Rendang Daging Sapi

Dipos pada February 5, 2022

Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 32 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Terinspirasi dari resepnya Chef Devina. Rasa rendangnya enak sampai ke dagingnya berasa bumbunya. Ndak sia2 masaknya lama tapi hasilnya memuaskan. #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogykarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. Bahan 1 :
  2. 600 gram daging sapi, potong
  3. 2 batang serai, potong, geprek
  4. 1 lengkuas, iris, geprek
  5. 5 lembar daun jeruk perut
  6. 2 lembar daun kunyit, skip
  7. 1 lembar daun pandan
  8. 3 lembar daun salam
  9. 500 ml air
  10. 400 ml santan kara
  11. 1/2 sdm garam
  12. 2 sdt gula
  13. 1 sdt kaldu jamur
  14. Bahan 2 : (bumbu halus)
  15. 7 siung bawang merah
  16. 5 siung bawang putih
  17. 8 buah cabe merah keriting, buang bijinya
  18. 2 buah cabe merah, buang bijinya
  19. 5 butir kemiri, sangrai
  20. 3 cm jahe
  21. 80 ml minyak kelapa
  22. Bahan 3 : (bumbu rempah)
  23. 1 sdm ketumbar bubuk
  24. 2 sdt lada bubuk
  25. 2 sdt jinten bubuk
  26. 1/4 sdt kayu manis bubuk
  27. 1 sdt pala bubuk
  28. 1 sdt bunga lawang bubuk
  29. 1 sdt kapulaga bubuk
  30. 1 sdt cengkeh bubuk
  31. 1 sdt cabai bubuk
  32. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Potong² daging, geprek lalu campur dengan bumbu rempah²nya, bisa tambahkan garam sedikit. Marinasi semalaman. Atau marinasi sebentar.
Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe keriting, jahe dan kemiri.
Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Tumis bumbu halusnya, tambahkan serai, lengkuas geprek daun salam, daun pandan, daun jeruk. Tumis sampai matang. Aduk merata.
Rendang Daging Sapi - Step 3
Rendang Daging Sapi - Step 3
4
Masukkan potongan daging yang sudah di marinasi sampai tersangrai dengan baik, aduk merata.
Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Masukkan airnya, aduk merata.
Rendang Daging Sapi - Step 5
6
Masukkan santannya, aduk merata. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Masak sampai mendidih, menggunakan api sedang.
Rendang Daging Sapi - Step 6
Rendang Daging Sapi - Step 6
Rendang Daging Sapi - Step 6
7
Lalu pindahkan ke api kecil. Tutup.panci, sambil sesekali di aduk. Masak hingga meresap.
Rendang Daging Sapi - Step 7
8
Saat santan sudah hampir asat, buka tutup panci dan masak daging sampai kering, sampai bumbunya menempel di daging dengan di aduk terus.
Rendang Daging Sapi - Step 8
Rendang Daging Sapi - Step 8
9
Sajikan.
Rendang Daging Sapi - Step 9
10
TIPS : Biar rendang berwarna hitam. Pertama masak santannya sampai mengental dengan api sedang. Jangan lupa di aduk2 trus yaa.. Lanjut kecilkan apinya, masak sampai santan asat, sambil di aduk terus. Ingat.. Jangan sampai di tinggal yaa.. Nantinya rendangnya ngambek. 🤭

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging

Rendang Daging

Mengaduk-aduk resep entah punya siapa aja... #PejuangGoldenApron3

Ceker Kepala Kuah Rendang

Ceker Kepala Kuah Rendang

Serba Instan, hihihi.. Ceker dan kepala ayam gratisan dari bapak penjual ayamnya.. Menambah nikmat makan menu ini, alhamdulillah.. #OlahanCeker_MamaBirru #OlahanAyam_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang

2 porsi
30 menit
Rendang Daging Bumbu Indofood Instan

Rendang Daging Bumbu Indofood Instan

Rendang daging ini dimasak menggunakan “bumbu instan Indofood Rendang” dicampur dengan bumbu halus. Simpel tapi rasanya mantep banget deh. Oiya, kalau mau diganti ayam juga oke loh..👌 Selamat mencoba 😊

2-3 jam
Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang Daging Sapi Sederhana

Punya banyak stock daging kurban, tp bosan masak sambal dan gulai, akhirnya coba2 masak Rendang. Cuma karena bingung sama bahan bahannya akhirnya buat yang sederhana aja...this is it !!!!

5 orang
2 Jam
Nasi Goreng Jambrong Bumbu Rendang

Nasi Goreng Jambrong Bumbu Rendang

Memanfaatkan sisa nasi semalam untuk sarapan, buka kulkas ada bumbu rendang dr Mama Yuni...lsg terlintas ide bikin nasgor bumbu rendang. Kebetulan jg mba2 tukang sayuran lewat lihat ada ikan asin, saat kutanya ini ikan apa mba namanya( dia jwb ikan jambrong), aku beli 1 bungkus buat nasi goreng...😁 Lsg ke dapur, 15 menit jasilah nasgor #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #MasakanRumahan

4 orang
15 menit
Rendang jantung pisang

Rendang jantung pisang

Mencoba resep jantung pisang yang lainnya kali ini dibumbu rendang.(Maaf🙏 gak ada foto langkah2nya 🤭) Source:Julia Juliana Resep bisa dilihat👇 https://cookpad.com/id/resep/14105767-363-rendang-jantung-pisang?invite_token=Vy1thhh933mNakFbynNrGr87&shared_at=1608075574 #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #MasakAsyik #SalamGemes

Rendang jengkol bumbu simpel ga pake ribet

Rendang jengkol bumbu simpel ga pake ribet

- Supaya jengkol tidak bau menyengat , rebus jengkol dengan daun salam dan daun jeruk yang banyak . - Rebus jengkol dengan teknik rebus , 5-30-7 Rebus 5 menit, matikan api dengan tutup panci tertutup selama 30 menit , lalu rebus lagi 7 menit . - Masak rendang jengkol dengan sedikit daging sapi , supaya bumbunya gurih . - Gunakan santan segar supaya rendang terasa manis gurih dari santannya Selamat mencoba😍

Nasi Goreng Bumbu Rendang (403)

Nasi Goreng Bumbu Rendang (403)

Berawal dr habis bikin rendang...bumbunya masih nempel dipenggorengan..sayang tuh...ambil sepiring nasi...osreng2...hmm nikmat bgt...jadi ketagihan deh bikin lagi...kebetulan ada rendang dagingnya udah tinggal dikit...bumbunya masih ada... #DibuangSayang #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #PosbarIDAMAN #NasiGoreng

1 porsi
30 mnt
Nasi Rendang

Nasi Rendang

Bismillahirrahmanirrahim. Hallo, Assalamu'alaikum✨ Kali ini sharing masak nasi yang beda dari biasanya, aku terinspirasi dari tiktok hihi tapi mohon maaf aku lupa save video-nya jadi ngga sempat lihat akun siapa disana:(( Tapi jangan sedih! Aku mulai lanjutin bereksperimen dan rasanya uenaaaak banget to. Dikombinasi sama ayam serundeng, sambel ijo, daun singkong. Syedap bukan? Yuk mari coba dibuat yaaa bunda💛 *NOTES: Bumbu rendang boleh pakai sesuai resep atau boleh juga menggunakan bumbu rendang instan jika ingin praktis😉

4 orang
30 menit
Rendang Ayam Kentang || Chicken Potato Rendang

Rendang Ayam Kentang || Chicken Potato Rendang

Resep ini saya recook atau cooksnap dari mbak @Erma_Dapur_Michaela Terimakasih banyak ya mbak atas resepnya 🙏🙏❤️😊❤️Mohon maaf jika masih belum rapi 🤭🤭🙏🙏 Mantap banget rasanya ❤️👍😊 Untuk jawaban dari Ramadhan camp misi kedua kali ini menurut aku adalah Rendang. Ya mudah-mudahan betul jawabannya 🤭🤭✌️ #PejuangGoldenBatikApron #RamadhanCampMisikedua #CookpadCommunity_Jakarta #RendangAyamKentang #Yangmakindipanasinmakinenak This recipe i recooked from Miss @Erma_Dapur_Michaela ..Thank you Miss for the recipe 🙏😊❤️..This is so delicious 👍❤️😊 This kind of food Will be more tasty after we heated up for days. The aroma Will be more endulging, and the spices Will be more absorbed into the meat. Any kind of meat can be used, chicken, beaf, mutton or maybe pork.

Mie Rendang Keju

Mie Rendang Keju

Mie rendang keju thebest

1 orang
10 menit
Rendang Padang

Rendang Padang

Resep dari ci @devinahermawan, mantap jiiwaaa 😍 Sy buat versi pedas 😁

2 org
1jam 30menit
Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

ternyata rendang punya khas masing2 mommies, yg saya tau klo rendang padang masaknya banyak santan dan banyak rempah, tampilan hitam menggoda. tapi klo rendang aceh super duper simpel cuss di recock mommies, happy cooking 🤗

6 orang
45 menit
Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

Bismillah.. Punya stok Hati sapi belum di apa2in, masih ngadem di freezer. Kepikiran dibikin Rendang, meng-adaptasi dari resepnya mba Michico Octavian 😘😘 mumpung masih punya kentang mini juga. Yukk lahh, di excusi 💪😃 #PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Assalaamu'alaikum Resep kali ini adalah rendang ayam. Meski masaknya agak lama tapi terbayar dengan rasanya yang mantap pedas gurih + daging ayamnya yang empuk, maa syaa Allah. Saya tambah dengan 1 sachet bumbu rendang instan karna dalam bumbu instan tersebut bumbunya lebih lengkap. Ini dia resepnya... Semoga bermanfaat..

relatif
1jam 30menit
Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Dulu kl d jakarta nemu rumah makan padang deket kebon jeruk) yg bikin rendangnya pakai kacang merah, dan itu enak bgt, msih inget rasa nya sampai sekarang dan dah masak bbrp x jg, nah kali ini aku masak pake daging ayam, krn mls beli daging sapi ny. Jd spt biasa, masak pake stok yg ada d rmh deh.. Ini aku pake bumbu males, pake bumbu instan, cukup d tambah dg bahan2 d dapur aja lg 😀🤭. Tp ttp mantulll Jd lah skrg namanya bumbu males, krn emang pake yg praktis2 aja, yg penting rasa ttp mantul gaes 😀🤭😂 #TiketGoldenApron3

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Kalau biasanya bikin rendang daging sapi, kali ini bikin rendangnya pakai ayam saja. Perlu kesabaran ekstra karena waktu yang dibutuhkan untuk memasak cukup lama (lebih kurang 3 jam). Note: Ini hasilnya tidak terlalu pedas (menurut saya) jadi Jika ingin pedas, silahkan tambahkan cabe rawit merah. #PejuangGoldenBatikApron

Rendang telur MPASI 22 bulan

Rendang telur MPASI 22 bulan

#PekanPosbar #SerbaDirebus #pejuanggoldenaproan #mpasi22bulan #menulengkap #sayanganak #masakpenuhcinta

2 porsi