Rendang Jengkol

Dipos pada February 7, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol adalah 5-7 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 24 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu menu favorit di rumah๐Ÿ˜„

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 1 kg jengkol
  2. 1 lt santan
  3. 40 gr kelapa sangrai (haluskan/diblender)
  4. Bumbu halus:
  5. 100 gr bawang merah
  6. 50 gr bawang putih
  7. 1 ons cabe merah (sesuai selera)
  8. 10 cabe rawit (sesuai selera, kali ini saya ga pakai)
  9. 1 sdt jinten sangrai
  10. 1/2 sdt adas sangrai
  11. 1 sdt merica
  12. 5 buah kemiri sangrai
  13. Bumbu aromatik:
  14. 2 buah kapulaga
  15. 1 buah kembang lawang
  16. 2 cm kayu manis
  17. 3 bh cengkeh
  18. 4 lb daun jeruk
  19. 4 lb daun salam
  20. 1 sereh geprek
  21. 3 cm lengkuas geprek
  22. sesuai selera Garam
  23. sesuai selera Gula merah+gula pasir
  24. Kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Rendam jengkol semalaman, setelah itu rebus hingga empuk. Setelah dingin, buang kulitnya dan belah jadi 2 bagian. Bisa digeprek kemudian goreng sebentar. Tapi kali ini karena jengkolnya kecil2, jd ga saya geprek ya moms.
2
Tumis bumbu halus dan bumbu aromatik hingga harum, masukkan jengkol aduk hingga rata. Kemudian tambahkan santan dan Gula Garam. Masak hingga santan menyusut dan bumbu mengental. Jangan lupa koreksi rasa ya...
Rendang Jengkol - Step 2
Rendang Jengkol - Step 2
Rendang Jengkol - Step 2

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

36. Rendang Minang

36. Rendang Minang

#PejuangGoldenApron3 Untuk setoran minggu ke 21 Daging kurban belum dimasak juga. Tak bikinin rendang aja. Ditambahi kentang biar makin banyak ๐Ÿ˜ Oh ya moms. Rendang ini saya buat tidak pedas ya. Karena memang saya sedang radang tenggorokan jadi gak boleh makan yang pedas pedas dulu yang berminyak juga ga boleh sebenarnya ๐Ÿ˜. Dan yang utama anak saya bisa ikut makan. Untuk menghasilkan rendang yang hitam seperti dari daerah asalnya sebaiknya menggunakan cabai rawit hijau. Tingkat kepedasan sesuaikan selera. Dan jangan pakai kunyit ya moms. Biar makin hitam si rendang. Dan masaknya itu pakai api kecil saja. Lama sih prosesnya tapi rendangnya bakalan empuk puk puk banget. Faktor empuknya rendang juga dipengaruhi cara memotong daging mom. Potong kotak dan melawan serat daging pasti dagingnya lebih empuk saat dimakan. Karena saya memang tidak mau pedas saya pakai lombok merah yang dibuang bijinya. Moms rendang ini semua bumbunya saya haluskan kaya daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Biar aromanya lebih nendang.

Rendang daging

Rendang daging

Lagi pengen makan padang tapi karena berhubung kita pindah ke apartemen dan lantai kita tinggi male buat turun dan kebtln msh ada stok daging sapi 500gr. Bumbu juga msh lengkap ok kita bikin rendang aja.

2 orang
1jam 30 menit
Rendang sasa anti gagal

Rendang sasa anti gagal

Munggahan pengen makaan rendang tapi gamau ribet, dan pemula kayak aku pengennya yang simple hehe

Rendang ayam

Rendang ayam

Rendang ayam nya kalo kata suami, padang banget rasa nya enak bikin nambah2 terus. Bumbu dan langkah2nya sesuai dengan resep mba Susi Agung, tapi jika ingin lebih kering bisa juga setelah masuk bumbu jangan dulu masukan ayam tetapi langsung masukan santan dan kelapa parut aduk2 biarkan hingga santan mengeluarkan minyak baru masukan ayam nya, bisa di sesuaikan dengan selera masing2.

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Saya tinggal di Davao, Filipina. Bumbu bumbunya terbatas๐Ÿ˜Š Mau makanan lokal takut, Krn bnyak yg ga halal. Jdi nyobain dh bikin rendang biar ga bosen menu๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‹ #baru sekarang turun ke dapur, di Indonesia jarang2๐Ÿคญ๐Ÿ˜…

8 porsi jumbo
2,5 jam
Rendang padang super enak

Rendang padang super enak

Proses masak lmyan lama sih, mulai dr sangrai kelapa, prepare bumbu, nguleg bumbu, nguleg serundengnya, sampe eksekusinya d atas wajan. Tp hasilnya dijamin uwow bgt!! Gak nyesel uda capeยฒ bikin ๐Ÿ˜. Yuk intip resep & jgn lupa recook yaa ๐Ÿฅฐโฃ

utk 1 kg daging
5 - 6 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

2 orang
1 jam
Rendang Ayam Bumbu Indofood

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Hari ini mau ke rumah mama, mau bikin kue lagi ga punya stok bahan bahan nya, kepikiran buatin rendang ayam aja deh, simple banget bikinnya... yuuuu mareee

4-5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging Instant

Rendang Daging Instant

Resep rendang daging sapi yang enak walaupun pakai bumbu instant atau cepat saji.

8 porsi
1 jam 30 menit
Rendang jengkol anti bau

Rendang jengkol anti bau

Ceritany lagi nyidam jengkol dan pas banget ada yg jual lumayan agk murce. Meski yg doyan cuma diri sendiri, yg lain pada g suka apalagi bauny wangi banget ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† akhirnya searching2 nemu cara bikin jengkol jd g bau. Pas dmasak udah g bau tp kalo masalah BAK tetap bau ya ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Rendang Jengkol ala chef Albert

Rendang Jengkol ala chef Albert

Saat musim jengkol, jadi pingin masak rendang jengkol dan kebetulan besok hari ada jalanยฒ bersama teman kerja jadi momentnya pas bangettt

20 porsi
1 jam 25 menit
Rendang

Rendang

Makanan favorit keluarga. Biasanya disediakan utk perayaan hari besar maupun kumpul keluarga..

10 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi Super Simple

Rendang Daging Sapi Super Simple

Resep nya bukan dari resep asli rendang padang yaa, karena disesuaikan dengan lidah keluarga jadi ada beberapa yg di modif hihihi tapi ini enak dan mudah ๐Ÿ˜ anak dan suami suka โค #PejuangGoldenBatikApron

sekeluarga
3-4 jam
Nasi Bakar Rendang

Nasi Bakar Rendang

Ada sisa nasi semalam dan juga rendang yang tinggal dikit aja.Bosen dibuat nasi goreng. Dicoba buat nasi bakar aja, kebetulan masih ada santan sedikit sisa buat rendang kemarin. Dicampur sama nasi aja deh,biar rasa nasi bakarnya jadi gurih. Yuk,liat resep-resep dari sisa nasi ala NayNay yang lain ada Mentai Rice,Nasi uduk dll. #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #CookpadCommunity_Borneo #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN #BarapiManjuhu #PPKM_Kalteng

Rendang Jamur

Rendang Jamur

Ada stok jamur tiram di kulkas, mau dibuat jamur crispy ternyata anak2 lg g selera, ya udah mencoba bekreasi menu lain ๐Ÿ˜‚ dicoba deh dibikin rendang, eh ternyata enak ๐Ÿ˜. Diresep ini tidak seperti resep rendang daging, banyak rempah yg sy skip , karena menyesuaikan stok bumbu yg ada dirumah. #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #MeolahCaruan_SesuaiBudget #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda

Rendang

Rendang

Assalamualaikum.. Yuuuk nyapa rendang lebih awal. Biar semakin semangat menuju lebar-an. Iyaa, badannya melebar. Hehehe. Gak tau sudah berapa kali bikin rendang. Rasanya emang gak pernah bosen. Pantes aja sampe jadi warisan dunia.

3 orang
60 menit