Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

Dipos pada February 6, 2022

Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari adalah 4 kali makan. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masakan jengkol yg maknyus pedes gurih mantap dgn aroma rempah kayu manis yg sedap, makan jengkol beli jadi kurang selera dgn rasa banyakan masak semur, jadi kali ini masak sendiri dan jadi makan lebih puas.. Eh suami suka jadi ada temen ngabisin ini πŸ˜πŸ˜†

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari:

  1. 1/2 kg Jengkol Tua
  2. Santan 1 setengah liter
  3. Salam
  4. Lengkuas
  5. Sereh
  6. Kayu manis
  7. Garam + micin + gula dan kaldu
  8. Kecap dan sedikit gula merah
  9. Bumbu halus
  10. Bawang merah
  11. Bawang putih
  12. 9 Cabe merah keriting
  13. 5 Cabe rawit merah
  14. Kemiri sangrai
  15. Ketumbar
  16. Sedikit jahe

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

1
Rendam jengkol mentah kurleb 1-3 jam (optional agar jengkol lebih mekar) bisa langsung direbus
2
Rebus jengkol kurleb 45 menit atau sampai jengkol empuk, tambahkan salam dan sereh untuk menetralisir bau
3
Sembari jengkol di rebus, siapkan bumbu halus, ulek atau blender setelah selesai sisihkan.
4
Setelah jengkol matang diamkan 5 menit, rendam dg air biasa sembari kupas kulit jengkol dan belah dua bagian biji jengkol, Lanjut dgn geprek jengkol satu persatu agar jengkol lebih empuk dan bumbu lebih mudah meresapp
5
Siapkan minyak tumis bumbu halus yg telah di haluskan sampai harum, masukan bumbu rempah, tambahkan santan, masukan jengkol yg telah di geprek tungu sampai mendidih
6
Tambahkan sdikit Gula merah sedikit kecap manis garam micin dan kaldu bubuk,
7
Tunggu sampai air berkurang, aduk dan tes rasa siap di sajikan
Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Keluarga

Rendang Keluarga

titip resep rendang keluarga, biar ga lupa hehehe

4 orang
1 jam 30 menit
25. Rendang Bebek

25. Rendang Bebek

Berhubung suami suka sekali dg menu bebek, jd hari ini sy masakin rendang bebek. Alhamdulillah semuanya suka..anak sulungku nambahΒ² makannya bun..hihiii 😁 Bagi yg ga suka bebek bs d ganti ayam, telur, ikan tongkol, jengkol jg daging ya bu krn bumbu ini masuk ke segala genre.😊 Bumbu rendang sy ga tumis minyak lagi bun, agar nanti tdk terlalu oily ketika sdh kering bumbunya. Bagi yg suka tumis dahulu, monggo ya πŸ˜‡

90 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Makanan favourite

3 orang
1 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Assalamualaikum Cookpaders Dapet dm dari mamah cp nih, agar mengolah ulang sisa makanan kemaren menjadi hidangan yang lebih enak lagi #DibuangSayang #PosbarIdaman Cuss,, semangat ahh , karena ke inget masih ada rendang sisa yang disimpen di frezer , dibikin nasi goreng aja, Ternyata enak ya πŸ‘Œ, dan kel.suka πŸ˜πŸ‘ Source : @muutiaa #Babako_MaolahBaliak #Cookpadcommunity_Sumbar #ResepWongKito #WongKito galo #Cookpadcommunity_Palembnag

2 porsi
15 menit
Rendang Ayam Bumbu Instant Indofood

Rendang Ayam Bumbu Instant Indofood

Bosan dengan diopor, digulai atau digoreng...kali ini saya cobain direndang aja dehπŸ˜‰. Mau makan enak tapi ga ribet ya pakai bumbu instant Indofood lah. Rasa & aromanya beneran rendang banget loh momsπŸ˜πŸ‘. Diresep ini saya ga menambahkan garam, gula ataupun kaldu bubuk karena bumbu instantnya udah berasa ya.

Rendang Daging khas Padang Praktis

Rendang Daging khas Padang Praktis

Sekarang kalau mau bikin rendang udah gampang, cuma pakai 3 bahan aja. Rendang udah jadi dengan rasa authentik Sumatera Barat. Bikin ny gampang dan ga ribet. Tinggal campur2 jadi deh. Saya beli bumbu jadinya di www.bumburendangpadang.id Selamat Mencoba

3 Orang
+- 2 Jam 30 Menit
Rendang daging

Rendang daging

Lagi pengen makan padang tapi karena berhubung kita pindah ke apartemen dan lantai kita tinggi male buat turun dan kebtln msh ada stok daging sapi 500gr. Bumbu juga msh lengkap ok kita bikin rendang aja.

2 orang
1jam 30 menit
Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Biasanya nih, buat rendang pakai daging sapi. Tapi,kali ini pengen buat menu diet yang enak, jadi daging sapi diganti dengan daging dada ayam, santan diskip dan tambahan rempah-rempah juga diskip. Gimana hasilnya ya...taraaa, mmm nggak kalah enak deh pokoknya dengan rendang daging sapi. Kalo menu dietnya gini, jadi betah deh buat diet. Eh, tapi kok makannya pakai nasi putihnya nambah melulu nih, ckckck. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #KulaEtamCocok

5 orang
1 jam
Rendang daging

Rendang daging

#EdisiLebaranSyawwal #CookpadCommunity_Jakarta Pas hari raya anak sakit,jd benerΒ² ga masak apapun Alhamdulillah msh bisa order ketupat,rendang dan sayur...apapun kondisinya masih ikut lebaran Kali ini bikin sendiri sebagai bentuk ganti yg wkt itu ga bebikinan sajian lebaran

Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ini sengaja berhenti di tahap kalio, dengan beberapa alasan. Selain karena suka kuahnya, juga karena bikinnya pagi dan udah mau berangkat ngantor πŸ˜„ Untuk garamnya, sebaiknya tidak usah terlalu banyak diawal, karena kuah akan menyusut. Kalio ini bisa juga buat stok sahur saat puasa ramadhan Simpan dalam wadah bertutup, dengan porsi sekali makan. Kemudian masukkan kedalam freezer. Jika akan dimakan saat sahur, keluarkan dari freezer saat malam hari, dan tinggal dipanaskan subuhnya. Kalau pakai microwave, pas subuh baru di keluarkan juga gpp 😊 #Cookpadcommunity_Kalbar #PejuangGoldenBatikApron #Week7 #IdeMasak

Rendang Resep Uniku

Rendang Resep Uniku

Di daerah asalnya, Sumatera Barat, rendang selalu identik dengan lebaran. Namun khusus lebaran Idul Adha, rendang malah dimasak sehabis lebaran, karena biasanya menunggu daging korban. Maka, bila berkeliling kampung sore setelah pelaksanaan korban, kita akan mencium aroma rendang di mana-mana. Ciri khas rendang adalah berwarna coklat tua, cendrung hitam, dan berminyak. Tidak terlalu sulit membuat rendang seperti itu, asal tahu triknya. Salah satunya adalah pemilihan kelapa, yang harus benar-benar tua. Ini resep Uniku, yang selalu bersemangat membuat rendang, walau dia sendiri tidak terlalu suka makan daging πŸ˜ƒ #PejuangGoldenApron3

60 potong
Β±4 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

sandy syansyan
Ayam rendang instan

Ayam rendang instan

Gak mau ribet masak2 tp pengen yg spesial , bumbu instan solusinya πŸ˜… saya kasih tambahan sedikit gula merah

Rendang daging idul adha

Rendang daging idul adha

Menu rendang kesukaan semua,tapi sayang gak pake Lombok kecil soalnya anak ikut makan

5 orang
30 menit
Ikan Kembung banjar bakar bumbu rendang

Ikan Kembung banjar bakar bumbu rendang

jadi suami aku suka banget sama ikan bakar terlebih kembung banjar,di bumbu rendang ya karena suami keturunan minang :) boleh di coba bun

2 porsi
45 menit
Rendang ayam bumbu indofood

Rendang ayam bumbu indofood

Lagi mager banget buat masak. Jadi masak pake bumbu instan tinggal tambahin sedikit bumbu deh.. Bismillah... Mari masak bun.

Rendang

Rendang

⏰2022.04.03⏰ Rendang adalah makanan khas Indonesia .. #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Mantul

Rendang Mantul

Berhubung kemaren idul adha banyak bgt daging, baiklah kita bikin rendang mantul request mama.. Sengaja foto masih diwajan biar lebih gregetπŸ˜πŸ˜‚ Selamat mencobaπŸ˜‰ semoga bermanfaat

2kg daging (mayan banyak)
2jam