Rendang Jengkol

Dipos pada February 6, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 3 Jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 21 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 1 kg Jengkol
  2. 12 Bawang Merah
  3. 8 Bawang Putih
  4. 8 Cabai Besar
  5. 12 Cabai Kecil
  6. 1 ruas Kunyit
  7. 1 ruas Jahe
  8. 2 ruas Lengkuas
  9. 5 lembar Daun Salam
  10. 5 lembar Daun Jeruk
  11. 3 Serai
  12. Garam
  13. Gula Putih
  14. Gula Merah
  15. Penyedap
  16. Kecap
  17. Air
  18. 1 Santan Instan Besar
  19. Minyak
  20. Bawang Merah Goreng
  21. Kopi

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Rebus Jengkol di Air dan Kopi supaya bau khasnya Hilang selama 20 menit
2
Kemudian cuci, bersihkan kulit dan Geprek Jengkol lalu Rebus kembali dengan Air dan Kopi selama 20 Menit
3
Blender semua bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan cabai hingga halus
4
Gongso semua Bumbu serta masukkan daun salam, daun jeruk dan serai hingga benar" matang
5
Masukkan Jengkol yang sudah direbus dengan kopi dan sudah dibilas dengan air
6
Kemudian Masukkan Air hingga menutupi jengkol lalu masukkan juga garam, gula merah, gula putih, penyedap serta kecap
7
Setelah air mendidih masukkan santan instan aduk supaya tidak pecah, kemudian tunggu hingga air menyusut.
8
Jika sudah matang dan benar" empuk, letakkan dipiring dan berikan taburan bawang merah goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

501) Nasi Goreng Rendang

501) Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang jamur tiram tapi pakai bumbu instan 🀭. Sengaja disisain bumbu dan beberapa potong jamur tiramnya untuk dibikin nasi goreng pagi ini. Ternyata memang enak lho, nasi goreng rendangnya πŸ‘πŸ˜‹. Jadi ada tambahan varian nasi goreng lagi nih 😁. Oh ya, ini saya pakai beras pera yg memang untuk bikin nasi goreng ya. Nasinya ini gak bakal lengket satu sama lain, tapi dia ambyar gitu, gimana ya ngomongnya. Pokoknya beras pera memang cocok untuk nasi goreng πŸ˜…. Bisa ditambah telur dadar atau ceplok ya. Saya lagi menghindari telur, jadi saya pakai bakso ayam aja. Yuk, dicobain ya πŸ˜‰. (29/12/2021) https://cookpad.com/id/resep/15025062?invite_token=wtBtqd #CookpadCommunity_Tangerang

2 piring
10 menit
Ayam rendang

Ayam rendang

4 porsi
-+40 menit
Cireng isi rendang

Cireng isi rendang

Iseng bikin cireng untuk bukaan nanti malam paksuam dengan bahan seadanya dan yg pasti ada inovasi rasa yup isinya pake rendang

2 orang
30 menit
Rendang Kacang kentang

Rendang Kacang kentang

Source:mommy iyell .maaf fotonya jelek karena fotonya malam hari πŸ™πŸ˜€yang penting rasanya endull🀀masih resep mommy cantik iyell.ini resepnya #bandungarisanrecook4_mommyiyell #ga_thenextlevel #cookpadcommunity_bandung #cookpadindonesia

Rendang sapi bumbu indofood

Rendang sapi bumbu indofood

3-4 orang
1 jam
Rendang Ayam (instan racik indofood)

Rendang Ayam (instan racik indofood)

Golden Batik Apron week 5 Dr dulu bumbu instan emang penyelamat emak2 pemula dan emak2 yg pengen masak enak tp kilat πŸ˜† Andalan nii bumbu rendang favorit pokoknya.. recommended menurutkuu .. #pejuanggoldenbatikapron #alame #alamommyrizky #cookpadcommunity_yogyakarta #kopijos #selaluistimewa

Rendang Daging

Rendang Daging

Awal Puasa Pak suami minta di buatin rendang Dan menu yg lain nya. Okee Kita beli daging nya dulu hehehe 😁. Kata pak suami mirip Kaya di RM Padang... alhamdulillah yuk recook

2-3 jam
Nasi Rendang

Nasi Rendang

Bismillahirrahmanirrahim. Hallo, Assalamu'alaikum✨ Kali ini sharing masak nasi yang beda dari biasanya, aku terinspirasi dari tiktok hihi tapi mohon maaf aku lupa save video-nya jadi ngga sempat lihat akun siapa disana:(( Tapi jangan sedih! Aku mulai lanjutin bereksperimen dan rasanya uenaaaak banget to. Dikombinasi sama ayam serundeng, sambel ijo, daun singkong. Syedap bukan? Yuk mari coba dibuat yaaa bundaπŸ’› *NOTES: Bumbu rendang boleh pakai sesuai resep atau boleh juga menggunakan bumbu rendang instan jika ingin praktisπŸ˜‰

4 orang
30 menit
Rendang

Rendang

#pejuangGoldenBatikApron

Rendang ayam

Rendang ayam

Ini adalah masakan kesukaan Almh .Mamak Q yang biasax beliau buat untukQ....masak ini jadi ingat beliau.

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang bebek ala ibuk uwienk, tampilan boleh jelek ya bund πŸ˜€

Rendang bebek ala ibuk uwienk, tampilan boleh jelek ya bund πŸ˜€

Awal masih muda sering suka ngelihatin ibu masak bebek buat lebaran atau masak buat seharian, dan setelah menikah saya praktekan sendiri, hasilnya waooww sama kaya masakan ibu,

5-6 orang
1-2 jam
Rendang

Rendang

Bismillah......kali ini bikin rendang dengan resep punya mb @desmawatikuretangin .....emang asli enak.... Walaupun masaknya butuh waktu lama... Tapi hasilnya seperti rendang di rumah makan padang...... Aq juga penggemar masakan padang.... Jadi pas banget dengan resep ini. #PejuangGoldenBatikApron #Kopijoss #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_yogyakarta

20 porsi
6 jam
Rendang ayam bumbu instan

Rendang ayam bumbu instan

gapernah mau bikin rendang takut ga sesuai ekspetasi, tapi ini simple dan enakkkk bgt bgt bgt. pakai bumbu instan merk bamboe yaa, pakai indofood jg boleh bgt kalo mau lebih enak lg boleh pakai munik

Burger Rendang

Burger Rendang

Pengen burger tapi dibuat spesial: burger lokal pakai daging rendang dan sayur bayam. Bagi saya ini pas banget buat lidah nusantara saya yang sangat lokal. Juga lebih sehat karena pakai daging dan sayur segar. Sausnya tetap saus burger homemade. Sila coba untuk membuktikan. Semacam menu rumah makan padang dipindah ke piring burger... πŸ˜„

4 pcs
45 menit
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ngerendang-rendang ngirit yah .. rendang ayam. Tambah kentang makin mantab, lebih kenyang nih 😁 Asal bumbu bisa meresap, pasti tetep enak.... Trimaksih mbak @fitrisasmaya yg sdh menginspirasi bgt pokoknya πŸ™ ... Bumbunya agak dilengkapin karna dah beli racikan bumbu limaratusan itu (ada kapulaga, jinten, cengkeh dan kayu manis),,, tinggal ngalusin.. #LihaiCooksnapNov_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Buat rendang mumpung di kulkas masih ada daging sisa qurban, sebenernya masih males mau ngolah2, tp frezeer nya penuh, mau naruh apa2 nggak muat πŸ˜€.

2 jam
Rendang ayam bumbu indofood

Rendang ayam bumbu indofood

Lagi mager banget buat masak. Jadi masak pake bumbu instan tinggal tambahin sedikit bumbu deh.. Bismillah... Mari masak bun.

Rendang daging KW (Jantung Pisang)

Rendang daging KW (Jantung Pisang)

Source : Erny Sulistyowati (Pawon Erny) Mencoba sesuatu yg baru, kalau biasanya jantung pisang dibiarin gt aja, gmn kalau jantung pisang dibikin rendang? Lhah Emang bisa πŸ˜…?bisaaa donk pke resepnya mba @ErnySulistyowati setelah dicoba ternyata enak juga, enak banget malah πŸ˜‹πŸ˜‹. G nyangka kan? Yuk cobain kita #MasakSetiapBagian ❀ sekalian kita #Rekreasi_Semarang ke rumah mba erny πŸ˜„. Cuss ini resepnya ❀ #Semampir_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

"Rendang daging"πŸ˜˜πŸ‘β€οΈ

"Rendang daging"πŸ˜˜πŸ‘β€οΈ

Terinspirasi menu rendang bunda Dara Home Cooking, ada berberapa bahan saya skip dan ada tambah juga bumbu lain 🀭🀭makasih bunda makyosπŸ˜˜πŸ‘β€οΈπŸ‘ #RecookMenyadik #DutaRecookberaksi #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

1 mangkok
45 menit