Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Dipos pada February 6, 2022

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu memakai 27 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmanirrahiim... Semoga bermanfaat. Dapat dipastikan hampir semua orang tahu kalau Rendang adalah masakan khas Padang. Olahan daging kaya bumbu dan rempah-rempah yang banyak dan beragam. Terkadang lidah yang tidak terbiasa dengan olahan dengan banyak bumbu dan rempah menjadi asing dan tidak mampu menikmati cita rasanya. Nah...kali ini saya berbagi resep Rendang Padang ala lidah Jawa. Karena lidah saya terbiasa menikmati olahan Jawa, demikian juga dengan keluarga. Mencoba memasak Rendang orang Padang punya, tapi masih tetap diterima lidah keluarga Jawa saya. Selamat mencoba, semoga cocok yaaa....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu:

  1. 2,5 kg Daging sapi (daging kerbau)
  2. 250 gram bawang merah
  3. 100 gram bawang putih
  4. 250 gram cabe merah besar (selera)
  5. 200 gram cabe merah keriting, selera
  6. 3 batang serai
  7. 2 ruas jahe
  8. 1,5 ruas kunyit
  9. 7 butir kemiri
  10. 1/2 sdt jintan
  11. 2 sdt merica
  12. 2 sdt ketumbar
  13. 3 butir kapulaga
  14. 2 ruas lengkuas besar
  15. 7 lembar daun salam
  16. 5 lembar daun jeruk
  17. 3 lembar daun kunyit
  18. 1 batang kayu manis
  19. 1/2 biji pala
  20. secukupnya Garam
  21. gula merah
  22. Gula pasir (selera)
  23. secukupnya Asam
  24. Penyedap rasa (selera, saya tidak pakai)
  25. Bawang goreng untuk taburan
  26. 2 1/2 liter Santan dari 2 butir kelapa
  27. Serundeng dari ½ butir kelapa ukuran besar

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

1
Potong-potong daging, besar menurut selera. Usahakan ketika memotong daging melawan arah serat daging atau secara melintang. Daging akan terasa lebih empuk.
2
Haluskan Bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe merah keriting, jahe, kunyit, kemiri, jintan, merica, ketumbar, kapulaga, asam, dan biji pala.
3
Panaskan wajan. Tuang minyak secukupnya. Masukkan bumbu halus dan daging.
4
Tambahkan lengkuas yang sudah dimemarkan, daun salam. daun jeruk, daun kunyit, batang serai yang sudah dimemarkan, dan kayu manis
5
Masukkan daging. Tumis sampai daging mengeluarkan air dan bumbu beraroma harum
6
Masukkan santan masak sampai mendidih. Tambahkan gula merah, garam, gula pasir, serundeng yang sudah dihaluskan
7
Masak sampai santan habis dan berminyak. Dapatkan tingkat warna rendang yang diinginkan. Matikan api. Taburkan bawang goreng.
8
Simak tutorial membuatnya di Youtube CikGu Er Channel di link https://youtu.be/tMdObCtotdk Selamat mencoba!

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Daging Sapi Rendang

Daging Sapi Rendang

Paling semangat deh klo masak rendang,yah walaupun masaknya itu memakan waktu yg lama dan bumbunya yg lumayan banyak,tp klo si kaka uda minta dibuatin..aku langsung siap masakinnya 😊 selain itu jg bsa dimakan sampai bbrp hr kedepan deh. 🥰yuk moms intip cara masaknya

10 orang
3jam
Rendang Semarang ala si Mbo

Rendang Semarang ala si Mbo

Assalamualaikum WR. WB semunya.. Saya mau berbagi pengalaman saya diajarin masak sama aisten rumah tangga saya. Awalnya saya mau bikin rendang padang, cumaa tukang sayur lupa bawain bumbu padangnya, trus ART saya bilang "gak papa neng, kita jadiin rendang Semarang saja". Awalnya saya aneh dengernya tapiii setelah dicobain hhhmmm matap rasanya, bahannya pun sangat mudah di cari di warung sayur, malahan biasanya ibu-ibu yg setiap hari masak pasti punya persedian bumbunya hehheee

5 orang
1 jam 30 menit
Ikan bawal bumbu rendang simple

Ikan bawal bumbu rendang simple

Masih dengan sumber protein yg satu ini nih... Ikan.. jujur deh.. awalnya hanya coba coba di variasi dengan bumbu rendang.. eh ternyata... Cocok di lidah anak dan hubby...😄 . Cukup mudah, simple dan hemat waktu memasaknya. Dan..jadilah resep dadakan ini melengkapi minggu ini. #PejuangGoldenBatikApron

4-5 orang
Rendang Padang Bundo Kanduang🥩

Rendang Padang Bundo Kanduang🥩

CUMA PAKEK 4 BAHAN AJA SUNGGUHANNNNNN

4 orang
2 jam
Rendang Daging Sapi khas Padang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Terimakasih untuk inspirasinya ce @xanderskitchen . Saya sesuaikan beberapa sesuai selera kami. #PejuangGoldenBatikApron

7 jam
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ini sengaja berhenti di tahap kalio, dengan beberapa alasan. Selain karena suka kuahnya, juga karena bikinnya pagi dan udah mau berangkat ngantor 😄 Untuk garamnya, sebaiknya tidak usah terlalu banyak diawal, karena kuah akan menyusut. Kalio ini bisa juga buat stok sahur saat puasa ramadhan Simpan dalam wadah bertutup, dengan porsi sekali makan. Kemudian masukkan kedalam freezer. Jika akan dimakan saat sahur, keluarkan dari freezer saat malam hari, dan tinggal dipanaskan subuhnya. Kalau pakai microwave, pas subuh baru di keluarkan juga gpp 😊 #Cookpadcommunity_Kalbar #PejuangGoldenBatikApron #Week7 #IdeMasak

Rendang Daging

Rendang Daging

Ini resep rendang hasil Cooksnap resepnya Mbak @412EM4N1T4 (Nugrahayu Dewanti). Senang sekali bisa bikin rendang. Jarang-jarang banget soalnya. Biasanya rendang dimasakin ibu :) . #KOPIJOS #CookpadCommunity_Yogyakarta

Telor Dadar Rendang

Telor Dadar Rendang

Terinspirasi dari putrihabibie di tiktok, enak aih tp kaya terlalu asin untukku. mungkin airnya kurang banyak #menuviral #resepviral #reseptiktok

1 orang
35 menit
Rendang telur santan instan

Rendang telur santan instan

Lama ga bikin olahan telur. Karena banyak stok telur dan takut busuk kalau kelamaan, maka jadilah olahan ini. Simak yuuk.. Siapa tau bisa menginspirasi apa yg buntik mau masak hari ini.. #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Daging Bumbu Instan Indofood

Rendang Daging Bumbu Instan Indofood

4 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

5 orang
4 jam 30 menit
Nasi Goreng Rendang sisa Super Kilat

Nasi Goreng Rendang sisa Super Kilat

Pagi yang super sibuk karena ada pemberitahuan pemadaman listrik di sekitaran komplek pagi hari, alhasil hrs bergerak ektra cepat🤭. Alhamdulillah masih ada sisa rendang di kulkas dan nasi kemarin, jadi gak perlu repot repot menyiapkan sarapan, tinggal goel goel sebentar jadi deh nasi goreng super kilat yg menggoda selera😀 #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

5 porsi
Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Trial buat masak pas lebaran. Alhamdulillah hasilnya mantul 🥰

1 keluarga
3 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Selalu ngiler kalo udah liat kimbab family di youtube buat makanan kemaren aja baso goreng latah ikutan bikin dirumah sekarang bikin rendang sama sama latah ingin bikin juga cuman disini saya pake daging ayam karna daging sapi kemahalan jadi cari yang murah tapi tetep enak 😅

Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

12 orang
Rendang daging

Rendang daging

Coba2 bikin mumpung lagi libur kerja

5 orang
2 jam
Rendang Daging Sapi Bumbu Tumis

Rendang Daging Sapi Bumbu Tumis

Bismillahirrahmanirrahim Hari ini masak rendang buat stok.... Kalau udah ada lauk begini, bunda berasa lega, karena ndak harus buru-buru masak, bisa sedikit santai juga bermain dengan anak bayik. Yakin deh pasti banyak yang suka makan rendang,... Makan dengan nasi panas aja wiiih udah nikmat rasanya. Yuuuk intip resep saya.... #OlahanDagingSapi #RendangDaging #CookpadCommunity_Pontianak #CookoadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo

10 porsi
1 jam
Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Walaupun pakai bumbu isntan tapi alhmdulilah rasa ttp enaaaaakk... 😀🤤