Rendang Sapi

Dipos pada February 8, 2022

Rendang Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Sapi adalah 7 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Sapi diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Sapi memakai 23 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebenarnya ini pertama kalinya saya mengolah daging sapi, karena saya dapat daging kurban mari kita coba untuk membuatnya #OlahanDagingKurban

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Sapi:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 600 ml santan kental
  3. 400 ml santan encer
  4. 3 batang serai geprek
  5. 1 ruas lengkuas geprek
  6. 5 lembar daun salam
  7. 9 lembar daun jeruk
  8. Minyak untuk menumis
  9. secukupnya Garam
  10. secukupnya Gula merah
  11. 1 sachet bumbu rendang instan (saya pakai merk Sasa)
  12. 1 buah jeruk nipis
  13. Secukupnya bubuk kunyit
  14. Bumbu halus
  15. 20 siung bawang merah
  16. 10 siung bawang putih
  17. 5 buah cabe merah besar
  18. 10 buah cabe merah keriting
  19. 1 ruas jahe
  20. 1 ruas lengkuas
  21. 1 ruas kunyit
  22. 1 sdm ketumbar bubuk
  23. 1 sdt lada bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Sapi

1
Potong-potong kotak kecil daging sapinya kemudian cuci bersih lalu marinasi dengan perasan air jeruk nipis, garam dan bubuk kunyit. Diamkan sementar agar dagingnya tidak berbau amis.
2
Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar, lada bubuk, cabe merah, dan cabe keriting. Disini untuk membuat bumbu halus menggunakan blender biar lebih mudah.
3
Siapkan wajah kemudian panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu halus.
4
Masukan bumbu halus ke dalam minyak yang sudah panas kemudian aduk hingga wangi dan tanak kemudian masukan daun salam dan daun jeruk (jangan lupa disobek dulu biar wanginya keluar), masukan geprekan serei dan lengkuas, sembari tetap diaduk.
5
Jika sudah tanak, masukan 400 ml santan encer sambil terus diaduk lalu masukan daging sapi yang telah dimarinasi tadi sambil terus diaduk.
6
Setelah selesai diaduk masukan garam secukupnya dan gula merah. Masak dengan api sedang tunggu hingga kuahnya menturut.
7
Jika kuah sudah mulai menyurut masukan 600 ml santan kental sampai diaduk agar santan tidak pecah lalu masukan bubu sachet rendang merk sasa sambil terus diaduk. Biarkan hingga kuah semakin surut dan daging menjadi empuk. Jangan lupa koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas matikan api dan rendang sapi siap disajikan untuk santap keluarga.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Padang

Rendang Padang

Favorit keluarga ❤ Walopun masaknya luamaaa 😄 Tp terbayar capeknya pas liat anak & suami pada lahap makan. Bikin rendang emang gampang gampang susah, tips biar hasilnya memuaskan jangan lupa gunakan santan dari kelapa yang sudah tua, dan jangan skip kelapa sangrai halus biar hasilnya lebih mantull. Source : vifya_kitchen #OlahanDagingKurban #RendangPadang #RendangDaging

Rendang daging sapi kentang

Rendang daging sapi kentang

ASALAMUALAIKUM BUNDA MASAK YUK 😉😉 Sudah lama ya bun saya tidak menulis resep ....... Alhmdlh hari ini ada kesempatan untuk menulis resep ......

3 orang
50 menit
Rendang Daging Ayam Praktis

Rendang Daging Ayam Praktis

Hari ini lagi pengin menu RM Padang,cuma mau keluar kok pas datang magernya. Tengok di kulkas ada stock ayam yg masih teronggok manja,bumbu jg lengkap..sudaah lah kita eksekusi aj y buat maksi. Kita bikin rendang yuuk...buat anak2 #GA_TheNextLevel

Rendang Sapi Sederhana

Rendang Sapi Sederhana

Day 2 masak rendang karna buat lauk pendamping nya tumis daun pepaya mantul dah cooksnap dari @ibunefreya_cooking sembari aku tambah dan kurang bbrpa bumbu nya jadi sesuai takaran saya . Matur nuwun

4 orang
1jam 20 menit
Rendang Ayam Indofood

Rendang Ayam Indofood

Mencoba masak rendang tapi ditambah bumbu instan indofood dan parah bgt ternyata enak. Ga semua yang bumbu instan itu kurang sedap. Yang penting kita tetap membuat bumbu utamanya dulu ya bunda. Bumbu instan hanya untuk pelengkap aja 🥰🤲

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging Bumbu Instan

Rendang Daging Bumbu Instan

Mau buat rendang tapi ga mau ribet, jadinya cari yang paraktis-praktis aja deh seperti resepnya mba Giacinta Permana. Bikin yang gak pedes biar anakku yang besar bisa makan juga. # PejuangGoldenApron3 Selasa, 15 Desember 2020 Week 29

Gule/rendang nangka low fat

Gule/rendang nangka low fat

Pengen bngt makan pake gule nangka padang yg prnh d masak sm uni q. Enak bngt gx over kayak d RM padang kebanyakan. Sayur ini akan semakin nikmat setelah beberapa kali dihangatkan.

10 porsi
1-2 jam
Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

4 - 6 orang
1 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa rendang yg sdh semingguan di kulkas. Daripada dibuang sayang, mending buat campuran nasgor. Rasanya enakkk sekali, terasa rendangnya. Jiwa emak² meronta jika ada makanan yg terbuang sia-sia😁 #MasakItuSaya #DibuangSayang #PekanPosbar

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Tiap hari hujan terus jadi malas belanja karena di rumah sudah ada mr jengki plus mrs sasa bumbu rendang saatnya kita eksekusi....

3 orang
Rendang Telur ceplok

Rendang Telur ceplok

Lama nggak masuk dapur nih, bongkar kulkas ada sisa rendang, yang dagingnya udah pada raib 😂😂😂 alias tinggal kuahnya. Tuing.. Tuing... Nemu ide bikin telur ceplok aja dibalurin rendang. Naah ..Ini salah satu cara kita agar terbebas dari dari makanan mubazir yaa.. Dan rasanya hatiku seketika menjadi merasa merdeka💪💪 merdeka dari rasa bersalah buang-buang makanan 😁 #AR_Merdeka #cookpadcommunity_kalteng

Rendang Jengkol Ala Chef Turnip

Rendang Jengkol Ala Chef Turnip

Percaya selain enak buat makan siang jengkol ini juga bisa buat jaga jarak😀 Yuk silakan simak rendang jengkol bikinan saya, di jamin bikin nagih hehe.. Tetap jaga kesehatan ya, salam sehat buat kita semua. #AkuMemasakSesuatuUntukmu #RendangJengkol

4-5 porsi
1 jam
Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Punya daging ayam kampung.. Di masak rendang aja.. Bikin agak berkuah kental biar bisa di kucuri ke nasi banyak2 😄 Ntaapppsss...

Daging Sapi Rendang

Daging Sapi Rendang

Paling semangat deh klo masak rendang,yah walaupun masaknya itu memakan waktu yg lama dan bumbunya yg lumayan banyak,tp klo si kaka uda minta dibuatin..aku langsung siap masakinnya 😊 selain itu jg bsa dimakan sampai bbrp hr kedepan deh. 🥰yuk moms intip cara masaknya

10 orang
3jam
Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring😁. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikit🤗 Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Rendang salah satu masakan yg enak dan masuk dlm daftar makanan terenak diDunia. Ini resep ekspress yg ga mau ribet sama takaran dan proses pembuatan bumbu namun tetap nikmat dan anti gagal . Ini dgn bumbu rendang yg dibeli di Pasar tradisional. Ini lagi bikin utk menu tutup tahun nih.

Rendang daging pedas

Rendang daging pedas

3 orang
1 jam 30menit
Rendang jengki maknyuuss

Rendang jengki maknyuuss

Hai jumpa lagi buibuk. Suka bingung kan mau masak apa padahal udah ditukang sayur😅 sebelum belanja jgn lupa buletin niat dr rumah mau masak apa biar sampe tukang sayur ga goyah pendiriannya🤣🤣 kali ini mau ngolah jengki yg sisa di kulkas blm sempet di colek😔 alhamdulillah laris sampe daun salamnya di isep isep saking enak bumbunya. Yuk cekidoooot👇👇👇

5 orang
1 jam
Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Rendang Padang Daging & Kentang (Bukit Tinggi)

Minggu ke 20 Golden Apron The Next Level (resep 6 >>> 18 Oktober 2020) Source : ambarshaf dengan modifikiasi beberapa bumbu (ada yang saya skip dan tambahkan) Untuk kentang ga dibuang kulitnya selain membuat kentang ga gampang hancur, kulitnya juga enak dimakan karena udah empuk bercampur bumbu. Manfaatnya juga banyak untuk kesehatan, karena kulit kentang mengandung vitamin C. Jadi ga ada bahan yang terbuang dari kentangnya . . #GA_TheNextLevel #PejuangGoldenApronTheNextLevel #rendangpadang #rendangdaging #MasakSetiapBagian #WeekendChallenge #CookpadCommunity_Bandung #BandungArisanRecook4_ambarshaf #cocomba #authorsbandunghebring