Rendang sapi

Dipos pada February 8, 2022

Rendang sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang sapi memakai 18 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini rendang versi saya, rendang Jawa (manis pedas)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang sapi:

  1. 1,4 kg daging sapi iris ukuran sedang
  2. Bumbu halus:
  3. 15 bawang merah
  4. 10 bawang putih
  5. 3 butir kemiri
  6. 1/2 buah biji pala
  7. 1,5 Sdm garam
  8. 1 sdm ketumbar bubuk
  9. 2 ruas kunir
  10. 2 ruas jahe
  11. 1/2 sdt jinten
  12. 20 cabai merah
  13. 5 cabai rawit (kalau suka pedas bisa ditambah ya)
  14. Bahan pelengkap:
  15. 2 serai, 5 daun salam, 7 daun jeruk, 2 ruas lengkuas
  16. Santan: 1 butir kelapa+1 kara 65ml
  17. 3 bungkus kaldu jamur
  18. 1 sisir gula merah

Langkah-langkah untuk membuat Rendang sapi

1
Siapkan bahan-bahan. Cuci bersih
Rendang sapi - Step 1
Rendang sapi - Step 1
2
Iris daging sapi, cuci bersih. Biar cepat empuk bisa dibungkus dg daun pepaya/diulenin nanas. Tapi td saya masaknya lama biar benar² empuk n bumbu meresap
Rendang sapi - Step 2
3
Haluskan bumbu. Bisa diulek/pakai blender
Rendang sapi - Step 3
Rendang sapi - Step 3
4
Siapkan wajan. Sy pakai happycall. Panaskan. Tambahkan minyak goreng buat menumis bumbu. Tumis bumbu hingga harum
Rendang sapi - Step 4
5
Tambahkan bumbu pelengkap: serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas. Tumis sampai bumbu matang
Rendang sapi - Step 5
6
Tambahkan air secukupnya. Masukkan daging. Tambahkan kaldu jamur dan gula merah. Ungkep sampai daging mulai empuk
Rendang sapi - Step 6
Rendang sapi - Step 6
7
Tambahkan santan. Ungkep sampai matang
Rendang sapi - Step 7
8
Terakhir tambah kan santan kara, karena tadi kurang kental kuahnya, jd sy tambahkan kara 1 bungkus. Proses masak sekitar 3 jam karena biar bumbu meresap dan matang sempurna
9
Tes rasa sebelum dimatikan kompornya. Kalau dirasa sudah pas, matikan api. Rendang siap disajikan. Selamat mencoba.
Rendang sapi - Step 9
10
Bisa dibuat stok. Simpan ke dalam freezer sewaktu waktu pengen rendang tinggal manasin sebentar.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang sapi

Rendang sapi

Rendang sapi kaya bumbu ternikmat di jamin nagih resep sederhana

6 orang
3-4 jam
Rendang daging sapi (kw)

Rendang daging sapi (kw)

Bismilah buat rendang masyaallah nikmat ternyata, kenapa mak bilang rendang kw, soal nya ini jauh dari resep asli nya baik komposisi atau pun cara memasak nya. Agar tidak merubah dari cita rasa khas rendang asli nya. Bumbu pakai stok bumbu dasar semua yah, simple banget kalo udah punya bumbu dasar masak enak pun ga pakai repot. rasa nya juga cocok di lidah keluarga sy #BehujahBebayaKaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda

Rendang daging sapi & kacang tolo (421)

Rendang daging sapi & kacang tolo (421)

Menu favorit... #KacangTolo #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang

2 jam
Rendang Jengkol indofood

Rendang Jengkol indofood

harga jengkol lagi turun bunda.. lama ga makan jengkol akhirnya beli dan langsung eksekusi🙏

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep asli milik mba Endang JTT. Saya pakai daging iga yg ada sedikit lemak agar hasil akhir daging rendangnya tetap lembut dan tidak keras.

3 jam
Rendang

Rendang

Assalamualaikum.. Yuuuk nyapa rendang lebih awal. Biar semakin semangat menuju lebar-an. Iyaa, badannya melebar. Hehehe. Gak tau sudah berapa kali bikin rendang. Rasanya emang gak pernah bosen. Pantes aja sampe jadi warisan dunia.

3 orang
60 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Bismillahirrahmanirrahim.... Hallo sobat cookpad, 😍 mumpung masih edisi Hari Raya Idul Adha nih aku mau masak yang biasa aku masak setiap kali lebaran idul adha yaitu rendang daging. #OlahanDagingKurban kali ini aku mau buat rendang daging dan yang tentunya aku buat dengan penuh cinta untuk keluarga2ku 😘 Baik di bawah ini aku tuliskan resepnya ya... Semoga bermanfaat buat sobat2 cookpad 😘

10 porsi
1 jam
06. Rendang Sapi Bumbu Instan

06. Rendang Sapi Bumbu Instan

Rencana mau masak rendang, tapi malas ngeracik bumbunya. Lihat di lemari ada 2 sachet bumbu rendang instant, langsung aj eksekusi. Rasanya enak juga. #PejuangGoldenBatikApron

10 potong
2 jam
Rendang daging

Rendang daging

Masakan andalan keluarga, semua suka. Gampangnya mudah banget

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang ini dibuat karena lagi malas masak setiap hari so rendang istimewa ini recommend karena awet dan cocok juga buat orang yg travelling sebagai bekal dalam perjalanan (biar g jajan di luar)☺

6 porsi
1 jam
Rendang jowo nyemek

Rendang jowo nyemek

Baru sempat foto pas tinggal dikiit.. hehe Cara memasak dan bahan bumbu saya ngikutin mbok midut di channel youtubenya. Berat dagingnya cuma dikira2 aja..hehe daging simpenan dari idul qurban kemaren.. Katanya katanya, kalau rendang asli padang kan ndak pake ditumis dan tanpa gula.. ini ku kasih gula banyak hehehe sesuai lidah ajah lah, penting pak su doyan 😁

2-3 jam
Nasi Goreng Rendang Kemangi

Nasi Goreng Rendang Kemangi

Dikasih rendang sama tetangga kos, karena banyak jadi diolah lagi jd nasgor 🤣

1 porsi
30 menit
Nasi Ayam Bumbu Rendang

Nasi Ayam Bumbu Rendang

Bosen bgt gtu yaa masak nasi gtu² aja... Aq coba² ada bumbu instan d kulkas..ada ayam bumbu siap goreng.. Akhirnya tarraaaaaa jadi lah... Endol surendol takendol² kata inces mh🤭 Selama proses masak tuh bener² parah wangi pake bgt yaa mom..ampe perut krebeuk² g bisa tahan🤭🫣

Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Sapi 🐮 ••• Ceritanya daging dari qurban kemarin masih ada dan belum diolah, udah disimpan di freezer seminggu. Kita coba eksekusi buat diolah daging rendang, Alhamdulillah jadi setelah 2 jam nungguin akhirnya mateng juga🥲 Mau dicoba moms? recooked ya dan share hasilnya dicookpad aku 🥰 • • • #cookpad #cookpadindonesia #rendang #dagingsapi #olahandagingsapi #rendangsapi #rendangkentang #resephariini #resepmasakan #reseprumahan #resepnusantara #makananpadang

5 orang
2 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Semoga bisa menginspirasi ya bund resepku 😊😉. #OlahanDagingKurban

Rendang

Rendang

8 porsi
4 jam
Rendang sapi NENDANG

Rendang sapi NENDANG

Resep perdana di cookpad

10 orang
3 jam 30 menit