Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar)

Dipos pada February 4, 2022

Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar)

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) adalah 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) diperkirakan sekitar 2 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar) memakai 18 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebelumnya gk suka jengkol sama sekali, coba2 masak jengkol buat acara makan2 ibu2 asrama dan pas sy coba enak, akhirny ketagihan masak lagi dan lagi.. 😂

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar):

  1. 2 kg jengkol
  2. 20 bawang putih
  3. 28 bawang merah
  4. 1 ons Cabe merah besar
  5. 2 ons Cabe merah setan
  6. 3 ruas jari Lengkuas
  7. 2 ruas jari Jahe
  8. secukupnya Kunyit
  9. Serai (4 batang)
  10. Daun salam (5 lembar)
  11. Daun jeruk (5 lembar)
  12. secukupnya Pala bubuk
  13. secukupnya Gula merah
  14. secukupnya Garam
  15. secukupnya Totole
  16. 4/65 ml Santan cara
  17. secukupnya Kayu manis
  18. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar)

1
Rebus terlebih dahulu jengkol dengan air mendidih, supaya jengkol cepat empuk saya tambahkan nanas (boleh diskip), jika jengkol sudah empuk matikan kompor dan tiriskan.
2
Buang kulit jengkol yang telah mengelupas lalu geprek satu persatu jengkol jangan sampai hancur.
3
Bland bumbu boleh diuleg bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit
4
Tumis bumbu halus sampai harum supaya tidak langu
5
Tambahkan laos geprek, jahe geprek, serai geprek, daun jeruk, daun salam, kayu manis, pala aduk rata
6
Tambahkan air dan santan sambil diaduk2 sampai santan mendidih, masukkan jengkol dan bumbu pelengkap lainnya (gula, garam, totole)
7
Diaduk2 sebentar hingga air sedikit berkurang, tutup.
8
Cek rasa, jika sudah enak matikan api. Jengkol siap dihidangkan dengan nasi hangat dijamin mantul 👍

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cumi Saus Rendang

Cumi Saus Rendang

Ngabisin stok cumi di kulkas jadi sesekali nyoba dimasak ala Padang. Ternyata enak sangattt.. Yuk cobain! #WeekendChallenge #AdaApaCi

2-3 orang
20 menit
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Sejak hamil, salah satu menu favorit saya itu Nasi Padang. Hari ini lagi niat banget jadi bikin rendang sendiri. Tapi ssssttt saya pakai pressure cooker, jadi 1 jam saja jadi. Ternyata bisa lohhhh… Saya tadi masak 1/2 resep saja karena hanya berdua. Resep rendang saya ini cukup praktis, tidak terlalu banyak bumbu. Boleh dicoba deh, saya pernah kasih ke temen asli Padang kata dia kok enakkk.. Hari ini, saya sajikan dengan Gulai Telur, Tumis sayur kacang panjang dan sambal lombok ijo pastinya. Sayur bisa diganti rebusan daun singkong yah. Saya seadanya saja di rumah. Salam “Anyone can cook”

Rendang Padang

Rendang Padang

Ini endulss surendulss bgt 🤤🤤🤤🤤Rendang Padang resep @mamafarezell 🤗🙏 Rendang salah satu makanan terbaik didunia 2021 versi CNN looohh🥰 Rendang salah satu masakan favorit keluarga kami🙏😍 Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu (wikipedia) #CookpadCommunity_Bogor #MasakanKhasSumateraBarat

Rendang Ayam

Rendang Ayam

4-5 orang
Rendang Padang

Rendang Padang

5 orang
2 jam
Rendang

Rendang

Seumur hidup baru kali ini bikin rendang. Selama ini yg terbayang adalah ribetnya, bumbu yang banyak macamnya, proses masaknya yang lamaaa... Ternyata ga seribet itu,, meski bumbu dan proses masak yg lama memang benar 😃 Tapi hasil tidak mengkhianati usaha.... Hasilnya benar2 memuaskan. Terbukti dengan lahapnya bocah2 saat makan dan cepatnya nasi di magic com berkurang 😁 Note : saya bukan orang Padang/minang,, jadi untuk rasa saya sesuaikan dengan lidah Jawa yg selera rasanya cenderung manis. Dan ada beberapa bahan yg saya skip karena menyesuaikan ketersediaan bahan yg ada.. Jadi,, mungkin ini bukan resep rendang yg autentik,, meski rasa dan aromanya sudah mewakili rendang2 yg di jual di rumah makan Padang 😁😁 So... Enjoy.....

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Nih Kalio at rendang ya,pokok ny gitulah,tak pakai kelapa parut tp bumbu rendang pake

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Tiba-tiba anak gadis kami minta rendang, “ Ibu, adek pengen maem rendang, tapi maunya bikinan ibu”. Ya udah akhirnya ... Alhamdulillah rendangnya enak, gurih...

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan Source : YouTube Assahid tehyung Tapi ada sebagian bahan yang di skip karena ga ada ,dan di tambahin bumbu lain sesuai selera saya #rendanghomemade #rendangpedas #rendangsapi #rendangmantul

4 - 5 jam
Rendang daging simple

Rendang daging simple

Bikinnya sehari untuk santai sebulan, clue nya bawang-bawangan. Ada bumbu dasar, ada kaldu bubuk. Kayaknya rendang ..bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, kaldu bubuk, dan bisa disimpan untuk satu bulan, malah bisa lebih...😀#RamadanCamp_Misi3 Simpan dalam wadah tertutup, dibagi-bagi jumlahnya sesuai kebutuhan, ini untuk memudahkan dalam memanaskan dan menyajikan sesuai kebutuhan. Membuat rendang sekarang tidak sulit, semua bahan sudah tersedia di pasar, tinggal cemplung-cemplung saja..yang dibutuhkan kesabaran untuk selalu mengaduk rendang supaya tidak gosong dan matang nya merata. Bahan-bahan nya santan murni sudah tersedia di pasar, santan murni adalah santan perasan pertama yang tidak ditambahkan air, lalu bumbu-bumbu nya beli di abang jualan bumbu, untuk 1 kg daging sudah ada takarannya. Bawang putih, bawang merah, cabe giling, laos, jahe, ketumbar, merica dan rempah daun-daun lainnya seperti daun kunyit, daun salam, daun jeruk , serai. Dalam memasak rendang tidak sekali jadi ya bun, kalau sudah jadi kalio arti nya rendang sudah bisa dimakan, istirahat dulu, dilanjutkan memasak dengan penuh kesabaran, api kecil dan diaduk pelan supaya bumbu tidak lengket di dasar wajan. Dicoba deh bun , akan berasa puas banget kalau kita bisa menaklukkan rendang ini. Keluarga tentunya sangat senang kalau bunda sudah bisa mengolah rendang. Lamak bana! Selamat mencoba! #PejuangGoldenBatikApron #Pekanposbar #RamadanCamp_Misi3 #cookpadcommunity_jakarta #rendangpadang Sumatera Barat

Rendang Cumi

Rendang Cumi

Kepingin mkn cumi tapi yg sesuai d lidah, liat Cookpad, mbah Google n mbah YouTube maka jadilah resep ini. #PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam Bumbu Racik

Rendang Ayam Bumbu Racik

Hampir setiap hari harus ada masakan ayam, agar tidak bosan kali ini saya membuat Rendang Ayam dg paduan bumbu siap saji dr "Racik", merupakan produck baru Th 2021. Biar tidak penasaran, langsung saya coba. Ternyata praktis dan rasanya eunak juga..jd recommended untuk ibu2 yg hrs memasak cepat. Tidak perlu lagi bingung, cukup membeli bumbu Racik siap pakai dan simpan sebagai stock. 30 menit Rendang Ayam siap dinikmati. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #OlahanAyam

Relatif
30 menit
Rendang ayam simpel

Rendang ayam simpel

ceritanya lagi pengen banget makan rendang, tp sudah jam 9 malam, yang ada di kulkas cuma ayam, akhirnya bikin aja deh ayam rendang hehe

3-5 orang
-+45mnt
Rendang Telur Daging Sapi

Rendang Telur Daging Sapi

Hmmmm rendang selalu menggoda iman buat makan Tambuah Tambuah dan Tambuah... aromanya itu lho bikin hidung terpesona. Pokoke juaraa... Hanya saja terkadang rendang dibikin mesti punya persiapan hati yg mantap dulu karna dikenal dg proses pembuatannya yg lama. Eits, tapi momok menakutkan itu gag ada lagi, skr rendang bisa dibikin cepat dan praktis.. Ini rendang khusus buat buseknya #GenkPejuangDapur karna sbg ucapan #TerimakasihSponsorGenkPeda #Terimakasih_Mamafathan atas event #GenkPeda_Eksis di penghujung tahun lalu. Dan alhamdulillah aku masuk jd salah satu winner disana, semoga GenkPeda makin Jaya Jaya Jaya 💪💪💪 Sehat selalu ya mba Risa dan klga 🤗🥰 Source : @mamafathan (dg modifikasi) #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanDagingSapiMamiFay

Martabak Rendang

Martabak Rendang

Sejak bisa bikin martabak sendiri, saya jarang bikin martabak pakai kulit beli, karna menurut saya lebih cepat masaknya, kalo pake kulit beli itu kan nggorengnya satu2.Lama. Biasanya sih bikin buat makan malam. Jadi pulang kerja bikin kulit trus direndam, nanti hbs maghrib dieksekusi. Kali ini bikin buat sarapan, supaya bisa difoto😂 Saya melebarkan kulitnya pakai rolling pin, lebih mudah dan cepat menurut saya daripada ditarik2. Kan ini elastis banget kan yah. Trus waktu mau meletakkan kulitnya ke atas pan, pan nya saya angkat dulu dari kompor, taruh di meja lalu letakkan kulitnya diatas pan. Soalnya kulitnya lebih lebar dibanding pan nya 😂. Setelah diberi isian dan dilipat rapi baru di letakkan di atas kompor. Wajib coba ini..enaaak dan ekonomis banget dibanding beli 😀

Rendang Telur, Kentang simple

Rendang Telur, Kentang simple

Rendang adalah Bumbu khas Indonesia yg sudah dikenal seluruh dunia. Sekarang banyak dijual Bumbu Rendang Instant. Ini cara cepat masak Rendang Telur praktis dengan bumbu Rendang Instant. #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

5 porsi
30 menit
Rendang nusantara

Rendang nusantara

Resep(Indonesia dan melayu) yang di buat langsung sesuai pengalaman dan banyak di jual di resto/cafe.terus lestarikan budaya kita

5 porsi
2 jam
Nasi Goreng Rendang Komplit

Nasi Goreng Rendang Komplit

Pagi2 Bogor sdh turun hujan, bikin sarapan yg mudah, praktis dan tetap bergizi serta mengandung Nutrisi. Mengandung Kharbohydrat, protein dan vitamin. Disini sy tambahkan telur dan daging ayam, baao ikan sbg sbr Pritein, sayuran vegetable sbg sbr Vitamin. Nasi putih sbg sbr Kharbohydrat. #JelajahResep #CookpadCommunity_Bogor #PejuangGoldenApron3

relatif
30 menit