Rendang Ayam Jengkol

Dipos pada February 4, 2022

Rendang Ayam Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam Jengkol memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam Jengkol:

  1. secukupnya Jengkol
  2. secukupnya Ayam yang sudah diungkap
  3. secukupnya Kentang kecil
  4. 1/2 kg Santan (cair dan kental)
  5. 1/2 ons Cabe rawit
  6. Seujung kuku gula batok
  7. 5 ribu bumbu giling rendang
  8. Bumbu langkok
  9. 1 sachet Royco
  10. Bumbu rendang indofood *kemaren saya ga pakek. Tp kl ada pakek aja

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam Jengkol

1
Rebus jengkol dengan kopi dan daun salam. (Daun salam ini ada di bumbu langkok ya) rebus nya lama ya, sampe jengkol nya lembut dan terkelupas sendiri kulit dalam nya. lupa juga cuci kentang dan beros kentang dgn abu gosok agar lebih bersih
Rendang Ayam Jengkol - Step 1
Rendang Ayam Jengkol - Step 1
Rendang Ayam Jengkol - Step 1
2
Tuang minyak dan tunggu sampe panas. Lalu masukkan bumbu giling rendang semuanya. Ditumis hingga harum. Jangan lupa juga tokok serai dan robek daun jeruk nipis
Rendang Ayam Jengkol - Step 2
Rendang Ayam Jengkol - Step 2
Rendang Ayam Jengkol - Step 2
3
Lalu masukkan serai dan jeruk tadi ke bumbu yg sedang ditumis. Sampe harum lalu masukkan santan.
Rendang Ayam Jengkol - Step 3
Rendang Ayam Jengkol - Step 3
Rendang Ayam Jengkol - Step 3
4
Blender cabe rawit. Lalu masukkan ke kuali. Jangan lupa juga 1 sachet royco. Jangan dimasukin semua yaa. Sisakan sedikit takutnya keasinan. Masukkan juga gula merah tadi. Lalu masukkan lagi kentang
Rendang Ayam Jengkol - Step 4
Rendang Ayam Jengkol - Step 4
Rendang Ayam Jengkol - Step 4
5
Tokok jengkol agar melebar. Tapi jangan sampe hancur ya. Lalu masukkan jengkol. Terus diakhir masukkan ayam yang sudah diungkap.
Rendang Ayam Jengkol - Step 5
Rendang Ayam Jengkol - Step 5
Rendang Ayam Jengkol - Step 5
6
Rendang ayam jengkol pun siap!
Rendang Ayam Jengkol - Step 6
7
Jangan lupa dipanasin terus ya bun, biar lebih kerasa lagi rendang nya
Rendang Ayam Jengkol - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol no presto

Rendang jengkol no presto

Biasanya tiap musim jengkol tinggal makan krn ada yg masakin. Sekarang, pas pengen, mau ga mau harus bisa masak sendiri. Karena yg jual mateng juga jarang

Rendang Daging

Rendang Daging

Ini percobaan saya yg ke-2.. Alhamdulillah rasa lebih mantabs 🥰

3-4 jam
Rendang daging

Rendang daging

#EdisiLebaranSyawwal #CookpadCommunity_Jakarta Pas hari raya anak sakit,jd bener² ga masak apapun Alhamdulillah msh bisa order ketupat,rendang dan sayur...apapun kondisinya masih ikut lebaran Kali ini bikin sendiri sebagai bentuk ganti yg wkt itu ga bebikinan sajian lebaran

Daging Yakiniku bumbu Rendang

Daging Yakiniku bumbu Rendang

Alternatif lain dalam mengolah daging slice yakiniku atau bagian beef belly. Kali ini dengan kearifan lokal, hehehe... Rasanya enak dan nyaman di lidah terutama bagi yang lebih suka rasa lokal ketimbang rasa ke-jepang2-an 😁 oh ya.. resep aslinya dari bukunya chef devina, tapi disitu pakainya daging giling untuk membuat patty rendang. Kali ini dimodif sedikit pakai daging slice tipis yang biasanya untuk yakiniku.. #pejuanggoldenapron3

284. Nasi Goreng Bumbu Rendang

284. Nasi Goreng Bumbu Rendang

Tambah referensi nasi goreng lagi niy. Kali ini memanfaatkan bumbu rendang jadi. Hasil recook nasi goreng bumbu rendangnya mbak @Laras Athie. Bedanya mbak Yash pakai bumbu rendang kering, saya pakai bumbu rendang basah. Selain itu, telur punya mbak Yash diceplok, telur punya saya dicampur ke nasi gorengnya. Praktis, cepet bikinnya, rasa uwenak, dan aromanya sedap. Yuks ah setok recook lagi untuk Serah Terima Amanah #Sertinah_TimLokalYogyakarta lagi biar makin semarak, #CookpadCommunity_Yogyakarta yang #SelaluIstimewa. Source: Laras Athie #PejuangGoldenApron3 #Week18 #OlahanNasGorKayana

1 porsi
20 menit
Telor Dadar Rendang

Telor Dadar Rendang

Terinspirasi dari putrihabibie di tiktok, enak aih tp kaya terlalu asin untukku. mungkin airnya kurang banyak #menuviral #resepviral #reseptiktok

1 orang
35 menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang, saya suka simpan sisa bumbu rendang nya. Bisa juga beli bumbu rendang siap saji. Nah, dibuat nasi goreng enak banget loh. Gurih dan berempah. Hari ini saya ada sepotong ayam goreng, saya suwir. Kalau kalian masi ada sisa daging rendang bisa juga disuwir loh. Mantap juga. Karena suka pedas, saya tambahkan cabai rawit juga. Kecap manis nya jangan kebanyakan supaya rasa rendangnya lebih terasa. Salam “Anyone can cook”

Rendang sapi Jawa

Rendang sapi Jawa

Kembali lagi inget masakan alm. ibu... Coba masak sendiri walau masih kalah rasanya dengan masakan beliau

4 orang
2 jam
Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Buat nasi goreng dengan bahan bahan yang terbatas, ternyata tidak kalah enaknya kok. Lekker #PejuangGoldenApron3

2 porsi
45 menit
#111 Simply Rendang

#111 Simply Rendang

Males bikin masakan yang ribet, makanya rendang pun masak yang gak pake lama.. Selalu jadi makanan favorit temen2 buleku di Monterey, side dishnya nasi kuning mejikom.. hahaha yuk masak #gakpakeribet #posbarprotein #temannyanasihangat

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Pasti sudah banyaaakk sekali resep rendang daging sapi di Cookpad ini. Tapi pasti tiap orang punya formula bumbu yg berbeda². Ini adalah resep rendang modifikasi dari ibu mertua saya di Jambi. Rendang yg sesuai selera saya dan proses masaknya pun gak saya bikin ribet. Ibu² sibuk yg pengen masak rendang, silahkan intip² boleh. Ini saya masak sambil ngasuh anak usia 1 tahun loh... 🤗

20 orang
3 jam
Nasi Bakar Rendang

Nasi Bakar Rendang

Ada sisa nasi semalam dan juga rendang yang tinggal dikit aja.Bosen dibuat nasi goreng. Dicoba buat nasi bakar aja, kebetulan masih ada santan sedikit sisa buat rendang kemarin. Dicampur sama nasi aja deh,biar rasa nasi bakarnya jadi gurih. Yuk,liat resep-resep dari sisa nasi ala NayNay yang lain ada Mentai Rice,Nasi uduk dll. #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #CookpadCommunity_Borneo #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN #BarapiManjuhu #PPKM_Kalteng

Indofood racik bumbu rendang daging

Indofood racik bumbu rendang daging

Rendang masakan khas padang indonesia yg go internasional 😍😘👌

kurleb 1 jam
Rendang Ayam Simpel Ekonomis

Rendang Ayam Simpel Ekonomis

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillah... Masih bisa ikut berpartisipasi dalam #RamadanCamp_Misi4, kali ini temanya tentang makanan Frozen food yang tinggal dipanaskan atau dimasak sebentar saja. Nah rendang ayam ini termasuk salah satu makanan tahan banting artinya tidak akan berulah walaupun sdh disimpan lama dlm freezer asal cara memasak dan penyimpanan nya benar. Prepare Ramadan dengan aneka Frozen food insyaAllah sangat membantu kita lebih santai dan banyak waktu utk melakukan aktivitas lainnya selain di dapur tentunya🙂 #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4 #Horas_SasagunFrozenFood #CookpadCommunity_SumUt #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #MasakItuIndahDanIbadah

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Endulita bun 🔥😂

Daging Rendang khas Minang

Daging Rendang khas Minang

Kalau bukan karna request dari suami yang lagi tugas jauh diperbatasan sana mungkin tidak akan pernah mencoba untuk membuat Rendang ini, hihii Ini awal kali aku masak rendang untuk dikirim sampai ke perbatasan MLY-INDO yang jarak waktunya bisa sampai 4hari. Insyaa Allah tidak akan basi selama masak bumbunya benar² matang. Soal rasa Alhamdulillah mirip rendang yang ada di warung padang pada umumnya, yaaa meski baru pertama coba lah ya, hehe.. Selamat mencoba moms ;)

2jam
Lemper Ayam Rendang Keju

Lemper Ayam Rendang Keju

Ikut memeriahkan Ulang Tahun gadogadoindonesia yang ke 2 😍 dengan sponsor megkeju. Kupersembahkan Kue Lemper ku ini dengan sentuhan keju meg. #PejuangGoldenBatikApron #BatikWeek4 #CookpadCommunity_Yogyakarta