Rendang jengkol

Dipos pada February 7, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 17 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Nih Kalio at rendang ya,pokok ny gitulah,tak pakai kelapa parut tp bumbu rendang pake

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 50 bj Jengkol tua,kira2
  2. Bumbu :
  3. 8 bji Bawang merah
  4. 5 siung Bawang putih
  5. Lengkuas sejempol kaki
  6. 2 jempol Jahe
  7. 3 cm Kunyit
  8. 1,5 ons Cabe merah, ini sesuka ya
  9. 8 btr Kemiri
  10. 7 lbr Daun salam
  11. 5 lbr Daun jeruk
  12. 3 btg Serai
  13. Bumbu rendang halus 1 sdm dan campur 2 sdm ketumbar halus
  14. Santan kental dr 2bj kelapa tua
  15. secukupnya Santan cair, bilasan dari kelapa parut yg td
  16. 2 sdm Gula merah
  17. Garam,penyedap

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rebus jengkol hingga 15 menit,dengan serai,lalu buang kulit Ari nya cuci bersih lalu gepuk2 hingga melebar lalu cuci bersih dan rebus 1 kali lagi selama 10menit dg daun salam buang airnya
Rendang jengkol - Step 1
Rendang jengkol - Step 1
2
Haluskan bumbu,kecuali daun2,lalu tumis sebentar masukan daun2 jengkol n santan cair dulu,gula merah,garam,pyedap di ungkep gitu sampai agak kering lalu tuang santan kental dan masak hingga kering

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang

Rendang

sampai kering
Rendang Ati Ampela Buncis

Rendang Ati Ampela Buncis

Sulungku request dimasakin rendang, dan dia suka sama ati ampela. Pas di kulkas ada stok ati ampela dan buncis, masih punya stok bumbu rendang instan. Sekalian aja buat Cooksnap Admin mba Bunna @alaBunna pas banget pekan kemarin cookmark resep rendang bumbu instan nya mba Bunna... setor Cooksnap rendang nya ya mba.. apapun bahannya dimasak rendang tetap enakkkπŸ€€πŸ‘ Source: @alaBunna #GenkPejuangDapur #CooksnapAdminGenkPeda #CooksnapAdmin_Bunna #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #olahanatiampela

30 menit
Rendang Tahu & Daging Bites

Rendang Tahu & Daging Bites

Assalamualaikum moms....ini kenapa namanya daging bites??? Krn pak suami motongin dagingnya kekecilan alian sekali gigit nanti rendang nya πŸ˜” alesanya ini nanti yg maem dah pd kakekΒ² jd ndak alot katanya....yo wes lah whatever πŸ˜‚. Dan kenapa dikasih tahu, karena saya tdk suka segala macam daging merah jd emak makan rendang tahu aja πŸ˜…...oh iya di sini rendangnya gak pedes bgt krn orang jogja sukanya cenderung gurih manis, ya udah lombok kasih dikit aja

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

2-3 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Assalamu'alaikum Akhirnya udah bisa bikin rendang sendiriii πŸ₯³πŸ₯³ biasanya cuma bantu2 buat santan, atau sekedar ngaduk2 sebentar. Tapi karna kemarin si emak lagi ada kerjaan yang lain, jadilah diriku yang bikin rendang sendiri, dari awal masih santan sampai jadi rendang. Btw, ini bikin rendangnya di tungku kayu. Karna udah kebiasaan dari dulu-dulu bikinnya di tungku kayu. Biar berasa gitu perjuangannya 🀭 Btw lagi ini rendangnya udah dibikin dari H-1 puasa yaa. #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein

Nasgor Rendang

Nasgor Rendang

Kebetulan pagi inii punya sisa nasi kemaren dan sisa bumbu rendang... Jiwa emak2 pun akhirnya keluar juga, dan jadilah nasgor yg bikin rebutan org rumah... #PosbarIdaman #DiBuangSayang #Barapi_Manjuhu #PPKM_Kalteng #CookpadCommunity_Kalteng #ByV

Rendang Nendang

Rendang Nendang

Tampilan masih kurang jika dibandingkan dengan rendang khas Padang. Ada beberapa bumbu yang blm dimasukkan krn pas gak ada dirumah. Bisa ditambahkan kapulaga & jinten untuk rasa yang lebih kuat. Cuman yang ini juga sudah membuat nasi sebakul habis. Dijawa rendang seperti ini rasanya. Kalau kita ke RM Pagi sore rendang rasanya sedikit lbh rempah lagi. Mungkin karena beberapa bahan ada yg terskip karena dirumah tak ada. Selamat mencoba & bakal menghabiskan sebakul nasi nantinya. Jangan lupa follow IG & tiktok @aldians.kitchen

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Assalaamu'alaikum Resep kali ini adalah rendang ayam. Meski masaknya agak lama tapi terbayar dengan rasanya yang mantap pedas gurih + daging ayamnya yang empuk, maa syaa Allah. Saya tambah dengan 1 sachet bumbu rendang instan karna dalam bumbu instan tersebut bumbunya lebih lengkap. Ini dia resepnya... Semoga bermanfaat..

relatif
1jam 30menit
Rendang ala Bantul

Rendang ala Bantul

Idul Adha Dapat daging sapi Dan karena suka banget sama rendang Coba buat rendang sendiri

Burger Rendang

Burger Rendang

Pengen burger tapi dibuat spesial: burger lokal pakai daging rendang dan sayur bayam. Bagi saya ini pas banget buat lidah nusantara saya yang sangat lokal. Juga lebih sehat karena pakai daging dan sayur segar. Sausnya tetap saus burger homemade. Sila coba untuk membuktikan. Semacam menu rumah makan padang dipindah ke piring burger... πŸ˜„

4 pcs
45 menit
Resep rendang jengkol

Resep rendang jengkol

diksh mertua jengkol. suami yg suka

4org
1 jam
Rendang Telur

Rendang Telur

Berawal dari rasa penasaran ada seorang teman bekerja di rumah makan di Jogja. Suatu ketika melihat postingan teman menu2 tempatnya bekerja. Ada satu menu yang mencuri perhatian "Rendang Telur". Rendang tapi kok kayak keripik (kupun membatin) kucari2 resep rendang telur, ternyata itu makanan khas Minang (klo gak salah) dan kupun memilih me-recook resep dari mba @tiek212 dan ternyata ini enak, kriuk renyah kayak krupuk. Dan inilah resepnya.. #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokyahokye #RamadanCamp #KeringKentangKacang #semangcook_keringan #PejuangGoldenBatikApron

Rendang daging kentang

Rendang daging kentang

Sumber : @Puteri Kembar

Rendang Instan Tanpa Daging

Rendang Instan Tanpa Daging

Edisi masak simpel dan murah 1 pack bumbu rendang bisa jd 2 masakan, 1 rendang, satunya lagi martabak asin. Cocok nih buat anak rantau yang gaboleh mudik lebaran.. Bahan gampang dibeli di toko online, masaknya pun gampang banget, cuma satu level lebih sulit daripada bikin mi instan πŸ˜‚πŸ˜‚ #PekanPosbarSayurLebaran