Rendang Jengkol

Dipos pada February 6, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bagi yang suka...jengkol ini bisa buat lupa diet deh... Walaupun buat aroma tak sedap, tapi selalu gak kapok makan si jengki ini

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 500 gram jengkol
  2. 1,5 lt air untuk merebus jengkol
  3. 1 kotak santan kara yg 200 ml
  4. 700 ml air bersih tambahan santan
  5. 15 lembar daun salam
  6. 5 lembar daun jeruk
  7. 1 lembar daun kunyit
  8. 2 batang serai memarkan
  9. 4 cm lengkuas memarkan
  10. Secukupnya garam
  11. Secukupnya gula
  12. 3 sdm saos tiram
  13. 5 sdm minyak untuk menumis
  14. Bumbu halus:
  15. 15 buah cabe merah (tergantung selera)
  16. 15 siung bawang merah
  17. 9 siung bawang putih
  18. 4 cm kunyit, iris
  19. 5 cm jahe, iris
  20. 5 butir kemiri, geprek, sangrai
  21. 1/2 sdt lada butiran, sangrai
  22. 2 sdt ketumbar, sangrai

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Rebus jengkol dengan 1,5 lt air dan 10 lbr daun salam sampai jengkol empuk. Setelah empuk, buang kulitnya, belah dua, lalu digeprek hingga jengkol memar, lalu bilas dengan air bersih, sisihkan
2
Sangrai kemiri, lada butiran dan ketumbar hingga harum dan kecoklatan, lalu angkat.
3
Bumbu halus: blender semua bumbu hingga benar-benar halus.
4
Panaskam 5 sdm minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun kunyit dan jeruk yang sudah disobek, lalu serai dan lengkuas yang sudah digeprek.
5
Setelah bumbu matang dan harum masukkan jengkol yang sudah digeprek, aduk hingga bumbu meresap.
6
Tambahkan santan yang sudah dicairkan dengan air, biarkan hingga mendidih dan kuahnya menyusut sambil sesekali diaduk.
7
Tambahkan gula, garam dan saos tiram, aduk lagi, koreksi rasa, jika sudah pas, matikan api. Rendang jengkol siap dihidangkan... Selamat mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang

Rendang

Hai luvvv, resep kali ini aku dapet dari teman yang menikahi uni padang๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ. Udah lama pengen bikin rendang yang beneran rasa rendang, sebelumnya keluargaku masak rendang selalu rasanya kaya bukan rendang lebih mirip semur. Resep ini juga resep yang simple bgt, cuma kudu rajin mengaduk. Rasanyapun mantap, kebayarlah sesi mengaduk dan panasnya kena letupan. Baiklah yuk cuss

3 jam
Rendang telur MPASI 22 bulan

Rendang telur MPASI 22 bulan

#PekanPosbar #SerbaDirebus #pejuanggoldenaproan #mpasi22bulan #menulengkap #sayanganak #masakpenuhcinta

2 porsi
Rendang Ayam (Padang Pariaman)

Rendang Ayam (Padang Pariaman)

Alhamdulillah dapet kesempatan belajar bareng mba @desmawatikuretangin di Cookpad Community Malang Buanyaaaak baget deh resep khas tanah minang Dari beberapa resep rendang, akhirnya jatuh cinta ke rendang ayam untuk dicobain ๐Ÿค— Yuuk ah makan sehat dari rumah โค Source : CP @desmawatikuretangin https://cookpad.com/id/resep/12628390?invite_token=JAsu62 #BromoColam #BromoWithDesmawatiKuretangin #Bromo_MasakanMinangLamakBana #CookpadCommunity_Malang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Terimakasih untuk inspirasinya ce @xanderskitchen . Saya sesuaikan beberapa sesuai selera kami. #PejuangGoldenBatikApron

7 jam
53. Rendang Ayam

53. Rendang Ayam

Karena bulan ini menganggur bingung mau apa jadi lebih sering masak

4 orang
30 Menit
Rendang daging sapi (kw)

Rendang daging sapi (kw)

Bismilah buat rendang masyaallah nikmat ternyata, kenapa mak bilang rendang kw, soal nya ini jauh dari resep asli nya baik komposisi atau pun cara memasak nya. Agar tidak merubah dari cita rasa khas rendang asli nya. Bumbu pakai stok bumbu dasar semua yah, simple banget kalo udah punya bumbu dasar masak enak pun ga pakai repot. rasa nya juga cocok di lidah keluarga sy #BehujahBebayaKaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda

Daging rendang

Daging rendang

Kerna masih ada daging jadi ku masak rendang aja.nasi goreng rendanฤฃ udah ku posting duluan.kelupaan ternyata rendangnya belum di posting, Maaf ya...klau mencari rendang aku heee...resepnya ku ambil dari buku majalah aku lama,ada tambahan satu bungkus bumbu Indofood.santannya 2 kotak ukuran 200 ml,jadi santannya 400 ml. Aku ambil 100 ml yang kental, tambahkan air 200 ml.butuh waktu lama masaknya tapi hasilnya enak banget. #Rekreasi_Depok #Masakan khas _Padang #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang jamur(jamur dan telur)

Rendang jamur(jamur dan telur)

Karena si kecil ompong, ga bisa ngunyah daging, makanya kalo bikin rendang pasti dikasih telur.Nah biar ga bosen, kali ini telurnya di temenin ma jamur tiram.. teksturnya yg menyerupai daging cocok lho untuk kalian yg vegan / vegetarian.

4 orang
30 menit
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Masa pandemi ini mau makan di resto jadialas. Mau order kirim rumah juga malas.akhirnya mencoba memasak rendang ayam ini sekaligus setoran arisan cooksnap di #GenkPejuangDapur yg kali ini mengcooksnap resep di @Kaianiandra agak ribet masaknya tapi hasilnya enak, anak anak suka #CookMemberGenkPeda_Kaianiandra #GenkPeDa_Eksis #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
40 menit
Rendang babi

Rendang babi

5org
2jam
Rendang daun singkong simpel

Rendang daun singkong simpel

Si kecil semua sayur susah mnt ampun...kl dimasakin ini paling suka bgt...ayuuk Bun kita eksekusi di dapur...

5porsi
30 menit
Rendang sapi khas padang. Empuk bumbu meresap!

Rendang sapi khas padang. Empuk bumbu meresap!

Idul adha usai baru sempet masak bkin rendang krn dr kmren udah eneg liat daging dimana2 ๐Ÿ˜‚. Bpk pengen dibuatin rendang akhirny cuss tengok resep kak icha.irawan, namun ada beberapa yg tak modif resepny sesuai selera, kalau soal rasa boleh diadu sm rendang di rumah makan padang ๐Ÿ˜„

Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Masih punya daging rendang di rumah, yuk berdayakan untuk dibuat nasi bakar. aja. Nasi bakar umumnya adalah usaha untuk memberdayakan lauk sisa yang tidak habis dikonsumsi, (tapi masih layak konsumsi ya) dan dicampurkan dengan nasi untuk dibuat jadi suguhan yang mempunyai nilai jual yang lebih. Pengetahuan ini yang saya dapatkan dari kursus singkat sehari bersama Cooking Course khusus masakan nusantara, di bilangan Jakarta Barat, Yuk moms silahkan berkreasi dengan lauk sisa yang ada di rumah yaa.. #nasibakarrendang #olahannasilingga #dibuangsayang #posbaridaman #CookpadCommunity_jakarta

4 porsi
45 menit
Rendang ayam

Rendang ayam

recooked resep cie xander kitchen. Saya tambahkan kacang merah ( seharusnya kacang tolo ). Kurangi pemakaian cabe jika tak bisa pedas .

Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Minggu ke 20 Golden Apron The Next Level (resep 6 >>> 18 Oktober 2020) Source : ambarshaf dengan modifikiasi beberapa bumbu (ada yang saya skip dan tambahkan) Untuk kentang ga dibuang kulitnya selain membuat kentang ga gampang hancur, kulitnya juga enak dimakan karena udah empuk bercampur bumbu. Manfaatnya juga banyak untuk kesehatan, karena kulit kentang mengandung vitamin C. Jadi ga ada bahan yang terbuang dari kentangnya . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #rendangpadang #rendangdaging #MasakSetiapBagian #WeekendChallenge #CookpadCommunity_Bandung #BandungArisanRecook4_ambarshaf #cocomba #authorsbandunghebring

Ceker Kepala Kuah Rendang

Ceker Kepala Kuah Rendang

Serba Instan, hihihi.. Ceker dan kepala ayam gratisan dari bapak penjual ayamnya.. Menambah nikmat makan menu ini, alhamdulillah.. #OlahanCeker_MamaBirru #OlahanAyam_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang

2 porsi
30 menit
Rendang

Rendang

Hari ini masak rendang siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat menu lebaran. Masakan kesukaan keluarga Indonesia ya kan. Walau masaknya lama tapi rasanya enak. Kali ini saya cara pengolahannya menggunakan resep Eddy Siswanto di YouTube nya. Saya membuat nya tanpa menggunakan serundeng kelapa. Bumbu nya pun di sesuaikan dengan bahan yang ada di dapur Yuk di buat #pejuanggoldenbatikapron

Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

๐˜š๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜™๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜—๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ @๐˜ณ๐˜ฉ๐˜บ๐˜ป๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ป Rendang memang tidak ada duanya ๐Ÿ˜ Kali ini saya coba masak dengan bumbu khas Padang, namanya ambu ambu. Ambu ambu adalah kelapa tua sangrai yang dihaluskan hingga berminyak. Rasa rendang jadi lebih nikmat, khas aroma kelapanya. Kalau takut kolesterol naik, makan secukupnya plus buah dan sayuran ๐Ÿ‘ Resep ambuยฒ: https://cookpad.com/id/r/16038453 Resep Rendang dari: @MitaNiez https://cookpad.com/id/r/5049028 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta