Rendang

Dipos pada February 7, 2022

Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 31 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

●1 Agustus 2021● Assalamualaikum.. masih ada stok daging sapi beku dari Idul Adha kemarin. Dibikin rendang pake resep JTT nampolllll beneran😍, sedikit modif menyesuaikan bahan" yg ada dirumah. 💓Sedikit Tips : 👉Untuk bikin rendang, pakai kelapa yg kulit ari nya gak dikupas yaa..jadi masih ada coklat coklat kulit ari tipis nya, ini dikasih tau sama yg jual kelapa parut, biar rasa rendang nya tambah enak💓👉 Setelah dipotong & direbus, daging digoreng tanpa minyak (optional) supaya aroma keluar💓 Masyaallah Tabarakallah jangan lupa selalu berterima kasih pada Allah Swt, atas kesehatan & kebahagiaan yg diterima baik hari kemarin dan seterus nya🥰

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 600 gr daging sapi, cuci bersih. Rebus dg api besar,buang air
  2. 1 buah kelapa, parut
  3. 8 sdm kelapa parut, sangrai
  4. 🥦Bumbu halus:
  5. 4 siung bawang putih
  6. 8 siung bawang merah
  7. 25 buah cabe rawit keriting
  8. 5 buah cabe rawit merah
  9. 1 batang seray, ambil putih nya lalu iris tipis
  10. 1 ruas jari kunyit
  11. 1 ruas jari jahe
  12. 1 sdm ketumbar
  13. 1/2 sdt jintan
  14. 1/2 buah pala
  15. 3 biji cengkeh
  16. 2 buah kembang lawang
  17. 2 biji kapulaga
  18. 1/2 sdt merica bubuk
  19. 🥦Bumbu pelengkap:
  20. 1/2 sdm garam
  21. 1 sdm gula merah, sisir halus
  22. 1/2 sdt penyedap rasa/kaldu bubuk
  23. 🥦Bumbu:
  24. 1 lembar daun kunyit, iris tipis
  25. 5 lembar daun jeruk, sobek
  26. 3 lembar daun salam
  27. 1 batang seray, ambil putih nya memarkan
  28. 2 ruas jari lengkuas, belah 2 memarkan
  29. 1 batang kayu manis
  30. 2 biji asam jawa
  31. Secukup nya minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Peras kelapa parut, ambil santan kental nya 500 ml (perasan pertama) Sisanya 2,5 liter santan kekentalan sedang.
Rendang - Step 1
Rendang - Step 1
2
Siapkan kelapa parut sangrai, blender bersama bumbu yg dihaluskan.
Rendang - Step 2
Rendang - Step 2
3
Setelah daging sapi direbus dg api besar hingga mendidih,buang air nya. Potong potong lalu goreng tanpa minyak hingga sedikit gelap berubah warna. 👉Saat pertama digoreng, air akan keluar banyak, tp tak usah kawatir, teruskan menggoreng hingga air nya susut & Daging sedikit mengering. Angkat Ini yg bikin aroma rendang semakin lezat💓
Rendang - Step 3
Rendang - Step 3
4
Tumis bumbu halus hingga wangi,lalu masukan seray,daun jeruk daun salam,kayu manis,daun kunyit, lengkuas, asam jawa. Masukan daging sapi nya. Aduk aduk
Rendang - Step 4
Rendang - Step 4
Rendang - Step 4
5
Tuang santan cair,masak hingga mendidih & kuah sedikit susut. Tuang santan kental nya, beri gula,garam,penyedap.
Rendang - Step 5
Rendang - Step 5
Rendang - Step 5
6
Aduk sambil cicipi. Di tahap ini sudah bisa dinikmati yaa, tapi namanya masih "Kalio", belum jadi rendang. Jadi rendang kalo di susutkan lagi & mulai menghitam.. Nyumiiii nampolll rasa nya😍
Rendang - Step 6
7
Sabar sedikit lagi ya buu ibu😍, susutkan santan nya sambil di aduk lalu mulai menghitam, itu tanda nya rendang siap disantap😍
Rendang - Step 7
Rendang - Step 7
8
Nyumiii masyaallah tabarakallah🥰
Rendang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Telur Praktis

Rendang Daging Telur Praktis

Bingung masak apa, liat di supermarket ada bumbu racik indofood rendang. Langsung cuss bikin ya. Simple dan enak menurut. Bagi yg mau masak yg simpel bisa pake bumbu ini ya hihihi😍😍

Nasi Goreng Rendang sisa Super Kilat

Nasi Goreng Rendang sisa Super Kilat

Pagi yang super sibuk karena ada pemberitahuan pemadaman listrik di sekitaran komplek pagi hari, alhasil hrs bergerak ektra cepat🤭. Alhamdulillah masih ada sisa rendang di kulkas dan nasi kemarin, jadi gak perlu repot repot menyiapkan sarapan, tinggal goel goel sebentar jadi deh nasi goreng super kilat yg menggoda selera😀 #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

5 porsi
Rendang bundo

Rendang bundo

Ga afdol kalau ngakunya orang padang ga bisa masak rendang. Sekalian permintaan anak² yang komplain kangen rendang. Yuk disimak mam 😉

Rendang Daging Bumbu Instan

Rendang Daging Bumbu Instan

Walaupun saya dan suami asli sunda, tapi kami suka bgt sama rendang daging. Saya bikin rendang ini masih tahap belajar, tapi rasanya nggak jauh beda sama rendang yg dijual di rumah makan padang. Saya pakai bumbu racik instan ditambah bumbu racikan aaya sendiri.

10 orang
3 jam
Telur Dadar Rendang

Telur Dadar Rendang

Dududuhh. . .ini enak banget. Aku lihat resepnya dari youtube, muncul gitu di beranda.. tp lupa sumbernya 😅🤭 Enak, bumbu nya meresap. Berasa makan nasi padang 😋

Rendang Ceker Bumbu Instan

Rendang Ceker Bumbu Instan

Lagi seneng ngolah ceker dengan berbagai bumbu selain dimasak kecap. Tapi hari ini lagi agak ga enak badan, jadi males racik2. Bumbu instan siap pakai bener2 memudahkan kalo kondisi sedang ga mendukung..

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Idul Adha kemarin, aku dikasih tetangga rendang. Udah abis dong dagingnya diserbu anak2, tinggalah bumbu rendangnya yg kalau dibuang kok sayang. Soale rendang ibu tetangga itu the best punya, aku pernah intip cara masak dia duluuuuu (sebelum pandemi pastinya, saat di mana kita dulu bisa visit rumah tetangga sambil rumpik dan makan di rumahnya🤣🤣) Pakai santan asli dari 3-6 kelapa, bumbu2 premium, duuh pokoke the best lah, harumnya sampai kecium di rumahku getooo😋 So.. putar otak nih gimana memanfaatkan si bumbu rendang ini. Ah bikin nasgor aja deh moms. Jadi pagi2 ketika liat masih ada sisa nasi, dibikin deh nasgor pakai bumbu rendang. Kalau bhs Inggris nya meremake Left Over Food..😂 #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #cookpad_aop

Rendang Kara Sajiku "Ala Mama Fifian"

Rendang Kara Sajiku "Ala Mama Fifian"

Setoran GA mg ke 19, membuat rendang yg praktis buat sarapan hr ini. Kebetulan ada stock Kara, Bumbu Rendang Sajiku dan 500g daging. Lsg ke dapur mulai masak, 45 menit beres, tendang siap buat teman makan. # PejuangGoldenApron3,Mg 19 #CookpadCommunity_Bogor

5 orang
45 menit
Rendang Telur n Tahu

Rendang Telur n Tahu

Pusing tiap hari mikiri masakan, berhubung stock telur byk dirumah jd hr ini buat rendang telur aja.. #PejuangGoldenApron3 #week19

15 butir
1 jam
Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Enak walau tanpa santan, mungkin karena bumbu rempahnya yang berlimpah jadi rasanya gurih. Kemudian ada aroma daun jeruknya yang segar. Saya panggang di oven saja karena saya lagi malas panggang di wajan teflon karena harus nungguin dan bolak balikin ayamnya hihii.. 🤭 Saya alasi loyangnya dengan alumunium foil tujuannya biar ayamnya ga lengket di loyang dan ga berat nyuci loyang bekas kerak panggang ayam hihii ketahuan malasnya mah klo ini.. 🤭 #IdeMasak #CookpadCommunity_Bogor

Rendang Daging Super Simple

Rendang Daging Super Simple

Selama ini takut banget bikin rendang takut rasanya gak seperti rendang pada umumnya , tapi kemudian paksu bilang pengen rendang daripada beli sepotong puluhan ribu yaa mending bikin aja yagaksi , dengan modal nekat dan bismillah + nanya ke Ibu , alhamdulillah akhirnya jadi juga 🤤

3 orang
1 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Jengkol ma'nyoss juga yah... Direndang... 🤤

5 porsi
Kerang Hijau Pedas Bumbu Rendang Padang

Kerang Hijau Pedas Bumbu Rendang Padang

Repost Resep Cooksnap Teh @sari_kimdonghwa Dulu waktu di Bekasi ... Penasaran sama kerang hijau... Krn banyak yg jualan pakai gerobak... Biasanya mangkal di SD gitu... Krn Kantor dulu lumayan dekat sama salah satu SD... Suka lihat penjual kerang hijaunya lewat di jalan depan kantor... Tapii saat itu cm penasaran dan gak pengen nyobain... Di Bandung sering makan bareng suami di warung Seafood... Krn ada menu paketan jadi aja ngicipin si kerang hijau nya... Ternyata enak juga... Nah ini resep kerang hijau teh Sari... Saya tambahkan rebusan jagung biar mirip kayak di warung Seafood hehehe... #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity #Cookpad_id #KerangHijauPedasBumbuRendangPadang #KerangHijau #ResepCooksnapTehSari #PejuangGoldenBatikApron #Resepfey_pawonmungil #Fey_Pawonmungil

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Source : Nurulfitr Perdana masak & mencicipi rasa jengkol, karena seumur-umur emang belum pernah ngerasain yang namanya jengkol. Sekalinya masak langsg dibikin rendang, Cuzz langsung kita eksekusi 😍😍 #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Terimakasih untuk inspirasinya ce @xanderskitchen . Saya sesuaikan beberapa sesuai selera kami. #PejuangGoldenBatikApron

7 jam
Rendang

Rendang

4 orang
2,5 jam
Rendang daging sapi bumbu giling yg sudah jadi

Rendang daging sapi bumbu giling yg sudah jadi

Pengen bikin rendang tp yg praktis aku beli bumbu rendang giling yg sudah jadi 1 bks Rp.5000 untuk 1/2 kg daging sapi di tukang bumbu jadi giling Si pedes Gurih bikin nagih dari padang

127. Rendang instan

127. Rendang instan

Pertama kali coba rendang buatan sendiri. Pake bumbu instan 😋🤗😄

Rendang Daging Sapi Bumbu Tumis

Rendang Daging Sapi Bumbu Tumis

Bismillahirrahmanirrahim Hari ini masak rendang buat stok.... Kalau udah ada lauk begini, bunda berasa lega, karena ndak harus buru-buru masak, bisa sedikit santai juga bermain dengan anak bayik. Yakin deh pasti banyak yang suka makan rendang,... Makan dengan nasi panas aja wiiih udah nikmat rasanya. Yuuuk intip resep saya.... #OlahanDagingSapi #RendangDaging #CookpadCommunity_Pontianak #CookoadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo

10 porsi
1 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Lebaran sebentar lagi... Ini salah satu menu yang selalu ada di hari raya idul fitri. Yuk coba resep Rendang💕

5 orang