Rendang Daging Sapi Sederhana

Dipos pada February 8, 2022

Rendang Daging Sapi Sederhana

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi Sederhana yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi Sederhana yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi Sederhana, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi Sederhana enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi Sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi Sederhana memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi Sederhana:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 700 ml santan dari 1 butir kelapa (perasan pertama)
  3. Bumbu halus :
  4. 20 siung cabe merah
  5. 15 siung bawang putih
  6. 3 btr kemiri
  7. 15 cabe merah keriting (selera)
  8. 5 cm kunyit
  9. 1 ruas jahe
  10. Bumbu lainnya :
  11. 2 btg sereh geprek
  12. 2 lembar daun kunyit
  13. 3 lbsr daun salam
  14. 5 lbr daun jeruk
  15. secukupnya Kaldu sapi
  16. 1 butir gula merah
  17. secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi Sederhana

1
Potongan daging sapi cuci bersih dan rebus dengan air yang jangan terlalu banyak,, yang penting daging kerendem. Rebus dengan api sedang kurleb 30 menit sampai air menyusut dan tinggal sedikit
2
Setelah menyusut airnya,matikan api dan diamkan dengan panci tertutup. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan sereh.
3
Lalu masukkan daging sapi bersera kuah kaldu rebusannya, aduk hingga bumbu tercampur. Kemudian masukkan santannya, aduk kembali lalu tunggu mendidih., (Jumlah santannya selera aja ya bund, bs ditambah klo kurang banyak). Masak dengan api sedang aja.
4
Setelah mendidih masukkan gula merah, kaldu dan garam lalu tes rasa. jika dirasa sudah pas, masak dengan api sedang cenderung kecil aj, sambil diaduk sesekali hingga minyak cabe dan minyak santannya keluar. Dan minyak santan baru keluar kalo kandungan air sudah benar-benar hbis, jadi mmg masaknya agak lama ya bund. hehe,,
5
Setelah air habis dan minyak keluar, rendang siap dihidangkan bersama nasi anget dan kerupuk..hmm yummy

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jamur(jamur dan telur)

Rendang jamur(jamur dan telur)

Karena si kecil ompong, ga bisa ngunyah daging, makanya kalo bikin rendang pasti dikasih telur.Nah biar ga bosen, kali ini telurnya di temenin ma jamur tiram.. teksturnya yg menyerupai daging cocok lho untuk kalian yg vegan / vegetarian.

4 orang
30 menit
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Pagi ini lagi mau eksperimen daging sapi sisa kurban kemarin. Alhamdulillah dengan bumbu seadanya, rasa enak dan ngrendang banget.. Markicob yuk

10 porsi
1 jam
Rendang jengkol bumbu indofood simple dan praktis

Rendang jengkol bumbu indofood simple dan praktis

Pengen jengkol tapi yg praktis dan gak lama masak nya

Rendang sapi

Rendang sapi

Kebetulan kmrin pak suami minta d buatkan rendang untuk puasa pertama . Ada sisa hati sapi d kulkas jadi d skalian d masak Alhmdulillah ini percobaan ke 3

10 orang
2 jam
Rendang Daging Padang

Rendang Daging Padang

๐˜š๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜™๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜—๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ช๐˜ข๐˜ฅ๐˜ฐ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ฐ @๐˜ณ๐˜ฉ๐˜บ๐˜ป๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ป Rendang memang tidak ada duanya ๐Ÿ˜ Kali ini saya coba masak dengan bumbu khas Padang, namanya ambu ambu. Ambu ambu adalah kelapa tua sangrai yang dihaluskan hingga berminyak. Rasa rendang jadi lebih nikmat, khas aroma kelapanya. Kalau takut kolesterol naik, makan secukupnya plus buah dan sayuran ๐Ÿ‘ Resep ambuยฒ: https://cookpad.com/id/r/16038453 Resep Rendang dari: @MitaNiez https://cookpad.com/id/r/5049028 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Rendang daging sapi (kw)

Rendang daging sapi (kw)

Bismilah buat rendang masyaallah nikmat ternyata, kenapa mak bilang rendang kw, soal nya ini jauh dari resep asli nya baik komposisi atau pun cara memasak nya. Agar tidak merubah dari cita rasa khas rendang asli nya. Bumbu pakai stok bumbu dasar semua yah, simple banget kalo udah punya bumbu dasar masak enak pun ga pakai repot. rasa nya juga cocok di lidah keluarga sy #BehujahBebayaKaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Ini masih tendang alaยฒ yaaa.. Hihihhi belum bisa bikin 'the real rendang' ๐Ÿ˜ #PejuangGoldenApron3

Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

Baru tau nih dari mami @desfita_rozzen kalo rendang tuh bukan cuma ada dipadang tapi jg ada di aceh... Pebedaannya dalam penggunaan rempahยฒ rendang padang lebih banyak rempahยฒnya sedangkan rendang aceh menggunakan daun pandan dan bumbu sederhana, tapi rasanya tidak kalah enaknya dan ada khas bau wangi pandan... #iduladhawongkito #resepwongkito #wongkitogalo #kampungidaman #posbarIdaman #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookpad_id

5-6 orang
60 menit
Rendang Basah Bumbu Jadi

Rendang Basah Bumbu Jadi

Saat Paksu pengen dimasakin rendang tapi badan kurang fit, bumbu rendang dari pasar adalah jalan ninjaku ๐Ÿ˜† Karna suami ngga suka rendang yang kering, jadi bikinnya masih basah/bumbunya ngga kering. Kalau suka yang kering, monggo bisa dimasak lebih lama lagi.

Rendang Telur

Rendang Telur

Berawal dari rasa penasaran ada seorang teman bekerja di rumah makan di Jogja. Suatu ketika melihat postingan teman menu2 tempatnya bekerja. Ada satu menu yang mencuri perhatian "Rendang Telur". Rendang tapi kok kayak keripik (kupun membatin) kucari2 resep rendang telur, ternyata itu makanan khas Minang (klo gak salah) dan kupun memilih me-recook resep dari mba @tiek212 dan ternyata ini enak, kriuk renyah kayak krupuk. Dan inilah resepnya.. #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokyahokye #RamadanCamp #KeringKentangKacang #semangcook_keringan #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Masih ada stok daging has sapi dan sisa kacang merah. Pengen bikin rendang tapi yang simpel aja, akhirnya pake santan instan aja biar ga capek peres santan. Bumbunya semua saya blender. Hasil tetap maksimal walaupun ga pake santan fresh dari kelapa parut asal masaknya harus sabar. Saya sukanya rendang basah yang masih ada sedikit kuah plus bumbu kentalnya (kayak diwarung Padang), dicampur nasi anget plus kerupuk aja udah nikmat banget ๐Ÿ˜€. Klo paksu seneng yang agak kering, jadi saya tinggal angetin aja sampe kering kuahnya karena memang makannya cuma berdua aja, jadi awet tuh rendang sampe kering ๐Ÿ˜‚ . . #PekanPosbar #MakananKhasPadang #MasakanKhasPadang #JelajahKuliner #rendangpadang #rendang #Pais_NuAya #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

Daging Sapi Rendang

Daging Sapi Rendang

Paling semangat deh klo masak rendang,yah walaupun masaknya itu memakan waktu yg lama dan bumbunya yg lumayan banyak,tp klo si kaka uda minta dibuatin..aku langsung siap masakinnya ๐Ÿ˜Š selain itu jg bsa dimakan sampai bbrp hr kedepan deh. ๐Ÿฅฐyuk moms intip cara masaknya

10 orang
3jam
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Makan nasi rendang tapi versi lebih effort dan nasi goreng. #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
30 menit
Bubur Randang

Bubur Randang

#PejuangGoldenBatikApron

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Awalnya pingin masak Usus d buat pedas tapi karna ingat anak biar bisa ikutan makan jadi ganti haluan ke menu yg satu ini. Dan Alhamdulillah anak suka karna disini aku gak pakek cabe jadi gak berasa pedes walaupun ada lada tp hanya sedikit aja ya aku pakeknya. ๐Ÿ˜

3 orang
30-45 menit
Daging Yakiniku bumbu Rendang

Daging Yakiniku bumbu Rendang

Alternatif lain dalam mengolah daging slice yakiniku atau bagian beef belly. Kali ini dengan kearifan lokal, hehehe... Rasanya enak dan nyaman di lidah terutama bagi yang lebih suka rasa lokal ketimbang rasa ke-jepang2-an ๐Ÿ˜ oh ya.. resep aslinya dari bukunya chef devina, tapi disitu pakainya daging giling untuk membuat patty rendang. Kali ini dimodif sedikit pakai daging slice tipis yang biasanya untuk yakiniku.. #pejuanggoldenapron3

Daging rendang

Daging rendang

Kerna masih ada daging jadi ku masak rendang aja.nasi goreng rendanฤฃ udah ku posting duluan.kelupaan ternyata rendangnya belum di posting, Maaf ya...klau mencari rendang aku heee...resepnya ku ambil dari buku majalah aku lama,ada tambahan satu bungkus bumbu Indofood.santannya 2 kotak ukuran 200 ml,jadi santannya 400 ml. Aku ambil 100 ml yang kental, tambahkan air 200 ml.butuh waktu lama masaknya tapi hasilnya enak banget. #Rekreasi_Depok #Masakan khas _Padang #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Daging Ayam Praktis

Rendang Daging Ayam Praktis

Hari ini lagi pengin menu RM Padang,cuma mau keluar kok pas datang magernya. Tengok di kulkas ada stock ayam yg masih teronggok manja,bumbu jg lengkap..sudaah lah kita eksekusi aj y buat maksi. Kita bikin rendang yuuk...buat anak2 #GA_TheNextLevel