Rendang Daging Sapi Padang

Dipos pada February 7, 2022

Rendang Daging Sapi Padang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi Padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi Padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi Padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Daging Sapi Padang adalah 40 Potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Daging Sapi Padang diperkirakan sekitar 4 Jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi Padang memakai 29 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu makanan favorit kalo ke RM padang ya rendang, meski jarang banget nemu rendang empuk.. Jujur ini pertama kalinya bikin rendang dengan bumbu khas asli padang, tapi untuk rasa disesuaikan dengan lidah sundaku yang lebih condong suka manis πŸ˜… Hasil tanya2 ke temen yg asli padang ternyata cukup ribet juga ya bikin rendang πŸ˜…πŸ˜… Yowes bikin banyak sekalian biar sebagian bisa di simpen di frezer buat stok lauk kalo malas masak 🀣🀣 Dan ternyata hasil bersusah payah cukup memuaskan karena rendangnya dipuji paksu katanya rendangnya koq lebih enak dibanding RM padang langganan kita πŸ₯°πŸ₯°

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi Padang:

  1. Daging Sapi (Saya pilih bagian paha)
  2. 4 butir kelapa diparut (jd1 ltr santan kental + 4 ltr encer)
  3. 1/4 kg serundeng kelapa yang ditumbuk halus sampe keluar minyak
  4. 1/2 kg kentang kecil
  5. secukupnya Minyak
  6. secukupnya Garam
  7. Secukupnya Gula Merah
  8. 1 sdm kaldu jamur (bisa diganti kaldu bubuk sapi)
  9. Bumbu Halus :
  10. 20 Butir Bawang Merah (pilih yang ukuran besar)
  11. 12 Butir Bawang Putih
  12. 10 Cabe Merah Besar
  13. 15 Cabe Merah Keriting
  14. 1 Ruas Jari Kunyit (dibakar)
  15. 1 Ruas (Jahe)
  16. Bumbu Alung:
  17. 4 batang Serai (geprek)
  18. 2 Ruas Lengkuas (geprek)
  19. 5 Lembar daun salam
  20. 5 Lembar Daun Jeruk
  21. 2 Lembar daun kunyit
  22. 2 Butir bunga lawang
  23. 3 Butir Cengkeh
  24. 1 ruas Kayu Manis
  25. 3 Biji Kapulaga
  26. 1 sdt Pala bubuk
  27. 1 Sdm ketumbar bubuk
  28. 1 sdt jinten
  29. 1 sdt merica

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi Padang

1
Potong Daging sapi bentuk kotak2 ukuran sesuai selera aja
2
Blender semua bumbu halus tambahkan minyak goreng secukupnya
3
Tumis bumbu halus, masukan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk sampe.wangi
4
Masukan daging sapi masak sampe berubah warna
5
Masukan santan biarkan sampai mendidih, masukan semua bumbu alung sisanya, tambahkan gula dan garam secukupnya
6
Masak terus rendang sampai empuk (tadi hampir 3,5 jam baru empuk)
7
Masukan kentang kalo daging sudah mulai empuk
8
Jangan lupa membalik sesekali biar bumbu rendang tidak berkerak didasar wajan, dan disaat kuahnya sudah mulai menyusut gunakan api kecil saat memasaknya sampai rendang sesuai selera kita (mau dibuat sedikit berkuah atau kering) Disaat kuah mulai mengental harus lebih sering mengaduk biar rendang tidak cepat gosong
9
Selamat Mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Telur

Rendang Telur

Ibuk...... Rendang.... Tapi hari ini emak kagak kepasar

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Enak walau tanpa santan, mungkin karena bumbu rempahnya yang berlimpah jadi rasanya gurih. Kemudian ada aroma daun jeruknya yang segar. Saya panggang di oven saja karena saya lagi malas panggang di wajan teflon karena harus nungguin dan bolak balikin ayamnya hihii.. 🀭 Saya alasi loyangnya dengan alumunium foil tujuannya biar ayamnya ga lengket di loyang dan ga berat nyuci loyang bekas kerak panggang ayam hihii ketahuan malasnya mah klo ini.. 🀭 #IdeMasak #CookpadCommunity_Bogor

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Rendang ayam kampung ini salah satu menu favorit kami sekeluarga. Walaupun proses memasaknya cukup menyita waktu, tapi saya selalu senang memasaknya karena terbayang nanti setelah matang, anak-anak dan suami akan lahap ketika makan dengan lauk rendang ayam kampung ini. #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #ResepKece #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Paser

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Mumpung punya kuah (bumbu) rendang sisa beli rendang beberapa hari lalu, nyobain bikin nasi goreng rendang deh. Ini 'kuah'nya gak berkuah yaa, tapi kering (nah lo bingung gak πŸ˜…). Yang dimaksud kuah adalah bumbu sisa rendang atau orang Minang menyebutnya dedak rendang. Terinspirasi dari mbak @Lenny_141705 dan uni @MitaNiez yang pernah share resepnya, aku bikin tanpa ayam, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas saja. Yuuk cobain... #mbantuk_karbo #CookpadCommunity_Bandung

Daging rendang jerman ala mami chris

Daging rendang jerman ala mami chris

Hallo bunda semuanya ,selamat siang ini sy mau bagi " resep .ini masakan kesukaan suami sm anak krn mereka sukanya yng simpel dan tidak pedas .yuk kita lngs keresepnya aja simpel tp enak😘

3 porsi
1 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Dulu ga suka sama jengkol to gara" suami suka jengkol akhirnya belajar masakny ehh suami suka sekarang bulat aku juga suka...

5 orang
2 jam
Rendang daging anti gagal ala Sasa

Rendang daging anti gagal ala Sasa

Aku udah coba semua resep rendang tp ngga pernah dapat rasa yg pas "penuh" padahal bahan2 yg sdh disediakan lumayan menguras dompet saking supaya anak2 bisa ngerasain rendang buatan rumah selama masa Covid .. jadi aku coba masak dg cara ini dan hasilnya memuaskan loh, coba deh bun

6 org
1 jam
Rendang

Rendang

sampai kering
Rendang Daging

Rendang Daging

Kemarin pas ke supermarket suami nunjuk bumbu racik rendang terus suruh beli itu katanya biar praktis. Tapi aku bilang gamau soalnya mau bikin bumbu rendang sendiri karena udah dapet resepnya dari Ci Xanders Kitchen. Akhirnya eksekusilah dan alhamdulillah nampolll pisan rasanya. Suami, mertua dan yang udah pada cobain bilang enaqqq. Luvvv❀ Pengen update resep ini dari idul fitri, tapi gara-gara foto stepnya ilang jadi ketunda terus πŸ˜… tapi yasudahlah update aja dulu, nnti klo udah ketemu foto2nya kita edit lagi hahaha.

Rendang Daging

Rendang Daging

Salah satu menu kesukaan dan akhirnya bisa bikinnya, Alhamdulillah #PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Makanan favourite

3 orang
1 jam
Rendang Ayam dan Ati Ampela

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Rendang adalah salah satu masakan khas Sumatera Barat. Walaupun identik dengan daging sapi, namun banyak juga yang menggunakan bahan lain untuk membuat rendang misalnya ayam atau jengkol. Santan yang digunakan haruslah santan kental dan biasanya butuh waktu berjam-jam hingga bisa menjadi rendang. Proses memasak yang cukup lama ini yang membuat rendang awet hingga lebih dari satu bulan. #CookpadCommunity_Bekasi #PostingBareng #MasakanKhasSumateraBarat Source : The Hasan Video (Resep asli menggunakan daging sapi dan kentang rendang)

Rendang

Rendang

Tips yang saya rangkum untuk masak rendang : 1) Usahakan beli daging fresh di pasar lokal, jika pakai daging beku jangan direndam air saat mencairkan, biarkan di suhu ruang 2) masak selama 6 jam 3) Jangan kasih garam banyak2 di awal, semakin menyusut akan semakin asin 4) tusuk2 sedikit daging nya sebelum dimasak, agar empuk 5) pakai sutil yang agak lemas agar bisa ngaduk sampai ke dasar wajan 5) jaga jangan sampai gosong dagingnya , jika gosong tidak bisa hilang gosongnya walau daging dimasak lama Saya mencatat pengalaman saat masak rendang

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa rendang yg sdh semingguan di kulkas. Daripada dibuang sayang, mending buat campuran nasgor. Rasanya enakkk sekali, terasa rendangnya. Jiwa emak² meronta jika ada makanan yg terbuang sia-sia😁 #MasakItuSaya #DibuangSayang #PekanPosbar

Jengkol Rendang

Jengkol Rendang

Halo teman2 di sini aku pkai bumbu rendang yg beli di pasar. Kalian boleh pake bumbu rendang instan lainnya atau mau bikin bumbu rendang sendiri jg boleh. Aku jg pake fiber creme karena males peras santan, bisa jg pake santan instan. Selamat mencoba ☺️

Rendang Jengkol ala chef Albert

Rendang Jengkol ala chef Albert

Saat musim jengkol, jadi pingin masak rendang jengkol dan kebetulan besok hari ada jalanΒ² bersama teman kerja jadi momentnya pas bangettt

20 porsi
1 jam 25 menit
Rendang Daging mix Kentang

Rendang Daging mix Kentang

Bismillah.. Jajalin Rendang resepnya Adam's Mommy @cook_5899742 yang versi Bukittinggi 😘😘 Aku bikin setengah dari resep, untuk dimakan bareng Lontong sayur. Kacang merah aku ganti Kentang mini.. Rasanya tetap Best lahh!! πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘

Rendang Sapi Enak dan Empuk

Rendang Sapi Enak dan Empuk

Seperti biasa weekend kali ini berbeda dengan hari hari biasa.... Mencoba hal baru itu sangatlah menantang bagi saya,, saya kira membuat rendang ini susah, ternyata memang butuh kesabaran ekstra Let's go kita mulai eksekusi

2 Orang
3 Jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Bagi yang suka...jengkol ini bisa buat lupa diet deh... Walaupun buat aroma tak sedap, tapi selalu gak kapok makan si jengki ini