Jengkol rendang bumbu padang

Dipos pada February 6, 2022

Jengkol rendang bumbu padang

Anda sedang mencari inspirasi resep Jengkol rendang bumbu padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Jengkol rendang bumbu padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Jengkol rendang bumbu padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Jengkol rendang bumbu padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jengkol rendang bumbu padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jengkol rendang bumbu padang memakai 13 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Selalu penasaran dengan masakan yang satu ini. Biasanya saya beli bumbu jadi di pasar. Nah beberapa bulan lalu saya bertemu dengan nenek nenek tukang masak untuk pesta. Beliau lagi masak rendang daging di rumah sepupu saya. Jadi sekalian saya tanya bumbu rendang jengkol Khas padang dan bumbu rendang daging andalan si nenek. MaasyaaAllah beliau dengan senang hati membeberkan bumbu masakan yang selama ini di pakai. Kali ini akan saya praktek kan resep dari si nenek. Memang qadarullah beliau asli dari padang, tepatnya di daerah mana saya lupa.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jengkol rendang bumbu padang:

  1. 250 gr jengkol mentah
  2. Bawang merah
  3. Bawang putih
  4. Jahe
  5. Lengkuas
  6. Ketumbar
  7. Sereh
  8. Cabe merah
  9. Daun kunyit daun jeruk
  10. Kelapa gongseng
  11. Santan
  12. Minyak goreng untuk menumis
  13. Garam dan penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Jengkol rendang bumbu padang

1
Haluskan semua bahan kecuali daun kunyit dan daun bawang. Untuk kelapa gongseng sisihkan dulu
Jengkol rendang bumbu padang - Step 1
2
Jengkol yang sudah di rebus hingga lunak kemudian di pukul sampai sebagian sisi jengkol merekah. Sisih kan
Jengkol rendang bumbu padang - Step 2
3
Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya sampai harum kemudian masukkan daun jeruk dan daun kunyit yang telah di iris halus
Jengkol rendang bumbu padang - Step 3
Jengkol rendang bumbu padang - Step 3
4
Aduk rata, jika bumbu dan minyak sudah tidak menyatu masukkan jengkol rebus tadi. dan aduk rata
Jengkol rendang bumbu padang - Step 4
Jengkol rendang bumbu padang - Step 4
5
Masukkan santan. Dan tunggu sampai mendidih. sambil di aduk aduk ya
Jengkol rendang bumbu padang - Step 5
6
Tambahkan garam dan penyedap rasa. Tunggu lagi sampai santan menyusut dan agak kental. Kemudian masukkan kelapa gongseng. Aduk kembali sampai kental
Jengkol rendang bumbu padang - Step 6
Jengkol rendang bumbu padang - Step 6
7
Nah, saya suka rendang jengkol yang seperti ini. Tidak terlalu berkuah dan tidak kering. Bumbunya juga berserat dan terlihat cantik sekali
Jengkol rendang bumbu padang - Step 7
8
Matikan api dan siap di santap. Saya juga buat dadar telur ala rumah makan padang. Cek di resep saya ya. Happy cooking
Jengkol rendang bumbu padang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

#90 Rendang Jengkol

#90 Rendang Jengkol

Peringatan: Masakan ini berbahaya. Tips mengurangi bahaya rendang jengkol: 1. Jangan masak nasi banyak-banyak 2. Jauhkan rice cooker dari tempat Anda duduk makan πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

Rendang telur asli padangπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Rendang telur asli padangπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Pasti banyak yg suka dengan yg nama nya rendangπŸ˜πŸ˜‹tp sekarang yg di bikin bukan dari daging tp telurπŸ€­πŸ˜†πŸ˜†tp rasanya mantul juga loh momπŸ˜πŸ˜πŸ˜‹

1 keluarga
30 menit
Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Biasanya nih, buat rendang pakai daging sapi. Tapi,kali ini pengen buat menu diet yang enak, jadi daging sapi diganti dengan daging dada ayam, santan diskip dan tambahan rempah-rempah juga diskip. Gimana hasilnya ya...taraaa, mmm nggak kalah enak deh pokoknya dengan rendang daging sapi. Kalo menu dietnya gini, jadi betah deh buat diet. Eh, tapi kok makannya pakai nasi putihnya nambah melulu nih, ckckck. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #KulaEtamCocok

5 orang
1 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Pengen banget makan nasi Padang, tapi kl beli cuma sekali makan. Akhirnya searching resep rendang yg SIMPLE πŸ™‚πŸ™‚ klik sama resep yg dishare @Ernisafitri dan jadilah ini ❀️ dengan modifikasi ala aku 😁

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

6 orang
2 jam
72πŸ’ Rendang

72πŸ’ Rendang

wktu bkin ini awal nya jadi kayak.... opor πŸ˜‚ trus coba di bumbu i lagi biar jd rendang wkwk nanya sama temen yg foodizt banget meski ga pernah nyentuh dapur... untng nya saran doi berguna πŸ₯° thanks foodizt sejati emg kamuh 😘 bumbu putihku : - 1 kg bawang merah - 400 gr bawang putih - 200 gr kemiri source : xanders kitchen πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ happy recook! πŸ₯˜

3 orang
3 jam
"Rendang daging"πŸ˜˜πŸ‘β€οΈ

"Rendang daging"πŸ˜˜πŸ‘β€οΈ

Terinspirasi menu rendang bunda Dara Home Cooking, ada berberapa bahan saya skip dan ada tambah juga bumbu lain 🀭🀭makasih bunda makyosπŸ˜˜πŸ‘β€οΈπŸ‘ #RecookMenyadik #DutaRecookberaksi #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

1 mangkok
45 menit
47. Rendang Frozen

47. Rendang Frozen

Depok, 03 April 2022 Bismillahirrahmanirrahim.. Ingin buat rendang, tapi malas ngeracik bumbunya. Akhirnya beli bumbu jadi yang fresh di uni langganan. Alhamdulillah... Perlahan tapi pasti tercium juga aroma rendang yang kuat. Walau lama waktunya, tapi puas karena sang rendang terlihat cantik dan menggoda ... Tinggal masukkan ke wadah untuk di Frozen. Alhamdulillah bertambah foodprep nya. #RamadanCamp_Misi4

4 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Mau makan rendang g harus pakai daging sapi ya bunda karena pakai ayampun g kalah enak kokπŸ˜€ jadi kita tetap bisa menikmati rendang favorit deh #DiRumahAja #CookpadIndonesia #olahanayam #masakanrumahan #rendangayam

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

resep ini terinspirasi lagi dari devina mci πŸ₯° mirip bgt sama rendang yg dijual di rm padang 😁😁 makasi devina resepnya πŸ₯°

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Saya tinggal di Davao, Filipina. Bumbu bumbunya terbatas😊 Mau makanan lokal takut, Krn bnyak yg ga halal. Jdi nyobain dh bikin rendang biar ga bosen menuπŸ˜€πŸ˜‹ #baru sekarang turun ke dapur, di Indonesia jarang2πŸ€­πŸ˜…

8 porsi jumbo
2,5 jam
Rendang Kalio Suir Frozen

Rendang Kalio Suir Frozen

Udah ke 3 kalinya ini sy upload resep rendang kalio ala ala saya, pas banget mau puasa jadi sekalian stock buat tabungan di freezer. Bikinnya gak dibikin ribet sama sy walaupun caranya jauh dari proses masak dari daerah asalnya yang penting keluarga suka, udah itu aja yang penting πŸ˜€. Saya suka bikin yang disuir biar gampang makannya, aduk aduk dengan nasi panas mantep banget plus tambahan serundeng bikin wangi dan makin gurih. Saya biasa bikin 1 kg utk 3 kali makan, jadi setelah matang saya packing menjadi 3 bagian, di tulis di plastik tanggal pembuatan nya lalu masukkan freezer deh, jadi aman kalo kepepet gak punya lauk dan mager masak, tinggal di cairkan, hangatkan dan sajikan. Untuk dagingnya saya gunakan daging semur yang agak berlemak karna anak anak sukanya yang ada genyil genyilnya kalo dimakan kalo pakai daging utk rendang malah berasa daging semua katanya. #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bogor #RamadanCamp_Misi4

1 kg
Martabak Rendang

Martabak Rendang

Sejak bisa bikin martabak sendiri, saya jarang bikin martabak pakai kulit beli, karna menurut saya lebih cepat masaknya, kalo pake kulit beli itu kan nggorengnya satu2.Lama. Biasanya sih bikin buat makan malam. Jadi pulang kerja bikin kulit trus direndam, nanti hbs maghrib dieksekusi. Kali ini bikin buat sarapan, supaya bisa difotoπŸ˜‚ Saya melebarkan kulitnya pakai rolling pin, lebih mudah dan cepat menurut saya daripada ditarik2. Kan ini elastis banget kan yah. Trus waktu mau meletakkan kulitnya ke atas pan, pan nya saya angkat dulu dari kompor, taruh di meja lalu letakkan kulitnya diatas pan. Soalnya kulitnya lebih lebar dibanding pan nya πŸ˜‚. Setelah diberi isian dan dilipat rapi baru di letakkan di atas kompor. Wajib coba ini..enaaak dan ekonomis banget dibanding beli πŸ˜€

16. Rendang Ayam Kampung Khas Minang

16. Rendang Ayam Kampung Khas Minang

Pas kuliah bener2 harus pake bahan alami dan ga boleh instant food (bahkan sampe ke bahan bumbu) jadi mau gamau dulu sering banget lecet gara2 marut kelapa dan capek meres kelapa, tapi jadi kenangan sendiri pas jaman kuliah hahaha. Sekarang begitu udah kelar bisa pake santan dari @karasantan.id meskipun santan instant tapi tetap terjaga authentic cita rasa dari kelapa itu sendiri. Nah ini resep andalanku waktu ujian praktek dulu, cobain kuy! Legggoo~ β€’ #markobar_makanantradisional

5 orang
1 jam
Rendang Vegan ala YG Kitchen

Rendang Vegan ala YG Kitchen

Sudah lama pengen bikin rendang tapi selalu ga jadi. Hari ini jadi dan rasa nya mantul enak. Cocok buat yg vegan mau pun tdk. Selamat mencoba πŸ˜„

2 org
2 jam
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ngerendang-rendang ngirit yah .. rendang ayam. Tambah kentang makin mantab, lebih kenyang nih 😁 Asal bumbu bisa meresap, pasti tetep enak.... Trimaksih mbak @fitrisasmaya yg sdh menginspirasi bgt pokoknya πŸ™ ... Bumbunya agak dilengkapin karna dah beli racikan bumbu limaratusan itu (ada kapulaga, jinten, cengkeh dan kayu manis),,, tinggal ngalusin.. #LihaiCooksnapNov_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

5 orang
3 Jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Sebagai salah satu bekal yang mau dibawa untuk piknik, karena termasuk makanan yg tidak gampang basi kalo dikeringkan.. Bismillaahirrohmaanirrohiim sebagai resep pembuka sebagai pejuang golden apron batik #PejuangGoldenBatikApron

4 jam