Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

Dipos pada February 7, 2022

Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli) memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Akhirnya sempet juga share resep ini.. Intinya dari hasil liat banyak video2, jadi mencoba pakai kelapa parut yg sangrai. Ternyata hasilnya bener2 enak bangettt, bumbunya gurih dan bikin nambah nasi terus.. Silahkan dicoba ya, resep praktis pake bumbu instan juga..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli):

  1. 1/2 kg paha ayam (potongan besar)
  2. 100 gr Saur kelapa / serundeng (kelapa parut sangrai)
  3. 1 Bks Bumbu Rendang Instan (merk apa aja)
  4. 1 Bks Santan Kara Instan
  5. 4 sdm gula pasir
  6. 3 lembar daun salam
  7. 5 lembar daun jeruk
  8. 1 serai di geprek
  9. Secukupnya air
  10. Secukupnya garam, penyedap rasa
  11. Secukupnya minyak goreng
  12. Bumbu Halus:
  13. 4 bawang putih
  14. 8 bawang merah
  15. 8 cabe merah besar
  16. 5 cabe rawit
  17. 5 kemiri
  18. 1 ruas kunyit
  19. 1 ruas jahe (lebih kecil dikit dari kunyit)
  20. 2 sdm ketumbar sangrai

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

1
Tumis bumbu halus dengan minyak goreng, tambahkan daun salam, daun jeruk, serai dan tumis hingga wangi.
2
Masukkan ayam dan aduk rata, masukan air secukupnya (1 gelas). Kecilkan api dan gunakan api sedang dan masak kurang lebih 15 menit.
3
Tambahkan air jika airnya sudah habis, tergantung selera ya. Biasanya saya tambahkan airnya dikit dikit aja biar gak terlalu berkuah. Disini saya tambahkan air 1 gelas kecil.
4
Berikan bumbu rendang instan dan aduk rata, rasakan. Baru tambahkan gula, garam, penyedap rasa sesuai selera. Saya suka agak manis, jadi gula nya banyakan.
5
Kemudian masukan santan kara 1 bungkus yg kental dan kelapa parut sangrai (kelapa saur). Masak hingga 30 sampai 45 menit dengan api kecil (kalau air nya gak ad, tambah air setengah gelas dulu).
6
Selama masak, selalu di tutup wajannya ya biar matangnya merata. Terakhir cicipi kembali dan rendang pun sudah siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ayam Rendang Medan (simple)

Ayam Rendang Medan (simple)

Perdana masak rendang sendiri itu ketika paksu dipindah tugaskan kerja ke Sampit-Kalteng dan sampit ini adalah Pulau dan kota ke 3 yang kami tinggali setelah menikah (resiko pasukan siap ditempatkan dimana saja di Wilayah Negara republik Indonesi ya begini, siap angkat koper kapan saja💪😉😁) oke nyampe di sampit mamak auto lgsg nyari pasar tradisional krna semua ke butuhan perang dapur mamak pasti segar" dapatnya disana 😉😁 baiklah ternyata di kota ini tidak ada ikan tawar hidup seperti nila dan ikan mas dan juga bumbu halus mentah, berawal dari situlah mamak buat sendiri bumbu rendang dgn bahan seadanya yg selalu tersedia diperdapuran (sebelumnya blom pernah masak rendang bahkan buat bumbu rendang sendiri dan perdana buat paksu lgsg kasi coment positif dan bilang enakkkk😅😅😅 (gak tau ne muji biar gak malas masak apa emang beneran enak, tpi yg pasti sampe skrg paksu nagih terus dimasakin rendang ayam) 😅😅😉

Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Masih ada stok daging has sapi dan sisa kacang merah. Pengen bikin rendang tapi yang simpel aja, akhirnya pake santan instan aja biar ga capek peres santan. Bumbunya semua saya blender. Hasil tetap maksimal walaupun ga pake santan fresh dari kelapa parut asal masaknya harus sabar. Saya sukanya rendang basah yang masih ada sedikit kuah plus bumbu kentalnya (kayak diwarung Padang), dicampur nasi anget plus kerupuk aja udah nikmat banget 😀. Klo paksu seneng yang agak kering, jadi saya tinggal angetin aja sampe kering kuahnya karena memang makannya cuma berdua aja, jadi awet tuh rendang sampe kering 😂 . . #PekanPosbar #MakananKhasPadang #MasakanKhasPadang #JelajahKuliner #rendangpadang #rendang #Pais_NuAya #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

Rendang dengan bumbu jadi

Rendang dengan bumbu jadi

Buat stok makan sahur... Kita bikin rendang. Buat kamu2 yg males ngereka2 bumbunya... Beli bumbu jd aja di pasar atau tukang sayur. #PejuangGoldenBatikApron

25 potong
3 jam
Rendang Telor

Rendang Telor

#pejuanggoldenapron3 Rendang memang masakan yang begitu maknyus. Namun karena daging mahal, kucoba untuk membuat rendang telur. Rasanya ternyata tidak kalah dengan daging. Ehmmm yummy....

8 porsi
1 jam
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Makanan penggugah seleranya pak suami alias makanan kesukaannya. Kalau makan sama rendang bisa nambah yuk di buat.

Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Walaupun pakai bumbu isntan tapi alhmdulilah rasa ttp enaaaaakk... 😀🤤

Rendang ayam sederhana skip MSG

Rendang ayam sederhana skip MSG

Awalnya karena cari resep rendang daging dan berhasil masak dengan enak. Terus kepikiran buat rendang ayam, dengan bumbu yg sedikit dimodifikasi. Hasilnya? Jangan tanya, tetep enaaaaak. Bedanya hanya di rasa daging dan ayam.. wkwk🤩

3-4 orang
60 menit
Rendang Keluarga

Rendang Keluarga

titip resep rendang keluarga, biar ga lupa hehehe

4 orang
1 jam 30 menit
Rendang Hati Ayam

Rendang Hati Ayam

Sumber : Dini Danuraja Punya hati ayam di kulkas yang udah lama gak keluar dari freezer buat dieksekusi. Sebenarnya penasaran, kalo dibuat rendang, enak gak rasanya. Mulailah nyari resep rendang hati di Cookpad, ketemu ama resep mbak Dini. Untuk resepnya bumbunya sangat komplit, kaya rempah. Cocoklah digandengkan dengan sang hati ayam. Kalo di resep aslinya pake ampela ati ayam. Saya gak punya ampela, ya pake hati ayam aja. Kebetulan juga ni Cookpad lagi ngadain #PekanPosbar yang bertema #PekanPosbarProtein untuk Minggu ini. Nah, si hati ayam ini kan masuk ke grup protein hewani tu, jadilah ni resep ikutan di Minggu ini. Semoga ikutan menutrisi cookpaders lain yang recook resep ini. Selamat mencoba...

Rendang padang

Rendang padang

Asal resep ini aku lihat di you tube tapi lupa akun siapa. Pertama aku coba rasanya langsung cocok dan akhirnya dijadikan resep andalan setiap masak rendang.

Banyak
5-6 jam
11.Rendang Sapi pedas

11.Rendang Sapi pedas

Punya stock daging sapi dr Qurban tahun ini. Kanan kiri tetangga bikin sate, status wa dan instagram jg bikin sate semua 😂 aku dan suami pnya ide bikin rendang sapi biar awet brhari* d simpen dan d mkan kpan aja,biar ga mudah basi jg karna sering lupa mnghangatkn makanan wkwk ga smpe bhari* yg ada 24 jam udh abis,suami lahap alhamdulillah wkwk

2 orang
2± jam
Rendang Daging dan Kentang Bundo Kanduang🥔

Rendang Daging dan Kentang Bundo Kanduang🥔

Part 2 dari resep sebelumnya wk

5 orang
3 JAAAAAMMMM😭
Rendang Indonesia dengan Susu Bubuk Full Cream Instant

Rendang Indonesia dengan Susu Bubuk Full Cream Instant

Kemarin berseliweran status rendang di socmed teman2, memasak rendang bersama ibu negara secara virtual, jadilah kami yang jauh dari seberang benua ini latah dan ngiler, tapii karena masih lockdown dan belum berani keluar belanja, santan hanya sisa 2 kaleng. Sedangkan dibutuhkan minimal 4, kemudian sisanya saya tambahkan susu bubuk yang dicairkan di sisa kaleng santan 😂 karena keinginan makan rendang tidak bisa ditunda sampai lockdown selesai entah kapan 🤣. Biasanya kalau di Indonesia saya cukup beli bumbu giling rendang di pasar, karena di Australia jika hanya mengandalkan bumbu sachet akan sangat mahal sekali jatuhnya karena butuh banyak bumbu untuk rendang. Untuk bumbu halus seperti biasa takaran saya memakai sendok, karena semua sudah saya giling di food processor untuk stock.

8 porsi
3 menit
Rendang jengki maknyuuss

Rendang jengki maknyuuss

Hai jumpa lagi buibuk. Suka bingung kan mau masak apa padahal udah ditukang sayur😅 sebelum belanja jgn lupa buletin niat dr rumah mau masak apa biar sampe tukang sayur ga goyah pendiriannya🤣🤣 kali ini mau ngolah jengki yg sisa di kulkas blm sempet di colek😔 alhamdulillah laris sampe daun salamnya di isep isep saking enak bumbunya. Yuk cekidoooot👇👇👇

5 orang
1 jam
Rendang Padang ala nenek jai

Rendang Padang ala nenek jai

Resep ini resep nya mama saya, mama saya bilang tiap orang bikin rendang,.itu rasanya pasti ga ada yg sama,walau namanya rendang tapi rasa pasti berbeda...

4-5 orang
3- 4 jam
Rendang Resep Uniku

Rendang Resep Uniku

Di daerah asalnya, Sumatera Barat, rendang selalu identik dengan lebaran. Namun khusus lebaran Idul Adha, rendang malah dimasak sehabis lebaran, karena biasanya menunggu daging korban. Maka, bila berkeliling kampung sore setelah pelaksanaan korban, kita akan mencium aroma rendang di mana-mana. Ciri khas rendang adalah berwarna coklat tua, cendrung hitam, dan berminyak. Tidak terlalu sulit membuat rendang seperti itu, asal tahu triknya. Salah satunya adalah pemilihan kelapa, yang harus benar-benar tua. Ini resep Uniku, yang selalu bersemangat membuat rendang, walau dia sendiri tidak terlalu suka makan daging 😃 #PejuangGoldenApron3

60 potong
±4 jam
Rendang Daging Kacang Merah

Rendang Daging Kacang Merah

Bismillaah.. Rendang merupakan masakan khas Minangkabau Sumatera Barat, lndonesia. Masakan orang Minang dan Melayu ini berupa olahan daging sapi sebagai bahan utama, dimasak dengan santan bersama bumbu rempah dalam waktu cukup lama. Pas ada event mamah cookpad #PesonaKulinerIndonesia dalam #PekanInspirasi.. Rendang ini saya tambahkan kacang merah sesuai request paksu.. Pakai bumbu instan ini resep dari ibu mertua. Enak, ga pedes, jadi anak bungsu lahap banget makannya 😍 #PekanInspirasi #PesonaKulinerIndonesia #CookpadCommunity_Bandung #Cocomba