Jengkol Rendang

Dipos pada February 5, 2022

Jengkol Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Jengkol Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Jengkol Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Jengkol Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Jengkol Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jengkol Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jengkol Rendang memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo teman2 di sini aku pkai bumbu rendang yg beli di pasar. Kalian boleh pake bumbu rendang instan lainnya atau mau bikin bumbu rendang sendiri jg boleh. Aku jg pake fiber creme karena males peras santan, bisa jg pake santan instan. Selamat mencoba ☺️

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jengkol Rendang:

  1. Jengkol
  2. 1 buah sereh
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 sdt garam
  5. Kaldu jamur secukupnya (boleh pake kaldu ayam/sapi)
  6. secukupnya Air
  7. 2 sdm fiber creme yg sudah dilarutkan ke air (jd seperti santan kental)
  8. 2 bungkus bumbu rendang
  9. Bumbu halus :
  10. 5 siung bawang merah
  11. 5 siung bawang putih
  12. 1 ruas jari jempol lengkuas

Langkah-langkah untuk membuat Jengkol Rendang

1
Cara rebus jengkol biar empuk & tidak bau : masukkan air ke presto secukupnya, masukkan jengkol, 2 lembar daun salam, 1 kantong teh celup. Rebus selama 30 menit.
2
Siapkan bumbu halus (bahan sudah ditulis di atas) lalu tumis dalam minyak panas sampai harum.
3
Masukkan bumbu rendang, tumis hingga rata baru masukkan larutan fiber creme/santan.
4
Masukkan jengkolnya, tambahkan garam dan kaldu jamur, beri sedikit air jika terlalu kental. Lalu diamkan sampai menyusut dan kental.
Jengkol Rendang - Step 4
Jengkol Rendang - Step 4
5
Jengkol rendang sudah siap, selamat mencoba ☺️
Jengkol Rendang - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Padang

Rendang Padang

Rendang ati sapi sdh pernah saya post di cookpad, nah skrg giliran rendang dagingnya. Resep asli dr Ibu saya. Mungkin ada perbedaan dg rendang padang lain, tapi ini resep rendang yg diajarkan oleh Ibu saya. Ibu saya terhitung jarang masak rendang. Paling sering masak daging hanya sampai tahap kalio. Malas katanya hehehee. Tapi kalau mau lebaran barulah kami berdua bahu membahu masak 5kg daging rendang utk santapan Hari Raya dan hantaran utk keluarga besar dan tetangga. Pernah sekali kami masak rendang ketika kompor ibu sedang bermasalah, apinya keciil sekali. Kami masak 5kg daging dalam waktu 9 jam. Kami gantian mengaduk rendang, sambil diselingi ibu tidur siang dulu sebentar, lalu gantian saya jg istirahat wkwkwk. Ngadukny pun sambil duduk di meja counter dapur 🤣. Skrg saya sdh bisa masak rendang sendiri tanpa bimbingan dr ibu, justru saya skrg yg kirim rendang utk Ibu di Hari Raya. #GA_TheNextLevel #MasakanUntukIbu

2 jam
20.2021.Rendang Kacang Merah

20.2021.Rendang Kacang Merah

Kacang Merah ini yaaa favorit bagiku dan suamiku. Mau dibikin sop, minuman sampai rendang so delicious. Saya punya beberapa stok bumbu rendang dan kacang merah setengah kilo, terpikir kayaknya dibikin rendang saja, walau tanpa daging Alhamdulillah tetap enak😍🤩. . Saya juga ingin menyampaikan apresisasi sebesar-besarnya kepada cookpad indonesia dan Tim yang telah memberikan program RAKIT kepada pengguna cookpad. Masya Allah saya sungguh senang mendapat kesempatan belajar dengan para ahlinya bakulan dan manajemen dapur. Benar2 senang karena selain menambah ilmu dan ketrampilan juga menambah teman-teman se-nusantara. Semoga cookpad indonesia semakin sering menyajikan program2 menarik dan kreatif lainnya sehingga membuat ibu2 dan bapak2 tambah semangat berkarya di dapur, Aamiin 🙏. . #posbargembira #NaluriHomemade #homemadefood #Masakan_NaluriHomemade #GoodFood_NaluriHomemade #Resep_NaluriHomemade #RendangKacang_NaluriHomemade #FoodPhotography_Naluri

Rendang daging kerbau

Rendang daging kerbau

Jadi ceritanya nenekku pengen makan daging kerbau setelah nyari2 dipasar terdekat GK ada yang jual karena berhubungan tinggal nya di kab. Batu bara Sumut karena saya tinggal disumbar minta tolong cariin dan ada.. dan sekalian minta dibuatin rendang.. ini resep rendang mertua yang orang asli Payakumbuh..

4 - 12 orang
5 jam 30 menit
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Sebenarnya ini pertama kalinya saya mengolah daging sapi, karena saya dapat daging kurban mari kita coba untuk membuatnya #OlahanDagingKurban

7 orang
3 jam
Rendang Ayam Simpel Ekonomis

Rendang Ayam Simpel Ekonomis

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillah... Masih bisa ikut berpartisipasi dalam #RamadanCamp_Misi4, kali ini temanya tentang makanan Frozen food yang tinggal dipanaskan atau dimasak sebentar saja. Nah rendang ayam ini termasuk salah satu makanan tahan banting artinya tidak akan berulah walaupun sdh disimpan lama dlm freezer asal cara memasak dan penyimpanan nya benar. Prepare Ramadan dengan aneka Frozen food insyaAllah sangat membantu kita lebih santai dan banyak waktu utk melakukan aktivitas lainnya selain di dapur tentunya🙂 #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4 #Horas_SasagunFrozenFood #CookpadCommunity_SumUt #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #MasakItuIndahDanIbadah

Rendang Jengkol Presto

Rendang Jengkol Presto

Punya presto di rumah?yuk bikin rendang jengkol dgn presto biar cepat empuk.30 menit kelar deh .memaksimalkan fungsi presto agar waktu masak jadi singkat. #PejuangGoldenApron3 #Week26 #RendangJengkol #PrestoJengkol

Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring😁. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikit🤗 Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Ayam rendang

Ayam rendang

4 porsi
-+40 menit
Rendang ayam

Rendang ayam

recooked resep cie xander kitchen. Saya tambahkan kacang merah ( seharusnya kacang tolo ). Kurangi pemakaian cabe jika tak bisa pedas .

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Semoga bisa menginspirasi ya bund resepku 😊😉. #OlahanDagingKurban

Rendang Resep Uniku

Rendang Resep Uniku

Di daerah asalnya, Sumatera Barat, rendang selalu identik dengan lebaran. Namun khusus lebaran Idul Adha, rendang malah dimasak sehabis lebaran, karena biasanya menunggu daging korban. Maka, bila berkeliling kampung sore setelah pelaksanaan korban, kita akan mencium aroma rendang di mana-mana. Ciri khas rendang adalah berwarna coklat tua, cendrung hitam, dan berminyak. Tidak terlalu sulit membuat rendang seperti itu, asal tahu triknya. Salah satunya adalah pemilihan kelapa, yang harus benar-benar tua. Ini resep Uniku, yang selalu bersemangat membuat rendang, walau dia sendiri tidak terlalu suka makan daging 😃 #PejuangGoldenApron3

60 potong
±4 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Alhamdulillah, akhirnya nemu resep yang sesuai utk masak rendang sesuai selera. Ini aku recook dari Mbk Andinskitchen (Instagram) ya, cuma aku sesuaikan lagi dgn selera aku, jd ada beberapa tambahan bumbu. Saat memasak kemarin, aku sedikit lebihkan ukuran dagingnya ya tp gak sampai 1 ons, hehe. Btw ini Enak banget loh, wanginya masyaAllah, haruum, bumbunya juga gurih dan pas.. Yuk Moms, wajib bgt nih recook resep ini... 💕

Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

Akhirnya sempet juga share resep ini.. Intinya dari hasil liat banyak video2, jadi mencoba pakai kelapa parut yg sangrai. Ternyata hasilnya bener2 enak bangettt, bumbunya gurih dan bikin nambah nasi terus.. Silahkan dicoba ya, resep praktis pake bumbu instan juga..

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Nih Kalio at rendang ya,pokok ny gitulah,tak pakai kelapa parut tp bumbu rendang pake

Rendang

Rendang

Bismillah, Rendang ini salah satu menu wajib kala puasa dan lebaran. Dan Alhamdulillah, resep ini diajarin langsung by phone 13 th yang lalu oleh Tante Yul, orang Padang yang sudah seperti saudara sendiri dengan ibuk Palembang sekeluarga. Bahagia dan selalu bersyukur jika ada yang mau berbagi ilmunya, semoga selalu bermanfaat. Karena ilmu yang bermanfaat termasuk salah satu amal jariyah, Masha Allah. #PejuangGoldenApron3

20 potong
Rendang Daging Khas Resto Padang

Rendang Daging Khas Resto Padang

Maap-maap potonya breakdance banget, demi apa cobak klo ngga demi klen semua wkwkw boong denk demi buru-buru catet sini biar gak lupa, soalnya enak banget, makan pake nasi panas nambah2 ga ada aturan Anyway ni resep asli dari youtube Inces Bolang alias si mommy beken Nanda Gita, cuma udah di ubrak-abrik sama saya sesuai lidah saya krn yang makan juga saya, yekan, yuk ah cuzz..

10 orang
Lama pokonya
Rendang Daging Empuk Pedas

Rendang Daging Empuk Pedas

Kepengen rendang daging yg empuk, jadi kalo dipanasin lg udah sampe copot2 dagingnya nyampur sama bumbunya 😋 Ini resepnya dagingnya di presto dulu cukup 20 menit (stengah empuk).. Jika tidak di presto nanti pada saat dimasak bisa ditambah air lagi (tambahan diluar dari resepnya) sampai daging menjadi empuk..

5 porsi
2 jam
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ini sengaja berhenti di tahap kalio, dengan beberapa alasan. Selain karena suka kuahnya, juga karena bikinnya pagi dan udah mau berangkat ngantor 😄 Untuk garamnya, sebaiknya tidak usah terlalu banyak diawal, karena kuah akan menyusut. Kalio ini bisa juga buat stok sahur saat puasa ramadhan Simpan dalam wadah bertutup, dengan porsi sekali makan. Kemudian masukkan kedalam freezer. Jika akan dimakan saat sahur, keluarkan dari freezer saat malam hari, dan tinggal dipanaskan subuhnya. Kalau pakai microwave, pas subuh baru di keluarkan juga gpp 😊 #Cookpadcommunity_Kalbar #PejuangGoldenBatikApron #Week7 #IdeMasak