Rendang ayam

Dipos pada February 4, 2022

Rendang ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang ayam adalah 8 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang ayam diperkirakan sekitar 60 mnt.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang ayam memakai 14 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Favoritnya anak bujang saya. Tp karena daging mahal, ya diganti aja dgn ayam. Rasanya tetap mantul kok.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang ayam:

  1. 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  2. Santan dari 1 btr kelapa
  3. 150 gr cabe keriting, buang biji bila tdk ingin terlalu pedas
  4. 10 buah bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. Sejempol jahe
  7. Sejempol lengkuas
  8. 1 sdt ketumbar bubuk
  9. 1/2 sdt pala bubuk, atau biji pala diparut
  10. 1 bks royco ayam
  11. Garam
  12. Bumbu rendang indofood
  13. Daun jeruk, daun kunyit dan serai, memarkan
  14. Minyak utk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Rendang ayam

1
Cuci bersih ayam. Lumuri jeruk nipis, diamkan 10mnt, cuci lagi
2
Kelapa jadikan 300ml santan kental perasan pertama dan 500ml perasan kedua
3
Blender cabe, bawang merah Putih, jahe dan lengkuas sampai halus. Boleh tambah cabe rawit bila ingin pedas. Masukkan jg ketumbar dan pala bubuk
4
Panas kan minyak di wajan. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, serai dan daun kunyit. Biarkan sampai harum
5
Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna. Tuang santan encer. Didihkan
Rendang ayam - Step 5
6
Bumbui dgn garam, royco.. Masukkan jg bumbu instan indofood rasa rendang
Rendang ayam - Step 6
7
Sesekali diaduk. Bila santan mulai menyusut, masukkan santan kental. Aduk agar santan tdk pecah
8
Cek rasa. Menjelang kering, harus sering diaduk agar tdk gosong bawahnya.
9
Setelah rendang berminyak boleh diangkat, atau terus diaduk sampai rendang menghitam
Rendang ayam - Step 9
10
Bumbu indofood dipakai krn saya tdk menggunakan rempah kering (kayu manis, cengkeh, jinten, kapulaga dan bunga lawang). Boleh skip bumbu rendang instan dan tambahkan rempah kering sangrai yg dihaluskan. Boleh jg tambahkan bumbu masak kambing 1 sdm.
11
Selamat mencoba, happy cooking

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ikan Tongkol Suwir

Rendang Ikan Tongkol Suwir

Bukan hanya jenis protein daging ayam dan sapi saja bisa di buat masakan ini ternyata ikan jg bisa lho dibuat rendang sdh gitu bisa jg jadi stok lauk kering utk persiapan sahur inspirasi resep dari @Fauziahafifathuzahwa #Gengpeda #RememberGenkPeda_Fauziahafifathuzahwa #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek #PekanPosbar #PekanPosbarProtein

1 porsi
2 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Kemarin pas ke supermarket suami nunjuk bumbu racik rendang terus suruh beli itu katanya biar praktis. Tapi aku bilang gamau soalnya mau bikin bumbu rendang sendiri karena udah dapet resepnya dari Ci Xanders Kitchen. Akhirnya eksekusilah dan alhamdulillah nampolll pisan rasanya. Suami, mertua dan yang udah pada cobain bilang enaqqq. Luvvv❤ Pengen update resep ini dari idul fitri, tapi gara-gara foto stepnya ilang jadi ketunda terus 😅 tapi yasudahlah update aja dulu, nnti klo udah ketemu foto2nya kita edit lagi hahaha.

Rendang Jengkol Ala Chef Turnip

Rendang Jengkol Ala Chef Turnip

Percaya selain enak buat makan siang jengkol ini juga bisa buat jaga jarak😀 Yuk silakan simak rendang jengkol bikinan saya, di jamin bikin nagih hehe.. Tetap jaga kesehatan ya, salam sehat buat kita semua. #AkuMemasakSesuatuUntukmu #RendangJengkol

4-5 porsi
1 jam
55. Rendang simple

55. Rendang simple

Ceritanya kemarin pengen banget masak rendang, akhirnya coba bikin yang simple aja..rapi lumayan lah yah hahaha menghibur diri sendiri😄 #PejuangGoldenApron3 #GA3

Jengkol rendang bumbu padang

Jengkol rendang bumbu padang

Selalu penasaran dengan masakan yang satu ini. Biasanya saya beli bumbu jadi di pasar. Nah beberapa bulan lalu saya bertemu dengan nenek nenek tukang masak untuk pesta. Beliau lagi masak rendang daging di rumah sepupu saya. Jadi sekalian saya tanya bumbu rendang jengkol Khas padang dan bumbu rendang daging andalan si nenek. MaasyaaAllah beliau dengan senang hati membeberkan bumbu masakan yang selama ini di pakai. Kali ini akan saya praktek kan resep dari si nenek. Memang qadarullah beliau asli dari padang, tepatnya di daerah mana saya lupa.

Rendang Daging

Rendang Daging

Cooksnap @xanderskitchen Hastag : #CoboyMbois_OlahanSerbaUngkep #Ungkepan #PekanPosbar #TiketGoldenBatikApron #Coboy_MakeMeHappy #CookpadCommunity_Surabay

Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

Bumbu penyedap rendang hitam padang, juga sebagai bumbu gulai. Dibuat dari kelapa tua sangrai yang diuleg hingga kental berminyak. Selain memberikan aroma kelapa yg khas warna rendang bisa lebih pekat. Di tukang bumbu di pasar suka disebut kelapa gongseng. Butuh ketelatenan untuk membuatnya. Demi melestarikan cita rasa tradisional sekaligus olah raga, ayulah... semangaat 💪 Sumber: Beckz's Kitchen @becksz23 Btw sumbernya ini orang minang asli 😍 https://cookpad.com/id/r/12545796 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Rendang Ayam

Rendang Ayam

6 October 2021 Kemarin beli bumbu rendang bumbu instant. Lebih mantap sih pakai daging sapi, tapi anak-anak kurang suka,jadi sy pakai daging ayam. Sy pakai daging paha ayam di potong jadi 2 bagian dan pakai kentang yg kecil kecil. Sebenarnya sudah pernah masak 2 x,tapi belum sempat di foto hehe... # DirumahAja#

Rendang bebek ala ibuk uwienk, tampilan boleh jelek ya bund 😀

Rendang bebek ala ibuk uwienk, tampilan boleh jelek ya bund 😀

Awal masih muda sering suka ngelihatin ibu masak bebek buat lebaran atau masak buat seharian, dan setelah menikah saya praktekan sendiri, hasilnya waooww sama kaya masakan ibu,

5-6 orang
1-2 jam
Rendang Daging Versi “Bumbu Simple”

Rendang Daging Versi “Bumbu Simple”

Sudah dua kali coba pakai resep ini dan cocok. Resepnya versi “simple bumbu sekali”. Semua bumbu full saya ulek sendiri karena jujur lebih suka “rasa” begini daripada beli bumbu halus jadi😁🙏. Tips dari aku dan masukan beberapa teman, jika ingin rendangnya hitam bisa tambahkan “ambu-ambu”. Namun jika tidak pakai pun tak masalah rasanya tetap enak. Resep dari mbak “Emil T Dwinanto” langsung enak🤗. Kata mbak emil sih ini resep turunan dari keluarganya yang asli padang🤗. Resep ini sekaligus jadi andalan dan cara saya mendapatkan wild card batik golden apron. Semoga lolos dan makin semangatt ngeDapur🤗. Aamiin #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang

2 jam
Rendang ala Anak Kos

Rendang ala Anak Kos

Jangan berharap rendang ala padang ya, ini rendang ala ala anak kos rasa jawa gitu. Tp enak kok

6-8 orang
3.5 jam
Rendang Daging Sapi Bumbu Tumis

Rendang Daging Sapi Bumbu Tumis

Bismillahirrahmanirrahim Hari ini masak rendang buat stok.... Kalau udah ada lauk begini, bunda berasa lega, karena ndak harus buru-buru masak, bisa sedikit santai juga bermain dengan anak bayik. Yakin deh pasti banyak yang suka makan rendang,... Makan dengan nasi panas aja wiiih udah nikmat rasanya. Yuuuk intip resep saya.... #OlahanDagingSapi #RendangDaging #CookpadCommunity_Pontianak #CookoadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo

10 porsi
1 jam
Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Biasanya nih, buat rendang pakai daging sapi. Tapi,kali ini pengen buat menu diet yang enak, jadi daging sapi diganti dengan daging dada ayam, santan diskip dan tambahan rempah-rempah juga diskip. Gimana hasilnya ya...taraaa, mmm nggak kalah enak deh pokoknya dengan rendang daging sapi. Kalo menu dietnya gini, jadi betah deh buat diet. Eh, tapi kok makannya pakai nasi putihnya nambah melulu nih, ckckck. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #KulaEtamCocok

5 orang
1 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Masak rendang ayam yang simple bangetttttt

4 orang
¹ jam
Rendang Kambing Bumbu Indofood

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Berhubung ada sisa daging kambing qurban kemarin, dan Juga serundeng, sekalian aja ya dibikin rendang 🤭, beli yg bumbu instan saja, dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yg ada di dapur 🤭😄 Recook resep mbak Maria Anna

Sawi Gulung Ayam Saus Rendang

Sawi Gulung Ayam Saus Rendang

Olahan ayam yang hampir mirip siomay/dimsum tapi lebih menyehatkan, karena kulit nya pakai sawi putih. Cobain yuk. #Cookpadcommunity_Tangerang #Cocomtangpost_Kukusan #Zahara

10-15pcs