Rendang jengkol

Dipos pada February 7, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saorce;@jezzyangelia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 400 gr jengkol
  2. 3 saset santan bubuk
  3. 2 sdm kecap
  4. secukupnya Garam, gula penyedap
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 1 ruas lengkuas geprek
  7. 1 batang sereh geprek
  8. 2 lembar daun salam
  9. Bumbu halus
  10. 10 buah cabe rawit
  11. 15 buah cabe kriting
  12. 10 siung bawang merah
  13. 5 siung bawang putih
  14. secukupnya Air
  15. secukupnya Minyak

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Siapkan bahan. Rebus jengkol sampai empuk. Kurleb 1 jam dengan api kecil.
Rendang jengkol - Step 1
Rendang jengkol - Step 1
Rendang jengkol - Step 1
2
Setelah dirasa empuk, kupas jengkol dan belah belah kemudian geprek satu per satu jengkol, Jangan terlalu keras pas di geprek, syarat aja biar jengkolnya pipih (Biar nanti saat memasak bumbu meresap)
Rendang jengkol - Step 2
Rendang jengkol - Step 2
Rendang jengkol - Step 2
3
Tumis bumbu halus sampai harum, setelah harum masukkan bumbu pelengkap, lalu masukkan air dan jengkol, aduk terus hingga merata.
Rendang jengkol - Step 3
Rendang jengkol - Step 3
Rendang jengkol - Step 3
4
Masukan santan secara perlahan, aduk terus hingga mendidih agar santan tdk pecah.Jika sudah mendidih, masukkan garam, gula, kecap, penyedap rasa.
Rendang jengkol - Step 4
Rendang jengkol - Step 4
5
Aduk dan kecilkan api agar bumbu meresap, tunggu sebentar hingga air menyusut, aduk lagi hingga di rasa sudah pas.
Rendang jengkol - Step 5
Rendang jengkol - Step 5
6
Selamat menikmati dengan nasi hangatπŸ’–πŸ’–

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Minang

Rendang Minang

Salah satu yg membuat rendang minang enak adalah ampas nya (blondo).. cekidott yaaa...

2 jam
Rendang Pedas

Rendang Pedas

Semoga resepnya bisa bermanfaat ya bunda, masak rendang gak pake lama, dijamin daging pun empuk. Jangan lupa tag ke IG aku juga ya bun @cicianjar07

10 orang
2 jam
Rendang Padang ala nenek jai

Rendang Padang ala nenek jai

Resep ini resep nya mama saya, mama saya bilang tiap orang bikin rendang,.itu rasanya pasti ga ada yg sama,walau namanya rendang tapi rasa pasti berbeda...

4-5 orang
3- 4 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Assalamualaikum Cookpaders Dapet dm dari mamah cp nih, agar mengolah ulang sisa makanan kemaren menjadi hidangan yang lebih enak lagi #DibuangSayang #PosbarIdaman Cuss,, semangat ahh , karena ke inget masih ada rendang sisa yang disimpen di frezer , dibikin nasi goreng aja, Ternyata enak ya πŸ‘Œ, dan kel.suka πŸ˜πŸ‘ Source : @muutiaa #Babako_MaolahBaliak #Cookpadcommunity_Sumbar #ResepWongKito #WongKito galo #Cookpadcommunity_Palembnag

2 porsi
15 menit
Rendang

Rendang

sampai kering
Rendang Daging Sapi Gampang Banget

Rendang Daging Sapi Gampang Banget

Baru pertama kali bikin rendang, dan enak sekali. Resep ini terinspirasi dr resep rendangnya mbak andin's kitchen dg sedikit modifikasi. Hehe. Resepnya paten!! Bu ibuu, ini rasanya kaya rendang2 di restoran masakan padang. Sederhana mah lewat pokoknya mah. Jadinya ga sederhana lagi πŸ˜† Saya simpan di freezer sudah 1 bulan, dan rasanya makin enakkkk

6-7 jam
Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Minggu ke 20 Golden Apron The Next Level (resep 6 >>> 18 Oktober 2020) Source : ambarshaf dengan modifikiasi beberapa bumbu (ada yang saya skip dan tambahkan) Untuk kentang ga dibuang kulitnya selain membuat kentang ga gampang hancur, kulitnya juga enak dimakan karena udah empuk bercampur bumbu. Manfaatnya juga banyak untuk kesehatan, karena kulit kentang mengandung vitamin C. Jadi ga ada bahan yang terbuang dari kentangnya . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #rendangpadang #rendangdaging #MasakSetiapBagian #WeekendChallenge #CookpadCommunity_Bandung #BandungArisanRecook4_ambarshaf #cocomba #authorsbandunghebring

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Tiba-tiba anak gadis kami minta rendang, β€œ Ibu, adek pengen maem rendang, tapi maunya bikinan ibu”. Ya udah akhirnya ... Alhamdulillah rendangnya enak, gurih...

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Ngeliat org pada jual jengkol jadi pengen bikin deh....

10 orang
60 menit
Nasgor rendang sisa

Nasgor rendang sisa

Pas banget dapet surat cinta dari mamah cookped, kebetulan kmrn bikin rendang dan hari ini masih ada sisa bumbu dan beberapa potong daging nya. Ganti suasana lah πŸ˜€ kebetulan juga msh ada nasi sisa semalem yuk lah otw dibikin nasgor pasti enakπŸ€”, dan ulala jadilah nasgor yg super endul berbumbu banget 😘😘. Jadi suka suka suka❀🍽 #DibuangSayang #PekanPosbar #PosbarIDAMAN #MasakDenganHati #PPKM #DirumahAja

Rendang daging KW (Jantung Pisang)

Rendang daging KW (Jantung Pisang)

Source : Erny Sulistyowati (Pawon Erny) Mencoba sesuatu yg baru, kalau biasanya jantung pisang dibiarin gt aja, gmn kalau jantung pisang dibikin rendang? Lhah Emang bisa πŸ˜…?bisaaa donk pke resepnya mba @ErnySulistyowati setelah dicoba ternyata enak juga, enak banget malah πŸ˜‹πŸ˜‹. G nyangka kan? Yuk cobain kita #MasakSetiapBagian ❀ sekalian kita #Rekreasi_Semarang ke rumah mba erny πŸ˜„. Cuss ini resepnya ❀ #Semampir_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Nih Kalio at rendang ya,pokok ny gitulah,tak pakai kelapa parut tp bumbu rendang pake

Rendang Bumbu Sasa Praktis

Rendang Bumbu Sasa Praktis

Pingin rendang, ada daging yg sdh siap dimasak. Saya biasa menyimpan daging yg sdh di presto, jd suatu saat mau masak tinggal dikeluarkan dr kulkas sehingga efisien waktu. Cukup 30 menit rendang siap dinikmati #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #AnekaOlahanDagingSapi

relatif
30 menit
Ayam rendang instan

Ayam rendang instan

Gak mau ribet masak2 tp pengen yg spesial , bumbu instan solusinya πŸ˜… saya kasih tambahan sedikit gula merah

Rendang kelapa goreng / sangrai

Rendang kelapa goreng / sangrai

Ini resep berikutnya rendang ala kakak ku. Yang mana selama ini keluarga kami hanya menikmati tanpa harus susah susah membuat. Dan kali ini buatan ku sendiri, dengan resep beliau pastinya 😊. Trimakasih #KAKAK β€πŸ€— #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3

Rendang Burung Puyuh

Rendang Burung Puyuh

Meramaikai sematak tema dr mba @Imas,, Maafkan aku yah nengmin2 dan mba imas,agak sedikit telat ngepost resepnya😘😘 Rendang,,syapa sih yg ga suka rendang,kuliner nusantara yg 1 ini emang paling juara rasanya.Aroma rempah2 yg kuat emang bener2 menggugah selera.Apalagi rendang sudah diakui dunia menjadi kuliner warisan indonesia yg beneran juara deh pokoknya.X ini mencoba ngerendang si burung puyuh,dan ternyata beneran deh enak.Sengaja ga dipotong2 ya burung puyuhnya,karna ukurannya ga terlalu besar,dan dimasak dalam waktu yg lama jdi walau ga dipotong bumbunya beneran meresap sampai kedalam. #KulinerNusantaraku #Semarak_KulinerNusantaraku #CookpadCommunity_Merauke #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #PejuangGoldenApron3 #GA3_Week21

Rendang Telur ceplok

Rendang Telur ceplok

Lama nggak masuk dapur nih, bongkar kulkas ada sisa rendang, yang dagingnya udah pada raib πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ alias tinggal kuahnya. Tuing.. Tuing... Nemu ide bikin telur ceplok aja dibalurin rendang. Naah ..Ini salah satu cara kita agar terbebas dari dari makanan mubazir yaa.. Dan rasanya hatiku seketika menjadi merasa merdekaπŸ’ͺπŸ’ͺ merdeka dari rasa bersalah buang-buang makanan 😁 #AR_Merdeka #cookpadcommunity_kalteng