Rendang Ayam

Dipos pada February 1, 2022

Rendang Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam memakai 25 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah Dirumah saya biasanya bikin rendang selalu daging sapi tapi kali ini saya coba dengan daging ayam. Alhamdulillah, ternyata tidak mengecewakan, enak banget dan layak masak ulang 😍🤤. Rempah bumbu yang dipakai saya dapatkan referensinya dari cookpad, website dan kanal youtube, rata-rata sama saja sih tinggal takarannya yang disesuaikan. #godainramsay_1 #godapaders_2022 #godaramadhan #komunitaspaders #pejuanggoldenbatikapron #cookpadindonesia #GBAku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam:

  1. 700 gr ayam, potong 6 bagian
  2. 50 gr kelapa parut
  3. 400 ml santan kental
  4. 1 sdm air asam jawa (kl punya asam kandis lebih baik)
  5. Secukupnya Garam dan kaldu bubuk
  6. Bahan bumbu
  7. 4 siung bawang putih
  8. 10 buah bawang merah
  9. 10 buah cabe merah keriting
  10. 6 butir kemiri
  11. 1/2 ruas telunjuk kunyit
  12. 1 ruas telunjuk jahe
  13. 1 jempol lengkuas muda
  14. 1 batang sereh
  15. 1 lembar daun kunyit segar
  16. 1 lembar daun salam segar
  17. 2 lembar daun jeruk segar
  18. 1/2 sdm ketumbar
  19. 1/2 sdt merica
  20. 1/4 sdt jinten
  21. 3 cm kayu manis
  22. 2 butir cengkeh
  23. 1/2 kuntum bunga lawang
  24. 1 butir kapulaga
  25. 1/4 sdt pala

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam

1
Sangrai kelapa parut sampai kecoklatan. Sebagian di blender halus nanti di tumis bersama bumbu.
Rendang Ayam - Step 1
Rendang Ayam - Step 1
2
Blend sampai halus semua bahan bumbu dan sebagian kelapa sangrai.
Rendang Ayam - Step 2
Rendang Ayam - Step 2
3
Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus sampai matang dan wangi. Masukkan ayam aduk-aduk sampai terbalur.
Rendang Ayam - Step 3
Rendang Ayam - Step 3
4
Tuang santan kental dan air asam jawa. Masak sambil sesekali diaduk sampai kuah menyusut. Setelah kuah tinggal setengahnya masukkan garam, kaldu bubuk dan kelapa sangrai. Masak kembali, ditahap ini sering-seringlah mengaduk supaya tidak gosong di bagian bawah. Masak sampai mengental. Koreksi rasa, matikan api.
Rendang Ayam - Step 4
Rendang Ayam - Step 4
Rendang Ayam - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Sapi 🐮 ••• Ceritanya daging dari qurban kemarin masih ada dan belum diolah, udah disimpan di freezer seminggu. Kita coba eksekusi buat diolah daging rendang, Alhamdulillah jadi setelah 2 jam nungguin akhirnya mateng juga🥲 Mau dicoba moms? recooked ya dan share hasilnya dicookpad aku 🥰 • • • #cookpad #cookpadindonesia #rendang #dagingsapi #olahandagingsapi #rendangsapi #rendangkentang #resephariini #resepmasakan #reseprumahan #resepnusantara #makananpadang

5 orang
2 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Prosesnya lamaaaa sekali , pertama kali masak jengkol tapi sebanding sama rasanya sih wkwkwk 🤣

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Enak walau tanpa santan, mungkin karena bumbu rempahnya yang berlimpah jadi rasanya gurih. Kemudian ada aroma daun jeruknya yang segar. Saya panggang di oven saja karena saya lagi malas panggang di wajan teflon karena harus nungguin dan bolak balikin ayamnya hihii.. 🤭 Saya alasi loyangnya dengan alumunium foil tujuannya biar ayamnya ga lengket di loyang dan ga berat nyuci loyang bekas kerak panggang ayam hihii ketahuan malasnya mah klo ini.. 🤭 #IdeMasak #CookpadCommunity_Bogor

Rendang sapi Jawa

Rendang sapi Jawa

Kembali lagi inget masakan alm. ibu... Coba masak sendiri walau masih kalah rasanya dengan masakan beliau

4 orang
2 jam
Kalio Daging Sapi (Rendang Basah)

Kalio Daging Sapi (Rendang Basah)

Maaf kalau gak proper, yang masak orang dayak😁

4 jam
Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Minggu ke 20 Golden Apron The Next Level (resep 6 >>> 18 Oktober 2020) Source : ambarshaf dengan modifikiasi beberapa bumbu (ada yang saya skip dan tambahkan) Untuk kentang ga dibuang kulitnya selain membuat kentang ga gampang hancur, kulitnya juga enak dimakan karena udah empuk bercampur bumbu. Manfaatnya juga banyak untuk kesehatan, karena kulit kentang mengandung vitamin C. Jadi ga ada bahan yang terbuang dari kentangnya . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #rendangpadang #rendangdaging #MasakSetiapBagian #WeekendChallenge #CookpadCommunity_Bandung #BandungArisanRecook4_ambarshaf #cocomba #authorsbandunghebring

Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

Masakan jengkol yg maknyus pedes gurih mantap dgn aroma rempah kayu manis yg sedap, makan jengkol beli jadi kurang selera dgn rasa banyakan masak semur, jadi kali ini masak sendiri dan jadi makan lebih puas.. Eh suami suka jadi ada temen ngabisin ini 😁😆

4 kali makan
60 menit
Rendang Bumbu Instan

Rendang Bumbu Instan

Kangen nge-Rendang, tapi mau yang simpel tapi tetep enak. Coba pakai bumbu rendang instan Indofood dan tambahan bumbu yang lumayan. Hasilnya, 🤤🤤🤤. MasyaAllah, ❤️❤️❤️ #OlahanDagingIhda #RendangIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Mau makan rendang g harus pakai daging sapi ya bunda karena pakai ayampun g kalah enak kok😀 jadi kita tetap bisa menikmati rendang favorit deh #DiRumahAja #CookpadIndonesia #olahanayam #masakanrumahan #rendangayam

Rendang bundo

Rendang bundo

Ga afdol kalau ngakunya orang padang ga bisa masak rendang. Sekalian permintaan anak² yang komplain kangen rendang. Yuk disimak mam 😉

Rendang ayam pedas ala mama 3A

Rendang ayam pedas ala mama 3A

Pak suamik lagi dirumah, cuss masak menu kesukaannya. Rendang ayam... Sebenernya si doi suka rendang daging sapi, cuma karna dirumah adanya ayam..yasudah kita ganti saja dengan daging ayam 😋🙏.

4 orang
1 jam
Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

Baru tau nih dari mami @desfita_rozzen kalo rendang tuh bukan cuma ada dipadang tapi jg ada di aceh... Pebedaannya dalam penggunaan rempah² rendang padang lebih banyak rempah²nya sedangkan rendang aceh menggunakan daun pandan dan bumbu sederhana, tapi rasanya tidak kalah enaknya dan ada khas bau wangi pandan... #iduladhawongkito #resepwongkito #wongkitogalo #kampungidaman #posbarIdaman #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookpad_id

5-6 orang
60 menit
Nasgor Rendang

Nasgor Rendang

Kebetulan pagi inii punya sisa nasi kemaren dan sisa bumbu rendang... Jiwa emak2 pun akhirnya keluar juga, dan jadilah nasgor yg bikin rebutan org rumah... #PosbarIdaman #DiBuangSayang #Barapi_Manjuhu #PPKM_Kalteng #CookpadCommunity_Kalteng #ByV

Rendang by Wiliam Wongso

Rendang by Wiliam Wongso

Bikin rendang kemaren untuk stock bekal anak , resep ini bisa tahan lama kalau dikeringkan

4 porsi
3 jam
Rendang pedas mampus

Rendang pedas mampus

pecinta pedas,jadi masak apapun harus pedas,dan sekarang resep rendang pedas,pecinta pedas yuk mari kita masak bersama dengan resep rendang pedas dariku

6-8 ORANG
5 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Masih seputaran ipar ya ceritanya...lagi masak yang dia pingin selagi dirumah

7 orang lebih
30 menit
Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

Bismillah.. Punya stok Hati sapi belum di apa2in, masih ngadem di freezer. Kepikiran dibikin Rendang, meng-adaptasi dari resepnya mba Michico Octavian 😘😘 mumpung masih punya kentang mini juga. Yukk lahh, di excusi 💪😃 #PejuangGoldenApron3

Ayam rendang

Ayam rendang

4 porsi
-+40 menit
Rendang padang

Rendang padang

Biasanya tiap hari raya idul adha mama selalu ngirim rendang, beli daging tambahan dan dikirim dr sumatera ke jawa. Sekarang cuma bisa balas kirim doa semoga mama tenang disana. Rendang yg otentik ala mama 1kg daging 3butir kelapa, untuk menghasilkan dedak yg banyak dan sedap. Dimasak dengan kayu selama 4-6 jam sampai kering. Dan saya coba buat versi simplenya.1kg daging dengan 1butir kelapa tapi tetep banyak dedaknya yaitu dengan menghaluskan semua bumbu. Saya masak di presto lalu keringkan di wajan. Jd lebih hemat waktu. #KampungIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta