Rendang jengkol jawa

Dipos pada February 6, 2022

Rendang jengkol jawa

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang jengkol jawa adalah 5-10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang jengkol jawa diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol jawa memakai 7 jenis bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol jawa:

  1. 2 kg jengkol tua
  2. 20 biji Cabe keriting
  3. 6 butir Bawang putih
  4. 6 butir Bawang merah
  5. secukupnya Jahe, kunyit, lengkuas, kayu manis, cengkeh
  6. Langkok(daun salam, daun jeruk, serai geprek
  7. secukupnya Santan kental

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol jawa

1
Rebus jengkol hingga mateng dan di geprek biar pipih Blender semua bumbu hingga halus Tumis hingga berbau harum dan mengeluarkan minyak Tambahkan langkok Masukkan jengkol yang sudah d pipihkan tadi Masukkan peyedap(masako /ajinamoto) gula merah, garam, sesuai selera Tambahkan santan kental Masak hingga santan menyusut
Rendang jengkol jawa - Step 1
Rendang jengkol jawa - Step 1
Rendang jengkol jawa - Step 1

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

3 orang
1 jam
Sate Rendang Bocilโค

Sate Rendang Bocilโค

Kisah ini adalah pengalaman pribadi,yg aku bagikan diajang Worldwide Egg Contest ini, dengan harapan dapat membantu para orang tua atau para ibu khususnya yg memiliki Bocil atau bocah kecil. Anak anak kadang banyak keinginannya tapi sulit menghabiskan makanannya dengan berbagai alasan,apalagi makanan tradisional.Kadang dianggap kurang hits,mungkin krn bukan makanan yg viral๐Ÿ™‚ Untuk memacu anak makan makanan yg bergizi dengan enjoy, penuh antusias kita perlu meramunya agar menjadi sesuatu yg tampil menarik... Mungkin kalian bisa mencoba caraku ini,agar anak2 makan menu dari bahan dasar yg sama,dengan sedikit kreativitas akan menghasilkan tampilan berbeda& menggugah anak ๐Ÿ˜ #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity #KreasiMasakanTradisional #MenuMenggugahAnak #KeepSafe&StayHealthy

Rendang Super Praktis

Rendang Super Praktis

Suami request minta dimasakin rendang, dengan mengarang bumbu akhirnya jadi rendang ala-ala. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat bumbu rendang ini modifikasi ala aku sendiri. Tidak bermaksud melenceng dari daerah aslinya ๐Ÿ™

Ayam bakar bumbu rendang simple

Ayam bakar bumbu rendang simple

Masak yg mudah dan bikin anak nafsu makan pada saat sahur

Rendang Vegan ala YG Kitchen

Rendang Vegan ala YG Kitchen

Sudah lama pengen bikin rendang tapi selalu ga jadi. Hari ini jadi dan rasa nya mantul enak. Cocok buat yg vegan mau pun tdk. Selamat mencoba ๐Ÿ˜„

2 org
2 jam
Rendang sapi ๐Ÿ„ (perdana bikin๐Ÿฅณ)

Rendang sapi ๐Ÿ„ (perdana bikin๐Ÿฅณ)

Diksh daging sapi sm sdra main terima2 ajj...bingung lah mau diapain...mau dbkin bakso mager...ehh ada yg mnt d bkin rendang peer GK tuh...buat yg gak bisa bkin remdang past peer ya ..tapi tak apalah ..kita coba ajj...kalo berhasil kan bisa jd lauk hehehe Yuk kita cerita bahan dan cara buat๐Ÿ‘‡

Rendang daging pedas

Rendang daging pedas

Resep terinspirasi dari resep - resep di cookpad, namun saya kolaborasikan sehingga resep ini mudah untuk pemula yang baru bisa memasak. Insyaallah enak dan gampang kalo ada kemauan wkwk

4 porsi
1jam
Rendang Kacang Panjang & Ebi

Rendang Kacang Panjang & Ebi

Ada stock kacang panjang, tp bosan didadar muluu.., kemarin coba di masak rendang ๐Ÿ˜‰ .. Ternyata Enakkk lhooo ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿคค menu hemat nih ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜š bisa utk akhir bulan ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ masaknya pun tdk butuh waktu lama ๐Ÿ˜‰ . Good Morning and ๐ŸŒˆ Happy Sunday ๐ŸŒˆ . #JelajahSayuranHijau #JelajahResepSayuranHijau #JelajahResep #PejuangGoldenApron3 #minggu28 #cookpadindonesia #cookpadcommunity_palembang #masakitusaya #kedapuraja

1 Porsi
15 menit
36. Rendang Minang

36. Rendang Minang

#PejuangGoldenApron3 Untuk setoran minggu ke 21 Daging kurban belum dimasak juga. Tak bikinin rendang aja. Ditambahi kentang biar makin banyak ๐Ÿ˜ Oh ya moms. Rendang ini saya buat tidak pedas ya. Karena memang saya sedang radang tenggorokan jadi gak boleh makan yang pedas pedas dulu yang berminyak juga ga boleh sebenarnya ๐Ÿ˜. Dan yang utama anak saya bisa ikut makan. Untuk menghasilkan rendang yang hitam seperti dari daerah asalnya sebaiknya menggunakan cabai rawit hijau. Tingkat kepedasan sesuaikan selera. Dan jangan pakai kunyit ya moms. Biar makin hitam si rendang. Dan masaknya itu pakai api kecil saja. Lama sih prosesnya tapi rendangnya bakalan empuk puk puk banget. Faktor empuknya rendang juga dipengaruhi cara memotong daging mom. Potong kotak dan melawan serat daging pasti dagingnya lebih empuk saat dimakan. Karena saya memang tidak mau pedas saya pakai lombok merah yang dibuang bijinya. Moms rendang ini semua bumbunya saya haluskan kaya daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Biar aromanya lebih nendang.

Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑู’, ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑู’ ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑู’ ู„ุงุงู„ูฐู‡ูŽ ุงูู„ุงุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ุงูŽูƒุจุฑ, ุงู„ู„ู‡ู ุงูƒุจูŽุฑููˆูŽูู„ู„ู‡ู ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏ udh tahun ke 2 lebaran dirumah sendiri.. Semoga Corona cepat musnah dan bumi kembali pulih. Amin Niat hati gak mau masak2. Pengen lebaran dirumah uti Akung Ivan didepok, kenyataan nya papahny harus absen onlen di hari raya idul Fitri. Akhirnya ke Depok nya malem setelah isya, krna absen pulang mulai dari jam setengah 6 sore ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ.. Dan gak mungkin kan kita mlongoo gak masak2 dan makan rendang, ketupat dll hahaha. Akhirnya papahny request minta rendang Hati Sapi mengenang masa lebaran dikampung katanya, Dalam fikiran apa rasanya masaknya bagaimana?? Untung aja ada cookpad segala macam resep ada disini ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Pas masak ini hati sapi bener2 syok dikira bakalan ancur lebur kaya bubur krna di masak terlalu lama. Ternyata enggak sama sekali justru malah makin kaku.. Alhamdulillah masak 1 kg jadi banyak bgt. Dan aku bawa ke Depok abis ludes karena banyak tamu yang Dateng. #PejuangGoldenApron3 #NabungResep

Sekeluarga
ยฑ 2 jam
Telur dadar bumbu rendang

Telur dadar bumbu rendang

Cara baru menikmati telur dadar. Cocok buat sarapan/bekel kerja,simpel dan cepet bikin nya Note: jangan kebanyakan ngasih garam di telur nya,soalnya nanti bumbu rendang nya udah asin

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Yuhu. Sini merapat mom yang pengen masak rendang tapi gak mau ribet... Yuk ikutin cara masak aku simpel dan yang pasti ikmat bgt gak kalah deh sama rendang" di nasi padang hehe.. Yuk buat sendiri di rumah

5 orang
2 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Assalamualaikum Cookpaders Dapet dm dari mamah cp nih, agar mengolah ulang sisa makanan kemaren menjadi hidangan yang lebih enak lagi #DibuangSayang #PosbarIdaman Cuss,, semangat ahh , karena ke inget masih ada rendang sisa yang disimpen di frezer , dibikin nasi goreng aja, Ternyata enak ya ๐Ÿ‘Œ, dan kel.suka ๐Ÿ˜๐Ÿ‘ Source : @muutiaa #Babako_MaolahBaliak #Cookpadcommunity_Sumbar #ResepWongKito #WongKito galo #Cookpadcommunity_Palembnag

2 porsi
15 menit
Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang ini dibuat karena lagi malas masak setiap hari so rendang istimewa ini recommend karena awet dan cocok juga buat orang yg travelling sebagai bekal dalam perjalanan (biar g jajan di luar)โ˜บ

6 porsi
1 jam
Rendang bumbu instan praktis

Rendang bumbu instan praktis

26042021 Masih ada stok bumbu instan didapur. Kebetulan juga sdh lama gak masak rendang. Okelah belanja daging sapi 3 ons saja cukup.. #GA_thenextlevel #Cookpadcommunity_bojonegoro

Ayam Rendang Anti Gagal

Ayam Rendang Anti Gagal

Tiba2 aja pengen makan rendang ๐Ÿ˜ค๐Ÿคค

4 orang
60 menit
Rendang bumbu instan

Rendang bumbu instan

Daging sapi beku udah lama di freezer. Jadilah di eksekusi. Tapi saya lagi maless ngulek, akhirnya beli bumbu instan dan tinggal plung ajah ajah. #cookpadcommunity_depok

4-7 orang
30-40 menit
Rendang Telur, Kentang simple

Rendang Telur, Kentang simple

Rendang adalah Bumbu khas Indonesia yg sudah dikenal seluruh dunia. Sekarang banyak dijual Bumbu Rendang Instant. Ini cara cepat masak Rendang Telur praktis dengan bumbu Rendang Instant. #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

5 porsi
30 menit