah teruuusss. Mbahnya anak² jg cocok. Biasanya bikin pake resep Mama yang lebih ke manis, pedes, gurih khas orang Jawa sedangkan ini taste nya gurih, pedes (tp saya buat non cabe). Rasanya ngingetin sama rendang waktu tgl di Jambi dulu. 😍 Karena non cabe warnanya terlihat hitam semu hijau efek penggunaan kunyit, kapan2 mau coba tanpa kunyit biar warnanya lebih maksimal, atau mungkin tambah 1 jam lagi warnanya bisa lebih keluar ya. Ini bikinnya 2kg tapi saya tulis resep 1kg aja, mantappu pokoknya. 👍 Xander's Kitchen #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Tangerang

5 porsi
4-5 jam
1/2 Rendang ala Emak

1/2 Rendang ala Emak

Ada satu teman sy dari Sumatra Utara, kalau ditawarin rendang buatan sy, pasti ngga mau😅 Dia bilang cuma suka rendang orang Padang, nggak suka rendang orang Sunda, apalagi kalo sy yang buat😅😅 Iya sih, rendang orang Sunda biasanya cuma 1/2 jadi aja, yang kata orang disebut kalio. Terlebih 1/2 rendang sy selalu bercita rasa manis😁 Dari masih ingusan sampe setua ini, rendang buatan Emak seperti ini yang jadi favorit menemani ketupat setiap lebaran, setiap acara dan meja makan sehari-hari. Bumbunya juga di-Sunda-kan,, alias simple aja. Cara masaknya menggunakan cara yg simple juga, cuma sekali cemplung. Kalau di keluarga Emak, dari para nenek sampai secicit-cicitnya masak rendang ya sesimple ini aja. Tapi soal rasa, kita semua sukaaa banget. Kecuali teman sy diatas, teman-teman yang lain - yang biasa nodong makan ketupat rendang tiap lebaran, juga menyukainya.. Terbukti tiap lebaran balik lagi-balik lagi minta dan makan banyak😅 Ini dia, sy menyimpan resep 1/2 rendangnya disini supaya ngga lupa. Kalau emak masak rendang tidak menggunakan daun kunyit ataupun daun jeruk. Tapi karena ini buatan anaknya Emak, jadi sy tambahkan daun jeruk 2 lembar. Soal daun kunyit, bukannya ngga doyan, tapi emang udah kebiasaan ngga pake aja.. Rendang asli Padang atau rendang buatan orang Sunda Bogor? Dua-duanya suka dong.. Memang sih ya.. sy dan seluruh Indonesia pasti menakui, kalo yang asli Padang itu terlalu dahsyaaaat...bisa lupa darat, laut dan udara kalau udah ketemu sama nasi😂🤤🤤

Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

12 orang
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

2-3 orang
1 jam 30 menit
Daging Bumbu Rendang Simpel & Cepat

Daging Bumbu Rendang Simpel & Cepat

Arisan cooksnap cocomba Source : @giacinta dengan sedikit modif, bumbunya saya iris dan bawang putih diskip (cooksnap 1) Rendang dengan bumbu instan ini ga bikin ribet. Cukup cemplung-cemplung aja jadi deh. Rasa tetap enak banget . . #TiketGoldenBatikApron #rendangdaging #rendang #BandungCooksnap4_GiacintaPermana #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

Rendang Padang (kering)

Rendang Padang (kering)

Ok ini asli copy paste resep yg nongol di fb 😅, cuma agak di ubah dikiiiittt... Karena penasaran aja sama rendang asli padang yg hitam n kering itu gimana, dan kebetulan adik di luar kota minta dimasakin rendang ya udah... Dan benar ini enak dan gak ada bau gosong, meski warnanya hitam malah wangiiiiii... Masaknya naudzubillah lama 🤣🤣🤣 total ada 6jam-an lebih, (krn saya bikin 2x resep, kalo 1 resep katanya 4 jam-an) Source: fb-dapursicongok

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Pertama kali masak ini buat nasi kotak untuk hampers lebaran, karena kurang yakin untuk mengolah daging sapi maka digantilah dengan ayam. Sekarang masak lagi buat orang rumah

8-10 orang
Bareh Randang Makanan Tradisional Khas Minang Sumatera Barat

Bareh Randang Makanan Tradisional Khas Minang Sumatera Barat

Udah Lama mau bikin ini, dan Alhamdulillah ketemu dengan resep Asli Orang Payakumbuh Uni @Welly Herlina #Basidoncek_MaulangMasak #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Rendang ayam kampung ini salah satu menu favorit kami sekeluarga. Walaupun proses memasaknya cukup menyita waktu, tapi saya selalu senang memasaknya karena terbayang nanti setelah matang, anak-anak dan suami akan lahap ketika makan dengan lauk rendang ayam kampung ini. #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #ResepKece #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Paser

Nangka Muda Bumbu Rendang

Nangka Muda Bumbu Rendang

Bingung mau masak apa, akhirnya nyoba masakan nangka muda tapi dibumbu rendang. Haha... Suami kurang suka kalo nangka muda disayur gudeg... Baunya masakan ini udah kayak di rumah makan padang 🤣 sedap juga hasil akhirnya... Selamat mencoba

2-4 porsi
1 jam