Rendang Daging

Dipos pada February 5, 2022

Rendang Daging

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rendang ala clara ini masaknya pakai presto supaya empuk dagingnya tapiii tetep dilanjutnya dikompor sampai bumbu kering. Serius enak loh iniii. Gak perlu pakai marinasi daging segala. Oh iya, khusus masak rendang ini aku pakai santan fresh yaaa. Biasanya masakan lainnya pakai santan instan. Aku tidak pisah yaa santan encer dgn santan kental. Masukin aja jadi satu. Peras dr 2 butir kelapa sebanyak 2 kali menjadi santan sebanyak kurang lebih 1L. Untuk bumbu aku juga buat sendiri dari cabe merah besar yg dibuang biji yg dihaluskan sampai benar" halus. Daging selera ya. Aku pakai sengkel aja yg lumayan cepat empuk. Dan masih ada sedikit lemak. #CookpadCommunity_Bogor

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging:

  1. 500 gr daging sengkel
  2. Santan kental 1L diambil dari 2 butir kelapa yg diperas 2x
  3. Bumbu Halus :
  4. 10 siung bawang merah
  5. 6 siung bawang putih
  6. 100 gr cabe merah besar buang biji
  7. 10 buah cabe keriting, jika suka pedas blh ditambah cabe rawit
  8. 1 ruas jahe
  9. Bahan cemplung :
  10. 2 cm lengkuas geprek
  11. 2 batang serai
  12. 2 lembar daun salam
  13. 3 lembar daun jeruk
  14. 1 lembar daun kunyit
  15. 1 buah bunga lawang
  16. 5 siung bawang merah iris
  17. secukupnya Garam dan lada
  18. Gula kelapa secukupnya (bs pakai gula pasir)
  19. 1 sdm air asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging

1
Masukkan daging ke dalam panci presto beserta bumbu halus. Beri air sedikit. Masak kira" 15-20 menit dengan presto. Pindahkan ke wajan. Masak kembali sampai air surut.
2
Tuang santan ke wajan. Masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai, daun kunyit dan bunga lawang dan bawang merah iris. Masak sampai santan mengeluarkan minyak sambil ditimba" santan supaya tidak pecah. Gunakan api kecil. Tanda santan mengeluarkan minyak ada minyak berwarna merah kekuningan.
3
Setelah santan sdh mengeluarkan minyak masukkan garam, lada dan gula. Masak kembali sampai daging empuk. Baru masukkan air asam jawa. Cek rasa. Catatan : daging harus sudah empuk dulu baru air asam jawa dimasukan. Kalau belum empuk sdh dimasukkan air asam, alamat gak akan empuk" dagingnya.
4
Masak terus sampai bumbu kering. Sesekali diaduk supaya tidak gosong. Selamat mencoba.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang sardin

Rendang sardin

Percubaan ini sebenarnya sangat mudah, hanya masukkan semua bahan dan gabungkan dengan rempah lain. sudah selesai, hi. hiii. #PejuangGoldenBatikApron

2 orang
20 minit
Rendang

Rendang

belajar masak rendang ala @rendang.oma_bdl (Instagram) cocok di lidah suami dan keluarga

3 jam 30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

2 orang
1 jam
Nasi Goreng Rendang Komplit

Nasi Goreng Rendang Komplit

Pagi2 Bogor sdh turun hujan, bikin sarapan yg mudah, praktis dan tetap bergizi serta mengandung Nutrisi. Mengandung Kharbohydrat, protein dan vitamin. Disini sy tambahkan telur dan daging ayam, baao ikan sbg sbr Pritein, sayuran vegetable sbg sbr Vitamin. Nasi putih sbg sbr Kharbohydrat. #JelajahResep #CookpadCommunity_Bogor #PejuangGoldenApron3

relatif
30 menit
Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Ini masih tendang ala² yaaa.. Hihihhi belum bisa bikin 'the real rendang' 😝 #PejuangGoldenApron3

Simple rendang daging

Simple rendang daging

Dirumah ibuk selalu masak ikan,sedangkan aku jarang bisa makan ikan karena bakalan langsung muntah,karena abis beli daging, jadi aku bikin rendang yg simple aja dhe seporsi doang..🀭 dan enak banget🀀🀀🀀 #PejuangGoldenApron3

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Rendang adalah salah satu masakan khas Sumatera Barat. Walaupun identik dengan daging sapi, namun banyak juga yang menggunakan bahan lain untuk membuat rendang misalnya ayam atau jengkol. Santan yang digunakan haruslah santan kental dan biasanya butuh waktu berjam-jam hingga bisa menjadi rendang. Proses memasak yang cukup lama ini yang membuat rendang awet hingga lebih dari satu bulan. #CookpadCommunity_Bekasi #PostingBareng #MasakanKhasSumateraBarat Source : The Hasan Video (Resep asli menggunakan daging sapi dan kentang rendang)

Rendang Kapau

Rendang Kapau

Masih dlm suasana idul adha... Olahan masakan berbahan dasar daging sapi semarak dimana2. Supaya tdk lupa, suami menyarankan u/ menitipkan resep authentic rendang disini. Saya kasih nama Rendang kapau ( krn ciri khasnya yg hitam dan kering, bnr atau tdk saya tdk tahu..krn saya bukanlah org minang πŸ™). Walaupun proses memasaknya lumayan lama dan sedikit ribet tp rasa dr Rendang ini sebanding dgn prosesnya. Sangat Enak dan Empuk πŸ‘ endul markendul... Patut u/dicoba. Resep sedikit saya modif uk. Menyesuaikan stock yg ada tp rasa dijamin tetap lezatto... Sumber : youtube Cheche Kitchen

3 Jam
Rendang Padang ala nenek jai

Rendang Padang ala nenek jai

Resep ini resep nya mama saya, mama saya bilang tiap orang bikin rendang,.itu rasanya pasti ga ada yg sama,walau namanya rendang tapi rasa pasti berbeda...

4-5 orang
3- 4 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa rendang yg sdh semingguan di kulkas. Daripada dibuang sayang, mending buat campuran nasgor. Rasanya enakkk sekali, terasa rendangnya. Jiwa emak² meronta jika ada makanan yg terbuang sia-sia😁 #MasakItuSaya #DibuangSayang #PekanPosbar

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillah, Jawaban : misi ke 2 Ramadan#RamadanCamp#RendangDagingSapi#CookpadCommunityKotaBekasi#CookpadCommunityIndonesia. Masakan Rendang merupakan masakan khas Padang atau minang dan juga terkenal masakan didunia termasuk masakan terenak didunia.Bahan utama masakan rendang adalah daging sapi serta bumbu rempah - rempah dari Indonesia. Masakan rendang adalah salah satu masakan yang bisa disimpan jangka panjang dan tanpa pengawet, bisa disimpan untuk beberapa minggu asal tendang dimasukkan kedalam kulkas dan diangetin di magic Com ataupun diopen disesuaikan dengan suhunya. Jadi masakan rendang menjadi andalan ketika bulan puasa bisa dimakan sebagai lauk pauk pada waktu buka puasa ataupun pada waktu sahur tinggal diangetin. Selamat mencoba πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ‘

15 0rang
7 Jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Saya sudah beberapa kali masak rendang ini tapi kayaknya belum pernah saya catat di sini deh. Ini beneran enak salah satu resep favorit 😍 Wajib dicoba yaa πŸ‘ Source vianney_lim99 #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

Kali ini aqu bikin rendang sapi namun khas Jawa . Knpa khas Jawa ? Karena aqu tambahin gula merah , soalnya pernah makan masakan kawan rasa nya agak manis . . Next time aqu masak yg pure rendang citarasa khas Minang deh yahh πŸ™πŸ™ Walaupun asal daerah nya dari Padang , Sumbar . Dan menurut nya ini Rendang khas Jawa yang pada dasarnya rendang itu kaya akan cita rasa rempah nya .. Makanya jadi favorit seluruh masyarakat Indonesia bahkan di mancanegara pun sudah terkenal yahh kannn ... Setuju ?? #MasakRendang #RendangKhasJawa #CookpadCommunity_Padang #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_Jakut

25 potong
65 menit
Rendang sapi

Rendang sapi

Kebetulan kmrin pak suami minta d buatkan rendang untuk puasa pertama . Ada sisa hati sapi d kulkas jadi d skalian d masak Alhmdulillah ini percobaan ke 3

10 orang
2 jam
Ayam rendang mantap

Ayam rendang mantap

10 porsi
30 menit
Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

Ambu Ambu (Bumbu Rendang & Gulai)

Bumbu penyedap rendang hitam padang, juga sebagai bumbu gulai. Dibuat dari kelapa tua sangrai yang diuleg hingga kental berminyak. Selain memberikan aroma kelapa yg khas warna rendang bisa lebih pekat. Di tukang bumbu di pasar suka disebut kelapa gongseng. Butuh ketelatenan untuk membuatnya. Demi melestarikan cita rasa tradisional sekaligus olah raga, ayulah... semangaat πŸ’ͺ Sumber: Beckz's Kitchen @becksz23 Btw sumbernya ini orang minang asli 😍 https://cookpad.com/id/r/12545796 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

Rendang Ayam + Tahu

Rendang Ayam + Tahu

Let's try 😁

4 orang
1 jam
49. Rendang Ayam

49. Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #RendangAyam