Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas

Dipos pada February 6, 2022

Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas memakai 29 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hari minggu, jengkol days… yeiiy… udah lama sejak langganan jengkol online ga jualan lagi, pernah beli tempat lain ternyata mengecewakan akhirnya vakum dl masak jengkol. Eh kemaren ada yg jual di shopee kebetulan di sidoarjo yg sehari aja udah sampai, trus jengkolnya ulalaaaa mantab kalii.. tua dan mlontos’ segerr… nyesel beli 500gr aja, its oke lah namanya trial tempat baru ya kan. . Mau bikin semur ga terlalu suka, mau masak kecap pedas bosen,, eh suami bilang, direndangin aja pake nasi uduk… uwuwuwuw.. langsung deh gas keun dan auto nambah 2 piring nihh 😆😆

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas:

  1. Nasi liwet :
  2. 3 cup beras
  3. 4 siung bawang merah, rajang, goreng
  4. 1 bh sereh, geprek
  5. 2 sdt garam
  6. 1 sdt kaldu jamur atau bisa royco
  7. 1 bh cabe keriting
  8. 5 bh cabe rawit
  9. 2 lbr daun salam
  10. Rendang Jengkol Pedas
  11. 500 gr jengkol tua
  12. 1 bh sereh, geprek
  13. 4 cm lengkuas, geprek
  14. 2 lbr daun salam
  15. 5 lbr daun jeruk
  16. 5 cm kayu manis kecil
  17. 1 bh santan kara segitiga
  18. Bumbu Halus Rendang:
  19. 4 siung bawang putih
  20. 4 siung bawang merah
  21. 35 bh cabe rawit
  22. 5 bh cabe keriting
  23. 3 btr kemiri
  24. 1 sdt ketumbar
  25. 3 cm jahe
  26. 1/4 bh pala
  27. 1 sdt garam
  28. Secukupnya gula merah
  29. 3 cm kunyit

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas

1
Untuk nasi liwet, masaknya pakai rice cooker ya moms 😬, cuci beras sampai bersih, buat bawang merah goreng, potong- potong kecil cabe, geprek sereh, remas’ daun salam. Beras beri air seperti memasak nasi biasa, masukan semua bumbu, aduk rata dan tunggu matang, setelah matang aduk’ rata lalu diamkan biar lebih tanak
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 1
2
Untuk jengkol, cara sama seperti postingan sebelumnya. Rendam jengkol semalam tambahkan 1 sdt garam, keesokan harinya saat akan diolah, cuci bersih tambahkan daun salam dan daun jeruk 2 lbr, lalu rebus 7 menit dan matikan api 30 menit dengan tertutup rapat. Setelah itu rebus 5 menit, tiriskan dan goreng dengan minyak sebentar (kecoklatan dan kulit biasanya sudah lepas sendiri), geprek per buahnya ya biar bumbu meresap
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 2
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 2
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 2
3
Setelah itu cuci bersih jengkol dan pastikan kulit hitamnya sudah tidak ada, karena akan pahit. Dengan cara ini jengkol sudah empuk dan tidak bau 😍 tiriskan dan siapkan bumbu rendang
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 3
4
Haluskan semua bumbu halus, panaskan minyak (semua bumbu harus tercover dengan minyak), tumis sampai kalis dan minyak keluar, jangan lupa jaga api biar ga gosong ya mom, aduk aduk terus
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 4
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 4
5
Masukan jengkol, aduk aduk sampai bumbu rata, lalu masukan santan instan yang sudah dicampur dengan 200ml air
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 5
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 5
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 5
6
Aduk sampai santan mengental dan susut airnya, minyak sudah keluar, aduk aduk saat air mulai menghilang agar tidak lengket dan gosong. Masak sampai minyak dan santan terpisah lalu siap disajikan dengan nasi uduk, auto nambah deh.. selamat mencoba
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 6
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging

Rendang daging

Masakan andalan keluarga, semua suka. Gampangnya mudah banget

5 orang
1 jam 30 menit
Roti Panggang Rendang - Sambal Ijo

Roti Panggang Rendang - Sambal Ijo

Masih dengan tema #posbaridaman #dibuangsayang Kali ini roti bakar saya padukan dengan rendang dan sambal ijonya, ala fussion food gitu 😋😋 Bebas berkreasi dengan lauk yang ada di rumah yaa.. #sandwichlingga #rotipanggang #CookpadCommunity_jakarta

1 porsi
20 menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Di kasih jengkol banyak banget,udah di masak sebagian masih banyak jg 😂 sisanya masih 25 biji lagi kalo dah di belah jadi 50 biji donk 😁sampe bengek makan jengkol 😵,anak2 pada ga doyan jengkol..suami makan sih tapi paling 4 biji doank,yg paling banyak makannya sy donk 😂😂 kadang di cemil aja gitu ga pake nasi,meskipun besoknya badan pegel2 ya tetep aja doyan 😋😝. Stok jengkol terakhir di rendang ajalah biar musnah udah ni jengkol dr dapur sy 😂😂. Jengkolnya tua jadi sy rendam dulu semalaman supaya empuk trs mengurangi baunya jg.

Rendang ayam

Rendang ayam

Pengen bikin aja rendang ala aku gtu he

6-7 orang
Rendang ekonomis dan praktis

Rendang ekonomis dan praktis

Dulu paling anti masak daging sapi,karena selalu alot dan kurang empuk. Berhubung kepengen rendang buatan mama yang dimakan tiap lebaran tapi lagi pandemi dan tidak bisa pulanh,mari kita eksperimen sendiri. Apakah sama atau beda?lebih enak atau lebih amburadul? Ternyata sama bun, amazing banget, dan empuk. Cocok buat perantau yang rindu masakan emak di kampung. #ontymasakyuk #TiketGoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron #masakbarengsikecil @dapur_onty @lemari_angkel

8 orang
90 menit
Bumbu rendang padang

Bumbu rendang padang

ini bumbu dasar buat bikin rendang,ini bumbu jualan aku bun.setelah jadi bisa dipisah pisah dan simpan difreezer,bisa digunakan kapan pun.1 resep bisa buat 3 kg daging.tinggal tambahin santan kental

3 porsi
1 jam
Rendang Daging khas Padang Praktis

Rendang Daging khas Padang Praktis

Sekarang kalau mau bikin rendang udah gampang, cuma pakai 3 bahan aja. Rendang udah jadi dengan rasa authentik Sumatera Barat. Bikin ny gampang dan ga ribet. Tinggal campur2 jadi deh. Saya beli bumbu jadinya di www.bumburendangpadang.id Selamat Mencoba

3 Orang
+- 2 Jam 30 Menit
RENDANG SAPI KERA.

RENDANG SAPI KERA.

Hampir setengah tahun lebih selama masa COVID ini keluargaku tidak pernah makan di rumah makan Padang, rasanya kangen banget menikmati rendangnya. Berhubung anak" ku tidak suka daging sapi akhirnya aku bikin rendang campur aja, jadi semua anggota keluarga menikmatinya, jadilah menu RENDANG SAPI KERA... RENDANG SAPI KEntang campuR Ayam...rendang ini dipersembahkan buat almarhumah mama tercinta, yang telah memberikan resep ini semasa hidupnya, sebagai persembahanku #MasakanUntukIbu.

8 porsi
90'
Chicken Hot Rods & Nasi Rendang Ala KFC

Chicken Hot Rods & Nasi Rendang Ala KFC

Saya recook dari Mommy Nadhifa. Sudah lama save resep ini,akhirnya bisa kebikin juga. #AdaApaCi #WeekendChallenge #GA_TheNextLevel #Cookpadcommunity_PangkalanBun

Rendang

Rendang

Resep rendang andalan keluarga saya, biasa kami buat untuk lauk sahur dan berbuka 😇

8 porsi
3 jam
Rendang Telur ceplok

Rendang Telur ceplok

Lama nggak masuk dapur nih, bongkar kulkas ada sisa rendang, yang dagingnya udah pada raib 😂😂😂 alias tinggal kuahnya. Tuing.. Tuing... Nemu ide bikin telur ceplok aja dibalurin rendang. Naah ..Ini salah satu cara kita agar terbebas dari dari makanan mubazir yaa.. Dan rasanya hatiku seketika menjadi merasa merdeka💪💪 merdeka dari rasa bersalah buang-buang makanan 😁 #AR_Merdeka #cookpadcommunity_kalteng

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Rendang Padang Empuk Berselimut Bumbu

Bismillahirrahmanirrahiim... Semoga bermanfaat. Dapat dipastikan hampir semua orang tahu kalau Rendang adalah masakan khas Padang. Olahan daging kaya bumbu dan rempah-rempah yang banyak dan beragam. Terkadang lidah yang tidak terbiasa dengan olahan dengan banyak bumbu dan rempah menjadi asing dan tidak mampu menikmati cita rasanya. Nah...kali ini saya berbagi resep Rendang Padang ala lidah Jawa. Karena lidah saya terbiasa menikmati olahan Jawa, demikian juga dengan keluarga. Mencoba memasak Rendang orang Padang punya, tapi masih tetap diterima lidah keluarga Jawa saya. Selamat mencoba, semoga cocok yaaa....

Rendang jamur(jamur dan telur)

Rendang jamur(jamur dan telur)

Karena si kecil ompong, ga bisa ngunyah daging, makanya kalo bikin rendang pasti dikasih telur.Nah biar ga bosen, kali ini telurnya di temenin ma jamur tiram.. teksturnya yg menyerupai daging cocok lho untuk kalian yg vegan / vegetarian.

4 orang
30 menit
Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Pingin masak rendang tapi lagi gak mau yg rempong 😆 Alhasil bikin rendang ayam pake bumbu Indofood. Hasilnyaaaa enak bund kayak rendang asli, jadi berasa ahli masak rendang seketika 🤣

2 orang
Rendang ayam sederhana skip MSG

Rendang ayam sederhana skip MSG

Awalnya karena cari resep rendang daging dan berhasil masak dengan enak. Terus kepikiran buat rendang ayam, dengan bumbu yg sedikit dimodifikasi. Hasilnya? Jangan tanya, tetep enaaaaak. Bedanya hanya di rasa daging dan ayam.. wkwk🤩

3-4 orang
60 menit
Tahu berhati rendang

Tahu berhati rendang

Mencoba hal baru,,, menu kali ini tahu berhati rendang kocak ya namanya 🤣😂tapi rasanya endol gaiis #PejuangBatikGoldenApron #CookpadComunity_Bandung

4 orang
30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Masakan untuk keluarga tercinta 😁🥰☺️

3-4 porsi
Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Masih punya daging rendang di rumah, yuk berdayakan untuk dibuat nasi bakar. aja. Nasi bakar umumnya adalah usaha untuk memberdayakan lauk sisa yang tidak habis dikonsumsi, (tapi masih layak konsumsi ya) dan dicampurkan dengan nasi untuk dibuat jadi suguhan yang mempunyai nilai jual yang lebih. Pengetahuan ini yang saya dapatkan dari kursus singkat sehari bersama Cooking Course khusus masakan nusantara, di bilangan Jakarta Barat, Yuk moms silahkan berkreasi dengan lauk sisa yang ada di rumah yaa.. #nasibakarrendang #olahannasilingga #dibuangsayang #posbaridaman #CookpadCommunity_jakarta

4 porsi
45 menit
Rendang dengan bumbu jadi

Rendang dengan bumbu jadi

Buat stok makan sahur... Kita bikin rendang. Buat kamu2 yg males ngereka2 bumbunya... Beli bumbu jd aja di pasar atau tukang sayur. #PejuangGoldenBatikApron

25 potong
3 jam