Rendang

Dipos pada February 4, 2022

Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang adalah 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang diperkirakan sekitar 6 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 1.5 kg daging sapi bagian kaki
  2. 100 gr Serutan kelapa
  3. 1.5 buah Santan kara kecil
  4. 6 buah Daun jeruk
  5. Bumbu halus bisa dengan diblender halus
  6. 200 gr Bawang merah
  7. 10 buah Bawang putih
  8. 1 ruas Jahe
  9. 1 ruas Lengkuas
  10. 15 buah Cabe merah keriting
  11. 8 buah Cabe rawat
  12. 4 batang Serai
  13. 1/5 bungkus Kunyit bubuk desaku
  14. 1/4 bungkus Ketumbar bubuk desaku
  15. Bumbu ulek
  16. sedikit Jinten
  17. sedikit Adas

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Sangrai kelapa parut hingga berwarna kecoklatan. Setelah coklat dapat ditumbuk hingga keluar minyak/diblender halus. Untuk langkah ini saya lakukan 1 hari sebelumnya.
2
Bahan utk bumbu halus diblender halus semuanya, tanpa air ataupun minyak.
3
Bumbu ulek adas dan jinten disangrai hingga harum kemudian diulek/ditumbuk halus. Dapat dicampurkan dg ketumbar. Kalau yg anda punya biji ketumbar sebaiknya disangrai bersamaan dan ulek bersama.
4
Masak bumbu halus dengan sedikit minyak hingga berubah warna dan campurkan dengan serai dan bumbu ulek + ketumbar + kunyit. Dan serai yg dimemarkan dimasukkan bersama.
Rendang - Step 4
5
Masak santan yg dilarutkan dengan air hingga mendidih
6
Setelah bumbu matang, campurkan dengan kelapa parut yg telah disangrai dan ditumbuk. Bila terlalu pekat dapat dicampurkan dengan air santan sedikit. Matikan api dan campurkan dengan daging sapi yg telah dipotong2. Diamkan selama 1 jam.
7
Campurkan sisa santan yang ada. Masak dengan api sedang hingga keluar minyak. Saya juga menambahkan daun jeruk untuk lebih harum.
Rendang - Step 7
8
Setelahnya masak dengan api kecil hingga reduce. Ketika sudah agak mengering harusbsering diaduk supaya bumbu tidak gosong.
Rendang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Tempe

Rendang Tempe

Recipe : Fitri Sasmaya Saya bikin ini kuahnya kurang asad dan kering ya..jadi masih terlihat basah dan merah..karna anak2 sukanya makan yang begini..😁😁 #dutarecookberaksi #dutarecookpalangkaraya #PejuangGoldenApron3 #EmakNusantaraKreatif #KeDapurAja #MasakItuSaya #Cookpad_id #cookpadcommunityborneo #cookpadcommunitypalangkaraya #Resepayupu3

Kalio Rendang Ayam Kentang

Kalio Rendang Ayam Kentang

Masak cepat tapi tetep enak dan bikin nafsu makan meningkat☺☺setor #TiketGoldenBatikApron semoga lolos yaa tengkyuu

4orang
2jam
Rendang ala_ala

Rendang ala_ala

Ceritanya mau bikin (rendang asli) tapi pas udah jadi hasilnya kaya bukan rendang😂 mohon maap masih belajar hehe

Rendang

Rendang

sampai kering
Rendang Telur Puyuh ala Fadil's Kitchen

Rendang Telur Puyuh ala Fadil's Kitchen

Rendang adalah masakan khas suku Minang yang sudah mendunia. Memakai santan dan aneka rempah, membuat masakan ini tidak hanya sedap, tapi juga wangi. Biasanya yang direndang adalah daging sapi atau kerbau. Namun ayam, bebek bahkan telur pun ternyata enak direndang. Termasuk masakan yang tahan lama, namun rendang harus sering dipanaskan. Uniknya, semakin sering dipanaskan, rasanya semakin enak. Karena bumbu semakin meresap ke bahan yang direndang. #ResepTelurkuMendunia #PejuangGoldenApron3 #FoodtographyClub #FoodtographyClub_HariAids #PosbarMenuSehatHariAids #Tim_DeGendhis

5 orang
±1,5 jam
Nasi Goreng Rendang Rumahan, Enak, Mudah dan Simpel

Nasi Goreng Rendang Rumahan, Enak, Mudah dan Simpel

Assalamualaikum! Alhamdulillah meskipun lebaran udah lewat, vibes lebar-annya masih kerasa yaaa sist ihihii. Yok biar tambah lebar-an, mari kita coba buat bekel yang menggugah selera dan lamak bana! Nasi goreng rendang! Setelah kemarin dapet rendang terus langsung disikat abis dagingnya yang tersisa cuma bumbu rendangnya, daripada mubazir kan yaaa mending dimanfaatkan ihihii, yoookk langsung ekperimen, kasih toping telor ceplok sama irisan timun dan .... walaaaa jadi😁 Semoga bermanfaat💕 #nasigoreng #rendang #nasigorengrendang #masakanrumahan #simpel #resepmudah

2 - 3 porsi
30 menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Ini pengalaman pertama masak rendang jengkol, biasanya selalu semur ke semur.. Barokah ramadahan kali ini, ada tetangga yg minta di masakin rendang jengkol karna kebetulan saya jualan lauk² untuk bukaan.. Dan Alhamdulillah, rasanya cocok😁

Rendang Kentang Telur Udang

Rendang Kentang Telur Udang

Si Tengah request rendang telur dengan pesan: " Jangan terlalu pedas, ya, Bu". Sedangkan si Bungsu, beda lagi, ia mau balado kentang. Ketika periksa kulkas ada udang sedikit. Ibunya tidak mau ribet. Jadilah ini, rendang kentang telur udang ala Ibu mereka. Yang pasti sehat dan enak (kata anak-anak, hahaa..) daan.. keinginan dua bocah terpenuhi. Paslah dengan teman Cocomtang olahan telur dan challange Cookpad. Alhamdulillaaah... #JelajahResep #JelajahResepSehat #ResepTelurkuMendunia #CocomtangPost_PakeTelur #CookpadCommunity_Tangerang

1 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Niatnya buat GOLDEN BATIK APRON, tapi malah kebangun jam segini😭😭😭😭 masa sih gugur terlalu dini😭😭😭😭 #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Sumut #PejuangGoldenBatikApron

Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Supaya cepat sat airnya, pakai air santan secukupnya, setinggi jumlah bumbunya. Supaya bumbunya kental bervolume, pakai kelapa parut sangrai plus tumisan bumbu halusnya. Tetap pakai cara slow cooking disaat air santan sudah sat. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #GlutenFree

Rendang

Rendang

dapat daging qurban liat2 ytb eeh nemu resep rendang ini dijamin makyussss( aku lupa nama chanelnya ytb nya) diresep sampai 4jam, kalau aku buat 3 jam sudah cukup, kalo kalian suka rendang yg hitam kalian bisa terus mengaduk

3 jam
Nasi Goreng Jambrong Bumbu Rendang

Nasi Goreng Jambrong Bumbu Rendang

Memanfaatkan sisa nasi semalam untuk sarapan, buka kulkas ada bumbu rendang dr Mama Yuni...lsg terlintas ide bikin nasgor bumbu rendang. Kebetulan jg mba2 tukang sayuran lewat lihat ada ikan asin, saat kutanya ini ikan apa mba namanya( dia jwb ikan jambrong), aku beli 1 bungkus buat nasi goreng...😁 Lsg ke dapur, 15 menit jasilah nasgor #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #MasakanRumahan

4 orang
15 menit
Rendang

Rendang

Bismillah......kali ini bikin rendang dengan resep punya mb @desmawatikuretangin .....emang asli enak.... Walaupun masaknya butuh waktu lama... Tapi hasilnya seperti rendang di rumah makan padang...... Aq juga penggemar masakan padang.... Jadi pas banget dengan resep ini. #PejuangGoldenBatikApron #Kopijoss #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_yogyakarta

20 porsi
6 jam
Rendang daging simple

Rendang daging simple

Bikinnya sehari untuk santai sebulan, clue nya bawang-bawangan. Ada bumbu dasar, ada kaldu bubuk. Kayaknya rendang ..bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, kaldu bubuk, dan bisa disimpan untuk satu bulan, malah bisa lebih...😀#RamadanCamp_Misi3 Simpan dalam wadah tertutup, dibagi-bagi jumlahnya sesuai kebutuhan, ini untuk memudahkan dalam memanaskan dan menyajikan sesuai kebutuhan. Membuat rendang sekarang tidak sulit, semua bahan sudah tersedia di pasar, tinggal cemplung-cemplung saja..yang dibutuhkan kesabaran untuk selalu mengaduk rendang supaya tidak gosong dan matang nya merata. Bahan-bahan nya santan murni sudah tersedia di pasar, santan murni adalah santan perasan pertama yang tidak ditambahkan air, lalu bumbu-bumbu nya beli di abang jualan bumbu, untuk 1 kg daging sudah ada takarannya. Bawang putih, bawang merah, cabe giling, laos, jahe, ketumbar, merica dan rempah daun-daun lainnya seperti daun kunyit, daun salam, daun jeruk , serai. Dalam memasak rendang tidak sekali jadi ya bun, kalau sudah jadi kalio arti nya rendang sudah bisa dimakan, istirahat dulu, dilanjutkan memasak dengan penuh kesabaran, api kecil dan diaduk pelan supaya bumbu tidak lengket di dasar wajan. Dicoba deh bun , akan berasa puas banget kalau kita bisa menaklukkan rendang ini. Keluarga tentunya sangat senang kalau bunda sudah bisa mengolah rendang. Lamak bana! Selamat mencoba! #PejuangGoldenBatikApron #Pekanposbar #RamadanCamp_Misi3 #cookpadcommunity_jakarta #rendangpadang Sumatera Barat

Ayam Bumbu Rendang

Ayam Bumbu Rendang

Resep ini saya ambil dari ig masak.tv dan saya kombinasikan sendiri dengan bumbu yang ada dirumah. Semoga membantu

6 potong
1 jam
Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi

Rendangku versi basah, karena buat stok jadi nanti kalo dipanasin bisa sampai kering 😊 Selamat mencoba resep simple ini 😘

Nasi Rendang Yummy

Nasi Rendang Yummy

Yang cepat dan singkat buat lunch si kakak.. tapi makan menu ini sesekali aja yahh, kita batasi konsumsi makan bumbu instant 😇😇 #nasigoreng #rendang #nasirendang

1 porsi
15 menit